60 Model Pagar Rumah Minimalis Modern Paling Diminati

Pagar rumah minimalis sangat penting untuk tampilan hunian Anda. Selain sebagai dekorasi eksterior, pagar rumah mempunyai fungsi sebagai gerbang masuk dan pembatas area rumah, mempercantik tampilan rumah, sekaligus sebagai benteng rumah. Membangun pagar memang tergantung dari selera pemilik rumah, namun jangan lupakan desain yang sesuai dengan rumah anda.

Dibanding model pagar lainnya, desain pagar minimalis sangat sederhana dan bersih. Desainnya seringkali terdiri dari garis-garis lurus dan bentuk geometris dasar dengan warna netral. Modelnya menekankan kesederhanaan dan estetika modern, sehingga tidak serumit gaya pagar-pagar lainnya.

Konsep Desain

 
Pagar Rumah

Warna & Material


Dalam hal warna, warna netral seperti abu-abu, putih, hitam dan nuansa kayu sering digunakan untuk menciptakan kesan bersih dan sederhana. Warna-warna tersebut bisa dikombinasikan tergantung material dan model pagar.

Ada banyak jenis pagar rumah minimalis berdasarkan material yang bisa diaplikasikan, mulai dari pagar bambu, pagar tembok, besi, kayu, maupun dengan kombinasi bahan-bahan tersebut untuk menciptakan kontras menarik. Rumah minimalis seringkali menggunakan pagar besi, tembok dan kayu atau kombinasi ketiganya.

Pemilihan Model


Model pagar rumah minimalis umumnya sederhana an tidak terlalu rumit, karena menyesuaikan dengan gaya rumah. Pagar bisa didesain sedikit terbuka atau tanpa bukaan untuk menjaga privasi. Model pagar besi dan kayu biasanya berupa garis-garis lurus, sedangkan jika berbahan besi hollow, kadang dibentuk bentuk geometri sederhana.

Sedangkan pagar tembok memiliki model yang lebih variatif, tergantung selera. Anda bisa mengkombinasikan dengan material lain, maupun berupa tembok tertutup untuk menjaga privasi. Jika menggunakan tembok, warna yang digunakan untuk dekorasi juga lebih bervariasi.
 

Berapa Biaya Desain Pagar Rumah Minimalis?


Biaya pembuatan pagar rumah rumah bervariasi karena dipengaruhi beberapa faktor seperti ukuran pagar, material, model dan jasa desain. Di Indonesia, pembuatannya pagar tembok per m2 sekitar Rp. 190.000 - Rp. 220.000 dan pembuatan pagar kayu sekitar Rp. 300.000 - Rp. 7.000.000 tergantung model.

Sedangkan pembuatan pagar besi ada di rentang Rp. 500.000 - Rp. 1.500.0000/ meter. Hal ini akan berbeda jika Anda memilih besi tempa yang lebih dekoratif dan biasa digunakan untuk rumah mewah. Dalam hal ini, bandingkan penawaran dari beberapa desainer untuk menemukan harga yang sesuai budget.

Pagar Rumah Minimalis


1. Pagar Tembok


Pagar tembok banyak diapikasikan pada rumah minimalis yang memiliki area cukup lebar. Bentuknya yang kokoh membuatnya bisa dikombinasikan dengan material lain, seperti besi dan kayu. Anda dapat memilih banyak variasi untuk jangka panjang.

Namun, sayangnya pagar tembok cenderung permanen dan untuk membongkarnya terbilang merepotkan. Jadi, pastikan memiliki model yang serasi dengan rumah. Berikur beberapa contoh pagar tembok rumah minimais yang bisa jadi inspirasi.

pagar minimalis

pagar minimalis

pagar minimalis

rumah modern

rumah modern

rumah modern

rumah modern

model pagar tembok unik minimalis

rumah modern

model pagar tembok unik minimalis

rumah modern

pagar rumah minimalis modern

Pagar Rumah mewah

Pagar Rumah mewah

contoh pagar rumah minimalis murahcontoh pagar rumah minimalis murah

contoh pagar rumah minimalis murah

rumah minimalis

rumah modern
 
pagar tembok

rumah mewah

variasi pagar tembok

variasi pagar tembok

variasi pagar tembok

2. Pagar Besi


Pagar rumah minimalis material besi banyak diminati dan banyak dijumpai di perumahan. Desainnya yang ringan, praktis, kuat dan tahan lama menjad pilihan populer dalam dunia arsitektur. Kombinasinya dengan tembok menjadi langganan utama berbagai tipe rumah, mulai dari rumah minimalis modern hingga hunian-hunian mewah.

