10 Desain Kamar Mandi Kloset Jongkok Kekinian, Tak Selalu Kuno

Kloset jongkok masih menjadi pilihan untuk rumah minimalis saat ini. Bentuknya yang kecil dengan hasil akhir yang rendah bersatu dengan lantai, membuatnya cocok untuk rumah mungil berkonsep tradisional maupun modern.

Desain WC jongkok sangat banyak digunakan oleh negara-negara Asia dibanding negara-negara lain. Bukan tanpa alasan, hal ini karena postur tubuh orang Eropa dan Amerika dengan orang Asia. Jadi, orang yang berpostur tubuh tinggi cenderung sulit untuk jongkok. Fakta lainnya, toilet jongkok lebih menyehatkan dari pada toilet duduk lho!.

Desain rumah minimalis saat ini biasanya sudah menggunakan toilet duduk efek dari modernisasi. Namun, masih banyak juga yang menggunakan toilet jongkok. Selain tidak makan banyak space ruang, kloset jongkok cukup simple dan ekonomis.

Desain Toilet Jongkok

Berikut beberapa pengaplikasian wc jongkok pada desain kamar mandi :

1. Desain WC Jongkok Modern

kloset jongkok modern 
Tidak hanya untuk hunian tradisional, kloset jongkok juga cocok untuk rumah modern. Desain minimalis yang rendah membuatnya mudah untuk dibersihkan, apalagi penggunaannya tidak bersentuhan dengan tubuh, sehingga pasti anda akan merasa lebih nyaman.

2. Kamar Mandi Minimalis WC Jongkok

kloset jongkok modern 

Bagi anda yang punya kamar mandi kecil, toilet jongkok sangat cocok untuk desain kamar mandi anda. Kloset jongkok relatif lebih hemat tempat daripada kloset duduk karena dapat ditata menyatu dengan lantai kamar mandi.

3. Toilet Jongkok Sederhana

kloset jongkok modern 

Desain kamar mandi diatas banyak diaplikasikan pada banyak hunian minimalis. Model WC jongkok sederhana ditata modern dengan tatakan untuk lebih memperjelas area kloset. Anda bisa menaruh sikat pembersih kloset hingga tanaman hias di area tersebut. Selain itu, jangan lupa sediakan tissue di dekat kloset ya!.

4. Toilet Jongkok Modern

kloset jongkok modern 

WC jongkok yang tertanam di lantai akan lebih nyaman dan mudah dibersihkan karena tidak ada sudut sanitasi. Tangki toilet dipasang di dinding agar celah pada sudut ruangan mudah dibersihkan. Jadi, pertimbangkan peletakan kloset dan tangki agar tidak terlalu ke sudut ya!.

5. Kamar Mandi Minimalis WC Jongkok

kloset jongkok modern 

Menyediakan batas antara area mandi dan area kloset adalah pilihan yang baik untuk kamar mandi kecil. Hal ini akan membuat anda lebih mudah membersihkan area toilet. Area kloset jongkok yang lebih tinggi membuat air mandi langsung masuk tempat pembuangan tanpa mencemari lubang toilet.

6. Kloset Jongkok Modern

toilet jongkok 

Harga kloset jongkok bervariatif tergantung bentuk dan sistemnya. Kloset modern diatas sudah dilengkapi dengan tangki pembuangan. Meski memiliki model yang sederhana, adanya tangki akan membuatnya lebih nyaman. Apalagi, anda bisa memanfaatkan area tangki dengan menaruh tanaman hias agar ruangan terasa lebih segar.

7. WC Jongkok Sederhana

wc jongkok 

Model kloset diatas memang banyak digunakan seperti pada poin 3. Cara pasang kloset jongkok tersebut tidak begitu ribet karena tanpa tabung air. Sehingga, anda harus selalu menyediakan bak air sendiri untuk menyiramnya. Untuk mempercantik tampilan, anda bisa menggunakan model bak air yang unik dan menarik guys!

8. Desain WC Jongkok Modern Kekinian

toilet duduk jongkok 

Kloset jongkok unik diatas bisa menjadi daya tarik untuk desain kamar mandi minimalis. Disamping menggunakan tatakan, anda bisa mengaplikasikan model kloset jongkok bervolume layaknya wc duduk. Anda bisa menambahkan alas toilet duduk agar bisa digunakan sebagai toilet duduk oleh lansia maupun ibu hamil.

9. Toilet Jongkok Gaya Natural

wc jongkok

Jika selama ini toilet jongkok terkesan kuno, maka interior kamar mandi bisa didesain untuk membuatnya istimewa. Menggunakan rak build-in untuk menghemat ruang, membawa batuan alam ke dalam kamar mandi dan menambahkan sedikit tanaman hias akan membuat kamar mandi tampak menyegarkan. Kesan kuno pada kamar mandi kloset jongkok pun akan berubah menjadi tampilan sederhana yang elegan.

10. WC Jongkok Kamar Mandi Kecil

wc jongkok

Kamar mandi kecil dengan WC jongkok pun bisa dipoles untuk menambahkan kesan modern. Menggunakan bak air terasso sudah cukup membuat kamar mandi anda tampil kekinian. Untuk ruang kecil, selalu gunakan keramik berwarna cerah. Sebagai pelengkap, menaruh tanaman hias rambat pada rak build-in menjadi titik kesegaran yang menjadi daya tarik kamar mandi kecil anda.

Tips Kamar Mandi Kloset Jongkok Modern

  1. Tempatkan kloset di tempat yang strategis agar setiap sudut di kamar mandi mudah dibersihkan.
  2. Bedakan area untuk toilet, seperti menggunakan keramik yang berbeda, membatasi dengan sekat atau meninggikan area toilet.
  3. Selalu sediakan tissue di area toilet.
  4. Gunakan warna cerah pada area kamar mandi atau WC agar nyaman saat berada di dalam.
  5. Tambahkan tanaman hias untuk menyegarkan suasana. Anda bisa menaruh tanaman di sudut ruangan, dinding maupun rak kamar mandi.
  6. Jika memiliki toilet duduk, anda bisa beli alat bantu pijakan dengan model beragam yang dapat disesuaikan dengan desain toilet di rumah. Jadi, toilet duduk anda'pun bisa dibuat menjadi toilet jongkok.
 
Itu adalah berbagai desain kamar mandi kloset jongkok yang bisa menjadi inspirasi anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts