Memilih Warna Cat Rumah?, Pahami Psikologi Warna Ini!

Warna cat rumah merupakan bagian terpenting dalam finishing untuk membuat hunian lebih sempurna. Biasanya, warna ditentukan dari tema hunian yang digunakan maupun warna favorit penghuni. Namun, ternyata warna juga memberikan efek tertentu karena dapat mempengaruhi suasana hati lho!.

Skema warna cat rumah yang menarik dapat membawa perubahan pada penampilan rumah. Disamping itu, warna rumah juga mencerminkan kepribadian dan selera anda. Memilih warna cat tentu tidak sesederhana memilih warna favorit saja, karena menciptakan skema warna yang tepat membutuhkan waktu.

Warna Cat Rumah yang sejuk
Menciptakan kombinasi warna menarik untuk ruangan bisa dilakukan dengan mempelajari psikologi warna. Psikologi warna adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari yang dapat mempengaruhi suasana hari dan tingkat energi anda. Tren warna selalu berubah, sementara tak sedikit penghuni rumah menghabiskan waktu untuk memikirkan warna ruangan.

Warna Cat Rumah & Maknanya

Warna memiliki kekuatan untuk mengubah bentuk dan ukuran perabot serta bentuk ruangan itu sendiri. Warna-warna tertentu dapat mempengaruhi pikiran serta banyak hal, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan iklim. Itulah kenapa sangat penting memilih warna dengan bijak dalam hal dekorasi.
 

Warna Hangat

1. Merah
Merah adalah warna yang paling intens dan salah satu warna yang paling merangsang secara psikologis. Warna merah dapat merangsang nafsu makan dan percakapan. Ini adalah warna cat rumah yang dapat menciptakan kegembiraan serta menunjukkan kepercayaan diri.

Warna merah dapat meningkatkan tingkat energi ruangan, merangsang cinta, gairah, kemarahan dan kekuasaan. Warna merah telah terbukti meningkatkan tekanan darah, mempercepat pernafasan dan meningkatkan detak jantung. Sehingga, warna ini tidak bagus untuk kamar tidur dan kamar mandi dimana anda ingin bersantai.

cat rumah minimalis 

Baik untuk : ruang makan, ruang tamu, jalan masuk rumah.

2. Oranye
Warna energik ini melambangkan keseimbangan, kehangatan, antusiasme dan semangat. Warna cat rumah oranye dapat memberi energi dan semangat seperti warna merah tetapi tanpa efek negatif (tekanan darah tinggi).

 cat rumah minimalis

Baik untuk : ruang belajar, ruang bermain, ruang berlatih.
 
3. Kuning
Warna ini mewakili kebahagiaan, optimisme, inspirasi dan musim panas. Warna cerah bagaikan sinar matahari ini dapat meningkatkan fokus serta membuat hati gembira dan bahagia. Jadi, sepertinya sulit untuk tidak bahagia di dalam ruangan dengan cat kuning.

 cat rumah minimalis

Baik untuk : Ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang makan.
 
4. Merah muda (Pink)
Warna lembut ini adalah lambang cinta dan kebaikan. Mereka yang menyukai warna pink dianggap feminim, romantis, polos dan berhati lembut. Dibanding merah, pink lebih menenangkan dan dapat meningkatkan kreativitas.

cat rumah minimalis 

Baik untuk : kantor, kamar tidur, green house.

Warna Dingin

1. Hijau
Hijau adalah warna alam yang tenang dan santai. Karena dibuat dari kombinasi kuning dan biru, hijau memiliki efek menenangkan (biru) dan keceriaan (kuning). Warna cat rumah ini sering digambarkan sebagai warna kegembiraan, harmoni, kehidupan, energi dan lingkungan.

Mereka yang menyukai hijau biasanya percaya pada keseimbangan, stabilitas dan ketekunan. Warna ini memiliki efek menenangkan dan dapat meredakan stress.

cat rumah minimalis 

Baik untuk : kamar tidur, ruang tamu, dapur
 
2. Biru
Warna biru sangat menenangkan dan menyejukkan. Sehingga warna cat rumah yang sejuk ini dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernafasan dan detak jantung. Warna paling populer ini melambangkan kepercayaan, ketergantungan dan stabilitas.

kombinasi warna cat rumah 

Baik untuk : kamar tidur, kamar mandi.

