10 Ide Landscape Taman Samping Rumah Modern

Desain Taman Samping Rumah. Memiliki lahan yang cukup luas menjadi bonus yang sangat bermanfaat bagi siapapun yang menyukai keindahan, karena tentu banyak area yang bisa dipoles cantik. 

Bila umumnya banyak penghuni Rumah Minimalis masa kini disibukkan dengan Desain Taman Depan dan area belakang rumah, maka bagi anda yang memiliki lahan cukup luas, memanfaatkan sisi rumah sebagai taman samping adalah ide yang sangat menarik. 

Taman Samping Rumah

Sisi rumah anda bisa menjadi tempat yang sempurna untuk membuat taman kecil dengan jalan setapak, kemudian menambahkan meja kecil dan kursi untuk bersantai sewaktu-waktu. Pastinya banyak orang ingin memiliki taman samping yang lebih privat daripada Taman Depan yang menjadi jalur aktivitas utama tamu yang datang. 

Ada banyak ide desain taman samping yang bisa digunakan untuk menciptakan area sisi rumah yang lebih indah dan natural. Tak hanya sebagai taman, biasanya sisi rumah dimanfaatkan untuk pintu kedua yang mengarah ke bagian belakang rumah. Meski begitu, membuatnya lebih indah pasti lebih menarik, bukan?!

Berikut beberapa tips ide desain taman samping rumah :

1. Dekorasi area samping sebagai jalan penghubung. 

Taman Samping Rumah

Dari pada area sempit di sisi rumah terlalu biasa dan gitu-gitu aja, buatlah jadi taman. Memiliki taman kecil memanjang di samping rumah bisa membuat perbedaan besar dalam desain rumah, apalagi jika anda meletakkan susunan batu paving untuk jalur taman.

Taman samping rumah bisa menciptakan nuansa sejuk di dalam hunian anda. Jika anda memiliki jendela ruangan yang mengarah tepat ke taman samping, pasti akan membuat rumah anda sejuk sepanjang hari. 

Tips : Anda bisa menambahkan beberapa tanaman di sepanjang jalan yang mengarah ke pintu belakang atau garasi.

2. Buat jalan batu alam untuk ketenangan.

Taman Samping Rumah

Sisi rumah adalah tempat sempurna untuk ide landscape. Dengan menambahkan jalan batu alam dan berbagai pilihan tanaman yang cantik, akan benar-benar memandu anda di sepanjang jalan taman. 

Anda bisa mendesain taman samping seasri mungkin, ingin menambahkan batu alam yang memenuhi jalan taman, atau menyusunnya seperti jalan setapak dengan bentuk unik, pilihlah tatanan yang sesuai selera anda. 

Di lain sisi, tidak semua orang menginginkan kebun yang dipenuhi banyak tanaman yang membutuhkan banyak air atau tanah, sehingga membutuhkan pemeliharaan yang cukup merepotkan. 

Selain sebagai jalan setapak, anda juga bisa melapisi area tanah taman minimalis dengan batu alam. Hal ini dimanfaatkan untuk menjebak kelembaban di tanah dan tetap menjaga tanaman di sekitarnya tetap terhidrasi. 

Baca : 30+ Desain Taman Depan Rumah Minimalis Sederhana

Tips : Untuk jalan taman, anda bisa membatasi area jalur batu alam - jika menggunakan kerikil, dengan batu bata untuk tampilan estetika yang bagus. Anda bisa menanam Tanaman Hias maupun tanaman sayur seperti tomat, timun, selada, dan sebagainya. Cocok sekali diaplikasikan jika jalan taman mengarah ke dapur. 

Jika ingin tampil unik, anda bisa membuat pola geometris pada jalan taman. Anda bisa mengatur tanaman dalam barisan di sekitar paving untuk tampilan lebih seragam. 

Taman Samping Rumah

Paving bisa diletakkan di hampir semua pola geometris untuk membuat jenis simetris versi anda sendiri. Sedangkan tanaman bisa ditambahkan pada dalam pot sepanjang sisi taman, menggantung di jendela atau langsung ditanam di tanah. 

3. Pastikan taman teduh dan fungsional 

Taman Samping Rumah

Manfaatkan setiap tempat di area rumah. Jika sebelumnya jalur taman bisa diarahkan ke dapur atau garasi, maka anda bisa juga mengarahkan jalur taman langsung ke tempat untuk bersantai, apalagi di bawah pohon rindang di sisi rumah.

