Kelebihan dan Kekurangan Atap Datar, Haruskah Menggunakannya?

Seiring berjalannya waktu, desain rumah modern semakin menarik. Dari banyaknya model atap yang ada, atap pelana dan atap perisai masih mendominasi banyak bangunan yang ada di Indonesia. Kini, muncul lagi tren atap datar yang semakin digemari banyak orang. 

Atap datar adalah alternatif yang menarik dilihat secara estetika. Banyak pemilik rumah semakin menyukai atap datar karena beberapa alasan, salah satunya adalah lebih serbaguna, mudah dirawat dan hemat energi. Sehingga, biaya perawatan rumah dalam jangka panjang bisa lebih hemat. 

rumah atap datar
Seperti yang sudah pernah dituliskan dalam artikel sebelumnya tentang atap (Baca : Mengenal 17 Model Atap Rumah, Kelebihan & Kekurangannya), atap datar sebenarnya tidak benar-benar datar, dan memiliki kemiringan yang sangat rendah untuk mengalirkan air. Hal itu akan membuat air tertahan lebih lama dari atap miring. Oleh karena itu atap datar membutuhkan bahan yang sangat berbeda agar selalu kedap air. 

Jika anda berencana untuk membangun rumah modern atau rumah minimalis dengan tampilan yang mewah dan elegan, menggunakan atap datar adalah pilihan populer saat ini. Struktur sederhana dengan hasil yang mewah, membuat atap datar menjadi pilihan menarik disamping atap miring dan atap sandar. Namun, sebelum memastikan pilihan, anda harus memahami apa saja kelebihan dan kekurangan atap datar tersebut. 

Kelebihan dan Kekurangan Atap Datar

Kelebihan Atap Datar

model atap datar

Rumah datar memang disukai banyak orang, dan tidak diragukan lagi itu karena beberapa kelebihan yang ditawarkannya. Berikut beberapa kelebihan atap datar :

1. Biaya rendah
Biaya rendah ini bukannya sangat murah, tetapi lebih murah daripada model atap rumah yang lain. Atap datar sangat terjangkau, yaitu dari biaya bahan dan tenaga kerja. Atap datar membutuhkan lebih sedikit bahan untuk konstruksinya, dan bahan tersebut juga lebih murah daripada ubin dan kasau (usuk). Tentu hal ini juga tergantung berbagai faktor seperti ukuran rumah, lokasi, dll. 

Pemasangan atap datar juga tidak membutuhkan waktu banyak, dan ini dapat menghemat biaya tenaga kerja. Saat pemasangan'pun resiko juga lebih kecil. Harga pemeliharaan juga rendah, bahkan beberapa pabrik material tertentu menawarkan jaminan untuk jangka waktu yang lama. 

2. Pemasangan & perawatan mudah
Jika anda butuh solusi atap yang hemat waktu, maka atap datar bisa menjadi pilihan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, atap datar mudah dipasang. Oleh karena itu pemasangannya cepat. Untuk perawatan juga cukup mudah. Anda tidak perlu kuatir terpeleset dari atap untuk membersihkan talang, memperbaiki lubang, dan sebagainya. Atap datar lebih aman dan tidak menghabiskan banyak waktu.

3. Multifungsi
rumah atap datar

Anda butuh ruang tambahan untuk rumah anda?, maka atap datar sangat cocok untuk anda. Atap datar dakat dengan mudah dipasang sebagai teras atau beranda dengan penghubung ke rumah anda. Disana anda dapat bersantai, membuat rooftop garden, atau menggunakannya untuk hal lain, seperti tempat jemuran atau area outdoor lounge

Atap datar juga memungkinkan bagi anda yang ingin menambah lantai. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan penambahan lantai dalam waktu yang lebih singkat. Meski terlihat mudah, tetap carilah jasa kontraktor profesional untuk melakukannya. 

4. Efisiensi energi
Atap datar sangat bagus untuk menjaga biaya utilitas rumah tetap terkendali, terutama pada iklim yang lebih hangat. Berbeda dari atap miring yang dapat menjebak udara hangat yang tidak diinginkan atau membiarkan udara dingin keluar. Jika memungkinkan, anda bisa memasang solar cell di atap rumah anda untuk menghemat energi. 

5. Lebih stabil
Model atap datar lebih mudah diakses daripada atap miring. Atap datar lebih mudah dinaiki untuk diperiksa. Jika biasanya butuh kehati-hatian saat naik ke atap, maka atap datar lebih amat. Secara substansial pada bangunan kecil, atap datar lebih stabil dari atap miring.

6. Arsitektur menarik
Di era modern ini, atap datar memiliki daya tarik arsitektur yang menjadi idaman banyak orang. Selama dirawat dengan baik, atap datar adalah atap yang ekonomis yang cepat dan mudah dipasang. Bahkan untuk perbaikan juga relatif cepat. Desain rumah atap datar tampak simple dan unik. 

Jika anda dapat memanfaatkan area atap dan mendesainnya dengan indah, rumah anda pastinya akan tampak indah dan sempurna. Baca : 15 Desain Rumah Modern Atap Datar, Idaman Masa Kini. 

