Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

7 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah, Simple & Indah

Memiliki taman adalah impian bagi banyak orang, karena selain memperindah juga bisa memberikan kesejukan pada rumah. Namun, Tidak sedikit orang yang bingung bagaimana cara membuat taman kecil di depan rumah. Meski tampaknya simple, tetapi keterbatasan ruang tentu juga membatasi cara anda berekspresi untuk mendesain taman yang menarik.

Adanya taman minimalis di lahan sempit dapat memberikan manfaat kesehatan dan lingkungan. Dengan adanya taman kecil, anda dapat mengurangi polusi udara, apalagi jika tanaman yang ditanam memang berfungsi untuk menyerap racun dan karbon. Selain itu, dengan adanya desan taman yang cantik dapat menambah nilai estetika rumah serta meningkatkan kehidupan satwa liar - seperti kupu, kumbang, burung, dll, di sekitar rumah anda.

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

 taman minimalis

Memulai proyek desain taman di lahan terbatas, diperlukan panduan dan ide yang tepat agar memberikan keindahan sesuai selera, serta sesuai dengan gaya arsitektur rumah. Berikut beberapa cara dan tips yang bisa dicoba :
 

1. Menentukan ukuran dan bentuk taman


Sebelum memulai, pastikan menentukan ukuran dan bentuk taman yang ingin dibuat. Pilih bentuk yang sesuai dengan halaman depan rumah anda dan gaya arsitektur rumah. Hal ini penting dilakukan karena ukuran dan desain taman minimalis depan rumah anda akan mempengaruhi seluruh tampilan taman.

taman depan rumah minimalis 

Tips :
  • Ukur halaman di depan rumah, kemudian tentukan ukuran taman yang proporsional.
  • Pilih bentuk taman yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah. Misalnya jika anda menghuni rumah minimalis, pilih bentuk taman yang simple dan modern.
  • Pertimbangkan penggunaan taman, apakah untuk bersantai atau menanam sayur atau hal lainnya, karena ini akan mempengaruhi ukuran dan bentuk taman.
  • Pilih jenis tanaman yang akan ditanam dan pastikan taman memiliki ukuran yang sesuai.
  • Buat sketsa atau desain taman lebih dahulu agar dapat menentukan ukuran dan bentuk taman yang ideal, serta menempatkan tanaman dan perlengkapan di posisi yang tepat.

2. Menentukan jenis tanaman


Ini adalah cara membuat taman kecil di depan rumah yang cukup membingungkan, karena anda harus memiliki sedikit pengetahuan tentang tanaman. Apalagi, pemilihan jenis tanaman yang tepat dan sesuai akan membuat taman kecil anda menjadi lebih indah dan menarik.

Namun, anda tidak boleh sembarangan memilih, karena setiap tumbuhan punya karakteristik masing-masing. Sehingga anda harus untuk memilih tanaman yang sesuai dengan iklim, cuaca dan kondisi tanah di sekitar rumah anda.

taman rumah minimalis 

Tips :
  • Pilih jenis tanaman yang sesuai dengan kebutuhan cahaya matahari, karena beberapa jenis tanaman ada yang membutuhkan banyak sinar matahari dan beberapa lainnya cocok di tempat teduh. Jadi pastikan anda mengetahui kebutuhan cahaya setiap tanaman yang ingin ditanam.
  • Untuk memberikan warna yang menarik, pilih tanaman dengan warna kontras. Misalya, tanaman berdaun hijau dan bunga berwarna merah, tanaman berdaun kuning dan sebagainya.
  • Pastikan memilih tanaman dengan tinggi dan lebar yang sesuai dengan ukuran taman minimalis depan rumah anda. Pilih tanaman yang nantinya tidak mengambil ruang berlebihan di dalam taman.
  • Pilih jenis tanaman yang mudah dirawat. Jika anda orang sibuk, pilih tanaman yang tahan kering atau yang tidak membutuhkan penyiraman terlalu sering.

3. Menyiapkan tanah dan merencanakan sistem irigasi.


Merencanakansistem irigasi merupakan salah satu cara membuat taman kecil di depan rumah yang penting dilakukan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Jadi, sebelum menanam, pastikan area taman sudah bersih dari sampah dan reruntuhan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pertama, gali tanah (minimal di kedalaman 30 cm) di area taman dan tambahkan pupuk organik untuk memperkaya nutrisi tanah. Penggalian tanah berfungsi untuk memperbaiki drainase dan sirkulasi udara dalam tanah. Kemudian, ratakan tanah dan pastikan permukaan tanah rata dan padat agar tanaman tumbuh dengan baik.

Kedua, rencanakan sistem irigasi untuk menjaga kelembaban tanah dan memastikan tanaman tetap hidup. Pastikan sistem irigasi terhubung ke sumber air yang baik dan cukup. Kemudian, tanam tanaman pada jarak yang sesuai dengan ukuran taman minimalis anda.

taman rumah minimalis 

Tips :
  • Buang semua material yang tidak diperlukan pada area taman seperti batu, kayu, ranting yang dapat menganggu pertumbuhan.
  • Anda bisa menggunakan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang.
  • Anda bisa menggunakan sistem irigasi tetes atau sprinkler.
  • Gunakan teknik menanam yang benar dan jangan lupa memberi pupuk tambahan setelah beberapa bulan.

