10 Jenis Lampu Taman Idaman untuk Percantik Eksterior

Hunian tanpa sebuah taman rasanya sudah seperti bagai sayur tanpa garam. Mempercantik taman'pun bisa dilakukan dengan banyak cara. Bukan hanya seputar tanaman saja, dekorasi yang cantik akan membuat desain taman minimalis tampak istimewa. 

Keberadaan taman dengan lampu memiliki peranan yang penting di dalam hunian anda. Tidak hanya sebagai ruang terbuka hijau, taman juga menjadi sarana untuk kumpul keluarga maupun kerabat. Namun hal yang paling penting, desain taman yang cantik pasti akan menambah estetika hunian anda. 

Desain taman minimalis tidak hanya adanya beragam jenis tanaman sekaligus penataannya. Bagi anda yang memiliki taman sempit, mungkin hanya perlu menata beberapa tanaman hias dengan jalan setapak yang sederhana. Berbeda jika memiliki lahan luas, anda bisa melengkapi desain taman dengan gasebo, tempat bersantai hingga kolam renang. 

Mendesain dan dekorasi taman memang harus diperhitungkan secara matang. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari budget, tata letak, ukuran, dekorasi, aksesoris, hingga lampu taman. Nah, ngomong-ngomong soal lampu taman, keberadaannya memang tidak begitu diutamakan. Tapi bagi anda yang ingin memiliki taman cantik dan elegan, mengaplikasikan lampu taman bisa dicoba. 

Jenis Lampu Taman

Keberadaan lampu taman tidak hanya sebagai sarana pencahayaan, tetapi juga dapat memberikan kesan taman jadi lebih unik, cantik dan berkesan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari lampu taman, yaitu memberi keamanan, mempercantik tampilan taman, menampilkan kesan dramatis dan sebagainya. 

Berikut beberapa jenis lampu taman yang bisa dipilih untuk dijadikan inspirasi desain di rumah :

1. Path Lighting

model lampu taman

Jenis lampu taman ini berguna untuk menampilkan kesan modern dan elegan. Lampu ini ditempatkan di jalur kaki yang ada ditaman, karena fungsinya untuk penerangan jalan sekaligus untuk keamanan agar jalur terlihat saat malam hari. Path lighting memiliki model lain yaitu bollard lighting dan spike lighting.

Bollard lighting (lampu tonggak), berbentuk seperti tonggak dan biasanya digunakan di area taman yang lebih besar untuk menerangi jalur, terlihat seperti lampu jalan mini. Sedangkan spike lighting banyak digunakan untuk tujuan dekoratif dibanding untuk pencahayaan.

Sebagian besar spike lighting menggunakan baterai atau tenaga surya, yang berarti anda bisa lebih hemat energi. Hal itu membuat lampu ini memiliki satu kelemahan, yaitu sering kekurangan daya. 

Tips :
  • Saat memilih bollard lighting, selalu periksa dimana letak cahayanya, karena beberapa model lampu taman jenis ini menawarkan pencahayaan 360 derajat, sementara yang lain hanya menerangi satu arah. 
  • Hindari menggunakan bollard lighting di area kecil karena penampilan mereka yang chunky membuat area akan semakin tampak sempit. 

2. Down Lighting

model lampu taman

Sesuai namanya, jenis lampu taman ini ditempatkan di area tinggi dengan pencahayaan ke bawah. Dengan penempatan yang sesuai, lampu taman ini tak hanya memberikan penerangan maksimal, tetapi juga menampilkan kesan unik dan cantik. 

Pencahayaan ini akan memfokuskan pada sesuatu di bawahnya, seperti rumput, tanaman bunga dan sebagainya. Pencahayaan jenis down lighting akan membuat taman di malam hari lebih aman dan nyaman. 

Tips : 
  • Selain untuk menerangi area taman, cocok untuk menerangi elemen hardscaping. Jika memiliki tempat bersantai yang luas di halaman belakang, anda bisa meneranginya dengan jenis lampu taman ini. Semakin tinggi lampu, semakin besar lingkaran cahaya yang akan didapatkan. 
  • Jika menempatkannya di pohon dan memiringkan lampu ke bawah, akan membuatnya seperti cahaya bulan. Bisa mempercantik tampilan taman di malam hari. 

3. Spot Lighting

model lampu taman

Spot Lighting atau lampu sorot memiliki keunikan dalam dalam taman. Jenis lampu taman ini memiliki sorot cahaya cenderung lebih sempit. Cahaya yang ditampilkan dari spot light lebih terfokus pada titik tertentu dan ini membuatnya sempurna untuk menyorot fitur di dalam taman anda. Spot Light memiliki aneka varian seperti well light dan pond light

Well light dipasang dengan menanamnya ke tanah, menyisakan sedikit permukaan untuk penerangan. Hal ini memberikan kesan seamless pada taman. Sedangkan pond light dapat tenggelam di dalam air dan merupakan pilihan sempurna untuk menghias kolam taman. Baca : 55 Inspirasi Desain Kolam Minimalis di Halaman. 

