8 Warna Cat Rumah yang Bagus & Sejuk untuk Hunian Tropis

Warna cat rumah yang bagus tidak selalu cocok untuk hunian anda. Banyak rumah mengaplikasikan cat tembok sesuai selera penghuni tanpa mementingkan keselarasan perpaduan warna. Itulah kenapa kadang warna yang baik, tampak aneh, norak dan membuat penghuni tidak nyaman.

Kenyamanan dalam suatu ruang tidak hanya bergantung pada ukuran, tata letak dan ornamen, tetapi juga warna yang digunakan. Warna dapat mempengaruhi psikologis penghuni rumah, sehingga anda harus menyesuaikan warna cat yang bagus dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.

Indonesia beriklim tropis dan anda bisa mengaplikasikan kesejukan ke dalam hunian dengan warna cat. Warna cat rumah yang sejuk bisa menjadi pilihan bagus jika anda ingin mendesain rumah tropis. Menambahkan warna tropis dapat membuat hunian terasa hangat, ramah dan cerah.
 

Warna Cat Rumah yang Bagus

1. Turquoise

warna cat rumah minimalis
Warna cat rumah ini langsung mengingatkan akan perairan tropis yang hangat dan angin laut yang tenang. Turquoise adalah warna perpaduan biru pucat - hijau atau biru - sedikit kuning. Intensitas pirus dengan warna cerah menjadikannya aksen tropis yang sempurna pada interior.

Dalam foto tersebut, warna biru seperti oase yang memberikan kesejukan pada ruangan. Furniture kayu dan warna netral memunculkan nada hangat dari warna biru cerah. Latar belakang krem membantu menjaga ruangan tetap seimbang sambil mempertahankan nuansa hangatnya.

Ini adalah warna cat rumah yang bagus jika dipadukan dengan warna pink, coral, oranye dan kuning. Dengan begitu, warna turquoise dapat mempertahankan getaran tropisnya. Jika anda ingin warna cat rumah yang sejuk, warna ini bisa jadi pilihan!.
 

2. Tangerine

warna cat rumah minimalis

Warna oranye tua tidak hanya ceria, tetapi juga modern. Tangerine adalah warna cat rumah yang bagus diaplikasikan pada dapur dan ruang tamu. Biasanya warna ini juga ditemukan pada kamar tidur untuk memberikan sentuhan cerah dan bersemangat.

Dalam foto diatas, warna putih pada atap, furniture, kusen dan sebagian dinding menyerap nuansa jeruk yang berlebih. Hal ini memberikan suasana damai dan sejuk pada ruangan. Tangerine cocok dipadukan dengan warna biru, merah muda dan ungu.
 

3. Kuning Cerah

warna cat rumah minimalis

Rumah warna kuning mungkin jarang terlihat, karena popularitasnya kalah dengan warna netral. Padahal, warna kuning yang mencolok ini dapat menambah daya tarik jika dipadukan dengan warna yang tepat. Kuning cerah membangkitkan sinar matahari dan suhu panas, sehingga dapat membuat ruangan tampak cerah.

Kuning cerah adalah warna cat rumah yang bagus diaplikasikan pada aksen maupun furniture. Warna yang cerah dan hidup ini dapat mengubah suasana ruang. Gambar diatas menggunakan warna kuning untuk lemari dapur yang memberikan cahaya cerah di atas lantai coklat kayu.

Warna cat tembok ini dapat dipadukan dengan warna cerah dosis kecil. Untuk tampilan yang lebih lembut, kuning cerah akan lebih halus dipasangkan dengan warna netral seperti abu-abu, putih atau kayu pucat.
 

4. Aqua

warna cat rumah minimalis

Warna air ini seperti warna biru yang lebih pucat daripada pirus dengan sedikit kehijauan. Warna ini dapat menambahkan getaran hangat dan menenangkan ke ruang manapun. Anda bisa mengaplikasikan warna aqua pada dinding maupun aksen seperti tirai.

Pada gambar diatas, warna aqua diaplikasikan pada dinding dan furniture. Perpaduan dengan warna netral cerah memberikan nuansa pantai yang elegan. Meskipun warna birunya sedikit pucat, tetap tampak menonjol dengan latar belakang netral.

