12 Desain Taman Samping Rumah yang Praktis, Indah & Stylish!

Memiliki taman yang asri di rumah seperti menjadi hal wajib yang harus dimiliki pada setiap hunian. Entah besar atau kecil, keberadaan taman membuat tampilan rumah menjadi lebih asri dan indah. Taman depan maupun taman samping rumah memberikan kesejukan maksimal sekaligus estetika pada hunian.

Taman samping bisanya diaplikasikan pada rumah yang memiliki luas lahan cukup lebar. Pada hunian seperti itu, area taman di sisi rumah biasanya menghubungkan bagian depan rumah dengan pintu samping atau pintu belakang. Alih-alih sebagai jalan penghubung, area sisi rumah ini bisa didesain estetik agar lebih mengesankan.

Konsep Desain

 
 

Tren Terbaru


Bagian sisi rumah biasanya hanya menjadi lahan kosong, atau dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, misalnya menaruh barang kurang berguna, tempat jemuran dan sebagainya. Salah satu tren taman minimalis terkini adalah mendesain area sisi rumah sebagai tempat yang menarik dan indah. Sehingga, jalan penghubung ini juga memungkinkan menjadi tempat bersantai.

Desain yang paling sederhana dalam mendesain taman samping rumah adalah memberi jalan setapak yang sebelumnya sudah pernah dibahas. Untuk rumah sederhana, jalan setapak bisa meningkatkan tampilan rumah. Sedangkan untuk hunian yang lebih modern, elemen lain seperti lampu taman, kursi santai dan tanaman hias turut ditambahkan.

Desain & Dekorasi


Jalan setapak sangat pas diaplikasikan untuk menghias sisi rumah yang panjang. Menggunakan jalan setapak dengan material alam akan meningkatkan nuansa alami, serta memudahkan menambahkan elemen lain seperti tanaman hias. Material alam yang bisa digunakan untuk jalan setapak misalnya kayu, batu alam, bambu, hingga kerikil, tergantung budget dan selera.

Jika ruang masih lapang, bisa ditambahkan kursi santai hingga kolam ikan dengan air mancur agar lebih menyegarkan. Menambahkan rumput, lampu taman dan patung bisa menjadi ornamen dekoratif yang menarik untuk taman samping rumah. Sehingga tak hanya sebagai jalan pintas saja, tetapi juga ruang yang menyenangkan dan menyegarkan.

Berapa Biaya Membuat Taman Samping Rumah?


Biaya membuat taman bervariasi tergantung berbagai faktor seperti lokasi, luas area, material yang digunakan, jenis tanaman hias, dan desaini yang diinginkan. Biaya pekerjaan landscape ada di kirasan Rp. 150.000 - Rp. 300.000/m2 termasuk tanaman hias sederhana seperti rumput, bunga mawar, anggrek, bougenvile, melati,dll.

Jika Anda berniat mendesainnya dengan tanaman palem, plumeria, ketapang, tebebuia, jacaranda dan bunga harga menengah, maka harga pembuatan bisa lebih mahal mulai ratusan ribu hingga jutaan. Bagi yang ingin mendesain taman sendiri, ada beberapa ide landscape taman samping rumah yang sudah pernah dibahas sebelumnya dan bisa menjadi referensi.

Taman Samping Rumah


1. Taman dengan Kolam Minimalis


kolam minimalis

Keuntungan memiliki lahan lebar adalah Anda bisa mendesain taman sesuka hati. Desain taman minimalis diatas bisa menawarkan tempat bersantai lengkap dengan kolam mini atau plunge pool. Model plunge pool sangat beragam dan telah dijabarkan berbagai inspirasinya.

Gaambar taman diatas benar-benar menawarkan kesempurnaan untuk bersantai di siang maupun malam hari. Area yang hijau menyejukkan, lampu taman temaram yang menemani saat malam tiba membuat areanya tampak privat dan menarik untuk berbagi cerita bersama keluarga.

2. Tempat Santai yang Asri

 
menata taman depan rumah sederhana

Jika jalan penghubung yang lurus-lurus saja terliht membosankan, Anda bisa membuat taman samping rumah seperti gabar diatas. Sebagian area diisi dengan tanaman hias dan sebagian lagi diisi sebagai tempat bersantai. Jika memiliki ruang keluarga di tengah bangunan, membuat pintu hubung ke area taman ini adalah ide yang bagus.

3. Taman Samping Rumah Kayu

 
taman gaya jepang

Pada hunian semi tradisional atau hunian bergaya vila yang ingin menciptakan nuansa ala Jepang, desain jalan setapak di tepi tanaman bambu bisa menjadi ide menarik. Pohon bambu sangat serasi disandingkan dengan rumah kayu karena menciptakan tampilan yang praktis, teduh dah segar.

