10 Trik Dekorasi Taman Cantik di Lahan Sempit

Desain Taman di Lahan Terbatas. Bagi anda yang menghuni Rumah Minimalis, tentu juga membawa dampak bagi taman yang pasti akan minimalis juga, bahkan nyaris tidak ada karena dialih fungsikan. Memiliki taman kecil di lahan terbatas memang terbilang merepotkan apalagi jika anda mengidam-idamkan taman yang cantik nan indah. Sempit bukanlah halangan untuk memiliki Taman Minimalis yang indah karena ada beberapa trik yang bisa anda terapkan untuk mendekorasi taman di lahan terbatas.

Jangan pernah berkecil hati jika memiliki taman kecil. Sekecilnya taman, jika didesain dan didekorasi dengan apik, pasti akan menambah keindahan di rumah anda. Biasanya banyak orang berfikir bahwa tidak ada potensi pada taman kecil di hunian sempit mereka, padahal ada banyak cara untuk menyiasatinya. 

1. Jadikan Teras Menjadi Bagian dari Taman

Desain Taman Kecil

Taman tidak harus di area yang disediakan ketika mendesain rumah. Meski Desain Taman Depan cukup sempit, anda bisa memanfaatkan teras rumah sebagai bagian dari taman. Dalam hal ini bukan mengubah fungsi teras menjadi taman, tetapi mengaplikasikan beberapa tanaman di area teras rumah agar taman sempit tampak luas.

Tips : Letakkan pot-pot kecil pada ujung teras agar tampak bersatu dengan taman. Anda bisa menaruh pot bunga ataupun tanaman hias jenis lain dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

2. Letakkan Pijakan Kaki (Stepping Stone)


Meski sempit, tidak ada salahnya menaruh pijakan kaki. Namun pijakan ini diartikan sebagai hiasan, bukan untuk diinjak untuk memasuki area taman yang terbilang 'sempit' tersebut. Pijakan kaki yang ditata cantik di area taman sempit akan menciptakan kesan unik sebagai miniatur taman. 

Tips : Atur pijakan kaki dengan arah yang tidak segaris. Anda bisa mengaturnya berbelok-belok agar ada kesan menyenangkan disana. 


3. Aplikasikan Taman Vertikal (Living Wall)


Taman vertikal adalah salah satu solusi mudan dan tepat yang bisa diaplikasikan untuk dekorasi taman minimalis dengan lahan terbatas. Disini, anda bisa memanfaatkan dinding kosong untuk menaruh tanaman dalam pot maupun tanaman hias merambat untuk memanfaatkan dinding kosong. 

Tips : Anda bisa menggunakan besi ata kayu sebagai penyangga, kemudian gunakan pot-pot kecil berisi tanaman di dalamnya. Atau untuk dinding yang kosong, anda bisa mengaplikasikan tanaman hias rambat. 

4. Lengkapi Taman dengan Pot Gantung



Jika sebelumnya mengaplikasikan tanaman pot bersusun di dinding, maka anda juga bisa memanfaatkan area depan rumah untuk menggantung pot-pot kecil untuk menana tanaman kesayanganmu yang mungkin tidak ada lahan lagi untuk menaruhnya. 

Tips : Tidak hanya berupa pot yang bsia digantung. Anda bisa berkreasi membuat Pot Gantung Unik dari bola lampu, kayu palet maupun kreasi tanam yang lain. Selain pot, gunakan juga tali gantung yang unik agar lebih mantap.

5. Tonjolkan Area Hijau

Desain Taman Kecil

Meski bisa memanfaatkan area teras, tetap tonjolkan area hijau taman. Utamakan menaruh tanaman di area taman. Biasanya ada yang cenderung menaruh tanaman di salah satu sudut taman saja. Hindari hal itu dan seimbangkan dalam menghias seluruh area taman yang menjadi area hijau rumah anda. 

Tips : Hias taman dengan rumput, kemudian taman lain di sekitarnya, mulai dari tanaman hias hingga tanaman bunga. Hindari fokus ke area tententu dan dekorasilah penataan tanaman agar serasi.


6. Gunakan Tanaman sebagai Penghias Pagar



Pagar yang biasa-biasa saja pasti terlalu mainstream. Anda bisa mendekorasi pagar dengan menaruh tanaman hias disitu. Hampir mirip dengan taman vertikal, menghias pagar depan rumah bisa menambah kesan natural saat memandang rumah anda. 