Kekurangan Atap Datar

kelebihan atap datar

Disamping kelebihannya yang membuat banyak orang sulit menolak model atap rumah ini, ada beberapa kekurangan atap datar yang harus anda ketahui untuk meminimalisir berbagai kemungkinan yang terjadi. Berikut kekurangan atap datar :

1. Pemeliharaan
Perawatan dan pemeliharaan model rumah atap datar memang lebih mudah daripada atap bentuk yang lain, dan hal ini harus anda lakukan lebih sering. Kenapa?, karena jika tidak dirawat dengan baik, saluran air dapat tersumbat dan dapat mengakibatkan kebocoran. Jika itu sudah terjadi, biaya perbaikannya bisa mahal. Jadi pastikan untuk memeriksa atap secara teratur. 

2. Perubahan suhu
Atap datar lebih mudah menyerap panas daripada atap miring, karena seluruh permukaannya terkena sinar matahari sepanjang hari. Di musim panas, hal ini dapat membuat rumah anda sangat panas. Untuk melindungi atap dari panas, anda bisa mengaplikasikan pelapis atap reflektif. 

Sedangkan di musim dingin, anda mungkin perlu biaya tambahan untuk penghangat ruangan. Jika anda berniat membuat rumah atap datar di tempat bersuhu dingin, konsultasikan untuk bahan yang tahan cuaca.

3. Minim ruang interior
Beberapa berpendapat rumah atap datar adalah rumah modern favorit, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa atap datar tidak seperti model atap rumah lain yang memberikan kenyamanan. Mengunggulkan space atap multifungsi, atap rumah datar mungkin lebih memiliki sedikit ruang hidup di dalam ruangan, karena tidak ada loteng di dalam rumah. 

4. Rawan Bocor
Selalu ada alasan kenapa kebanyakan rumah dibuat beratap miring daripada datar, salah satunya adalah hujan. Ketika hujan turun di atap miring, air akan mudah meluncur. Pada atap datar yang memiliki kemiringan rendah, anda perlu menangani genangan air yang mungkin tertinggal dalam waktu tertentu. Pemasangan atap yang tidak benar memungkinkan masuknya air. 

kekurangan atap datar

Genangan air pada atap nantinya bisa menciptakan flek atau jamur yang membuat area atap tampak kotor, apalagi jika atap sudah anda gunakan sebagai taman atap atau outdoor lounge, pasti semakin memperburuk tampilannya. Untuk itulah anda harus memastikan bahwa kemiringan atap cukup untuk mencegah genangan air menjadi masalah di kemudian hari.

Jika anda tinggal di tempat bercurah hujan tinggi, sebaiknya menghindari rumah beratap datar, karena air lebih cepat tergenang sebelum meresap ke dalam rumah. Air yang meresap melalui atap akan merembes melalui insulasi dan struktur apapun dibawahnya. Pada saat itu, kerusakan yang lebih besar sudah terjadi dan hal tersebut dapat mengakibatkan :
  • Struktur atap melemah.
  • Pembongkaran total dan penggantian atap (jika insulasi terpengaruh). 
  • Atap menjamur yang bisa mengganggu kesehatan.

5. Masalah Taman Atap
Meski banyak orang mengubah atap menjadi rooftop garden untuk kesan estetis dan ramah lingkungan, hal ini juga dapat menjadi masalah seiring berjalannya waktu. Memiliki tanaman dengan akar invasif tanpa perawatan yang tepat, tanaman tersebut dapat menembus atap dan menimbulkan masalah kebocoran. Pilih tanaman yang tepat jika anda berniat membuat taman atap disana. 

6. Stabilitas rendah
Atap datar memiliki stabilitas tinggi pada bangunan kecil, tetapi pada bangunan besar memiliki stabilitas dan kemampuan menahan bebas yang lebih rendah. Sehingga, untuk tetap membuatnya, anda perlu memberikan konstruksi di tempat lain untuk memperkuat bangunan. 

Material Atap Datar

material atap datar

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan atap datar, perlu bagi anda untuk memilih material apa yang akan digunakan. Berikut beberapa material atap datar yang bisa menjadi pilihan :
  1. Atap beton datar : Dulu material ini sangat populer karena ketahanannya terhadap angin kencang.
  2. Atap bitumen : Memasangnya memerlukan penggunaan panas yang berpotensi kebakaran jika tidak dilakukan hati-hati. Atap ini bekerja dengan baik pada cuaca dingin. 
  3. Atap EPDM (ethylene propylene diene monome) : EPDM adalah material yang sering digunakan. Ini adalah material ramah lingkungan yang terbuat dari karet sintetis. Material ini juga sangat ekonomis, karena untuk mengaplikasikannya hanya membutuhkan perekat dengan proses yang cepat dan mudah. 
  4. Atap TPO (thermoplatic polyolefin) : Atap ini terbuat dari komposisi batu-batuan yang dipanaskan agar merekat. Jika anda ingin bahan hemat energi yang membuat ramah lebih sejuk, pilihlah bahan ini.

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan atap datar. Atap datar bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk anda, meski membutuhkan lebih banyak perawatan. Memiliki atap datar fungsional dan indah adalan impian banyak orang. Oleh karena itu, jangan hanya mementingkan desain saja tetapi juga faktor-faktor yang lain.

Material, sealant, penahan hujan, pengelolaan air, lokasi dan luas bangunan adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Anda harus menemukan material yang sesuai dengan lokasi anda. Untuk itulah anda membutuhkan jasa profesional pada bidang tersebut untuk hasil yang memuaskan. Semoga artikel kelebihan dan kekurangan atap datar bermanfaat!.