4. Memilih perlengkapan taman


Memilih perlengkapan adalah cara membuat taman kecil di depan rumah yang paling mengasyikkan, karena anda bisa berekspresi sebebas-bebasnya. Hanya saja, seperti yang telah dijelaskan di awal, anda harus menentukan fungsi taman tersebut untuk apa. Perlengkapan taman yang tepat dapat membuat taman kecil anda terlihat lebih menarik dan nyaman dijadikan tempat beristirahat.

Sebelum memilih perlengkapan taman, tentukan tema yang akan dibuat. Apakah taman bersifat formal atau informal, atau mungkin memiliki tema tertentu seperti taman kering atau taman air.

desain taman depan rumah 

Tips :
  • Pilih perlengkapan yang sesuai dengan ukuran taman dan jangan memilih yang terlalu besar yang akan memenuhi area.
  • Pastikan perlengkapan terbuat dari bahan yang tahan lama seperti besi atau kayu yang telah diberi perlindungan agar tidak mudah rusak maupun terkena serangan hama.
  • Pilih perlengkapan yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah.
  • Gunakan perlengkapan yang fungsional dan nyaman digunakan, seperti bangku taman atau kursi santai.

5. Buat jalan setapak


Membuat jalan setapak taman merupakan cara membuat taman kecil di depan rumah terkesan welcoming. Dibandingkan untuk akses jalan ke taman, penggunaan jalan setapak pada taman kecil biasanya hanya sebagai sarana dekoratif saja. Namun, jika anda ingin membuatnya, buat dengan ukuran kecil yang sesuai dengan ukuran taman.

desain taman depan rumah

Tips :
  • Pilih material jalan setapak yang sesuai dengan tema atau gaya rumah anda. 
  • Gali tanah 10 -15 cm untuk menempatkan batu alam di atas dasar yang sudah disiapkan. Pastikan batu-batu saling berdekatan dan rapat agar jalan setapak terlihat rapi dan kokoh.
  • Anda bisa menabahkan elemen dekorasi berupa pot tanaman, rerumputan dan lampu taman untuk menambah nilai estetika pada taman kecil.
  • Jangan membuat jalan setapak terlalu lebar yang akan memakan banyak ruang taman dan pastikan keberadaannya tidak mengganggu tanaman yang sudah ada di taman.

6. Tambahkan elemen dekoratif


Anda bisa memberikan sentuhan kreativitas dengan menambahkan elemen dekoratif pada taman rumah minimalis. Cara membuat taman di depan rumah ini cukup simple, karena sebagian besar bisa anda beli di pasaran. Ada banyak elemen dekoratif yang bisa ditambahkan seperti patung, miniatur taman, air mancur mini, lampu taman dan ornamen taman lainnya.

taman minimalis depan rumah 

Tips :
  • Jika ingin menambahkan petung atau ornamen taman depan, tentukan lokasi strategis yang sesuai dengan tema.
  • Pastikan ukuran ornamen taman sesuai dengan ukuran taman.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan elemen dekoratif agar taman tidak terlihat ramai.
  • Pastikan elemen dekoratif yang dtambahkan sesuai tema taman dan tidak mengganggu tanaman atau hewan di taman kecil anda.
 

7. Perawatan taman


Merawat tanaman adalah cara membuat taman kecil di depan rumah anda tetap subur dan indah. Hal paling mudah yang bisa anda lakukan adalah menyiram tanaman secara teratur, terutama saat musim kemarau tiba. Selain itu, memberi pupuk secara rutin juga dapat membuat tanaman anda menjadi lebih subur.

taman depan rumah minimalis 

Tips :
  • Berikan pupuk secara rutin, tetapi jangan terlalu banyak karena bisa mrusak tanaman.
  • Potong rumput dan tanaman yang membesar secara rutin untuk menjaga taman agar tetap rapi dan terawat. Tanaman yang dipangkas teratur dapat memicu pertumbuhan yang lebih sehat dan subur.
  • Buang gula secara teratur untuk menjaga kesehatan tanaman anda.
  • Cek secara rutin kelembaban tanah dan kondisi tanaman di taman kecil anda. Pastikan tanamn tidak kekurangan air maupun terkena serangan hama dan penyakit.
  • Bersihkan tanaman secara teratur dari sampah atau dedaunan yang jatuh khususnya saat musim hujan. Sampah dapat menjadi tempat berkembangnya hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman.

Beberapa cara membuat taman kecil di depan rumah dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat membuat taman kecil yang cantik dan menenangkan di depan rumah anda. Tetap ingatlah untuk memilih tanaman yang sesuai dan melakukan perawatan rutin. Selamat mencoba !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel