20 Variasi Pagar Tembok Minimalis untuk Rumah Idaman

Semua orang tau kalau sekarang pagar rumah tidak hanya memiliki peran penting sebagai pelindung maupun pembatas area kepemilikan saja, tetapi juga menjadi elemen dekorasi. Itulah kenapa banyak variasi pagar tembok yang bisa dibentuk sesuai dengan gaya rumah. Kebanyakan, pagar tembok diaplikasikan pada rumah mewah, tetapi kini rumah minimalis'pun memilikinya dengan gaya serupa tema.

Banyak gaya dan desain pagar yang bisa anda pilih. Anda bisa membuat pagar tembok secara keseluruhan atau mengkombinasikan dengan material lain seperti besi atau kayu. Biasanya pada rumah minimalis menggunakan kombinasi tembok dan besi. Sedangkan pada rumah mewah, bentuk pagar tembok lebih rumit dan mewah dengan penambahan besi tempa, kaca maupun material lain.

Kini, variasi pagar tembok minimalis banyak diminati. Bentuk sederhana yang membawa kesan istimewa dapat menjadikan hunian tampak berkelas. Namun, anda tidak bisa mendapat kesan istimewa dari bentuknya saja, tetapi juga dari perpaduan warna dan ornamen dekorasi lainnya.

Variasi Pagar Tembok

1. Pagar minimalis modern


  pagar rumah sederhana tapi cantik
Mode pagar rumah ini banyak diaplikasikan pada rumah minimalis masa kini. Perpaduan tembok dan besi horisontal sederhana dengan warna hitam putih membuatnya cocok untuk hunian kontemporer. Pada beberapa model, variasi pagar tembok ini dibuat dengan bentuk sederhana minim material besi yang biasanya ada di perumahan-perumahan.

2. Desain pagar rumah modern yang elegan


pagar tembok minimalis

Sama dengan desain sebelumnya, variasi pagar tembok dengan besi ini menunjukkan masing-masing bagian dalam garis besar. Pagar ini menunjukkan keterbukaan, tetapi masih menunjukkan privasi dengan desain yang lebih ringan.
 

2. Pagar rumah mewah yang elegan


pagar tembok minimalis

Bagi yang mengutamakan desain, pagar besi tempa bisa menjadi pilihan menarik. Ada berbagai pilihan bentuk dan motif pagar besi tempa yang bisa dipilih sesuai gaya rumah. Tak hanya sebagai keamanan, desiannya akan mempercantik hunian anda.
 

4. Desain pagar modern yang terbuka


pagar minimalis modern

Untuk kesan mewah yang lebih sederhana, anda bisa memadukan pagar tembok dengan besi tempa dengan porsi yang lebih minim. Hal ini tidak hanya menciptakan area privasi, tetapi juga karya seni yang indah untuk dilihat.

5. Pagar rumah minimalis


pagar minimalis modern

Ini adalah variasi pagar tembok yang juga banyak dijumpai. Tidak hanya pada perumahan, tetapi hunian prbadi. Tembok yang sederhana mengutamakan keamanan dengan tetap menyisakan keterbukaan pada halaman depan.

6. Pagar tembok sederhana


pagar rumah minimalis modern

Bagi anda yang mengutamakan privasi dan keamanan, anda bisa menggunakan variasi pagar tembok ini. Namun, agar tidak monoton, beri sedikit dekorasi pada tembok agar tetap menarik.
 

7. Pagar roster minimalis


pagar roster minimalis

Jangan hanya bertumpu pada kayu dan besi untuk memadukannya dengan pagar tembok. Alih-alih membuat celah horisontal dengan besi atau kayu, anda bisa membuat celah unik dari roster. Anda hanya perlu memilih bentuk apa yang paling sesuai dengan gaya rumah anda.

8. Desain pagar sederhana yang aman


pagar rumah minimalis

Jika model pagar rumah lain kebanyakan dicat dengan berbagai warna, anda bisa menggunakan warna abu-abu yang senada untuk kesan dingin yang elegan. Variasi pagar tembok dengan aluminium ini dapat melindungi area rumah sekaligus menabah suasana privat.

9. Perpaduan pagar tembok dan tanaman


pagar rumah minimalis

Bagi anda yang ingin nuansa segar, padukan pagar tembok dengan tanaman. Selain sebagai penyejuk, tanaman tertentu bisa dimanfaatkan sebagai pagar hidup. Anda bisa membuat pagar tembok yang tidak terlalu tinggi, lalu menambahkan pagar tanaman untuk keamanan yang lebih maksimal.

10. Pagar teras minimalis


pagar tembok minimalis tanpa besi

Variasi pagar tembok satu ini banyak dijumpai pada rumah minimalis modern. Selain sebagai pengaman, desai pagar yang dipadukan dengan batu alam menambah estetika rumah. Tanaman hias di depannya pun membuat hunian tampak asri dan indah.
 

