7 Pilihan Material Jalan Setapak untuk Percantik Taman

Memiliki taman yang indah di halaman rumah menjadi nilai plus untuk hunian anda, dan itu sangat menyenangkan. Taman akan membuat hunian lebih sejuk dan indah, meski untuk membuatnya sempurna bukanlah hal mudah. 

Disamping rumput yang menjadi ciri khas taman, ada pula jalan setapak yang menambah estetika taman anda. Jalan setapak pada taman selain berfungsi untuk menyusuri area taman dan menjaga agar rumput tak terinjak, juga menawarkan kesmepatan untuk menelusuri sisi estetika taman. Jadi, jika ingin membuat jalan setapak, pastikan memiliki desain taman yang cantik. 

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk membuat jalur pada taman, yaitu jalan setapak (pathway) dan pijakan (stepping tone). Bedanya, jalan setapak cenderung permanen, sedangkan pijakan dapat dipindah-pindah materialnya. Pijakan lebih banyak diaplikasikan karena desainnya mudah dan lebih cepat. 

Nah, kali ini bukan hanya membahas tentang jalan setapak dan pijakan saja, tetapi akan membahas keduanya secara keseluruhan dimana jalur setapak ini akan menghubungkan area hunian dengan taman. Tentunya banyak material jalan setapak yang akan membuat tampilan taman rumah anda menjadi penuh gaya.

Berikut ragam material jalan setapak yang bisa diaplikasikan :

1. Batu Bata

desain jalan setapak taman
Batu bata menjadi pilihan yang sederhana dan cocok untuk berbagai ide desain jalan setapak. Batu bata cocok untuk hunian konsep tradisional, rustik dan hunian tropis. Apabila anda ingin menggunakan material ini untuk jalur taman, sebaiknya lihat gaya rumah anda. Jangan lupa memikirkan bagaimana anda mengisi sambungan antara jalan batu bata dan teras rumah. Untuk hal ini anda bisa mengisinya dengan batu pasir atau semen.

Ada banyak variasi desain jalan setapak yang bisa dibuat, seperti pola anyaman keranjang, ikatan bertumpuk dan sebagainya. Warna batu bata tak harus sama, dengan warna yang sedikit berbeda, anda bisa membuatnya tampil lebih unik dan eksotis. Jika ingin mengaplikasikannya, sebaiknya lapisi batu bata lebih dulu dengan cairan khusus agar tidak mudah berlumut. 

2. Kerikil 

desain jalan setapak taman
Kerikil tidak hanya untuk jalan masuk taman saja, tetapi juga menjadi ide dasar banyak jalan setapak populer karena biaya yang murah dengan tampilannya yang ramah. Namun, kerikil membutuhkan banyak perawatan karena gulma mudah tumbuh pada kerikil. 

Kerikil lebih ramah lingkungan dibandingkan batu atau beton, sehingga memungkinkan air  tetap mengalir. Agar tidak monoton, anda perlu memperbarui kerikil sesekali. Anda bisa menggantinya dengan jenis yang berbeda maupun merubah tampilannya, seperti menanamkan beton diatasnya dan lain sebagainya. 

Jenis kerikil yang umum digunakan adalah kerikil hancur, batu kapur dan pea rock (batuan kacang). Jika ingin lebih formal dan lebih tahan lama, gunakan kerikil batu yang dihancurkan atau cangkang yang dihancurkan, pastikan juga sudah dicuci. Material tersebut dapat bertahan tanpa batas waktu. Jika anda sering menjalankan mesin pemotong rumput atau gerobak dorong, sebaiknya menggunakan batu kerikil hancur daripada kerikil halus. 

Kerikil tersedia dalam berbagai warna dan ukuran yang bisa diplikasikan untuk taman anda sesuai selera. Perlu diingat jangan mengaplikasikan kerikil di dekat pintu masuk, karena kerikil bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah anda. 

3. Kayu dan Bambu

desain jalan setapak taman
Anda bisa menggunakan potongan kayu maupun kayu palet untuk jalan setapak taman. Kayu palet tidak hanya bermanfaat untuk furniture saja, tetapi juga dapat mempercantik tampilan taman dengan menciptakan kesan pedesaan yang khas. Anda bisa menggunakan palet daur ulang untuk membuat jalan di taman minimalis anda. Anda bisa menggunakan potongan kayu bijian saja atau dalam bentuk palet yang berongga. 

Anda bisa menanam kayu palet ditanah maupun pada kerikil, kemudian menatanya secara rapi atau zig-zag untuk memperkuat kesan sederhana. Ruang diantara kayu palet juga memungkinkan tanaman merambat tumbuh disana, merambat di bawah kaki. Hm... tentu unik bukan!.

Jika memiliki taman yang luas, anda bisa membuat jalan yang ditata seperti jembatan. Anda bisa menggunakan potongan kayu panjang atau bambu yang diletakkan di tanah seolah ditanam. Untuk ukurannya, bisa disesuaikan dengan ukuran jalan setapak yang diinginkan. Sedangkan jika untuk pijakan, gunakan batang kayu yang dipotong melintang. 


4. Beton

desain jalan setapak taman
Dari pada dulu, kini beton memiliki banyak hal untuk ditawarkan, salah satunya untuk mempercantik taman. Beton dapat diwarnai dan dibentuk selera. Kebanyakan beton dekoratif ini digunakan untuk membuat baju pijakan (stepping stones). Fungsinya tentu saja agar rumput tidak terinjak dan menghindarkan kaki dari genangan saat hujan.

