Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

6 Cara Mengatasi WC Mampet. Lakukan Sebelum Panggil Tukang

Masalah WC tersumbat tidak hanya menyulitkan, tetapi juga bisa memalukan terlebih jika ada tamu di rumah. Dalam hal ini, anda bisa memanggil tukang ledeng atau menggunakan beberapa cara mengatasi WC mampet yang bisa dipraktekkan. Anda bisa menggunakannya untuk toilet jongkok maupun toilet duduk yang tentunya mudah dan hemat waktu.

Penyumbatan WC disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penumpukan benda asing seperti kapas, tissu, tumpukan rambut, benang dan sebagainya. Selain itu bisa disebabkan karena saluran pembuangan terlalu kecil, desain WC yang kurang efektif dan endapan mineral dalam jangka waktu seperti kalsium dan magnesium. Untuk itulah kenapa pemeliharaan WC sangat penting untuk mencegah menyumbatan.

Beberapa tanda WC mampet yaitu air tidak mengalir, air naik ke permukaan, bau tidak sedap, air boros karena perlu disiram beberapa kali dan air limbah yang naik kembali saat disiram. Jika anda mengalami tanda-tanda tersebut, maka anda harus lekas melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi WC Mampet

 

1. Menggunakan Plunger WC


wc kesumbat

Menggunakan pompa toilet merupakan cara mengatasi WC mampet yang paling umum dilakukan. Alat ini dirancang untuk menciptakan tekanan udara dalam saluran pembuangan, sehingga membantu menghilangkan penyumbatan. Anda harus memastikan menggunakan plunger WC, bukan plunger wastafel.

Gunakan plunger sesuai toilet yang digunakan yaitu toilet jongkok atau duduk. Keduanya memiliki desain yang sedikit berbeda. Sebelum menggunakan, periksa tingkat air toilet duduk agar tidak terlalu tinggi. Jika terlalu tinggi, tuangkan air banyak-banyak hingga tingkat air rendah. Sebaliknya jika toilet jongkok pastikan tingkat air cukup tinggi.

Lindungi lantai toilet dengan terpal atau kantong plastik terlebih dahulu. Pasang plunger di lubang WC tanpa celah, lalu dorong ke bawah dengan perlahan dan tarik naik dengan cepat. Anda bisa melakukan proses dorong dan tarik sekitar 15-20 kali, lalu cobalah memflush atau menyiram WC.

2. Menggunakan Air Panas


mengatasi wc mampet dengan sunlight 

Cara nengatasi WC mampet yang mudah bisa menggunakan air panas, asalkan penyumbatan tidak terlalu parah. Menggunakan air panas juga bukan air mendidih, tetapi pastikan saja air cukup panas. Jika air WC sudah cukup tinggi, tuang air panas perlahan ke lubang WC untuk merendam daerah penyumbatan.

Biarkan perendaman sekitar 10-15 menit agar air panas dapat melunakkan penyumbatan. Selanjutnya anda bisa menggunakan plunger terlebih dahulu atau langsung menyiramnya.

Anda juga bisa memasukkan sekitar 1/4 cangkir sabun cuci piring sebagai pelumas ke dalam WC sebelum menyiramnya dengan air panas. Tunggulan beberapa saat, sebelum menyiramnya.

3. Campuran Soda Kue dan Cuka


Menggunakan campuran ini adalah salah satu cara mengatasi WC mampet secara alami yang bisa anda lakukan. Reaksi kedua campuran tersebut menghasilkan gelembung gas karbon dioksida (CO2) yang dapat memberikan tekanan dalam saluran.

Sifat soda yang abrasif mampu menggosok material pada dinding saluran pembuangan dan sifat cuka dapat membantuk menghilangkan bau. Cara ini efektif untuk penyumbatan ringan dan sedang. Jika penyumbatan parah dan lebih kompleks, sebaiknya memanggil jasa sedot WC mampet.

cara mengatasi wc mamper dengan garam 

Anda bisa menuangkan soda kue secukupnya dalam lubang WC, kemudian masukkan cuka secukupnya. Lalu tutup lubang WC dengan penutupnya atau menggunakan plastik untuk menghasilkan efek vakum. Setelah 30 menit hingga 1 jam, tuang air panas agak tinggi dari lubang untuk membantu mendorong penyumbatan, kemudian siram biasa/flush.

