15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Terbaru Dalam Berbagai Gaya

Membicarakan tentang rumah minimalis pasti tidak ada habisnya, karena dewasa ini, banyak orang yang mengadopsi gaya minimalis bercirikan kayu dan baja. Arsitektur minimalis dapat dicirikan dengan satu kata, yaitu sederhana. Hal itu berarti tidak berlebihan, mulai dari bentuk, fungsi dan esensinya yang paling mendasar. 

Karakteristik bangunan minimalis berlaku untuk denah lantainya masing-masing. Denah rumah minimalis biasanya terdiri dari geometri ruang yang sederhana dengan tata letak fungsional yang mudah diatur. Penempatan ruang yang efisien, hanya membuang sedikit ruang dan membiarkan ruang tampak terbuka. Hal ini untuk menciptakan ruang sederhana, bersih dan nyaman, meski ukurannya kecil.

Bentuk sederhana, interior minimalis, area penyimpanan sederhana dan penekanan pada pemandangan eksterior merupakan karakteristik banyak denah rumah minimalis. Ruangan dapat disesuaikan dan fleksibel untuk berbagai tujuan. Maka pada beberapa rumah minimalis, biasanya ada yang memanfaatkan ruang tamu sebagai ruang keluarga, dapur bersatu dengan ruang makan, dan sebagainya. 

Desain rumah minimalis dua lantai bermanfaat untuk kebutuhan anda yang membutuhkan tambahan ruang di lahan terbatas. Berikut berbagai contoh desain rumah minimalis dua lantai yang bisa dijadikan inspirasi :

1. Desain rumah minimalis 2 lantai modern

desain rumah minimalis

Rumah tersebut memiliki desain yang menarik di setiap sudutnya. Desain sederhana dengan dua jenis model atap  berbeda sesuai dengan ruangan membuatnya tampil modern. Perpaduan warnanya yang cantik ditambah area ekterior dengan paving yang menambahkkan rerumputan membuatnya segar dipandang. 

2. Desain rumah minimalis 2 lantai sederhana

desain rumah minimalis

Desain rumah tersebut banyak diaplikasikan di Indonesia. Rumah minimalis dengan model atap pelana bersusun. Meski mungil, rumah tersebut masih menyediakan area balkon untuk mempercantik tampilan eksteriornya. Baca : 35 Denah Terbaik Rumah Minimalis 2 Lantai.

3. Desain rumah minimalis 2 lantai atap piramida

desain rumah minimalis

Desain ini mirip dengan desain pada poin no #2 di atas, bedanya rumah ini menggunakan atap piramid untuk menciptakan kesan megah. Pada lantai dua, area balkon diperluas, menyatukannya dengan atap garasi untuk membuat area outdoor yang lebih menawan. 

4. Desain rumah minimalis 2 lantai mewah

desain rumah minimalis

Perpaduan warna dan desain arsitektur rumah diatas sangat menarik. Sisi dengan desain unik ditonjolkan dengan warna gelap untuk mempertajam garis-garis geometrinya. Desain sempurna dengan warna eksterior yang serasi membuatnya tampil mewah. 

5. Desain rumah minimalis 2 lantai atap sandar

desain rumah minimalis

Desain tersebut menggunakan batu alam untuk mempertegas desainnya. Perpaduan warna yang lembut membuat tampilan rumah ini sangat sederhana, tetapi tidak meninggalkan desain kekinian dengan menggunakan atap sandar. 

6. Desain rumah minimalis 2 lantai sederhana

desain rumah minimalis

Rumah tersebut sangat sederhana tanpa banyak detail pada bagian depan. Model atap dan desain tiang rumah yang sederhana menciptakan kesan klasik yang cukup banyak diminati di era modern ini. 

7. Desain rumah minimalis 2 lantai modern

desain rumah minimalis

Rumah minimalis di atas lahan sempit tersebut memiliki desain yang menarik perhatian, terutama pada bagian jendela. Warna yang tidak mencolok tanpa kanopi carport, membuat desain rumah ini tampak jelas. Kedepannya, kanopi bisa dipasang di bagian samping rumah agar tidak menutup area depan yang sudah cantik. 

8. Desain rumah minimalis 2 lantai atap datar

desain rumah minimalis

Rumah modern diatas menggunakan atap datar yang dimanfaatkan pada bagian paling atasnya. Detail pada bagian depannya sederhana. Meski dua lantai, area atap bisa dimanfaatkan untuk rooftop garden maupun keperluan desain yang lain. 

9. Desain rumah minimalis 2 lantai sederhana

desain rumah minimalis

Bagian depan dan samping rumah tersebut adalah sisi yang menarik. Balkon yang biasanya ada di depan, kini ada di sudut, menciptakan suasana lapang pada balkon sempit. Pintu rumah juga ada di samping, terkesan welcoming untuk menyambut siapapun yang datang. 

10. Desain rumah minimalis 2 lantai atap miring

desain rumah minimalis

Tak hanya atap datar saja yang menjadi tren, atap miring juga bagus untuk rumah dua lantai. Warna gelap mempertegas desain area atas. Warna gelap dan putih sangat cocok berpadu dengan batu alam yang dapat mempercantik eksterior. 

