15 Denah Rumah Modern dengan Kolam Renang yang Menawan

Denah rumah modern tidak hanya terdiri dari ruangan-ruangan vital saja, tetapi anda bisa menambahkan kolam renang jika memiliki lahan yang cukup. Memiliki kolam renang pribadi adalah idaman bagi banyak orang. Memiliki kolam renang di rumah jelas tidak mudah, karena anda harus memiliki lahan yang luas, ditambah pembuatan kolam yang cukup rumit dan membutuhkan jasa arsitek dan tukang profesional.

Kolam renang di halaman belakang dapat menjadi salah satu tempat yang menenangkan dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, serta membuat rumah anda serasa resort pribadi. Desain kolam renang pun beragam dan seringkali memiliki gaya unik untuk melengkapi rumah. Selanjutnya, landscape akan menentukan gaya kolam.

Kebanyakan rumah minimalis atau desain modern memiliki kolam renang berbentuk persegi panjang sederhana. Beberapa rumah juga memiliki bentuk kolam renang sesuai area yang tersisa, ada juga yang menghiasi area kolam dengan pohon palem, teras untuk bersantai dan lain sebagainya.
 

Denah Rumah Modern


1. Rumah Modern dengan kolam persegi panjang


denah rumah minimalis modern

Denah rumah modern diatas memiliki tata ruang yang baik dan menyenangkan. Ruang tamu di tengah ruangan bersatu dengan ruang makan dan dapur. Pintu masuk langsung menampakkan halaman belakang, arah kolam renang dengan pintu kaca yang membatasinya. Hal ini akan menciptakan kesan welcoming dan suasana segar secara tidak langsung.
 

2. Denah rumah modern untuk keluarga besar


rumah mewah

Bagi anda yang memiliki area luas, denah rumah modern diatas bisa menjadi inspirasi yang sempurna. Rumah tersebut memiliki 5 kamar tidur dimana dua diantaranya adalah kamar anak, ada ruang bermain, 3 kamar mandi, dapur kecil dan kolam renang besar.

Ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu di tengah ruangan yang luas membuat desain rumah ini sangat cocok untuk keluarga besar. Di halaman belakang juga tersedia 12 tempat duduk untuk bersantai bersama keluarga maupun kerabat. Tak hanya itu, terdapat jacuzzi (kolam renang hangat) yang membuatnya semakin sempurna. 

3. Denah rumah minimalis dengan kolam renang mungil


rumah sederhana

Rumah sederhana ini memiliki ruang - ruang sempit. Seperti denah sebelumnya, dari pintu masuk, langsung mengarah ruang tamu dan ruang makan yang berbatasan dengan kolam renang. Jika ingin privasi, area kolam bisa ditutup dengan pintu lipat. Denah rumah tersebut masih membawa unsur tradisional dari bentuk kolam dan pagar kayu di teras yang mengelilinginya.

4. Denah rumah modern dengan kolam renang indoor


rumah mewah

Kolam tidak selamanya ada di halaman belakang, karena anda juga bisa membuat kolam renang indoor atau semi outdoor. Adanya kolam di tengah area bangunan secara tidak langsung dapat menciptakan suasana menyegarkan pada ruang di sekitarnya, karena pembatasnya berupa jendela atau pintu kaca.

Keterbukaan pada interior ini jelas akan membuat anda lebih betah di rumah. Untuk atap, anda bisa membuat atap semi outdoor pada ujung kolam untuk ventilasi udara. Adanya dua area, yaitu area berkanopi dan area outdoor akan membuat aktivitas berenang lebih nyaman.

5. Denah rumah mewah dengan kolam renang minimalis


denah rumah minimalis modern

Denah diatas adalah denah lantai satu rumah mewah. Di lantai satu ini terdapat teras, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kolam ikan semi outdoor, garasi, satu kamar tidur dan ruang makan yang berbatasan langsung dengan halaman belakang alias pemandangan kolam renang.

Alih-alih membuat kolam renang yang luas dengan teras untuk memenuhi halaman belakang, rumah ini masih mengusung tema go green dengan masih memperbanyak area hijau. Teras dan kolam renang hanya dibuat di tengah, diapit oleh rumput hijau dan pepohonan yang membawa hawa segar.

6. Denah rumah modern dengan kolam renang mini


contoh denah rumah sederhana

Area rumah pada denah diatas terbilang luas, tetapi memilih kolam renang di bagian tengah dengan bentuk L agar tampak lebih luas. Kolam renang mini yang dilengkapi dengan jacuzzi ini tentu bukan hanya untuk olah raga, tetapi juga sarana relaksasi. Kolam renang outdoor ini bisa diakses darimana saja. Sehingga anda mungkin selalu tergiur untuk berendam disana.

7. Denah rumah modern dengan kolam mini


gambar denah rumah sederhana

Ini seperti versi upgrade dari denah pada poin 3 diatas. Memadukan desain modern dan klasik, denah rumah ini memiliki 4 kamar tidur dan pintu utama yang langsung berhadapan dengan pintu belakang, menunjukkan kolam renang sederhana yang hanya bisa dinikmati dua orang saja.