pagar besi

pagar besi

pagar besi

pagar besi

pagar besi

pagar besi

pagar besi

cutting pagar besi


pagar besi

pagar besi

pagar besi

pagar besi

pagar rumah mewah

pagar besi

pagar besi

pagar besi

pagar besi minimalis

rumah modern

pagar besi minimalis

pagar besi minimalis

pagar besi minimalis

pagar besi minimalis

pagar besi minimalis

pagar besi minimalis

pagar besi minimalis

Selain ragam jenis pagar yang tersedia, ada juga desain pagar rumah cantik yang didekorasi dengan tanaman hias pagar atau ornamen dekoratif lain. Namun, bagi Anda yang suka kesederhanaan, model pagar minimalis ini menawarkan daya tarik yang kini mendominasi perumahan-perumahan di Indonesia.

3. Pagar Kayu Rumah Minimalis


Pagar kayu bisa menjadi material yang ekonomis maupun mahal, tergantung jenis kayu dan model pagar. Kayu mampu menciptakan nuansa alami dan hangat pada hunian, sehingga kerap juga digunakan pada vila, hotel dan resort mahal. Pagar rumah minimalis dari kayu bisa menjadi pilihan jika Anda ingin hunian sederhana yang tampak elegan.
 
pagar kayu

pagar kayu


pagar kayu minimalis

pagar kayu minimalis

pagar kayu minimalis

pagar kayu minimalis

pagar kayu minimalis

pagar kayu minimalis

Tips  :


  1. Perhatikan kualitas material pagar yang dipakai. Pastikan pagar memakai bahan yang kuat dan tahan pada segala cuaca, karena nantinya pagar rumah akan kerap terserang panas, dingin, hujan dan cuaca lain, sehingga bisa menyebabkan pagar berkarat ataupun keropos.
  2. Hindari terlalu banyak ornamen atau bentuk yang rumit, karena gaya minimalis mengutamakan kesederhanaan.
  3. Pastikan bentuk pagar memenuhi fungsi keamanan, tanpa mengorbankan estetiknya.
  4. Sesuaikan tinggi pagar rumah minimalis dan pastikan tingginya tidak menutupi halaman dan teras.
  5. Berikan sentuhan warna sesuai tema rumah agar warnanya tidak terkesan norak.
  6. Agar lebih menarik tambahkan tanaman di area pagar seperti tanaman gantung maupun tumbuhan hias lainnya.

Semoga artikel Pagar Rumah Minimalis bermanfaat. Jika anda kesulitan untuk merancang desain interior, anda bisa menggunakan jasa arsitek desain rumah untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi contoh desain rumah yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !

FAQ


Besi pagar namanya apa?
Besi untuk model pagar rumah yang umum digunakan adalah besi hollow atau pipa kotak. 

Apa yang dimaksud dengan pagar rumah?
Pagar rumah adalah struktur pembatas atau penghalang yang dibangun di sekitar rumah untuk memberikan keamanan, privasi, dan batasan fisik. Pagar rumah minimalis dapat terbuat dari berbagai bahan seperti besi, kayu, batu, atau kombinasi bahan lainnya.

Aoa fungsi pagar rumah?
Fungsi pagar adalah untuk melindungi rumah atau properti dari akses yang tidak diinginkan, menjaga privasi penghuni, serta memberikan penampilan estetik dan identitas visual bagi rumah tersebut.

Apa saja alat yang dibutuhkan ketika kita akan membuat pagar rumah?
Alat yang dibutuhkan untuk membuat pagar yaitu palu, gergaji, meteran, bor, obeng dan kunci pas, tang potong, pencetak lubang tanah, penggaris atau waterpass, masker, sarung tangan, kacamata keselamatan, tang pemegang dan alat lain tergantung jenis dan bahan pagar yang akan digunakan.

Related Posts