11. Desain rumah minimalis 2 lantai modern
desain rumah minimalis

Atap datar yang modern, jendela besar agar interior tampak lapang, balkon sudut yang cantik di atas carport membuat tampilan rumah ini modern dan elegan. Meski tidak memiliki teras, taman depan didesain asri untuk mempercantik eksterior rumah. 

12. Desain rumah minimalis 2 lantai kekinian

desain rumah minimalis

Rumah minimalis tersebut sangat sederhana dengan atap piramid yang umum digunakan untuk kesan megah. Rumah ini tidak memadukan banyak warna, tetapi hanya mempertegas kusen jendela dan sedikit batu alam di dinding depan, menunjukkaan kesan minimalis yang sederhana. 

13. Rumah minimalis 2 lantai terbaru

desain rumah minimalis

Rumah tersebut cukup unik, karena harus naik tangga dulu dari carport ke pintu depan. Kebanyakan rumah seperti ini hanya tinggi di bagian depan (sampai ruang tamu atau ruang lain). Jadi bukannya tanahnya yang ditinggikan. Biasanya, pada area belakang, juga ada tangga kebawah untuk memisahkan antar ruang. 

14. Rumah minimalis 2 lantai mewah

desain rumah minimalis

Model atap piramid memang banyak diaplikasikan pada hunian yang ingin tampil mewah. Rumah diatas memiliki jendela - jendela lebar, balkon luas dan area taman kecil membuat tampilannya sangat elegan dan mewah. Area garasi yang tertutup, membuat rumah ini tidak terlalu membutuhkan gerbang yang akan menutup desain cantiknya. 

15. Rumah minimalis 2 lantai dengan atap unik

desain rumah minimalis

Desain rumah tersebut sangat sederhana tetapi mencolok pada bagian atap. Model atap setengah piramida tersebut tidak sepenuhnya melindungi area balkon di lantai dua. Jadi jika anda ingin desain seperti itu, pastikan memasang kanopi pada balkon untuk menghindari curahan air hujan yang berlebihan karena atap miringnya. 

Tips Desain Rumah Minimalis 2 Lantai : 

  1. Sesuaikan luas lahan, model atau Denah Rumah Minimalis 2 Lantai anda.
  2. Tentukan model dekorasi bangunan depan rumah yang ingin dibangun. Anda bisa mengaplikasikan Rumah Minimalis Sederhana maupun rumah minimalis modern. 
  3. Anda bisa menentukan desain atap yang menarik. Biasanya Desain Atap Rumah Minimalis Type 36 adalah desain bertingkat. Pilihlah warna atap yang gelap untuk membuat kesan elegan. Baca : 44 Contoh Model Atap Rumah Minimalis 2 Lantai. 
  4. Tentukan desain Rumah Minimalis 2 Lantai anda. Desain adalah bagian vital yang harus benar-benar dipikirkan. Bagaimana bentuk rumah anda, bagaimana agar Rumah Minimalis anda terlihat mewah dan lain sebagainya. Padukan desain rumah dengan unsur arsitektur modern. 
  5. Kombinasikan warna cat yang cerah dengan warna yang tidak terlalu gelap. Bisa menggunakan warna terang (merah, jingga, biru, dst) yang dipadukan dengan warna muda (abu-abu, biru muda, hijau muda, dst). Kombinasikan dengan warna pintu, jendela dan kusen. Baca : 8 Tips Jitu Memilih Warna Ruangan yang Tepat. 
  6. Untuk merombak rumah menjadi Rumah Minimalis 2 Lantai, sesuaikan ukuran rumah dengan ukuran ruangan yang dibangun di lantai 2. Buat struktur yang mudah dibuat. Contohnya seperti membangun kamar mandi satu garis lurus antara lantai 1 dan lantai 2 agar mempermudah pembangunan pipa saluran air. 
  7. Buatlah ruangan yang benar-benar dibutuhkan pada seluruh bagian rumah. Contohnya pada lantai 2 anda bisa membangun 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi dan teras. Jangan lupa untuk menyediakan ruang untuk membangun Tangga menuju lantai 2. 
  8. Maksimalkan seluruh fungsi lahan. Jika masih ada ruang, anda bisa membuat taman maupun teras kosong untuk menjemur pakaian. Tambahkan pagar di Balkon lantai 2 agar tampak elegan. Baca : 50 Desain Rooftop Garden yang Asri dan Elegan. 
  9. Selaraskan komposisi antara lantai 1 dengan lantai 2 mulai dari cat dinding hingga desain interior ruangan. 
  10. Sisakan ruang untuk Garasi dan halaman untuk memperindah rumah minimalis type 36 anda. Buatlah teras Garasi yang cocok dengan warna lantai dan cat dinding rumah. 

Semoga artikel Desain Rumah Minimalis 2 Lantai terbaru bermanfaat. Jika kesulitan untuk merancang desain interior, anda bisa menggunakan jasa arsitek desain rumah untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi contoh desain rumah yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !