15 Desain Pagar Minimalis Kekinian yang Lagi Ngetren

Pagar adalah hal pertama yang dilihat orang pada eksterior rumah. Selain sebagai perlidungan, pagar juga berperas sebagai penanda suatu wilayah maupun hunian. Menerapkan ide pagar halaman yang tepat adalah kunci untuk menetapkan batas, sekaligus menciptakan privasi yang diinginkan. 

Banyak desain pagar yang bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan. Entah itu pagar untuk kebun, halaman, taman, maupun hunian utama anda. Anda bisa memilih model pagar yang sesuai dengan gaya rumah anda. Apakah anda ingin pagar dekoratif?, pagar sederhana?, atau desain pagar minimalis untuk rumah mungil anda?.

Jaman sekarang, hampir tidak ada rumah minimalis tanpa pagar, khususnya di daerah perumahan. Meski pagar rumah memiliki banyak manfaat, anda juga harus memperhatikan estetikanya. Desain pagar yang cantik, pasti akan menambah nilai plus pada hunian di dalamnya. 

Desain Pagar Minimalis Terbaru

Jika anda menghuni rumah minimalis dan bingung menentukan model pagar yang tepat, berikut beberapa contoh desain pagar minimalis yang bisa dijadikan inspirasi :

1. Desain pagar besi vertikal untuk tampilan minimalis.

model pagar rumah

Sekarang ini banyak rumah yang menggunakan model pagar besi ini, terutama rumah minimalis. Jika anda bingung menemukan model pagar yang tepat untuk rumah anda, pagar besi vertikal bisa menjadi solusi utama karena cocok dengan model rumah gaya apapun. Keuntungan lainnya, pagar besi tersebut juga mudah ditemukan dimana saja. 

2. Model pagar rumah dengan material berbeda.

desain pagar rumah

Ini adalah contoh pagar rumah minimalis yang tren pada tahun 2020 dan masih banyak digemari hingga sekarang. Pada desain pagar rumah minimalis tersebut menggunakan material pagar tembok, pagar besi runcing dan pagar kayu dengan model yang indah. Pemilihan warna yang klasik membuat desain pagar minimalis ini tampil sederhana dan dijamin tak lekang oleh waktu. 

3. Kombinasi abstrak pagar minimalis.

pagar minimalis

Jika anda ingin desain pagar minimalis anti mainstream dan tidak membosankan, memadukan pagar dengan kesan abstrak bisa dicoba. Pagar unik dengan perpaduan warna yang berbeda ini mengutamakan estetika pada eksterior rumah. Model pagar minimalis seperti itu tentu akan menarik perhatian siapapun yang lewat. 

4. Pagar minimalis rumah modern.

pagar minimalis

Rumah dua lantai maupun rumah modern yang besar sebenarnya tidak masalah menggunakan pagar minimalis, yang penting desainnya seimbang dengan gaya rumah. Desain pagar tidak begitu tinggi, bercelah dan berdiri diantara tiang-tiang tembok menampilkan area dalam rumah modern yang cantik dan mewah. 

5. Kombinasi pagar kayu dan pagar tembok. 

model pagar minimalis

Desain pagar minimalis tampak sangat luar biasa karena mengkombinasikan material kayu dan tembok dengan desain yang menawan. Ada bilah kayu dalam formasi vertikal dan horizontal yang seimbang dengan gaya hunian. Dipadukan dengan pagar tembok di tengah, pagar minimalis ini bagus jika anda ingin privasi lengkap tanpa merusak daya tarik area di luarnya.

6. Pagar minimalis sederhana dengan desain unik.

model pagar besi

Desain pagar rumah diatas sebenarnya tampak biasa saja, karena banyak diaplikasikan pada rumah minimalis. Bedanya, pada area pagar tertentu dikombinasikan dengan kayu. Bukan untuk menjadi sekat privasi, tetapi untuk menambah estetika eksterior rumah. Paduan warna hitam, putih dan coklat sesuai dengan gaya rumah modern yang hangat. 

7. Pagar baja ringan, solusi besi berkarat.


Baja ringan juga dapat diterapkan dalam pembuatan pagar. Apalagi pagar baja ringan adalah solusi besi berkarat. Material satu ini sudah banyak dikenal dalam pembuatan rangka atap sebagai pengganti rangka kayu. Meski berjenis logam, baja ringan ini anti karat dan lebih ringan. Itulah yang menyebabkan material ini lebih mahal, sehingga anda harus menyiapkan budget yang sesuai.

8. Model pagar besi minimalis.

model pagar minimalis terbaru

Model pagar besi untuk rumah minimalis banyak dipilih karena dianggap kuat, tahan lama, dengan biaya pemasangan dan perawatan yang terjangkau. Namun untuk pemasangannya harus diukur dan dilas dengan kuat agar tidak cepat rusak, seperti keropos, berkarat dan lainnya. 

9. Desain pagar sederhana.

pagar rumah sederhana

Pagar minimalis diatas juga banyak diaplikasikan pada perumahan. Berbeda dari yang lain, penggunaan pagar ini adalah digeser, menghemat area di sekelilingnya daripada pagar dengan sistem buka-tutup. Pagar besi vertikal ini cocok digunakan untuk model rumah minimalis gaya apapun. 

10. Kombinasi unik pagar besi dan kayu.

pagar minimalis

Pagar minimalis diatas memiliki desain yang indah, berupa kombinasi material dan warna. Penggunaan pagar yang digeser juga dapat menghemat area teras, serta mempermudah masukkan kendaraan. Masih ada sedikit privasi dengan adanya pagar tembok yang juga didesain cantik pada sisi bangunan. 

11. Model pagar minimalis untuk keamanan.

model pagar tembok

Meski diutamakan untuk keamanan, desain pagar diatas tidak meninggalkan estetikanya. Desain pagar tinggi berwarna gelap memberi kesan tegas. Pintu geser tidak memberi celah apapun untuk menjaga privasi di dalamnya. Meski begitu, bagian cantik dari rumah ditunjukkan lewat desain bagian atasnya yang pasti mengundang banyak perhatian. 

12. Pagar tembok batu alam dengan desain yang indah.

model pagar tembok

Jika anda ingin menggunakan desain pagar minimalis dengan batu alam, anda bisa mencobanya dengan kreativitas anda. Dari tahun ke tahun, tren batu alam terus berkembang. Batu alam banyak digunakan untuk mempercantik eksterior seperti pagar tembok, dan dinding luar rumah. 

Dengan pagar tembok batu alam, anda bisa menikmati nuansa asri dengan berbagai kreasi di rumah minimalis anda. Mulai dari warna, corak, bentuk dan paduan unsur alam lainnya. Semua bisa didesain dan didekorasi sesuai tren desain rumah yang sedang hits sekarang ini. 

13. Pagar kayu minimalis untuk nuansa harmonis.

model pagar rumah

Desain pagar kayu cocok untuk segala jenis hunian, mulai dari tradisional hingga rumah mewah. Pagar kayu ini juga menjadi favorit pada desain rumah minimalis. Pagar kayu dengan ketinggian dan desain yang tepat dapat mempercantik rumah anda. 

Bahan yang tidak sulit dan budget minim, dapat membuat rumah terlihat mewah, tergantung bagaimana anda merawatnya. Pagar kayu ini juga lebih ditujukan pada estetika daripada keamanan. Jadi jika anda fokus untuk keamanan, sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakannya. 

14. Kombinasi pagar kayu dan besi bermotif.

model pagar minimalis

Jika sebelumnya hanya pagar kayu untuk estetika, desain pagar ini juga dapat menunjukkan perlindungan karena didesain cukup tinggi. Jika anda ingin menggunakan pagar kayu, tetapi kawatir dengan keamanannya, mengkombinasikan dengan besi bisa menjadi alternatif yang memadai. Apalagi jika menggunakan pagar besi bermotif, pasti eksterior anda akan semakin cantik.

15. Pagar tembok sebagai privasi rumah minimalis.

desain pagar tembok

Model pagar minimalis tersebut juga banyak diaplikasikan pada hunian, tidak hanya di kawasan perumahan. Material pagar menggunakan tembok batu alam, kayu dan besi yang didesain cantik untuk menutup rumah. Tembok ini lebih berfungsi sebagai keamanan, tetapi masih mempertahankan estetikanya dengan desain batu alam yang ditata unik, serta tambahan tanaman di depannya. Pagar ini terlihat asri, hangat dan modern. 

Tips Desain Pagar Rumah Minimalis :

  1. Perhatikan konsep rumah : rumah adalah satu kesatuan yang harus diselaraskan agar indah dilihat dan nyaman ditempati. Jika rumah bertema minimalis, maka model pagar yang digunakan adalah yang dapat menimbulkan kesan sederhana, tidak memakan banyak tempat (pagar geser) seperti besi dan kayu. 
  2. Bahan pagar : Bentuk pagar harus sesuai dengan materialnya. Kebanyakan pagar terbuat dari besi, tetapi ada juga yang kayu. Anda bisa memilih salah satu maupun kombinasi keduanya yang sangat cocok untuk rumah minimalis. Selain itu bahannya juga ekonomis di kantong. Baca : Ragam Material Pagar Rumah + Kelebihan dan Kekurangannya. 
  3. Bentuk dan ukuran : Ukuran pagar harus sesuai bentuk rumah dan ukurannya juga seimbang, tidak terlalu besar atau kecil dan tidak terlalu tinggi atau rendah. Ukuran pagar dapat mempengaruhi kesan pada rumah, tetapi itu tetap tergantung selera, yang penting anda harus jeli dalam hal ini. 
  4. Warna : Warna pagar dapat mempengaruhi keindahan rumah. Agar terlihat menarik, anda bisa memberikan warna cerah. Namun, anda harus memperhatikan warna dengan bentuk dan desain rumah agar tercipta model yang bentuk yang serasi. Jadi, warna pagar rumah harus serasi dengan warna cat rumah. 
Itu adalah beberapa desain pagar rumah yang bisa menjadi inspirasi anda. Memilih pagar rumah sebenarnya tergantung selera. Dari model pagar minimalis yang sudah dituliskan diatas, anda bisa berkreasi dengan bentuk lain, misalnya bentuk pagar besi tempa yang bentuknya bermacam-macam. Anda bisa memilih pagar mana yang ingin anda gunakan, yang sesuai dengan keinginan anda. Semoga artikel desain pagar minimalis bermanfaat!.