15 Kanopi Balkon Lantai 2 Minimalis, Nyaman & Aman untuk Santai

Menikmati suasana luar rumah bisa dilakukan di teras maupun balkon. Bedanya, balkon lebih memiliki nilai privat dibanding teras. Merupakan area santai sekaligus privasi bagi penghuni, kanopi balkon biasanya ditambahkan agar areanya nyaman dan aman.

Ada berbagai desain balkon minimalis yang bisa dicoba. Ada desain balkon terbuka maupun menggunakan penutup. Selain untuk keteduhan, biasanya penutup balkon digunakan untuk meningkatkan privasi di area luar, melindungi area luar dari cuaca buruk, menghalau sinar matahari dan menambah estetika rumah pada beberapa model uniknya.

Harga kanopi balkon pun bervariasi tergantung model dan bahannya. Anda bisa membuat model sederhana dari kain tenda hingga model elegan menggunakan material kaca. Dalam hal ini tentu anda harus mempertimbangkan budget, gaya rumah dan struktur balkon. 

Kanopi Balkon Lantai 2

1. Kanopi polyester yang klasik


kanopi balkon minimalis

Berbahan polyester, ini adalah kanopi kain pertama yang paling terjangkau dengan gaya yang tak lekang oleh waktu. Didesain dengan palang penguat persegi yang simple akan memberikan tampilan bersahaja.

2. Penutup dari kain sederhana


kanopi balkon lantai 2

Jika ingin penutup balkon yang sangat sederhana, gunakan tirai yang dapat berdiri bebas ke struktur bangunan, lalu sisi yang lain ditambatkan pada pagar balkon. Desain kanopi ini cocok untuk balkon terbuka dan bisa memberikan keteduhan sekaligus privasi. Opsi ini sangat terjangkau dan tampak estetis, apalagi pada rumah gaya bohemian.

3. Pergola pada balkon


kanopi balkon lantai 2

Pergola adalah sistem atap terbuka yang terdiri dari bilah-bilah kayu dengan space tertentu. Biasanya ada tanaman rambat yang digunakan untuk membuatnya semakin teduh tanpa menghalangi sinar hangat matahari. Pergola juga berfungsi sebagai fitur desain sebagai kanopi balkon lantai 2 secara keseluruhan untuk membuatnya tampil modern.
 

4. Atap balkon polikarbonat dan aluminium


desain kanopi

Kanopi balkon minimalis ini memberi tampilan elegan yang berfungsi juga untuk melindungi area dari panas maupun hujan. Bahan polikarbonat yang disokong aluminium membuatnya semakin kokoh dan tahan lama. Desain trasnparannya akan membuat anda tetap menyatu dengan suasana luar.

5. Kanopi balkon PVC aluminium


model kanopi

Desain kanopi ini dirancang dengan memanfaatkan bahas dasar berkualitas. Penampilan yang menarik, tidak korosi, biaya perawatan rendah, instalasi yang mudah dan tahan lama cocok dipasang pada rumah minimalis maupun rumah modern.

6. Kanopi kaca untuk suasana terbuka


desain kanopi

Banyak bangunan modern menggunakan kanopi balkon berbahan kaca tahan cuaca, tahan lumut dan bisa membuat area terasa luas. Kanopi kaca aman digunakan dan tidak gampang pecah jika ketebalannya sesuai dengan proses pemasangan yang tepat.

7. Kanopi balkon kaca akrilik


model kanopi

Dibanding kaca biasa, kaca akrilik dapat membiaskan cahaya dan lebih aman, sehingga anda tidak akan terlalu kepanasan bila berada di bawahnya. Menariknya, ada beragam pilihan warna yang bisa anda pilih sesuai gaya rumah.

8. Kanopi alderon sebagai peredam panas


model kanopi minimalis

Bahan kanopi balkon lantai 2 ini dapat meredam panas maupun suara dengan efektif. Selain itu, jenis kanopi ini sangat kokoh bahkan mampu menahan beban berat, tidak bisa berkarat maupun korosi, tahan pada lingkungan ekstrim dan perubahan cuaca.

9. Aman & nyaman dengan kaca laminated


harga kanopi balkon

Meski sama-sama kaca, kanopi balkon ini menggunakan kaca laminated, dimana jika kaca pecah, maka tidak akan berhamburan tetapi hanya retak. Daya tahan kaca laminated sangat kuat dan dapat meredam benturan. Oleh sebab itulah jenis kaca ini banya diaplikasikan pada kaca mobil.

10. Tempered glass yang kuat dan elegan


desain kanopi balkon

Jenis kaca ini dibuat melalui proses pemanasan dan campuran bahan kimia agat lebih kuat dan aman daripada kaca biasa. Selain itu tempered glass juga dapat menahan goresan dan benturan. Meski pecah, serpihannya pun kecil dan tidak tajam.
 

11. Kanopi balkon yang dapat ditarik


desain kanopi minimalis

Desain kanopi balkon lantai 2 ini dapat memberi anda pilihan bagaimana anda menikmati suasana luar. Kainnya ideal untuk menaungi area dari sinar matahari maupun hujan. Namun, anda perlu tetap memperhatikan penggeraknya agar tetap berfungsi dengan baik.

12. Model kanopi balkon minimalis


kanopi balkon atas minimalis

Terbuat dari panel polikarbonat bening dan bingkai aluminum, kanopi balkon lantai 2 ini cocok untuk perumahan maupun perkantoran. Model kanopi ini juga bisa digunakan untuk kanopi pintu dan jendela. Ini bsa sedikit melindungi area keluar-masuk dari hujan maupun panas.

13. Layar kanvas untuk naungan sederhana


kanopi balkon minimalis

Jika anda tidak ingin ribet, biasanya saat pembangunan rumah dibuat kanopi cor sekaligus, jadi sifatnya permanan. Namun, jika anda ingin mencari keteduhan lebih, layar kanvas bisa jadi solusi terbaik, karena tidak terlalu mahal. Hanya saja, ini memerlukan tiang penyangga untuk mengaitkan layar saat terbuka.

14. Desain modern yang estetik 


model kanopi minimalis

Dibuat dengan model pergola, ini menjadi fitur desain estetik untuk ekterior rumah. Kanopi teras dan kanopi balkon dibuat serupa tapi tak sama. Meski tidak dapat melindungi dari panas dan hujan, desain kanopi antara lantai satu dan dua membuatnya tampak unik dan istimewa.

15. Kanopi otomatis & praktis


kanopi balkon lantai 2

Layaknya tirai, ini adalah kanopi balkon yang bisa meringankan aktivitas anda. Hanya perlu menekan remote, layar kanopi bisa terbuka dan tertutup sesuai keinginan. Ini cocok diaplikasikan pada balkon yang luas agar efektif dan efisien.

Ada banyak pilihan penutup balkon yang tersedia di pasaran, tetapi yang terbaik untuk hunian anda bergantung pada struktur balkon dan kebutuhan anda. Semoga ide-ide ini bermanfaat dan memberi inspirasi!

Related Posts