Tren Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Luar yang Elegan

Warna cat rumah minimalis biasanya tidak terlalu mentereng. Ada yang ingin warna muda dan ada pula yang ingin warna cat luar rumah yang sejuk. Namun, menentukan warna cat rumah yang bagus memang gampang-gampang susah dan tidak semudah anggapan banyak orang.

Sebagian orang memilih warna sesuai selera, dan beberapa yang lain memilih warna sesuai estetika desain. Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih. Namun, satu hal yang pasti, anda harus memilih warna eksterior yang anda sukai, agar setiap hari anda mendapat energi positif dari warna tersebut. Bukankah pemilihan warna juga mempengaruhi mood seseorang?.

Nah, warna netral masih menjadi juara teratas di daftar warna cat dinding luar rumah terkini yang banyak diminati. Warna netral juga pilihan yang bagus untuk tampilan hangat dan homey. Untuk tampilan eksterior sempurna, anda perlu mengkombinasikan warna rumah, cat teras rumah serta warna cat tembok pagar luar. Hm... memang gampang-gampang susah ya!.
 

Warna Cat Rumah Minimalis 


1. Putih - Tren yang Paling Populer


rumah warna putih
Warna netral ini sudah banyak diaplikasikan mulai gaya rumah klasik, modern dan mewah. Warna putih adalah warna sempurna untuk eksterior rumah. Menambahkan kontras pada pintu, jendela maupun kusen dengan warna berani adalah perpaduan warna cat rumah minimalis yang bagus.

Warna putih ini beragam, tidak hanya putih cerah saja, tetapi ada putih gading untuk hunian klasik, putih krem, putih hangat dan sebagainya. Anda bisa membuat kombinasi cat rumah warna putih dengan warna yang lebih gelap untuk kesan minimalis modern. Baca : Varian Cat Putih & Tips Memilihnya untuk Interior.

2. Biru - Abu


rumah warna abu-abu

Biru dan abu-abu telah menjadi cat eksterior yang populer selama beberapa tahun terakhir. Kini, perpaduan kedua warna tersebut menghasilkan warna yang ramah untuk ekterior. Batu alam dan trim kayu menjadi pelengkap sempurna untuk desain rumah modern ini. 

3. Biru cerah - Segar untuk Eksterior


rumah warna biru

Warna cat rumah minimalis biru langit ini merupakan warna segar yang dapat meningkatkan elemen arsitektur. Kesan menenangkan bisa disempurnakan dengan memberikan warna cerah pada aksen dan warna lebih gelap pada daun jendela maupun pintu.

4. Biru Retro - Cocok untuk Rumah Klasik


rumah warna biru

Warna biru yang hampir seperti biru navy ini cocok untuk gaya rumah klasik, bahkan hingga rumah mewah untuk menciptakan kesan kemegahan. Warna cat rumah minimalis ini dapat bertindak sebagai warna netral dalam nada abu-abu dan bisa dikombinasikan juga dengan warna biru cerah. 

5. Abu-abu Terang = Warna Cat Rumah Minimalis Banyak Diminati


rumah warna abu-abu

Abu-abu terang merupakan salah satu warna paling trendi karena memberi tampilan ekstra modern pada hunian. Tidak hanya untuk eksterior, abu-abu terang juga bagus diaplikasikan pada interior dan dikombinasikan dengan warna yang lebih gelap pada area atap, pintu, jendela, tiang, maupun kusen. Baca : Kombinasi Warna Cat Rumah Abu-abu Muda 

6. Abu-abu Gelap - Cocok untuk Gaya Modern


rumah warna abu-abu

Warna abu-abu memang memberikan tampilan yang bagus untuk gaya rumah apapun. Jika sebelumnya memberikan tampilan ekstra modern, maka warna cat rumah minimalis ini memberi kesan kecanggihan pada hunian.

7. Taupe - Warna Cat Rumah Minimalis Modern


rumah minimalis

Taupe adalah perpaduan abu-abu dan cokelat. Warna yang sedang tren ini adalah salah satu pilihan paling populer diantara warna - warna netral eksterior. Warna netral klasik ini hadir dalam berbagai warna turunan, seperti hijau atau abu-abu, membuatnya mudah untuk disesuaikan dengan eksterior rumah anda. 

8. Pirus - Nuansa Kalem yang Segar


rumah minimalis

Pirus atau turquoise adalah paduan biru hijau lembut yang cocok untuk warna cat rumah minimalis. Warna yang dalam namun lembut ini akan membuat tampilan rumah tampak segar, apalagi jika dipadukan dengan beberapa tanaman hias.

