30+ Desain Rumah Minimalis Sederhana untuk Keluarga Baru

Desain rumah minimalis sederhana kini menjadi incaran para keluarga baru yang sedang mencari tempat tinggal. Padatnya daerah perkotaan, membuat beberapa alternatif hunian ramai dibangun, mulai dari rumah susun, perumahan hingga apartemen. Area yang terbatas menuntut para pengembang membuat gaya minimalis untuk memenuhi kelengkapan area rumah.

Hunian mungil tetapi simple dan tertata baik membuat gaya minimalis ini banyak digemari. Desain yang tak ketinggalan zaman membuatnya mampu bersaing dengan rumah modern masa kini. Itulah kenapa rumah minimalis kini hampir mendominasi sebagian besar perumahan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.


Konsep Desain


rumah minimalis sederhana

Model & Ukuran

 
Konsep rumah minimalis sederhana memiliki tata ruang sederhana, penggunaan furniture minimalis dan warna-warna netral yang tidak terlalu mencolok. Desainnya pun beragam, ada rumah 1 atau 2 lantai yang bisa jadi pilihan, tergantung kebutuhan. Untuk keluarga baru, rumah 1 lantai banyak menjadi pilihan karena menawarkan desain yang praktis dan pas untuk memulai kehidupan baru.

Tren model rumah minimalis terbaru saat ini adalah desain atapnya yang bervariasi seperti rumah atap datar, atap mansard, hingga atap miring. Tetapi, desain yang lebih sederhana akan mempertahankan jenis atap yang mudah dalam pembangunannya, seperti atap pelana dan atap limas yang sudah populer di Indonesia.

Meski disebut minimalis, ukuran rumah tidak selalu kecil. Ada berbagai type yang bisa dipilih sesuai budget. Misalnya rumah type 30, type 45, type 90 dan sebagainya yang menunjukkan luas bangunan. Contohnya, type 30 adalah rumah dengan luas bangunan 30 meter persegi, begitu pula type lainnya.


Berapa Harga Rumah Minimalis Sederhana


desain rumah minimalis

Harga rumah minimalis sederhana juga beragam tergantung faktor-faktor seperti lokasi, luas tanah dan bangunan, fasilitas dan kualitas bangunan, desain, finishing interior, lingkungan dan lain sebagainya. Rumah sederhana type 30 1 lantai di Jakarta dan kota-kota besar bisa di rentang 300 - 500 juta rupiah.

Sedangkan di kota-kota kecil harganya ada di tentang 300 - 350 juta rupiah. Jika menghuni rumah subsidi, maka harganya tentu lebih murah. Anda bisa membaca plus minus rumah KPR dan Subsidi yang sebelumnya pernah ditulis di web ini.

Desain Rumah Minimalis Sederhana


Bagi Anda yang sedang mencari gambar rumah minimalis, berikut beberapa contoh desain atap pelana yang bisa dijadikan referensi :

desain rumah minimalis

desain rumah minimalis

desain rumah minimalis

desain rumah minimalis

atap pelana

Atap pelana merupakan pilihan populer untuk rumah minimalis sederhana. Struktur sederhana serta desainnya yang simple tetap tampil elegan dan efisien, tidak ada tambahan dekoratif berlebih. Dalam perkembangannya, atap pelama dimodifikasi menjadi gaya dua tumpuk agar lebih estetik.