3. Ungu
Ungu dapat merangsang imajinasi. Ini adalah warna simbol kemewahan dan kekayaan. Mereka yang menyukai ungu cenderung kreatif, bijaksana dan romantis. Warna dramatis ini mengesankan kecanggihan yang kaya untuk warna ungu yang lebih gelap. Sedangkan untuk relaksasi baik menggunakan ungu muda.

kombinasi warna cat rumah 

Baik untuk : kamar tidur, kantor, ruang tamu.

Warna Netral

Warna- warna netral cocok digunakan dimanapun, asalkan anda dapat mengkombinasikannya dengan baik.

1. Cokelat

kombinasi warna cat rumah

Warna ini mewakili bumi, keamanan dan kepuasan. Warna cat rumah ini dapat menambah kehangatan, kenyamanan dan memberikan rasa kesederhanaan pada ruangan. Biasanya warna ini diaplikasikan pada hunian klasik, karena dapat membawa kesan anggun dan canggih.
 
2. Abu-abu
kombinasi warna cat rumah

Warna yang 'dalam' ini dapat membawa kenyamanan dan kehangatan. Mereka yang menyukai warna klasik ini biasanya cerdas dan disiplin, Warna abu-abu sangat serbaguna karena cocok digunakan pada hunian klasik, modern dan mewah. Dalam nuansa terang, warna ini membawa nuansa klasik, sedangkan dalam nuansa gelap dapat memberi kesan edgy dan modern.
 
3. Putih
warna cat tembok

Ini adalah warna klasik yang tak lekang oleh waktu, karena masih banyak yang menggunakannya hingga kini. Warna cat rumah putih membawa efek menenangkan, serta dapat membuat ruangan terasa lebih terbuka dan luas. Sehingga, warna ini banyak digunakan pada warna cat rumah minimalis.
 
4. Hitam
warna cat tembok

Hitam melambangkan keanggunan, misteri dan kekuatan. Mereka yang menyukai warna hitam biasanya ambisius dan canggih. Warna cat rumah ini paling baik digunakan dalam dosis kecil sebagai aksen, karena dapat memberikan kedalaman pada ruang. Jika terlalu banyak justru dapat membuat depresi.
 
5. Metal
warna cat tembok

Warna berkilau dan menyegarkan ini dapat memberikan gaya instan ke dalam ruangan. Metal dapat menambah semangat serta kreativitas.

Warna Cat Terbaik untuk Ruang

Ada beberapa tips jitu memilih warna ruangan yang bisa anda jadikan acuan. Warna cat rumah yang telah disebutkan diatas memang memberikan efek psikologis tertentu. Oleh sebab itu, anda tidak boleh sembarangan mengaplikasikan warna pada setiap ruang di rumah anda. 

Berikut adalah tips warna terbaik untuk berbagai ruang berdasarkan psikologi warna : 
  • Ruang Tamu : merah, hijau, biru. Hindari warna oranye (terlalu energik untuk ruang santai).
  • Kamar Tidur : biru, hijau, ungu. Hindari warna oranye dan biru pastel (tidak menyenangkan pada ruang dengan sedikit cahaya alami).
  • Ruang Makan : merah, kuning, ungu. Hindari warna biru (bisa membuat anda mengantuk, mengurangi nafsu makan) dan hijau cerah (memberi energi sehingga anda cenderung tidak makan).
  • Dapur : kuning, hijau, biru muda, ungu. Hindari warna cokelat (warna yang tidak sering dikaitkan dengan rasa lapar, cocok untuk area lain) dan hitam (terlalu dramatis untuk tempat berbincang).
  • Kamar mandi dan ruang spa : hijau, biru, kuning, ungu. Hindari warna merah dan oranye.
  • Kantor dan Ruang Belajar : Biru, kuning dan ungu.
  • Ruang Latihan : Oranye (olah raga berenergi), merah muda, biru dan hijau (yoga).

Psikologi warna jauh lebih dari sekedar warna-warna cantik. Warna cat rumah yang anda pilih dapat mempengaruhi suasana hati dan perilaku secara signifikan. Itulah kenapa sangat penting untuk memilih warna bahagia dan positif untuk setiap ruang pada rumah anda.

Beberapa tips warna diatas hanya sebagai pedoman, dan tentunya anda bebas memilih kombinasi warna cat rumah yang anda suka!. Semoga bermanfaat!

Related Posts