9. Kuning Gandum - Warna Cat Rumah Minimalis yang Hangat


warna cat rumah minimalis

Tidak terlalu putih dan hampir seperti kuning mentega, warna cat rumah minimalis ini terkesan hangat dan bersih. Warna kuning gandum cocok dikombinasikan dengan cokelat tua, abu-abu dan biru untuk aksen. Warnanya akan semakin cantik dengan halaman rumput hijau dan beberapa tanaman hias di depannya. 

10. Hijau Mint - Nada Dingin dan Sempurna


warna cat rumah minimalis

Warna cat rumah minimalis yang sedang tren ini dapat memberikan nada dingin yang sempurna. Warna hijau keabu-abuan ini membuat kontras indah antara rumah dan halaman berumput. Untuk kusen dan daun jendela, bisa dikombinasikan dengan warna abu-abu gelap, hitam, putih atau krem. 

11. Coklat Muda / Krem - Mengingatkan Suasana Alam


warna cat rumah minimalis

Warna natural yang akan mengingatkan siapapun pada kayu dan suasana alam. Warna hangat dan yang menciptakan kesan welcoming ini bisa dipadukan dengan warna hitam dan putih untuk tampilan klasik atau warna yang lebih gelap agar lebih dramatis. 

12. Coklat Tua - Gaya Sederhana yang Menarik


warna rumah minimalis

Meski biasanya hanya sebagai warna aksen, tidak ada salahnya mencoba warna coklat tua untuk warna cat dinding luar rumah. Warna gelap yang bersahaja ini bisa dipadukan dengan warna merah, biru, hitam atau putih untuk aksen. Warna cat rumah minimalis yang berani akan membuatnya menonjol dan pastinya memiliki daya tarik. 

13. Hitam - Warna Cat Rumah Minimalis Kontemporer


rumah warna hitam

Warna hitam menjadi warna eksterior rumah yang mencolok dan banyak digunakan pada rumah gaya modern minimalis. Warna hitam dapat dikombinasikan dengan batu bata maupun kayu. Untuk aksen bisa menggunakan warna abu-abu, merah, biru atau warna-warna lain untuk kesan dramatis. 

14. Merah - Nuansa Meriah dan Mewah


rumah warna merah

Ceria, mencolok, segar dan terkesan tradisional bisa anda dapatkan dari warna merah. Warna cat rumah minimalis ini bisa tampil di lokasi manapun, entah hunian anda ada di daerah pepohonan, landscape atau tepi pantai sekalipun, warna merah akan memberikan tampilan klasik yang cantik dan menonjol.
 

Tips :

  1. Jika memiliki halaman atau tanaman hias, pertimbangkan kesesuaian warna cat rumah dengan halaman. Apakah warnanya kontras atau tidak?.
  2. Jika rumah memiliki batu alam pada bagian luarnya, pilihlah warna yang tidak bertentangan dengan skema warna eksterior alami rumah anda.
  3. Pilih warna cat rumah minimalis yang menghibur dan membuat semangat, tidak hanya untuk tamu yang datang tetapi juga anda sendiri. Baca : 8 Warna Cat Rumah yang Bagus & Sejuk untuk Hunian Tropis.
  4. Warna cat dinding luar rumah harus selaras dengan warna atap anda. Apakah atap rumah berupa atap seng atau atap sirap?. Tidak perlu mencocokkan warna dinding dan warna atap, tetapi keduanya harus saling melengkapi. Pasangkan warna dinding yang hangat dengan warna atap yang hangat, atau warna dinding yang sejuk dengan warna atap yang dinding, dan sebagainya. 
  5. Gunakan warna pastel atau warna terang lainnya jika ingin rumah tampak besar. 
  6. Jika budget terbatas, hindari warna cerah yang cepat memudar seiring waktu. Warna yang rentan pudar adalah warna kuning cerah, biru dan merah. 

FAQ


Cat rumah yang bagus warna apa?
Beberapa pilihan yang populer termasuk warna netral seperti putih, abu-abu, dan beige, karena memberikan tampilan yang bersih dan serbaguna.

Warna apa saja yang elegan?
Warna yang dianggap elegan biasanya warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan cokelat tua. Selain itu, warna-warna lembut seperti biru navy, burgundy, dan emas juga sering dianggap elegan dalam berbagai konteks.

Cat warna apa untuk kamar tidur?
Warna-warna tenang seperti biru lembut, hijau mint, atau abu-abu pastel sering digunakan untuk menciptakan suasana menenangkan dan nyaman untuk kamar tidur.

Perpaduan abu-abu cocok untuk warna apa?
Perpaduan abu-abu dengan warna biru tua atau kuning salem memberikan sentuhan kontras yang menarik dalam desain interior. Perpaduan abu-abu dengan warna putih atau krem menciptakan suasana elegan dan bersih.

Related Posts