Desain atap miring dua sisi mungkin membuat ruang tampak kecil dibanding atap limas, tetapi membuat ruang tampak lebih luas bisa disiati dengan banyak hal. Anda bisa menyiasatinya menggunakan warna-warna cerah intuk interior dan menambahkan elemen dekoratif seperti lampu, kaca dan memasang jendela lebar.

atap pelana

atap pelana

atap pelana

atap pelana

atap pelana

rumah minimalis modern

rumah minimalis modern

rumah minimalis modern

rumah minimalis modern

rumah minimalis modern

gambar rumah minimalis

gambar rumah minimalis

gambar rumah minimalis

gambar rumah minimalis

gambar rumah minimalis

gambar rumah minimalis

gambar rumah minimalis terbaru

gambar rumah minimalis terbaru

gambar rumah minimalis terbaru

gambar rumah minimalis terbaru

gambar rumah minimalis terbaru

gambar rumah minimalis terbaru 


desain rumah minimalis sederhana 

 cat rumah minimalis

cat rumah minimalis
cat rumah minimalis

rumah minimalis  1 lantai

Keuntungan dan Kelebihan


Keluarga baru memang banyak yang memburu rumah minimalis sederhana karena harga jual cenderung lebih murah dan desainnya yang praktis. Namun, keterbatasan ruang akan dihadapi jika menghuni rumah minimalis, sehingga Anda harus lebih kreatif memanfaatkan semua space yang ada.

Selain itu, rumah dengan desain sederhana mungkin memiliki nilai jual yang lebih rendah dibanding rumah berukuran besar dengan desain menawan. Meski memiliki kekurangan, kelebihan yang ditawarkan rumah minimalis akan membuat Anda nyaman dan aman berada dalamnya dengan pemeliharaan yang tepat.

Selain atap pelana, berikut beberapa desain atap limas dan atap campuran yang bisa menjadi inspirasi :

atap limas

atap limas

atap limas

rumah minimalis  1 lantai

rumah minimalis  1 lantai

Tips :

  1. Sesuaikan luas lahan dengan luas bangunan jika ingin membangun rumah minimalis. Berikan ruang untuk taman.
  2. Pilih model atap yang menarik dan pas dengan budget. Atap rumah yang lebih modern, harganya cenderung lebih tinggi.
  3. Jika ingin membeli rumah minimalis sederhana di perumahan, pertimbangkan beberapa faktor penting seperti aksesibilitas dengan tempat umum seperti pasar, rumah sakit, sekolah, dll, pertimbangkan lingkungan, keamanan dan yang telah disebutkan di atas.
  4. Pilih agen properti terpercaya.
  5. Jika ingin membangun rumah sendiri, pilih denah rumah yang tepat sesuai kebutuhan.
  6. Kombinasikan warna cat rumah yang cerah dengan warna yang tidak terlalu gelap. Bisa menggunakan warna terang (merah, jingga, biru, dst) yang dipadukan dengan warna muda (abu-abu, biru muda, hijau muda, dst). Sesuaikan juga dengan warna pintu, jendela dan kusen.
  7. Jangan lupa sisakan ruang untuk taman, garasi mobil dan halaman belakang untuk melengkapi kebutuhan serta menyejukkan suasana.

Semoga artikel Desain Rumah Minimalis Sederhana bermanfaat. Jika kesulitan untuk merancang desain, Anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, Anda bisa mencari referensi mencari desain yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !

FAQ


Bentuk rumah apa saja?
Ada ragam bentuk rumah, mulai desain rumah minimalis sederhana, rumah modern, rumah klasik, rumah tropis, rumah insdustrial dan sebagainya. 

Rumah type 36 seperti apa?
Rumah type 36 merupakan rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi yang dibangun dengan ukuran 6 x6 m  atau 9 x 4 m. Ukurannya relatif kecil dan sangat cocok untuk keluarga baru.

Bagaimana cara membuat rumah yang nyaman?
Agar rumah nyaman, terapkan 5R (Rapi, Resik, Rawat, Rajin Ringkas) agar rumah tetap nyaman dipandang dan dihuni. Berikan ventilasi & cahaya cukup, serta tambahkan tanaman hias agar tampak segar

Apa itu desain rumah minimalis modern?
Desain rumah modern ini mengacu pada rumah kekinian yang identik dengan atap datar atau miring dengan tetap menggunakan konsep minimalis dalam penggunaan furniture, warna, dan tata letak ruang yang praktis. 


Related Posts