8 Tips Jitu Memilih Warna Ruangan yang Bagus dan Tepat

Tips Memilih Warna Ruangan. Desain rumah yang minimalis tanpa perpaduan warna yang tepat tentu tidak akan membuat rumah anda tampak indah, apapun modelnya. Sehingga, selain mendesain rumah dengan Denah Rumah Minimalis yang tepat, pemilihan warna yang serasi juga harus diperhatikan. Namun ternyata memilih warna rumah juga tidak semudah yang dibayangkan. Bukan hanya tentang warna favorit anda, tetapi banyak faktor yang harus diperhatikan dalam memilih warna daripada sekedar warna kesukaan.
Dalam memilih warna rumah yang bagus, tepat dan cantik memang harus memperhatikan beragam faktor, salah satunya kombinasi warna dasar. Selain itu jenis ruangan dan warna furniture juga perlu diperhatikan. Jadi memang tidak heran kalau hampir semua orang cukup kesulitan dalam pemilihan warna yang bagus, kecuali arsitek rumah anda tentunya.

Biasanya banyak yang ingin mengaplikasikan warna favorit di dalam ruangan rumah tanpa memperhatikan komposisi yang tepat, sehingga ruangan malah nampak norak. Hal ini tidak salah karena warna penting untuk menunjukkan karakter penghuni rumah. Hanya saja, dengan kombinasi yang tepat tentu ruangan akan lebih menarik, cantik, pas dan enak dipandang.

Lalu bagaimana memilih warna yang tepat dan cantik untuk ruangan di rumah?

1. Pelajari dan Ikuti Lingkaran Warna


Lingkaran warna biasanya digunakan oleh para desainer untuk memilih kombinasi lebih dari dua warna. Anda bisa menentukan warna rumah yang bagus dengan bantuan lingkaran warna. 

2. Ketahui Karakter Warna

Setiap warna tentu memiliki karakter yang berbeda, jadi anda harus pintar memilih yang sesuai dengan kepribadian anda.
  • Putih : Warna ini terkesan bersih, mewah dan netral. Biasanya dikombinasikan dengan furniture yang menghiasi area rumah untuk mengurangi warna dominan. Jika banyak digunakan, warna putih cenderung terkesan kaku.
  • Abu-abu : Warna ini bisa menciptakan kesan lebih luas. Namun jika digunakan terlalu banyak akan tampak kaku dan arogan.
  • Hitam : Warna ini terkesan kokoh dan elegan. Penggunaan warna hitam di dalam interior rumah menciptakan suasana mistis dan terkesan sempit, sehingga warna hitam disarankan untuk desain eksterior rumah karena bisa menciptakan kesan mewan jika sesuai penempatannya.
  • Pastel : Warna ini menciptakan kesan lembut dan fleksibel bagi pengguni rumah.

3. Kombinasi Warna


Pastikan membuat desain warna yang pas dengan konsep di dalam rumah. Kebanyakan orang akan memilih warna netral untuk sebagian besar area dinding ruangan dan melengkapi sisanya dengan warna yang lebih berani. Padahal warna yang berani'pun bisa menciptakan kehangatan dalam rumah anda. 

Jadi, usahakan memilih beberapa warna favorit anda dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Anda bisa menetralkannya dengan warna putih. Pilih warna dasar yang serasi dan senada dengan warna furniture yang ada di ruangan untuk meningkatkan aksen keindahan ruangan tersebut.

4. Pilih Warna Sesuai Ruangan


Suasana setiap ruangan tentu berbeda, seperti ruang tamu dengan kamar tidur maupun dapur dengan kamar mandi. Nah, jika memiliki suasana yang berbeda, aplikasikan juga warna berbeda yang sesuai dengan suasana ruangan.
  • Ruang Tamu : Gunakan warna netral seperti putih, kombinasi monokrom atau pastel untuk menciptakan kesan hangat, karena ruang tamu sudah pasti sering dikunjungi orang lain. Hindari warna gelap pada ruang tamu untuk menghindari kebosanan. 
  • Ruang Keluarga dan Ruang Makan : Cat untuk ruang yang menjadi tempat berkumpulnya keluarga ini bisa menggunakan warna krem, orange, kuning atau merah. Sedangkan untuk ruang mkan, warna hijau muda atau pastel sangat cocok karena bisa mengundang selera makan.
  • Kamar Tidur : Cat untuk kamar tidur relatif tergantung penghuninya karena bisa menjadi pilihan untuk menegaskan kepribadian penghuni kamar. Anda bisa menggunakan pemilihan warna yang berani atau warna biru yang menciptakan nuansa nyaman.
  • Dapur : Sebagai tempat inspirasi bagi ibu rumah tangga, dapur harus didekorasi senyaman mungkin. Perpaduan warna orange atau metalic seperti coklat sangat tepat untuk menambah semangat di dapur anda.
  • Kamar Mandi : Kamar mandi harus menggunakan warna yang tepat untuk memunculkan kesal higienis. Anda bisa menggunakan warna putih, biru atau hijau untuk menciptakan kesan yang bersih.
  • Ruang Bermain Anak :  Gunakan warna cerah dengan motif lucu agar menambah keceriaan anak. Motif lucu juga bisa menambah edukasi dan imajinasi anak. Suasana kamar tidur akan lebih nyaman jika menggunakan warna yang lembut seperti warna biru untuk nuansa menenangkan. 

5. Uji Warna Pilihan

Ujilah warna sebelum diaplikasikan seluruhnya ke dinding agar anda lebih percaya diri. Anda bisa mengujinya di papan poster atau salah satu tembok rumah yang memiliki area besar. Pertimbangkan warna yang kuat, warna tajam, warna netral dan warna lembut. Jika anda tahu tema yang ingin dipakai, memilih warna cat rumah yang bagus tentu tidak sulit.

6. Kombinasi Aksen Ruangan


Untuk ruangan sempit yang biasanya dimiliki Rumah Minimalis, aplikasikan wallpaper di satu sisi sebagai aksen, kemudian warna sisi lainnya dengan warna netral. Warna senada adalah warna yang masih dalam garis yang sama dalam lingkaran warna (1). Untuk wallpaper di kamar mandi, gunakan warna hijau atau motif alam. Nuansa hijau akan menciptakan nuansa segar dan menyejukkan.

7. Perpaduan Dinding dan Furniture


Pilih warna-warna cerah dan corak tertentu seperti warna silver, emas atau perunggu untuk menciptakan efek kedalaman didalam tekstur dinding. Sepadankan dekorasi ruangan dengan furniture yang pas agas menghasilkan kombinasi warna yang bagus. Jika memasang wallpaper, pastikan tidak bertabrakan dan kontras dengan furniture dan aksesoris interior. Jika furniture bermotif ramai, sebaiknya gunakan wallpaper yang lebih lembut dan netral, begitupula sebaliknya. 

8. Pencahayaan Ruangan

Ada area rumah yang sama sekali tidak terkena matahari, ada yang selalu tersinari matahari. Untuk rumah sempit, gunakan cat dinding warna cerah agat ruangan terasa luas dan terang. Ada dua tips tata cahaya. Cahaya lampu pijar akan menonjolkan warna hangat dan kuning, sedangkan lampu pendar akan menghasilkan tone warna biru. Jadi, memilih lampu sangat penting untuk nuansa ruangan. 

Semoga artikel Tips Memilih Warna Ruangan bermanfaat. Jika anda cukup kesulitan untuk merancang desain dan dekorasi interior, anda bisa menggunakan jasa arsitek dan desainer untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi mencari desain yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !
Loading...

Artikel Terkait