Aqua
adalah warna cat rumah yang sejuk dan sangat cocok dipasangkan dengan warha hijau sayur, fuchsia dan kuning cerah. Jika anda ingin mengkombinasikan dengan warna lain, warna netral dan aksen gelap cocok untuk itu.
 

5. Fuchsia

warna cat rumah minimalis

Fuschia
merupakan campuran warna merah dan ungu cerah. Menyerupai warna pink yang lebih dingin, warna ini identik dengan semangat dan romantis dalam waktu yang sama. Warna tropis klasik ini adalah warna cat rumah yang bagus jika ditempatkan dengan latar belakang netral kayu, putih dan abu-abu.

Warna fuchsia mengingatkan pada bunga bugenvil yang cerah. Mengaplikasikan pada interior dapat membuat suasana ruang lebih bersemangat dan elegan. Untuk kesan yang lebih hangat dan romantis, warna fuchsia pada gambar dipadukan dengan coklat kayu untuk kesan elegan.

Warna cat rumah ini cocok dipadukan dengan warna cerah seperti hijau terang, kuning, oranye dan pirus. Anda bisa menambahkan aksen cokelat dan emas untuk tampilan yang lebih elegan. Akses-aksen emas yang berkilau akan membuatnya semakin sempurna dan tanaman hijau membuatnya lebih segar. 
 

6. Koral

warna cat rumah minimalis

Warna seperti jambu biji merah dan warna karang ini memiliki pesona yang istimewa. Koral merupakan campuran antara oranye dan merah muda. Warna pastel yang dalam ini sangat menyegarkan karena memancarkan cahaya yang tampak elegan.

Ruang keluarga pada gambar diatas tampak formal berkat dinding koral yang bersanding dengan warna netral. Penggunaan warna koral, putih dan warna kalem pada lantai di seluruh ruangan membuat kombinasi koral tampil semarak. Selain untuk dinding, anda bisa menambahkan warna koral pada bantal dan sofa.

Koral adalah warna cat rumah yang bagus jika dipadukan dengan pirus, aqua, hijau pistachio dan oranye cerah. Warna-warna lembut ini akan membuat interior tampil menyegarkan dan indah. Namun, ingat bahwa intensitas koral dapat berubah tergantung warna apa yang anda pasangkan dengannya.
 

7. Putih Krim

warna cat rumah minimalis

Warna yang banyak diaplikasikan pada bangunan klasik ini sangat disukai banyak orang sebagai warna dasar. Gabungan warna putih cerah dengan krem dan aksen kayu dari furniture menciptakan nuansa alami yang menyegarkan. Furniture kayu adalah warna tropis yang dapat menyejukkan ruangan anda.

Putih Krim adalah warna cat rumah yang bagus dipadukan dengan warna netral lain untuk kesan kalem. Anda bisa menambahkan warna gelap pada beberapa aksen jika ingin tampilan interior lebih modern.

8. Hijau Tropis

warna cat rumah minimalis

Warna hijau adalah warna yang paling menenangkan dan anda butuh warna ini untuk nuansa santai. Warna cat rumah yang sejuk ini ideal untuk kamar tidur dengan sprei putih, serta ruang lain yang mengandung desain putih di dalamnya. Menambahkan aksen biru aqua akan membuat tampilannya lebih segar.

Pada gambar diatas, ruangan didominasi warna hijau yang menyegarkan. Dinding hijau tropis dipadukan warna putih menciptakan nuansa sejuk pada ruangan. Tanaman hijau, furniture kayu dan permadani membuat nuansa alami semakin terasa.

Sentuhan minimalis modern ditunjukkan pada bentuk furniture yang praktis dan ramping. Secara keseluruhan, warna hijau dapat menciptakan nuansa segar nan sejuk secara visual. Anda dapat mengaplikasikan warna ini pada tempat-tempat santai seperti ruang keluarga dan kamar tidur.

Itu adalah delapan warna cat rumah yang bagus untuk menciptakan suasana sejuk pada hunian. Namun, ingat bahwa perpaduan yang tepat akan membuat ruangan anda sempurna. Ada beberapa tips memilih warna ruangan yang bisa dijadikan acuan. Jadi, sebelum mengaplikasikan warna-warna pada ruangan, sebaiknya anda coba untuk memadukannya pada kanvas. Semoga bermanfaat! 

Related Posts