Tips : 
  • Lampu sorot harus digunakan dengan hemat pada landscape taman dan hanya untuk pencahayaan aksen. Gunakan untuk menyorot pemandangan yang merata atau untuk menunjukkan detail landscape yang menarik.
  • Spot light hadir dalam berbagai warna. Pilih warna yang sesuai untuk menciptakan suasana indah di malam hari.

4. Flood Light

model lampu taman

Jenis lampu taman ini hampir sama dengan spot light. Bedanya, flood light menampilkan cahaya lebih menyebar, sehingga kerap digunakan untuk menerangi area taman yang luas. Lampu ini memiliki intensitas cahaya yang tinggi. Jadi jangan heran kalau banyak dipakai untuk penerangan lapangan olah raga. 

Flood light yang ditempatkan di taman akan memberikan sorotan lebih pada bagian yang anda inginkan. Jika diarahkan ke rumah, akan menyoroti fitur arsitektur rumah yang dapat menghadirkan kehangatan di bagian depan rumah. 

Tips :
  • Anda tidak hanya bisa menyorot depan rumah. Anda bisa menyorot area tanaman bunga di taman dan beberapa pohon. Hal ini akan membuat semua bagian taman bermandikan cahaya. 
  • Gunakan sebaran sinar yang lebih sempit untuk menyoroti fitur vertikal rumah (tiang/pilar) dan sebaran sinar yang lebih luas untuk fitur horisontal.
  • Anda bisa menggunakan aksesoris lensa spread. Aksesoris ini menempel di bagian depan bohlam untuk menyebarkan cahaya.

5. Shadow Lighting

model lampu taman

Seperti namanya, model lampu taman ini lebih menonjolkan keindahan. Lampu taman ini merupakan pencahayaan untuk mendapatkan efek menarik dari bayangan yang dihasilkan. Anda bisa menyorot berbagai objek untuk menciptakan bayangan, seperti menyorot pohon, tanaman hias dengan bentuk unik dan sebagainya. 

Selain itu, shadow lighting juga tersedia dengan model lampu taman yang sudah didekorasi agar cahaya yang dihasilkan sudah membentuk bayangan cantik, tanpa menyorot suatu objek. 

Tips :
  • Anda bisa menggunakan lampu untuk  menyorot tanaman unik dari bawah. Pastikan letak tanaman di dekat dinding, agar bayangan mudah terlihat. 
  • Anda bisa menyorot pohon maupun benda-benda lain yang menghasilkan bayangan cantik.
  • Ada lampu taman yang sudah dimodifikasi pada kerangkanya agar bisa menghasilkan bayangan. Untuk model ini anda bisa memasangnya di area taman manapun sesuai selera, tetapi lebih bagus di dekat jalan taman, halaman atau dinding agar bayangan terlihat unik. 

6. Deck and Step Lights

model lampu taman

Sama seperti path lighting, model lampu taman ini juga berfungsi untuk menunjukkan jalan. Bedanya, deck lighting memiliki manfaat lebih banyak untuk memperlihatkan detail desain arsitektur taman. Mirip dengan lampu tanam yang ditanah, lampu jenis ini biasanya ditanam pada kayu tangga untuk membuatnya lebih cantik. 

Lampu ini sangat cocok dipasang di tangga outdoor maupun indoor. Lampu LED tegangan rendah dan pencahayaan cukup dapat menambah keamanan untuk rumah dan dek anda. Baca : 43 Desain Stylish Tangga Teras Rumah Modern. 

Tips :
  • Anda wajib memasang instalasi deck lights dengan tepat, karena menciptakan bayangan atau cahaya yang menyilaukan bisa membahayakan. Pastikan sorotan sinar tidak mengarah keluar. Anda bisa mengarahkan sinar pada permukaan anak tangga agar tidak mengganggu orang yang berjalan menaikinya. 
  • Tambahkan lampu taman ini jika dek terlihat lebih gelap. 
  • Penempatan tinggi memungkinkan penerangan yang lebih luas. Anda bisa mengaplikasikan lampu di atas tangga daripada di area anak tangga agar bisa menerangi lebih banyak anak tangga daripada satu. 
  • Anda bisa memasang lampu ke setiap sisi anak tangga dan membuat tampilan yang seragam. Namun ingat, jangan sampai berantakan. Atau anda bisa memasang di atas riser agar bisa menerangi dua anak tangga sekaligus. Hal ini dapat menghemat waktu dan budget saat membeli dan memasang lampu dek. 

7. In Ground Lights / Uplighters

model lampu taman

Pencahayaan dalam tanah adalah salah satu bentuk populer dari pencahayaan taman. Pada dasarnya, ini hanyalah lampu sorot yang tertanam ke dalam tanah dengan permukaan yang pas dengan permukaan yang rata, biasanya di dalam paving atau decking. In ground light biasanya digunakan untuk menandai batas jalan masuk, jalur dan beberapa desain taman. 