Anda bisa membuat kebun kecil dengan menanam beberapa sayur yang dibutuhkan untuk dapur anda. Jika ingin lebih menarik lagi, anda bisa menanaminya dengan berbagai tanaman lain. 

Baca : Daftar Tanaman Hias untuk Taman Rumah

Bahkan jika anda memiliki area samping rumah yang dekat dengan jalan, tidak ada salahnya juga menghias taman kecil dengan paving dan tempat bersantai di ujung. 

Tips : Jalan di taman tidak hanya berbentuk lurus untuk berjalan di tengah taman saja. Anda bisa menambahkan beberapa celah untuk membedakan jenis tanaman, atau membatasinya dengan pagar kecil agar tanaman anda tidak terganggu oleh binatang peliharaan dan anak-anak. 

Jika taman samping anda berada di dekat jalan raya, anda bisa menambahkan Pagar Bambu atau pagar tanaman yang cukup rendah untuk membatasi ruang privasi antara taman dan jalan. Lalu, bersantailah dengan nikmat sambil mendengar hilir mudik kendaraan yang lewat. 

4. Tampil cantik dengan bentuk melengkung.

Taman Samping Rumah

Pecinta seni dan dekorasi, pasti menyukai hal satu ini. Tak semua desain taman samping didesain simple dengan jalan taman lurus berpaving. Anda bisa mendesainnya lebih cantik dan unik dengan bentuk melengkung.

Bentuk kurva melengkung di beberapa bagian taman samping adalah cara yang baik untuk menggambarkan ide landscape sempurna ini. 

Tips : Tidak hanya jalan taman yang melengkung di sisi rumah, buatlah juga lekukan pada area tanaman yang dipenuhi bunga dan Tanaman Hias yang indah. Tambahkan beberapa ruang di taman samping untuk menanam bumbu favorit di dapur yang kerap dibutuhkan.  

Jalan taman samping dengan bentuk melengkung tidak hanya bisa dibuat dari cor-coran semen saja, tetapi anda bisa menggunakan paving atau kerikil untuk mendapatkan hasil yang serupa. 

5. Aplikasikan paving unik dan sederhana.

Taman Samping Rumah

Kadang, menjaga landscape taman samping rumah anda sesederhana mungkin adalah pilihan terbaik. Dengan menjaga segala sesuatunya sederhana, anda akan menemukan taman samping dan jalan setapak yang jauh lebih mudah dirawat, tetap indah dan santai. 

Anda tetap bisa membuat taman samping diantara bangunan lain seperti garasi atau gudang. Agar tidak monoton, tambahkan tanaman bunga agar taman minimalis di tengah bangunan tampak berwarna. 

Baca : 50 Desain Pintu Taman yang Simple dan Modern

Tips : Tambahkan beberapa paving lucu untuk membuat jalan setapak. Membiarkan taman luas terbuka dan menambahkan beberapa pohon kecil dan tanaman bunga akan menjadikan taman sederhana anda lebih asri dan indah. Anda bisa menambahkan Pintu Taman sebagai pintu gerbang ke taman.

6. Tanam tanaman hias yang istimewa.

Taman Samping Rumah

Dari pada masuk gudang, saatnya berkreasi dengan barang bekas. Anda harus kreatif dalam mendesain taman minimalis di samping rumah. Agar terlihat lebih cantik dan tampil beda, anda bisa mengubah barang-barang bekas untuk menghias taman. 

Taman juga tidak harus rata di tanah, anda bisa menambahkan taman vertikal di dalam desain taman samping rumah. Lebih baik jika menambahkan juga tanaman bunga yang berbau wangi, seperti mawar, melati, kamboja dan sebagainya. 

Baca : 50 Desain Unik dan Kreatif Pot Tanaman Hias di Taman

Tips : Gunakan barang bekas untuk membuat Pot Unik yang bisa diaplikasikan di taman, maupun di gantung di area pagar. Anda bisa membuat pot dari sepatu bekas, ban bekas, botol, bola lampu dan sebagainya. Buat taman seunik mungkin agar betah berlama-lama bersantai disana. 

7. Buat pagar tanaman agar lebih natural.

Taman Samping Rumah

Mungkin sebagian orang tidak ingin jika tetangganya bisa melihat apa yang sedang dilakukan di Halaman Belakang ataupun taman samping rumah. Jika anda ternyata juga begitu, maka membuat pagar penutup adalah salah satu solusi yang tepat. 

