8 Tanaman Indoor Terbaik untuk Dapur

Tidak peduli apapun tema rumah idaman anda, anda tentu membutuhkan dekorasi menarik untuk desain interior maupun eksteriornya. Memberikan tanaman adalah ide cemerlang yang bisa dilakukan untuk membuat rumah anda sejuk, asri dan menarik. Anda bisa meletakkan beberapa jenis tanaman hias untuk setiap ruangan di rumah anda. 

Salah satu ruangan yang membutuhkan tanaman adalah dapur. Dapur merupakan tempat dimana banyak terjadi aktivitas, sehingga membuatnya tampak sejuk dan menarik adalah hal wajib yang tentu harus dilakukan.

Anda bisa menjaga tanaman hias untuk tetap hidup di dapur mungil anda. Tanaman hias tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi rumah yang indah, tetapi juga bisa membantu membersihkan udara dan meningkatkan kelembaban. Tanaman yang ada di perkantoran pun terbukti meningkatkan semangat dan produktivitas kerja. Hal itu tentu akan berpengaruh juga untuk produktivitas di dapur.

Tanaman Indoor untuk Dapur

Berikut beberapa tanaman hias di dalam rumah yang mudah dirawat dan cocok untuk menghias dan menyegarkan dapur cantik anda :

1. English Ivy (Hedera Helix)

Tanaman Ivy Inggris merupakan tanaman perennial yang tumbuh merambat, agresif dengan pertumbuhan cepat dan bisa tumbuh dimana-mana. Tanaman hijau yang subur ini sangat cocok digantung di dekat bak cuci piring atau jendela dapur. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai penutup tembok karena akar pada ruas-ruas batangnya bisa tumbuh memanjat tanpa merusak tembok. 

Tanaman Ivy Inggris merupakan salah satu tanaman hias di dalam rumah yang mudah tumbuh, asalkan sesekali terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini akan menambahkan dekorasi yang indah di dapur anda. Baca : Desain Dapur Cantik Bernuansa Hijau

Tanaman Ivy bisa membantu membersihkan udara, karena tanaman ini salah satu pereduksi polutan udara di dalam ruangan seperti formaldehida, benzena, jamur dan bakteri. Namun, pastikan tanaman ini tidak terjangkau oleh binatang peliharaan di rumah karena sangat beracun bagi mereka. 

2. Lidah Buaya


Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang sulit dibunuh, meski disimpan di dalam dapur mungil anda. Tanaman yang sering disebut 'tanaman keabadian' ini berisi vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kulit, sehingga tanaman ini cocok diletakkan di dekat kompor. 

Kenapa?, hal ini untuk menjaga jika suatu saat anda mengalami luka bakar, maka gel lidah buaya bisa menjadi pendingin yang instan. Tapi jangan berharap seperti itu ya guys!

3. Aspidistra Elatior 'Ginga'


Tanaman Aspidistra Elatior sangat baik tumbuh di area panas maupun dingin. Tanaman ini bisa berkembang dengan sehat di area rumah yang gelap, berfluktuasi maupun jarang disiram, sehingga tanaman ini sangat susah untuk mati ataupun dibunuh. 

Anda tidak pernah tahu bagaimana kondisi ruangan dapur anda suatu hari, entah dingin, panas, maupun kering. Itulah kenapa tanaman yang tumbuh cukup lambat ini sangat cocok dipasang di dalam desain interior dapur anda.

4. White Jasmine (Jasminum Polyanthum)


Mungkin sulit untuk menjaga agar tanaman berbunga tetap hidup di dalam rumah, termasuk white jasmine. Meski membutuhkan sedikit perawatan lebih dari beberapa tanaman hias di dalam rumah lainnya, aroma manis tanaman dan bunga yang indah membuatnya layak untuk berada di dalam dapur anda.

Meski terlihat aneh memasang bunga harum di ruangan yang memiliki aroma makanan setiap hari, tanaman ini bisa meningkatkan lingkungan dapur anda dengan aroma manisnya. Keharumannya yang lembut dan tidak menyengat akan membantu dapur anda tetap berbau segar dan bersih.

5. Daun Mutiara / Aluminium Plant (Pilea Cadierei)


Jika anda memiliki peralatan dapur stainless steel, tanaman daun mutiara akan menjadi hiasan tambahan yang pas. Daya tarik daun mutiara adalah warnanya yang khas. Tanaman berdaun hijau putih ini tumbuh kurang dari 30 cm, sehingga bisa ditempatkan di atas meja atau digantung, tetapi jauhkan dari pemanas dan AC.

6. Spider Plant


Spider Plant atau tanaman laba-laba adalah salah satu tanaman hias di dalam rumah yang mampu berkembang biak dalam berbagai kondisi dan tidak memerlukan banyak perawatan. Spider plant bisa tumbuh tanpa media tanam, sehingga sangat menarik dijadikan hiasan ruangan. 

Tanaman ini sangat cocok di dalam dapur cantik anda karena tanaman ini berfungsi sebagai pemurni udara alami, mampu menghilangkan bau, asap dan polutan dari lingkungan.

7. Sri Rejeki / Chinese Evergreens (Aglaonema)


Sri rejeki adalah tanaman rumah yang mampu beradaptasi dan tumbuh dalam kondisi kering. Daunnya yang hijau dihiasi oleh nuansa putih, krem, bahkan pearl. Tanaman ini bisa tumbuh baik di area dengan intensitas sinar rendah dan kelembaban tinggi. Sri rejeki sangat bagus untuk desain interior dapur karena baik untuk mengeluarkan racun dari udara. 

8. Lidah Mertua (Sansevieria)


Lidah mertua merupakan tanaman yang bisa bertahan dari kekeringan, dingin dan kondisi cahaya rendah. Dilihat dari atas, tanaman ini memiliki daun yang membulat, mulus, berwarna hijau keabuan dan mirip tombak. Jika dilihat secara horizontal, daunnya mirip seperti kipas. Daun yang unik dan runcing cocok untuk menghias dapur anda. Anda bisa mendapatkannya di lemari ataupun di meja.

Itu adalah 8 jenis tanaman hias di dalam rumah terbaik yang bermanfaat ganda di dalam dapur anda. Selain bisa menciptakan kesan manis dan natural, adanya tanaman hias tersebut akan mempercantik desain interior dapur sekaligus menciptakan nuansa segar. Tertarik?

Related Posts