15 Desain Rumah Modern Atap Datar, Idaman Masa Kini

Sekarang ini banyak desain rumah minimalis yang bisa dijadikan inspirasi untuk keluarga baru anda. Tren modern pada hunian saat ini juga banyak bermunculan. Berbagai arsitektur rumah modern yang indah dengan gaya menawan telah menarik minat banyak orang. 

Dalam beberapa tahun terakhir, desain atap modern semakin populer. Arsitektur modern ini biasanya ditandai dengan atap datar yang terlihat simple dalam berbagai bentuk dan fungsi. Jika anda ingin menambah kesan modern di rumah, maka cobalah menggunakan atap datar. 

Meski namanya atap datar, atap ini tidak benar-benar datar. Atap ini memiliki sedikit kemiringan untuk aliran air dan drainase. Rumah atap datar sangat cocok untuk lahan sempit, karena anda bisa memaksimalkan fungsi bagian atap, seperti memanfaatkannya untuk rofftop garden, tempat jemuran dan sebagainya, yang penting konstruksinya sudah disiapkan dengan matang. 

Atap datar (flat roof) ini memiliki bentuk sederhana sebagai penutup bangunan. Tidak ada aksen lain dari atap datar, sehingga model atap ini sangat cocok untuk rumah minimalis. Namun, atap datar tidak sesederhana itu, karena faktanya model atap ini juga banyak diaplikasikan pada rumah mewah bergaya kontemporer. 

Desain Atap Rumah Datar

1. Rumah atap datar sederhana

atap datar
Rumah minimalis sederhana ini terlihat modern karena adanya atap datar bertingkat yang mempercantik tampilan eksteriornya. Jendela kaca lebar membuat hunian ini lebih lapang dan luas. 

2. Rumah atap datar kontemporer

atap rumah datar

Bentuk rumah super modern ini memang tidak biasa. Rumah ini menggabungkan warna gelap dengan warna terang, tanpa campuran warna lain. Dominkasi jendela kaca memungkinkan penghuni bisa menikmati pemandangan di sekitarnya. 

3. Atap datar rumah minimalis sederhana

atap rumah datar

Rumah sederhana berukuran  6 x 7 dengan atap datar berlapis yang indah dipandang. Kombinasi warna borderatap yang gelap dan terang, dipadukan pintu kaca dan jendela membuatnya tampil asri dan modern. 

4. Rumah atap datar + teras atap

rumah atap datar

Desain rumah modern yang elegan ini memiliki banyak keterbukaan, seperti kaca untuk dinding, balkon di lantai dua, teras di atap dan tidak adanya pagar rumah. Rumah ini mewah, cerah dan sangat menyenangkan. Namun, tidak cocok di area perkotaan karena sangat minim privasi. 

5. Rumah atap datar tema gelap

desain atap datar

Atap datar akan membuat rumah minimalis tampak megah dan modern. Jenis atap ini sangat cocok untuk hunian yang memiliki lantai lebih dari satu. Hal itu akan membuat lantai diatasnya terlihat luas, indah dan megah, apalagi jika didukung dengan perpaduan cat yang tepat. 

6. Rumah atap datar tema terang

atap datar

Kebanyakan atap datar adalah rumah kubus, yang kini menjadi arsitektur modern paling populer. Atap datar bisa diaplikasikan pada rumah minimalis seperti gambar di atas. Rumah minimalis sederhana dengan sedikit aksen, tetapi elegan dengan desain atap yang simple dan warna bangunan yang cerah. 

7. Atap rumah datar kontemporer

rumah minimalis atap datar

Model atap memang memainkan peranan penting dalam desain arsitektur. Atap datar cocok dengan desain arsitektur rumah apapun. Keuntungan menggunakan atap datar, anda bisa menambah lebih banyak ruang dengan berbagai desain, tetapi anda harus merencanakan konstruksi dengan matang. 

8. Rumah atap datar + teras atap #2

atap datar rumah minimalis

Rumah di atas memanfaatkan atap datar carport untuk teras atap, sekaligus memberi fasilitas baru pada bangunan lantai dua. 