4. Soda kue dan Garam


Anda bisa menggunakan garam bersama soda kue untuk membantu melonggarkan penyumbatan saluran pembuangan. Ini adalah cara mengatasi WC mampet dengan garam yang sangat mudah dan sederhana. Campuran keduanya mampu membersihkan sisa-sisa sabun, kotoran dan mineral.

Campur soda kue dan garam dengan perbandingan 1:1, lalu taburkan ke dalam lubang WC. Setelah 10 - 15 menit didiamkan, siram dengan air panas agak tinggi dan siram toilet / flush. Cara ini untuk penyumbatan ringan hingga sedang, dan anda bisa mengulanginya jika penyumbatan belum berhasil.

5. Menggunakan Gantungan Kawat


jasa sedot saluran air

Menggunakan kawat merupakan cara mengatasi WC mampet paling sederhana. Cara ini cocok digunakan jika penyumbatan terjadi karena ada benda asing yang masuk ke lubang. Sehingga benda tersebut bisa dijangkau dengan kawat untuk mengeluarkannya dari lubang WC.

Sudah ada berbagai model dan merk kawat pembersih saluran yang bisa dipilih. Anda juga bisa menggunakan kawat logam dan membentuk kait atau huruf U di bagian ujungnya. Kemudian masukkan kawat dengan hati-hati ke lubang saluran hingga anda merasakan penyumbatan.

Anda bisa mengambil sumbatan tersebut atau anda bisa memutar untuk merusak sumbatan tergantung apa jenis penyumbatnya. Jika benda, pastikan tidak mendorongnya terlalu kedalam. Untuk melakukan ini, pastikan menggunakan sarung tangan plastik ya!.

6. Menggunakan Plastik Wrap


cara mengatasi wc jongkok mampet 

Cara mengatasi WC mampet kali ini khusus untuk toilet duduk. Anda hanya perlu menutup mangkuk toilet dengan plastik wrap dan pastikan melekat dengan aman. Kemudian tekan tombol flush beberapa kali untuk menciptakan tekanan dan mendorong penyumbat ke tangki pembuangan.

Jasa Sedot WC


Memanggil jasa sedot WC adalah cara mengatasi WC mampet yang paling praktis. Jika penyumbatan sulit diatasi dengan beberape cara diatas atau jika anda tidak mempunyai alat untuk melakukannya, anda bisa langsung menghubungi tukang prosefional.

Carilah jasa sedot saluran air terpercaya di daerah anda. Anda bisa mencarinya secara online atau meminta rekomendasi dari teman atau keluarga. Pilih berbagai rekomendasi untuk dipertimbangan, lalu anda bisa negosiasi untuk mendapatkan harga sedot WC murah yang sesuai budget.

jasa sedot WC 

Jadwalkan kunjungan sesuai kesepakatan dengan pihak jasa sedot WC. Sebelum teknisi tiba, pastikan area WC bersih dan rapi untuk mempermudah pekerjaan mereka. Jangan lupa meminta saran untuk mencegah WC tersumbat di depan.

Itu adalah beberapa cara mengatasi WC mampet yang bisa anda lakukan. Sebelum memanggil tukang, sebaiknya mencoba beberapa cara sederhana untuk melihat seberapa parah penyumbatan tersebut. Jika tidak berat, anda bisa mengatasi WC kesumbat sendiri yang lebih menghemat budget. Semoga bermanfaat!

FAQ


Apakah sunlight bisa mengatasi WC mampet?
Sunlight efektif mengatasi WC mampet yang tidak terlalu parah. Campurkan sunlight dengan air panas, biarkan beberapa saat, lalu flush untuk melonggarkan penyumbatan.

WC jongkok mampet pakai apa?
Cara mengatasi WC jongkok mampet bisa menggunakan plunger, bahan kimia khusus WC, atau memanggil jasa tukang ledeng jika penyumbatan terlalu parah.

Kenapa air WC jongkok tidak surut?
Air dalam WC jongkok mungkin tidak surut karena ada penyumbatan dalam saluran pembuangan atau masalah struktural pada sistem saluran pembuangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel