15+ Tanaman Tahan Panas yang Cocok untuk Taman & Halaman

Tanaman tahan panas sangat cocok untuk menghias taman di wilayah tropis. Ada banyak keuntungan meletakkan tanaman hias yang ramah sinar matahari ke taman anda. Anda tidak perlu setiap hari menyiramnya karena kesibukan, tetapi tanaman akan tetap tumbuh indah menghias area eksterior rumah.

Banyak sekali berbagai jenis tanaman yang suka sinar matahari, mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran tinggi. Berbagai tanaman ini sangat efektif untuk dekorasi outdoor dan semi outdoor. Tak hanya meneduhkan, tetapi tanaman hias dapat menyegarkan sekaligus mempercantik hunian anda.

Jika anda mencari berbagia tanaman hias outdoor minim perawatan dan tahan panas, berikut pisa jadi pilihan. Cek yuk!

Tanaman Tahan Panas

1. Bougenvil

Bunga Bougenvil

Ini adalah tanaman tahan panas yang paling tangguh. Bunganya justru akan semakin banyak dengan suhu panas. Tidak membutuhkan banyak perawatan, tanaman bunga kertas ini hanya perlu disiram, dua kali seminggu.

2. Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia

Tanaman berduri ini adalah tanaman tahan panas yang kerap ditemui sebagai dekorasi taman dan halaman rumah. Meski seluruh batangnya berduri, euphorbia memiliki bunga cantik berwarna merah hingga kuning. Pada beberapa jenis, ukuran bunganya berbeda-beda.

Tanaman ini cocok untuk penghias taman dan halaman, karena minim perawatan dan sangat tahan panas. Euphorbia bisa hidup di tanah kering tanpa mudah layu. Cukup menyiramnya satu minggu sekali untuk perawatannya.

3. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Bunga cantik ini banyak dijumpai pada rumah-rumah di Bali. Kamboja termasuk salah satu tanaman tahan panas yang bisa tumbuh baik meski lama tidak disiram. Justru akarnya akan cepat mati jika terus terendam air.

Ada berbagai macam pohon kamboja dengan bunga yang berbeda. Warna bunganya ada yang putih kuning, semburat merah, jingga dan sebagainya. Memiliki wangi yang khas, pastinya dapat mempercantik sekaligus menyegarkan taman.

4. Bunga Kana

Bunga kana

Tanaman tahan panas satu ini kerap dijadikan dekorasi taman kota. Bunganya didominasi warna kuning hingga merah dan sangat cantik dipandang. Pastikan menanamnya dalam jumlah cukup banyak agar keindahannya tampak sempurna.

5. Bunga Melati

Bunga Melati

Banyak orang menyukai aroma bunga melati. Bunga mungil ini lebih suka sinar matahari daripada tempat teduh. Jadi jika ingin menanamnya sebagai tanaman hias indoor, pastikan menaruhnya di tempat cahaya matahari bisa masuk seperti di dekat jendela.

Pohon melati bisa diletakkan di bawah sinar matahari minimal empat jam. Namun, jangan lupa menyiramnya dengan rutin. Meski termasuk tanaman tahan panas, pohon melati suka daerah yang subur dan lembab di masa pertumbuhannya. '

6. Bunga Sepatu

Bunga Sepatu

Menanam bunga sepatu di halaman rumah dapat membuat hunian semakin indah saat bunganya bermekaran. Tanaman tahan panas ini mudah dirawat dan cocok untuk penghias taman dan halaman rumah. Warna bunga merah muda hingga merah akan memberi warna mencolok di dalam taman yang hijau.

7. Cemara Norfolk

Cemara Norfolk

Jika memiliki taman atau halaman yang cukup luas, cemara norfolk bisa jadi pilihan. Pasalnya, tanaman hias daun ini bisa mencapai tinggi hingga enam meter!. Meski daun-daunnya mungil, tanaman ini tetap bisa meneduhkan sekaligus menyegarkan rumah!

8. Cordyline

Cordyline

Tanaman cordyline memiliki daun kasar berbentuk tombak yang memiliki berbagai warna. Bunganya berbentuk cangkir, harum dan berwarna putih, merah muda atau ungu. Mampu tumbuh subur di iklim dengan suhu rata-rata diatas 12 derajat Celcius, tanaman tahan panas ini cocok untuk menghiasi pekarangan rumah.
 

9. Jengger Ayam

Jengger Ayam

Dalam satu bulan, tanaman bunga jengger ayam bisa tumbuh beberapa kali, sehingga sangat cocok untuk menghiasi pekarangan rumah. Bunganya berwarna mirip jengger ayam dan biasanya berwarna merah, orange dan kuning. Tanaman ini mudah dirawat dan bisa tumbuh subur di tanah kering.
 

10. Kaktus

Kaktus

Bukan rahasia lagi kalau kaktus adalah tanaman tahan panas yang paling populer. Kaktus tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Meski berduri, bunga kaktus yang mungil dan cantik bisa menjadi hiasan yang cantik untuk rumah anda.

Anda bisa menaruh kaktus berukuran kecil sebagai tanaman indoor penghias rumah. Jenis yang bisa anda pilih seperti espostoa lanata, mammillaria fraileana, gymnocalycium paediopholum dan sebagainya, Jika ingin menanam di halaman, anda bisa memilih jenis kaktus telinga kelinci, kaktus dagu atau jenis yang lain.
 

11. Krokot

Krokot

Ini adalah tanaman hias ekonomis yang bisa mempercantik rumah dengan budget murah. Salah satu tanaman tahan panas ini mudah ditanam, mudah tumbuh dan memiliki banyak variasi warna. Tidak hanya cocok ditanam di pekarangan, tetapi bisa menjadi tanaman gantung penghias sudut rumah.

Bunga krokot akan mekar saat ada cahaya. Ada berbagai jenis bunga krokot yaitu tiger crown, krokot bertumpuk, krokot ungu, krokot gelang, sutra bombay, portulaca hana misteria dan curly. Hanya menanam potongan batangnya di tanah, bunga mungil ini siap mempercantik hunian!.
 

12. Lidah Mertua

Lidah mertua

Tanaman hias yang mudah dirawat ini mudah beradaptasi. Tak hanya tahan terhadap panas matahari, tetapi juga mampu tumbuh subur di tempat teduh. Manfaatnya sebagai pembersih udara membuat lidah mertua digandrungi banyak orang sebagai penghias interior dan eksterior rumah.
 

13. Pakis

Pakis

Tanaman ini sangat serbaguna karena dapat tumbuh subur di dalam suhu ruangan, tempat panas maupun dingin. Jenis pakis boston lebih kuat terhadap sinar matahari langsung dan dapat bertahan hingga 4 jam, meski idealnya ditempatkan di tempat teduh. Selain itu, pakis membutuhkan sedikit air, sehingga sangat mudah dirawat.
 

14. Palem

Palem

Berbagai jenis palem bisa dimanfaatkan untuk menghiasi taman atau halaman rumah. Tanaman tahan panas ini biasanya juga ditanam di pinggiran jalan raya maupun taman kota. Beberapa jenis yang bisa jadi pilihan dekorasi rumah adalah pakem kuning, palem botol, palem rotak, palem kipas dan palem bambu.

15. Puring Bercorak

Puring Bercorak

Tanaman hias daun yang bisa jadi pilihan adalah puring bercorak. Semakin panas taman, maka warna daunnya akan semakin mempesona. Tanaman puring bercorak mampu hidup pada suhu 30 derajat celcius, tetapi beberapa jenisnya hidup di suhu ± 19 derajat celsius.
 

16. Soka

Tanamansoka tahan panas

Bunga mungil yang kerap disebut asoka ini biasanya dijadikan sebaga pagar hijau rumah, karena termasuk tanaman tahan panas. Soka termasuk famili rubiaceae yang tingginya 2-4 meter. Bunga ini kerap disebut sebagai bunga asoka dan cocok untuk menghias eksterior maupun interior (dalam pot).

17. Tapak Dara

Tapak Dara

Tanaman tahan panas ini sangat bergantung pada sinar matahari. Semakin memperoleh banyak cahaya, maka akan semakin subur. Itulah kenapa tanaman hias berbunga keunguan ini kerap ditemukan sebagai penghias taman dan halaman rumah.
 

18. Terompet Oranye (Flame Vine)

Terompet Oranye

Flame vine merupakan salah satu tanaman rambat yang cocok untuk menghias taman rumah. Warna orange yang mirip api sangat mencolok dan indah. Selain tahan panas, tanaman hias ini juga bisa tumbuh terhadap kadar pH tanah asam maupun basa. Menarik bukan?!

Itu adalah beberapa tanaman tahan panas yang cocok ditanam di taman rumah. Meski tahan akan sinar matahari, tanaman tersebut juga perlu disiram meski tidak setiap hari. Semoga bermanfaat!

Related Posts