Jika anda ingin memiliki taman dengan elemen keras, beton bisa menjadi pilihan yang tepat. Ukurannya bisa disesuaikan dengan luas serta tema taman. Anda bias mengkombinasikan beton dengan batu koral sikat atau rerumputan pada celah-celah jalan setapaknya. Anda bisa memilih bentuk beton kotak yang lebih ekonomis, atau bentuk lain seperti lingkaran, wajik dan berbagai bentuk lainnya. 

Kamu bisa membuat jalan setapak bergaya edgy yang dibuat dari material beton, semen, kerikil atau gabungan diantaranya. Kemudian, hias dengan tanaman jenis rumput-rumputan di sekitarnya agar tidak membosankan. 

5. Koral Sikat

desain jalan setapak taman
Batu koral sikat menjadi favorit banyak orang karena model dan desainnya yang beragam. Koral sikat memiliki bentuk kecil seperti kerikil, tetapi permukaanya kasar, sehingga cocok sekali untuk desain eksterior, seperti lantai carport dan jalan setapak taman kering. 

Ada banyak jenis batu koral yang bisa diaplikasikan untuk taman, seperti batu koral alor hitam, batu koral balian orange, batu koral bengkulu dan sebagainya. Tentunya keduanya juga mememiliki ukuran yang beragam pula. Jika ingin menggunakan batu koral sikat yang tidak hanya satu jenis warna, bisa menggunakan batu koral jenis panca warna. 

Untuk membuat jalan setapak dari batu koral sikat, anda perlu material lain seperti semen dan pasir. Untuk membuatnya juga tidak dilakukan secara langsung dan menyeluruh, tetapi harus disesuaikan dengan kecepatan tukang memasang batu koralnya. Jadi untuk hal ini lebih baik anda menggunakan jasa desain taman untuk hasil sempurna. 

6. Paving

desain jalan setapak taman
Tidak hanya untuk jalan taman, paving juga banyak digunakan sebagai teras halaman maupun garasi. Paving cocok diaplikasikan pada taman yang cukup luas, dimana memang dibutuhkan ruang untuk berjalan leluasa. Anda bisa membuat jalan taman full paving dengan dekorasi yang beragam, atau mendesainnya seperti jalan setapak dan mengkombinasikannya dengan material lain. 

Batu paving juga beragam, ada yang padat dan ada yang seperti grass block. Batu paving seperti granit merupakan cara bagus untuk jalur taman. Memiliki kepadatan ekstrim, paving granit dikenal kokoh, tahan air dan tahan lama, sehingga cocok untuk area taman. 

7. Kaca Pasir

desain jalan setapak taman

Tentunya ini bukan kaca yang jika diinjak akan membuat kaki anda berdarah. Dengan jalan setapak kaca, anda benar-benar akan membuat jalan setapak berkilau. Kaca pasir berbahan resin ini pasti aman untuk kaki anda karena tidak memiliki tepi tajam. Bahan daur ulang ini memiliki beragam warna, tahan lama dan tidak pernah pudar.

Anda bisa mendekorasinya seperti bentuk sungai, atau hanya memakainya untuk mengisi sekat antar jalan setapak sebagai pengganti rumput. Kaca pasir ini tidak hanya bsia digunakan untuk jalan setapak saja lho. Anda bisa menggunakannya untuk mendesain area sebagai pengganti air. Mengaplikasikan kaca pasir untuk jalan setapak akan membuat taman anda lebih bercahaya, unik dan elegan. 


Tips Desain Jalan Setapak Taman

Berikut beberapa tips membuat jalan setapak untuk taman :

  1. Jika memilih kayu untuk pijakan, pilih jenis kayu berkualitas yang tahan terhadap cuaca, baik saat hujan maupun panas. Contohnya kayu ulin, merbau, bangkirai yang cocok digunakan untuk area outdoor
  2. Ada banyak jenis batu alam yang bisa digunakan seperti dari jenis batu andesit, batu paras, batu koral dan batu kali. Anda bisa memadukan beberapa ragam batu alam tersebut agat jalan setapak taman lebih menarik. 
  3. Anda bisa membuat jalan lurus dan berlekuk-lekuk. Pilih jalan setapak lurus jika ingin gaya kontemporer. 
  4. Jika ketinggian rumah dan taman bervariasi, buatlah jalan setapak berundak-undak mengikuti fungsi. Seperti dari teras ke carport, dari teras ke taman dan sebagainya. 
  5. Gunakan motif zig-zag jika ingin membuat taman lebih unik. 
  6. Agar tidak kaku, tanamlah rerumputan di sekitar jalan setapak.
  7. Selain bermain dengan motif dan desain, anda juga bisa bermain dengan warna untuk mendekorasi jalan setapak.
  8. Untuk membuat jalan setapak pasti membutuhkan kreatifitas, desain dan waktu. Jadi sebaiknya memakai jasa desain taman untuk hasil sempurna. 
Itu adalah 7 pilihan material yang bisa digunakan untuk membuat jalan setapak taman. Merancang taman yang asri pada halaman memang sangat mengasyikkan, tetapi juga tidak mudah. Jadi sebelum mendesain, sebaiknya tentukan material apa yang akan digunakan, barulah mencari desain jalan setapak yang akan dibahas di artikel selanjutnya guys!.