15 Tren Rumah Atap Datar Modern yang Menarik & Futuristik

Rumah atap datar semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Arsitektur modern ini biasanya ditandai dengan bentuk atap yang terlihat simple dalam berbagai bentuk dan fungsi. Jika anda ingin menambah kesan modern di rumah, maka cobalah menggunakan atap datar.

Sekarang ini banyak desain rumah minimalis yang bisa dijadikan inspirasi untuk keluarga baru anda. Tren modern pada hunian saat ini juga banyak bermunculan. Berbagai arsitektur rumah modern yang indah dengan gaya menawan telah menarik minat banyak orang.

Meski namanya atap datar, atap ini tidak benar-benar datar. Atap ini memiliki sedikit kemiringan untuk aliran air dan drainase. Rumah atap datar sangat cocok untuk lahan sempit, karena anda bisa memaksimalkan fungsi bagian atap, seperti memanfaatkannya untuk rooftop garden, tempat jemuran dan sebagainya, yang penting konstruksinya sudah disiapkan dengan matang.

Atap datar (flat roof) ini memiliki bentuk sederhana sebagai penutup bangunan. Tidak ada aksen lain dari atap datar, sehingga model atap ini sangat cocok untuk rumah minimalis. Namun, atap datar tidak sesederhana itu, karena faktanya banyak variasi model yang diaplikasikan pada rumah mewah bergaya kontemporer.

Rumah Atap Datar


1. Rumah atap datar 1 Lantai


rumah atap datar 1 lantai
Rumah minimalis sederhana ini terlihat modern karena adanya atap bertingkat yang mempercantik tampilan eksteriornya. Jendela kaca lebar membuat hunian ini lebih lapang dan luas.
 

2. Rumah kontemporer


rumah modern

Bentuk rumah super modern ini memang tidak biasa. Rumah ini menggabungkan warna gelap dengan warna terang, tanpa campuran warna lain. Dominasi jendela kaca memungkinkan penghuni bisa menikmati pemandangan di sekitarnya.
 

3. Atap datar rumah minimalis sederhana


rumah atap datar 1 lantai

Rumah sederhana berukuran 6 x 7 dengan atap berlapis yang indah dipandang. Kombinasi warna border atap yang gelap dan terang, dipadukan pintu kaca dan jendela membuatnya tampil asri dan modern.
 

4. Rumah Modern + teras atap


rumah modern

Desain rumah modern yang elegan ini memiliki banyak keterbukaan, seperti kaca untuk dinding, balkon di lantai dua, teras di atap dan tidak adanya pagar rumah. Rumah ini mewah, cerah dan sangat menyenangkan. Namun, tidak cocok di area perkotaan karena sangat minim privasi.
 

5. Rumah atap datar tema gelap


desain atap datar

Bentuk atap tersebut membuat rumah minimalis tampak megah dan modern. Jenis atap ini sangat cocok untuk hunian yang memiliki lantai lebih dari satu. Hal itu akan membuat lantai diatasnya terlihat luas, indah dan megah, apalagi jika didukung dengan perpaduan cat yang tepat.
 

6. Rumah Modern Tema Terang


rumah modern

Kebanyakan atap datar adalah rumah kubus, yang kini menjadi arsitektur modern paling populer. Atap tersebut bisa diaplikasikan pada rumah minimalis seperti gambar di atas. Rumah minimalis sederhana dengan sedikit aksen, tetapi elegan dengan desain atap yang simple dan warna bangunan yang cerah.
 

7. Desain Rumah Kontemporer


rumah kontemporer

Model atap memang memainkan peranan penting dalam desain arsitektur. Atap datar cocok dengan desain arsitektur rumah apapun. Keuntungan menggunakan atap datar, anda bisa menambah lebih banyak ruang dengan berbagai desain, tetapi anda harus merencanakan konstruksi dengan matang.
 

8. Rumah modern + teras atap #2


rumah modern

Rumah di atas memanfaatkan atap carport untuk teras, sekaligus memberi fasilitas baru pada bangunan lantai dua.
 

9. Rumah Industrial


rumah industrial

Alih-alih memasang balkon pada lantai dua, desain rumah modern diatas melapisi dinding luarnya secara memanjang hingga bagian atap. Gaya rumah yang simple dengan warna abu-abu gelap mewakili unsur logam, dan ini sangat cocok untuk hunian gaya industrial.