Tips : Anda bisa menggantungkan pot tanaman hias di sela-sela pagar, menanam tanaman di sela-sela pagar atau mengaplikasikan tanaman rambat yang berbunga. Rutinlah memangkas jika sudah terlalu lebat. 



7. Berikan Kolam untuk Nuansa Natural


Siapa bilang kolam hanya cocok untuk desain taman yang luas?. Anda juga bisa menambahkan Kolam Ikan di taman depan. Tentunya dengan ukuran yang minimalis pula dan sekiranya tidak tampak memenuhi area taman. 

Tips : Pilihan lain selain kolam ikan adalah Air Mancur Mini. Hal ini akan menambah kesan natural meski di dalam taman kecil. Anda bisa menampatkan kolam atau Air Mancur Mini di sudut taman agar tidak terlalu ramai. Kemudian anda bisa sambungkan antara letak teras dan Air Mancur mini dengan pijakan kaki yang sudah disebutkan di atas.


8. Gunakan Ornamen Unik

Desain Taman Kecil

Ornamen bisa menambah pesona cantik di dalam Desain Taman Minimalis anda sekaligus membuatnya tidak tampak membosankan. Ada banyak pilihan ornamen yang bisa digunakan untuk menghias taman kecil. Mulai dari ornamen tradisional seperti patung hingga ornamen modern berbentuk bola-bola atau kubus.


Ornamen bebahan metal akan menunjukkan style modern pada taman. Sedangkan ornamen batu dapat menambah kesan tradisional. Silahkan pilih yang sesuai dengan tema taman ataupun selera anda. 

Tips : Letakkan ornamen taman yang sesuai dengan alur taman. Hindari memasang ornamen pada posisi yang mengganggu seperti di tengah area taman kosong yang malah akan menutupi keindahan keseluruhan taman. 

9. Tanam Pohon Kerdil


Desain Taman Kecil

Pohon dengan ketinggian rendah hingga sedang akan menambah estetika taman kecil anda. Anda bisa menata letak menanam pohon di tempat yang strategis sesuai dengan desain taman yang anda inginkan. Dalam hal ini, anda bisa memiliki pohon dengan cabang yang hanya tumbuh keatas seperti cemara, maupun cabang yang melebar, tergantung selera anda.

Tips : Untuk taman yang memiliki pijakan, anda bisa menanam pohon di kedua sisinya saling berseberangan, tetapi tetap nias sekelilingnya dengan tanaman-tanaman kecil. Anda juga bisa menanam pohon dengan cabang yang tumbuh ke atas di sudut taman secara berjajar untuk sekaligus menutup dinding yang tampak kosong. Jika cabang pohon melebar, maka hindari menanam di sudut.

10. Manfaatkan Area Kecil

Desain Taman Kecil

Saat menghias taman, ada yang terbiasa mengabaikan area tertentu agar taman tidak tampak ramai. Tetapi, jika anda memiliki desain taman kecil, maka hal tersebut sebaiknya dihindari. Kesalahan yang sering dilakukan dalam menghias taman kecil adalah terlalu banyaknya tanaman di satu area.

Tips : Tetap buat taman anda terlihat simple dan sederhana dengan tidak memilih banyak jenis tanaman dan tanaman tersebut harus punya kemampuan untuk tumbuh dengan baik di area terbatas. Taman akan terlihat luas dengan menampatkan tipe tanaman dan perawatan yang baik.

Memiliki taman kecil di rumah tidak selalu menjadi penghalang untuk memiliki taman yang indah karena beberapa tips tersebut bisa menjadi referensi anda untuk mengubah taman biasa menjadi taman kecil yang cantik dan menarik. 

Dari beberapa tips dekorasi taman tersebut, yang terpenting adalah anda harus memanfaatkan ruang pada taman sebaik mungkin, hias dengan ornamen unik, kumpulkan koleksi tanaman yang menarik dengan jenis yang tidak terlampau banyak dan berkreasilah dengan tanaman vertikal. Jika masih memungkinkan, anda bisa menambah tempat bersantai di taman mungil rumah idaman anda.

Semoga artikel Tips Dekorasi Taman bermanfaat. Selamat berkreasi!

Artikel Terkait

Newest Post