Pilihan Warna Pagar Kayu Terbaik Selain Warna Natural

Tidak sedikit orang yang menggunakan kayu untuk material pagar. Meski kebanyakan rumah minimalis dan modern masa kini banyak menggunakan pagar besi, tidak menutup kemungkinan anda masih menggunakan kayu sebagai kombinasi material pagar rumah.

Kayu menjadi salah satu material pagar yang banyak digemari untuk diaplikasikan pada hunian klasik hingga rumah mewah. Model pagar kayu pun bervariasi sesuai selera. Anda bisa membuat pagar kayu klasik, sederhana, hingga pagar panel. Pagar kayu bisa didesain terbuka maupun tertutup untuk keamanan atau menjaga privasi penghuni rumah. 

pagar kayu minimalis
Kebanyakan desain pagar kayu minimalis diaplikasikan apa adanya tanpa mengubah warna aslinya untuk menciptakan nuansa alam. Untuk meningkatkan estetika serta melindungi kayu, biasanya pagar kayu hanya dilapisi pernis, yaitu bahan transparan yang sering digunakan dalam finishing bahan kayu. Lalu, pernahkan anda berfikir untuk mengecat pagar kayu tetapi bingung warna cat yang cocok agar tetap terlihat  bagus?.

Menentukan warna yang baik untuk desain pagar kayu memang gampang-gampang susah, karena banyak pilihan warna dan mungkin sulit untuk mendapatkan yang terbaik. Selain itu, anda mungkin kuatir tampilan eksterior rumah semakin norak setelah anda mengecat pagarnya. 

Jika anda sedang bersiap untuk make over pagar taman dengan warna lain dan menutup warna aslinya, berikut beberapa warna terbaik yang bisa dipilih :

1. Navy

pagar kayu minimalis

Biru navy merupakan salah satu warna populer. Warna ini banyak digunakan pada eksterior, interior maupun warna
furniture karena bisa dipadukan dengan berbagai warna, mulai warna terang hingga gelap. Apalagi warna dingin ini juga tidak membosankan untuk dipandang. 

Warna yang lagi trending ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk desain pagar kayu rumah anda. Warnanya menciptakan efek grounding untuk tanaman di sekitarnya dan tentu akan membuat eksterior semakin memukau. 

2. Biru

pagar kayu klasik

Jika rumah anda berwarna netral, seperti abu-abu, putih, krem dan warna lembut lainnya, maka warna biru akan menjadi warna pagar yang menyenangkan untuk menambah semburat warna ke halaman. Warna biru dingin akan menambahkan beberapa kontras visual dan membuat rumah anda tampak menonjol tanpa terlalu mencolok. 

3. Abu - abu

pagar kayu teras

Abu-abu termasuk warna netral yang cocok untuk segala gaya desain rumah. Warnanya cocok diaplikasikan pada segala model pagar gaya klasik hingga gaya modern. Warna abu-abu mungkin tidak dapat menyembunyikan warna serat kayu, tetapi tidak akan menonjolkan kayu alami. 

Anda bisa memilih warna pagar kayu teras dengan abu-abu terang atau abu-abu gelap yang menutup serat kayu seutuhnya. Cat abu-abu biasanya berbahan dasar minyak, membuat pagar rumah terlihat lebih kokoh. Baca : Ragam Material Pagar Rumah + Kelebihan dan Kekurangannya. 

4. Hitam

pagar kayu taman

Warna hitam adalah warna kuat yang banyak berfungsi sebagai warna netral. Warna ini semakin populer di kalangan milenial, karena memberi kesan edgier pada rumah dan baik jika berpasangan dengan warna- warna terang. Sehingga, warna ini sangat bagus diaplikasikan pada pagar kayu taman untuk nuansa yang lebih modern. 

Warna yang tajam daripada warna lain, akan membuat tanaman di halaman terlihat menonjol, warna dan teksturnya akan muncul dengan background hitam. Keuntungan lain dari warna hitam adalah kotoran yang ada di pagar tidak terlihat dengan cepat seperti warna-warna terang. 

5. Putih

pagar kayu minimalis modern

Putih adalah warna yang sangat tradisional dan cocok dengan gaya rumah atau desain halaman apapun. Memiliki pagar kayu rumah berwarna putih yang dikelilingi bunga warna-warni akan menampilkan pemandangan yang fantastis, karena warna kontras akan membantu memunculkan warna yang muncul disana.  Taman cerah akan membuat daya tarik pada sekeliling rumah anda. 

6. Kuning

desain pagar kayu

Jika anda ingin menambah daya tarik rumah anda, maka gunakan warna kuning cerah untuk menarik perhatian. Kuning akan membuat pagar rumah anda menonjol pada halaman depan. Hal ini akan membuat halaman tampak lebih kecil, tetapi jelas akan menarik perhatian siapapun. 

Anda juga bisa memilih warna kuning gelap atau kuning tua. Warna ini lebih terang daripada warna coklat, menyerupai warna emas. Warna kuning gelap sempurna untuk tampilan klasik. Secara umum, warna kuning baik digunakan pada halaman rapi tanpa bunga, semak, tanaman hias atau pepohonan yang berwarna cerah. 

Itu adalah warna terbaik yang bisa anda aplikasikan pada pagar kayu taman. Namun, jika kurang selera atau tidak suka warnanya, anda bisa menggunakan warna lain seperti hijau gelap, merah muda, warna-warni maupun coklat tua. Warna-warna itu tidak umum digunakan dan biasanya hanya tergantung selera atau untuk gaya tertentu. 

Tips Memilih Warna Pagar Terbaik :

  1. Pilih warna pagar yang sesuai dengan gaya rumah anda. 
  2. Warna dari berbagai fitur halaman harus saling melengkapi dengan warna pagar. Jangan sampai pagar anda menyaingi landscape halaman, kecuali anda ingin pagar menjadi titik fokus. Warna pagar yang anda pilih harus sesuai dengan skema desain halaman anda. 
  3. Pertimbangkan jenis pagar. Jika untuk pagar privasi, anda bisa menggunakan warna cenderung netral, seperti kuning tua, navy atau biru. Jika untuk model pagar rel (pagar peternakan), warna gelap adalah warna yang tepat seperti hitam dan navy. Untuk pagar modern, anda bisa memilih warna abu-abu atau kombinasi dua warna. 
  4. Untuk menambah estetika, anda bisa melapisi pagar yang sudah dicat dengan pernis atau lapisan bening lain yang mungkin memiliki manfaat lain seperti anti rayap, dan sebagainya. 
  5. Warna pagar kayu taman tergantung dari tampilan yang anda inginkan. Jika ingin tradisionalis, pilih warna pagar putih. Jika ingin modern, pilih hitam atau biru. Jika anda suka perhatian, pilih warna kuning mencolok. 

Mengecat pagar kayu tentu tidak bisa asal-asal'an, karena untuk hasil terbaik anda harus melakukannya dengan benar dan tepat. Beberapa jenis kayu dapat diwarnai, tetapi jenis permukaan kayu akan menentukan jumlah lapisan, jenis cat, warna dan waktu yang dihabiskan untuk persiapan dan jumlah cat yang dibutuhkan. 

Kenali karakteristik kayu sebelum memutuskan membeli cat. Selain itu, anda juga harus memilih cat yang sesuai untuk jenis kayu pagar yang digunakan. Memang hal simle yang cukup merepotkan. Dalam hal ini, anda bisa bertanya pada ahli bangunan atau profesional. Semoga artikel Pilihan Warna Pagar Kayu bermanfaat!.