11. Variasi pagar tembok dan batu alam


pagar tembok minimalis tanpa besi

Anda bisa membuat pagar tembok tampak kokoh dan estetik dengan cara mengkombinasikan dengan batu alam. Hal ini akan membuat hunian tampak natural, apalagi jika menambahkannya dengan beberapa tanaman hias.

12. Pagar rumah minimalis


pagar tembok depan rumah

Desain pagar tembok minimalis ini menyisipkan ornamen besi tempa sebagai ornamen agar sesuai dengan gaya rumah modern. Tanaman hias yang tumbuh rendah sangat cocok untuk menutup sekaligus menyatukan bagian bawah pagar antar tembok dan beso tempa.

13. Pagar minimalis sederhana


pagar rumah tembok

Ini adalah variasi pagar tembok yang paling sederhana dan bisa diaplikasikan pada rumah klasik maupun rumah modern. Model pagar sederhana ini bisanya dibangun tinggi untuk keamanan dan privasi. Selain untuk pagar depan, desainnya juga cocok untuk halaman belakang.
 

14. Pagar rumah modern kekinian


pagar rumah tembok

Dinding pagar yang tinggi dan menarik secara visual dengan bilah aluminium meningkatkan estetika rumah. Variasi pagar tembok ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama. Modelnya cocok untuk rumah minimalis komtemporer.
 

15. Variasi pagar tembok batu candi


tembok pagar minimalis

Perpaduan material pagar ditambah susunan yang menarik dapat menambah estetika rumah dan membuatnya terasa sejuk. Perlu diingat kalau batuan seperti itu dapat menyerap air. Sehingga agar tidak lembab, anda harus melapisinya dengan cat tertentu.
 

16. Pagar tembok sederhana elegan


tembok pagar minimalis

Warna putih banyak dijadikan pilihan untuk interior maupun eksterior. Tampilan yang bersih dan cerah dapat membuat hunian terasa luas dan elegan. Meski hanya satu warna, variasi pagar tembok yang unik dan estetik ini tetap indah karena dilengkapi dengan tanaman hijau di area celah gelapnya.

17. Pagar tembok mewah modern


contoh pagar rumah minimalis

Model pagar tembok satu ini mengkombinasikan banyak material. Desainnya juga cukup rumit dan biasanya dijumpai pada rumah modern hingga rumah mewah. Pagar yang juga menjadi pintu garasi ini sangat elegan dipandang.
 

18. Pagar tembok yang estetik


contoh pagar rumah minimalis

Variasi pagar tembok yang tebal dan tampak rumit ini kebanyakan dijumpai pada perkantoran, sekolah maupun rumah merah berukuran besar. Bentuknya yang tebal dan kokoh tidak cocok jika digunakan untuk rumah minimalis karena akan semakin mempersempit area. Jadi, pertimbangkan luas tanah dan bangunan sebelum memilihnya.
 

19. Pagar tembok pintu geser


pagar tembok minimalis

Jika kebanyakan pintu pagar didorong dan ditarik, anda bisa mengubahnya dengan pintu pagar geser. Pintu yang lebih mudah digunakan dan dapat emnghemat area ini cocok untuk gaya rumah apapun.
 

20. Model pagar tembok dan taman


pagar tembok minimalis

Alih-alih membuat pagar garis lurus seperti pada umumnya, anda bisa membuat variasi pagar tembok dengan taman. Uniknya, jika biasanya keduanya dipisah, anda bisa memadukannya agar lebih unik dan estetik.

Itu adalah beberapa variasi pagar tembok yang bisa menjadi inspirasi anda. Pagar tembok ini memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah bentuk yang kokoh dan kuat untuk keamanan sekaligus bisa dimodifikasi sesuai selera.

FAQ

Berapa tinggi pagar tembok rumah?
Umumnya, pagar rumah ideal memiliki tinggi sekitar 1,2-1,5 meter. Untuk rumah yang lebih lebar dari 8 meter, gunakan pagar berukuran 1,5 meter, begipula sebalinya. Namun, jika mengutamakan keamanan, pagar bisa dibuat lebih tinggi lagi.

Apakah pagar rumah perlu pondasi?
Seperti bangunan lain, pagar juga perlu pondasi agar kokoh untuk pengamanan. Namun, perlu diingat untuk membuat pondasi maupun struktur pagar jangan sampai merambah ke tanah tetangga. Membuat pondasi pagar juga berbeda dengan pondasi bangunan. Jadi, bisa memilih variasi pagar tembok yang diinginlah terlebih dahulu sebelum membuat pondasinya.

Related Posts