Untuk taman penggunaannya digabungkan mulai tangga hingga dinding. Jenis lampu taman ini diaplikasikan pada taman untuk tujuan estetika maupun menandai batas, karena bentuk pencahayaan ini tidak menghasilkan banyak cahaya untuk penerangan. 

Tips :
  • Jika ingin mendekorasi area kolam renang, gunakan fiting lampu IP68 yang dapat digunakan di dalam air. Baca : 60 Desain Kolam Renang Minimalis Berkonsep Modern.
  • Tidak hanya untuk permukaan di halaman, lampu ini juga cantik dipasang di area tangga dan dinding. 
  • Pilih model lampu terbaik yang memiliki penutup lensa dan trim untuk mencegah air menggenang dan masuk ke dalam lampu. 
  • Jika dipasang di tanah, waspadai jika banjir. Pastikan untuk mematikan daya sampai air surut dan berikan waktu hingga tanah mengering lagi. 

8. String Lights & Lantern

model lampu taman

String light menjadi fitur desain taman yang populer dan unik belakangan ini, sekaligus cara yang bagus untuk menambahkan cahaya ke area bersantai di taman. Model lampu taman ini digunakan untuk tujuan dekoratif, khususnya pada acara pesta malam ataupun makan malam outdoor. 

Kebanyakan jenis lampu taman ini memiliki banyak cahaya dengan kecerahan tinggi. Anda bisa juga menemukan lampu string bertenaga surya yang sempurna untuk penggunaan sempurna. 

Tips :
  • Lampu taman ini dapat digunakan di sepanjang dinding, pagar, cabang pohon, semak-semak dan gazebo.
  • Digunakan untuk lampu taman, pilih lampu yang tahan lama, setidaknya setahun. 
  • Pastikan dan periksan ulang sebelum membeli, apakah lampu terbuat dari kaca atau plastik. Meski sedikit, ada perbedaan besar keduanya. Jika anda menyukai desain yang elegan, sebaiknya pilih bahan kaca. 
  • Pilih ukuran dan gaya lampu sesuai selera anda. Pastikan ketika tidak dinyalakan, lampu yang tergantung memudar ke landscap dan tidak terlalu menonjol. Anda bisa menggunakan lampu yang tidak terlalu besar dengan kabel warna coklat. 
  • Lepas bola lampu terlebih dahulu sebelum menggantungnya agar lebih mudah dan menghindari resiko pecah. 

9. LED Candle Lights

model lampu taman

Meskipun lilin bermanfaat dalam banyak aspek kehidupan, lilin tidak sepenuhnya aman. Namun kini, ada banyak alternatif lilin untuk kebutuhan dekorasi anda, termasuk lilin LED. Cahaya lilin sangat ideal untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman di malam hari. 

Lilin LED memberikan efek realistis, bertahan jauh lebih lama daripada lilin asli dan tidak terpengaruh oleh angin. Anda bisa menggunakannya pada taman, area kolam dan teras depan. Ada banyak lilin LED dengan beberapa bentuk, ukuran dan gaya yang bisa anda pilih untuk mendekorasi taman rumah. 

Tips :
  • Agar lebih cantik, anda bisa menaruh lampu lilin LED di dalam wadah, kemudian menggantungnya di area taman. 
  • LED candle light mengutamakan keindahan daripada cahaya. Anda tidak perlu membeli lampu lilin yang sangat terang karena fungsinya adalah memberi kesan hangat pada hunian, bukan meneranginya. 
  • Pilih tempat lilin yang unik yang sesuai selera. Anda menggantungnya di taman maupun menaruhnya di area teras dengan wadah yang unik dan klasik. 

10. Pier Mount Light

model lampu taman

Jenis lampu ini menonjolkan desain yang unik dan tidak terlalu mempertimbangkan pencahayaan. Pier mount light biasanya dipasang di pintu masuk taman atau di sisi pagar. Lampu taman ini juga banyak diaplikasikan pada rumah gaya klasik. 

Tips : 
  • Selain pada pintu masuk pagar, anda bisa memasangnya pada pilar rumah, sudut rumah dan beberapa sudut taman yang sekiranya menghasilkan dekorasi yang cantik. 
  • Pilih model yang sesuai dengan gaya rumah anda, entah itu klasik, modern maupun minimalis. 
  • Jika dipasang pada pilar, pastikan ukuran lampu tidak lebih tinggi dari seperempat tinggi pilar. 

Itu adalah 10 jenis lampu taman yang bisa dipertimbangkan untuk menghias  taman anda. Untuk mendekorasi taman, anda bisa menkombinasikan beberapa jenis lampu dalam satu area. Memasang lampu taman bukan hanya mempertimbangkan penerangan saja, tetapi anda bisa memperoleh kesan dramatis, cantik dan elegan dari taman yang anda buat. Semoga artikel Jenis Lampu Taman bermanfaat!