Jika bertujuan untuk mendesain taman samping, maka bukan pagar tembok solusinya, tetapi pagar alami yang selain membuat kegiatan anda lebih privat, juga bisa menciptakan nuansa natural di taman.

Baca : 90 Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah yang Asri

Tips : Anda bisa menggunakan pagar privat untuk penghalang area taman samping. Tanaman ini tumbuh relatif cepat yang bisa diatur ketinggian tumbuhnya tergantung seberapa banyak privasi yang anda inginkan. 

Tambahkan tanaman favorit di antara  tanaman yang lain untuk mendapatkan sedikit keindahan di taman samping rumah anda.

8. Paving seluruh area dan hias dengan tanaman pot.

Taman Samping Rumah

Bukan tidak mungkin jika anda ingin membuat taman samping di area yang sudah berpaving. Area outdoor berpaving, biasanya tampak lebih bersih, rapi dan menjadi solusi sempurna ketika musim hujan, karena mudah dibersihkan, tahan air dan memiliki permukaan yang kuat. 

Baca : 68 Desain Paving Block Keren Untuk Halaman Rumah

Tidak ada yang mengatakan bahwa anda harus memiliki taman alami untuk dapat menikmati nuansa alam. Bahkan di atas paving pun, anda bisa tetap membuat taman samping yang indah, bersih dan asri. 

Tips : Gunakan paving dalam pilihan warna yang menarik dan natural. Tambahkan area menanam di sepanjang jalan paving (anda bisa membuatnya dari semen). Kemudian, tanam beberapa tanaman bunga, semak dan pohon untuk melengkapi taman samping di rumah anda. 

9. Kombinasikan batu, paving dan pagar untuk taman natural. 

Taman Samping Rumah

Menciptakan Taman Minimalis layaknya negeri dongeng tidak sulit jika anda kreatif. Anda bisa mengkombinasikan batu alam, paving dan pagar untuk melengkapi taman samping rumah agar cantik dan enak dipandang. 

Menambahkan tanaman yang membentang jauh di sepanjang jalan setapak adalah salah satu cara yang bagus untuk menciptakan sedikit ruang privasi. 

Tips : Anda bisa menanam tanaman pagar di sisi jalan taman. Tambahkan bangku yang bisa digunakan untuk duduk sejenak menikmati taman atau sebagai tempat untuk tanaman pot khusus. 

Di ujung jalan batu alam, dekorasilah areas masuk taman ala putri raja. Anda bisa menggunakan teralis besi atau bambu yang dibentuk melengkung, sebagai tempat tumbuh tanaman rambat. Tentunya panjang sesuai selera anda.  

10. Sediakan tempat untuk relaksasi

Taman Samping Rumah

Jika taman samping anda dekat dengan bangunan lain, atau berada di antaranya, bukan berarti anda tidak bisa menciptakan tempat yang santai untuk relaksasi. 

Baca : 10 Trik Dekorasi Taman Cantik di Lahan Sempit

Mendekorasi taman samping yang indah dan menawan pasti akan mengalihkan perhatian anda terhadap apapun di sekitar. Sehingga anda tetap bisa bersantai sejenak di taman kecil, meski diapit bangunan yang menjulang. 

Tips : Buat jalan setapak dengan paving di tengah taman, kemudian gunakan setiap inch tanah yang tersedia untuk menanam berbagai macam tanaman. Anda bisa menanam sayuran, bunga dan semak untuk memberikan ketenangan dan kedamaian yang anda inginkan. 

Jangan lupa tambahkan meja kecil dan dua kursi, agar anda bisa bersantai dengan sempurna sambil menikmati hasil kerja dekorasi taman milik anda. 

Itu adalah 10 tips sederhana mendesain taman samping di berbagai kondisi yang bisa dicoba. Memang masih banyak ide landscape yang jumlahnya pasti tidak terbatas.

Hal yang cenderung membatasi ide untuk meningkatkan dekorasi taman adalah imajinasi dan budget. Meski begitu, mulailah untuk menciptakan desain taman sederhana. Tetapi jika membutuhkan ide lain, anda bisa menyewa jasa dekorasi taman yang sesuai di daerah anda. Semoga artikel Desain Taman Samping Rumah bermanfaat. Selamat berkreasi!