4. Jalan Setapak Batu Alam yang Natural

 
jalan setapak taman

Jika lahan sisi rumah sempit dan digunakan untuk jalan pintas, garmbar diatas sangat inpiratif. Memasang pijakan batu alam dengan tanaman di kanan kiri jalan membuat taman tampil dramatis dengan budget ekonomis. Untuk memperindah tampilan, jangan lupakan tanaman rambat yang selalu cocok untuk dinding batu alam.

5. Desain Taman Samping Rumah Minimalis

 
taman modern

Sisi rumah ini menyatu dengan area teras, sehingga rumah ini memiliki bentuk taman letter L. Jika lahannya sempit, tanamlah tanaman pagar seperti bambu yang praktis dan selalu menjadi favorit. Dengan desain sederhana'pun, bambu mampu mengisi kekosongan taman sederhana dengan sempurna.

6. Kolam Ikan Mini di Taman Asri

 
taman rumah sederhana

Ciptakan taman minimalis samping rumah yang asri dengan berbagai elemen dekorasi seperti kolam ikan. Dengan area yang cukup lebar, Anda bisa membuat jalan setapak melingkar dan membuat kolam untuk menambah daya tarik. Lampu taman pun bisa diaplikasikan di sekeliling kolam sebagai fokus utama taman di malam hari.

7. Taman Minimalis untuk Bersantai

 
taman rumah sederhana

Menyediakan tempat duduk di taman adalah ide menarik untuk membuat tempat santai di rumah. Anda hanya perlu memberikan naungan, bisa berupa kanopi maupun pohon hias seperti palem. Meski tidak bisa untuk kumpul keluarga, setidaknya kursi santai di taman bisa menjadi tempat bagi Anda yang ingin mencari udara segar.

8. Taman Samping Rumah 2 Meter

 
Taman Samping Rumah 2 Meter

Memiliki lahan lebar tapi ingin desain taman samping rumah yang simple?, ide diatas bisa jadi solusi. Tanamlah beberapa tanaman hias di kanan kiri jalan setapak, lalu pasang lampu-lampu taman agar tampilannya lebih dramatis. Anda bisa membaca jenis lampu taman yang telah ditulis agar bisa mencari pilihan sesuai selera.

9. Taman Samping Rumah 1 Meter

 
Taman Samping Rumah 1 Meter

Meski memiliki lahan kecil, taman samping rumah 1 meter ini menawarkan kesegaran dalam sekali pandang. Barisan tanaman berdaun lebar membuat tampilan taman tampak lapang. Untuk lahan terbatas, manfaatkan area dinding untuk menggantung tanaman hias daun dengan bentuk menarik.

10. Desain Taman Modern

 
halaman rumah minimalis

Jika memiliki area samping yang lebar, tidak perlu memenuhinya dengan tanaman pohon, apalagi jika ingin menanam pohon yang kelak akan menaungi area. Meski lebar, desainnya sangat simple dan praktis. Untuk menambah kesal elegan, dekorasi jalan dengan motif-motif tertentu bisa menjadi pilihan.
 

11. Modern & Alami

 
taman minimalis samping rumah

Menanam tanaman langsung di tanah maupun tanaman dalam pot bisa menjadi ide menarik jika Anda ingin tampilan modis. Lidah mertua dengan warna cerah yang berada di pot hitam tinggi yang kontras menambah sentuhan modern yang menawan.

12. Taman & Jalan Samping Rumah

 
taman minimalis

Taman samping rumah yang simetris bisa jadi pilihan jika Anda suka kerapian. Tanaman hias di kanan dan kiri yang seragam berujung di pintu hingga kursi santai dengan sofa membuat tampilannya sangat mengundang. Area santainya dibuat di ujung dekat pintu untuk mempermudah akses masuk maupun keluar rumah.

Do & Dont


Do

 
  • Desain model landscape taman samping rumah yang diinginkan dan rencanakan semuanya mulai dari jenis tanaman hias, material jalan setapak dan elemen dekorasi taman.
  • Pastikan tanaman hias yang dipilih tidak menghalangi akses jalan atau menutupi jendela samping.
  • Pastikan taman memiliki drainase yang baik untuk mencegah genangan air di musim hujan.
  • Gunakan material alam seperti kayu atau batu alam agar taman semakin tampak asri dan segar.
  • Jika memungkinkan, buatlah area santai seperti tempat duduk, gazebo atau kolam dengan air mancur, lampu taman dan patung agar taman tampak indah.

Don't

 
  • Jangan membiarkan tanaman menghalangi akses atau jendela samping rumah
  • Jangan membuat sampah sembarangan di area taman.

FAQ


Apa saja jenis taman?
Berbagai jenis taman yaitu taman minimalis, taman tropis, taman modern, taman vertikal, taman kering,taman formal, dan taman tematik.

Apa yang dimaksud dengan taman minimalis?
Desain taman minimalis merupakan desain yang menekankan pada kesederhanaan, kepraktisan, dan penggunaan ruang yang efisien.

Faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam merancang taman?
Dalam merancang taman, perhatikan tata letak, kondisi cuaca, cahaya matahari, drainase, jenis tanaman hias dan kebutuhan perawatan.

Related Posts