9. Rumah atap datar untuk hunian industrial

desain atap datar

Alih-alih memasang balkon pada lantai dua, desain rumah modern diatas melapisi dinding luarnya secara memanjang hingga bagian atap datar. Gaya rumah yang simple dengan warna abu-abu gelap mewakili unsur logam, dan ini sangat cocok untuk hunian gaya industrial. 

10. Rumah atap datar kombinasi kayu

rumah atap datar

Memadukan unsur tradisional dengan memadukan dinding kayu bercat hitam akan menampilkan kesan rumah yang lebih indah. Bahan alami yang menyatu dengan desain atap datar membuat rumah ini menyatu dengan lingkungan, sehingga hunian tersebut cocok di daerah pegunungan. 

11. Rumah modern atpa datar dengan carport

atap datar rumah modern

Atap datar menyelaraskan antara bangunan utama dengan garasi di depan. Banyaknya bagian atap datar di beberapa bagian menambah kesan unik pada hunian. Didukung warna krem yang lembut dengan garis-garis yang berani,  menciptakan kesan elegan.

12. Rumah Atap Datar yang Stylish dan Elegan

rumah modern atap datar

Desain rumah modern tersebut tampil cantik, stylish dan mewah. Teras atap adalah bagian yang mencolok dari rumah kontemporer ini. Kaca yang mendominasi dinding luarnya menunjukkan kepribadian penghuni yang terbuka. Hal itu juga akan menjadi tempat yang indah untuk menikmati pemandangan luar sekaligus menciptakan cerah alami pada interior.  

13. Atap datar rumah kubus modern

rumah atap datar

Hampir seluruh aksen rumah dipusatkan di sudut bangunan dengan atap datar bertingkat. Kanopi kayu di teras lebih dimanfaatkan untuk desain eksterior agar tidak terlihat monoton. 

14. Rumah mewah atap datar

rumah minimalis atap datar

Dengan atap datar, anda bisa menambahkan lantai ekstra, meski dengan struktur yang lebih kecil seperti beranda. Di teras atap atau dek ini, anda bisa bersosialisasi atau bersantai sejenak. Rumah dengan tiang batu alam tersebut tentu semakin lengkap dengan rooftoop garden.

15. Atap datar rumah dengan teras terbuka

atap datar

Salah satu kelebihan rumah atap datar adalah, adanya teras terbuka yang memungkinkan anda untuk bersantai disana. Apalagi banyak desain atap dan arsitek handal yang akan membuat rumah kubus anda selalu tampak mewah dengan perpaduan desain, material dan warna yang sempurna. 

Desain atap datar semakin banyak diminati, tetapi kadang juga dihindari, karena banyak yang mengatakan bahwa jenis atap ini tidak cocok di iklim tropis. Nah, inilah kenapa merencanakan untuk membangun atap datar sangat penting. 

Kelebihan Atap Datar :
  • Bagian atap bisa dimanfaatkan untuk hal lain dan cocok untuk rumah yang tumbuh ke atas. 
  • Mudah dibangun dan diperbaiki dengan biaya terjangkau dibanding sistem atap lain. 
  • Mudah dibersihkan. 
  • Membutuhkan sedikit bahan bangunan. 
Kekurangan Atap Datar :
  • Rentan terhadap genangan air. Kesalahan desain bisa menyebabkan kebocoran dan perbaikan atap.
  • Tidak cocok untuk daerah bercurah hujan tinggi. 
  • Tidak cocok untuk rumah lebar, karena semakin lebar akan membuat kestabilan berkurang. Inilah kenapa diperlukan arsitek untuk membuat desain atap datar yang lebih dari satu dalam satu hunian. 

Atap datar memang menjadi pilihan banyak orang yang ingin menghuni rumah minimalis maupun modern masa kini. Membangun maupun memanfaatkan atap datar tentunya tidak mudah dan harus dipertimbangkan dengan tukang profesional terlebih dahulu. Semoga artikel Desain Atap Rumah Datar bermanfaat!.