8. Denah rumah modern dengan halaman luas


denah rumah modern

Denah rumah diatas terbilang unik, karena desainnya semi outdoor. Ruang-ruangnya juga tidak selalu kotak, tetapi ada bagian diagonal. Uniknya, untuk ke dua kamar lain harus melewati area kolam dengan penghubung jalan setapak. Seluruh ruang di denah tersebut masing-masing memiliki pemandangan luar yang berbeda.

Halaman belakang yang luas dan panjang memungkinkan untuk membuat kolam renang dan kolam ikan, serta beberapa titik untuk bersantai. Pintu depan pun juga berhadapan dengan pintu kaca yang mengarah ke kolam renang. Ruang keluarga dan ruang makan ada di sisi kolam dengan akses langsung ke dapur. Tentu sangat menyenangkan selalu kumpul keluarga dengan suasana berkelas!.

9. Denah rumah modern dengan area kolam yang luas


denah rumah mewah

Rumah modern tersebut memiliki tata ruang yang bagus dengan ruang tamu besar, dapur, dua kamar mandi, toilet, gym dan kolam renang di belakang. Area kolam renang yang besar bisa dimanfaatkan untuk bersantai, mengadakan pesta dan sebagainya.
 

10. Denah rumah modern dengan kolam renang mungil


denah rumah sederhana tapi mewah

Memiliki bangunan mungil di tengah area lapang, anda juga bisa membuat kolma renang yang mungil pula. Anda tidak harus membuat kolam renang kotak, tetapi anda bisa membuat bentuk lain dengan teras yang mendominasi untuk bersantai. Pintu masuk yang mengarah ke halaman belakang akan menciptakan kesan pertama yang berkesan bagi tamu yang datang.

11. Denah rumah minimalis modern 4 kamar tidur dengan kolam renang


denah rumah modern

Rumah mungil ini memiliki area ke belakang yang cukup luas. Denah rumah dan kolam yang imut dengan tata ruang yang baik. Rumah modern bergaya minimalis ini memiliki tempat untuk segalanya, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, 4 kamar tidur, garasi untuk 2 mobil, 2 kamar mandi, ruang makan, dapur, dan satu jalan setapak di samping yang mengarah ke kolam renang.

Kolam renang mungil juga didesain dengan cantik, dilengkapi teras untuk bersantai dan beberapa pohon untuk menambah keasrian. Di teras halaman belakang juga tersedia meja kursi yang bisa digunakan untuk makan malam.

12. Rumah modern dengan kolam renang di depan


denah rumah mewah dan kolam renang


Kolam renang tidak hanya bisa dibuat di halaman belakang saja, tetapi bisa di samping maupun di area depan rumah. Pada denah diatas, kolam renang dengan pembatas berada di sisi pintu masuk dan garasi. Meski begitu, untuk berenang anda tentu harus masuk rumah dulu, karena aksesnya tetap dari dalam. Kelak, pagar pembatas ini bisa dilengkapi dengan tanaman hias merambat agar lebih privasi.

Meski kolam renang ada di depan, ruang tamu rumah minimalis tersebut masih bersebelahan dengan teras depan. Denah rumah yang unik tersebut tentu akan menciptakan kesan lain daripada yang lain. Anda bisa menerima tamu di ruang tamu, maupun di teras menghadap kolam renang.

13. Rumah minimalis dengan kolam renang sederhana



sketsa denah rumah

Denah rumah modern diatas memiliki tiga kamar tidur, ruang tamu dan ruang makan menyatu di ruang terbuka, 1 toilet, kamar mandi dan kolam renang sederhana dan teras di halaman belakang. Meski sederhana, yang anda butuhkan di rumah ini sudah cukup lengkap dengan konsep minimalis yang membuatnya tampak sempurna.

14. Denah rumah mewah dengan kolam sederhana


denah rumah mewah

Tidak hanya kolam renang untuk nuansa kesegaran di bagian belakang, denah rumah mewah diatas juga dilengkapi taman indoor di tengah ruangan yang menjadi akses ke ruang tamu. Hal ini akan menciptakan kesan welcoming dan kesan nyaman. Secara tidak langsung, tamu akan merasa diterima sepenuhnya di rumah anda.

Sudah memiliki taman dan kolam di tengah area, maka tidak membutuhkan kolam renang besar untuk membuat hunian berkesan menyegarkan. Kolam renang kecil dengan dua tempat berjemur sudah cukup menjadi formalitas untuk kelengkapan fasilitas di rumah anda.

15. Denah rumah dengan taman di tengah



denah rumah mewah

Denah rumah modern diatas sangat unik seperti denah pada poin 14, dimana akses untuk ke ruang tamu atau ruang keluarga, melewati taman di tengah bangunan. Ruang - ruang utama dalam desain rumah tersebut semuanya berada di sisi-sisi taman. Terbayang kan bagaimana sejuknya saat beraktivitas di dalam rumah?. Ujung taman berakhir di kolam renang, dimana ada tempat bersantai untuk menikmati kesegaran secara total.

Itu adalah beberapa denah rumah modern dengan kolam renang yang bisa anda jadikan inspirasi. Seperti yang sudah disebutkan di awal, anda bebas menentukan bentuk kolam yang sesuai dengan gaya dan desain rumah anda. Anda bisa melengkapi area halaman belakang dengan perapian dan bak air panas untuk menjaga suhu tetap hangat. Semoga artikel denah rumah bermanfaat!

Related Posts