10. Rumah Modern Kombinasi Kayu


rumah atap datar 1 lantai

Memadukan unsur tradisional dengan memadukan dinding kayu bercat hitam akan menampilkan kesan rumah yang lebih indah. Bahan alami yang menyatu dengan desain atap datar membuat rumah ini menyatu dengan lingkungan, sehingga hunian tersebut cocok di daerah pegunungan.
 

11. Rumah modern atap datar dengan carport


rumah modern atap datar

Atap datar menyelaraskan antara bangunan utama dengan garasi di depan. Banyaknya bagian atap datar di beberapa bagian menambah kesan unik pada hunian. Didukung warna krem yang lembut dengan garis-garis yang berani, menciptakan kesan elegan.
 

12. Atap Datar yang Stylish dan Elegan


desain rumah modern

Desain rumah modern tersebut tampil cantik, stylish dan mewah. Teras atap adalah bagian yang mencolok dari rumah kontemporer ini. Kaca yang mendominasi dinding luarnya menunjukkan kepribadian penghuni yang terbuka. Hal itu juga akan menjadi tempat yang indah untuk menikmati pemandangan luar sekaligus menciptakan cerah alami pada interior.
 

13. Rumah kubus modern


rumah modern

Hampir seluruh aksen rumah dipusatkan di sudut bangunan dengan atap bertingkat. Kanopi kayu di teras lebih dimanfaatkan untuk desain eksterior agar tidak terlihat monoton.
 

14. Rumah mewah kontemporer


rumah modern

Dengan atap datar, anda bisa menambahkan lantai ekstra, meski dengan struktur yang lebih kecil seperti beranda. Di teras atap atau dek ini, anda bisa bersosialisasi atau bersantai sejenak. Rumah dengan tiang batu alam tersebut tentu semakin lengkap dengan  rooftop garden.
 

15. Atap datar dengan teras terbuka


rumah minimalis atap datar

Salah satu kelebihan rumah atap datar adalah, adanya teras terbuka yang memungkinkan anda untuk bersantai disana. Apalagi banyak desain atap dan arsitek handal yang akan membuat rumah kubus anda selalu tampak mewah dengan perpaduan desain, material dan warna yang sempurna.

Desain atap datar semakin banyak diminati, tetapi kadang juga dihindari, karena banyak yang mengatakan bahwa jenis atap ini tidak cocok di iklim tropis. Nah, inilah kenapa merencanakan untuk membangun atap datar sangat penting.
 

Kelebihan Atap Datar : 

  • Bagian atap bisa dimanfaatkan untuk hal lain dan cocok untuk rumah yang tumbuh ke atas.
  • Mudah dibangun dan diperbaiki dengan biaya terjangkau dibanding sistem atap lain.
  • Mudah dibersihkan.
  • Membutuhkan sedikit bahan bangunan.

Kekurangan Atap Datar : 

  • Rentan terhadap genangan air. Kesalahan desain bisa menyebabkan kebocoran dan perbaikan atap.
  • Tidak cocok untuk daerah bercurah hujan tinggi.
  • Tidak cocok untuk rumah lebar, karena semakin lebar akan membuat kestabilan berkurang. Inilah kenapa diperlukan arsitek untuk membuat desain atap datar yang lebih dari satu dalam satu hunian.

Atap datar memang menjadi pilihan banyak orang yang ingin menghuni rumah minimalis maupun modern masa kini. Membangun maupun memanfaatkan atap datar tentunya tidak mudah dan harus dipertimbangkan dengan tukang profesional terlebih dahulu.Semoga artikel Rumah Atap Datar bermanfaat!.

FAQ


Rumah atap datar pakai apa?
Rumah dengan atap datar umumnya menggunakan material seperti beton bertulang, baja ringan, atau material komposit seperti PVC untuk menopang struktur atap.

Apa yang dimaksud dengan atap datar?
Atap datar adalah jenis atap yang memiliki kemiringan yang sangat rendah atau bahkan tidak ada kemiringan sama sekali, mendekati horizontal.

Berapa kemiringan atap datar?
Kemiringan atap datar umumnya kurang dari 10 derajat atau mendekati horizontal.

Related Posts