Ragam Gaya Arsitektural Rumah Mungil + Contoh Desain

Gaya Rumah Minimalis. Rumah Minimalis, yang identik dengan rumah mungil yang fungsional, kembali menjamur khususnya di kota-kota yang sedang berkembang pembangunannya.

Selain harga relatif murah, gaya arsitekturnya juga tidak kalah menarik dibanding Model Rumah Modern maupun rumah mewah. Apalagi, jika masih memiliki lahan yang cukup luas, sangat memungkinkan untuk melakukan pengembangan ruang.

desain rumah minimalis

Dengan luas lahan yang minim, menata Rumah Minimalis cukup mengasyikkan. Anda dituntut untuk mendesain dan mendekorasi ruang agar nyaman, fungsional dan efektif. Hal ini tentu tergantung cara penataan ruang interior yang baik agar ruang yang sempit terlihat luas. 

Biasanya, Rumah Minimalis terdiri dari 2-3 kamar tidur, 1 ruang makan, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi dan dapur. Sedikitnya ruang di atas lahan terbatas bukan berarti rumah mungil tidak nyaman, tetapi justru akan mendorong kreativitas anda untuk memperhatikan penataan interior. 

Merancang rumah minimalis tidak hanya dilihat dari keindahan bangunnannya saja, tetapi ada beberapa karakteristik fungsi, yaitu :
  • Fungsional : dapat digunakan beraktivitas, efisien dan sesuai kebutuhan. 
  • Aman, mudah perawatannya, hemat dan nyaman.
  • Indah, nyaman dilihat dan ditempati. 

Tipe Rumah Mungil

Rumah mungil memiliki luas bangunan kurang dari 120m². Berdasarkan penggunaannya, rumah mungil terdiri dari dua tipe, yaitu rumah mungil dan rumah mungil tumbuh. 

Rumah mungil umumnya memiliki lahan terbatas, serta dirancang dan direncanakan dengan matang. Sehingga lebih mudah melakukan penataan interior sesuai kebutuhan. 

Rumah mungil tumbuh adalah rumah yang dirancang dan direncanakan bertahap untuk dikembangkan lebih lanjut sesuai perkembangan jumlah penghuni. Umumnya memiliki lahan yang cukup luas. 

Syarat Rumah Mungil

Rumah yang ideal haruslah memberikan aspek-aspek kenyamanan yang diperlukan, terutama perbandingan proporsional antara bangunan dengan ruang terbuka. 

Berikut beberapa syarat penting rumah mungil ideal :
  • Kebutuhan ruang terpenuhi. 
  • Memiliki bukaan jendela yang cukup untuk mendapatkan sinar matahari. 
  • Perbandingan proporsional antara luas bangunan dan ruang terbuka adalah 60 : 40.

Baca : Pahami 10 Tahapan Penting Merancang Rumah Mungil

Adanya ruang terbuka yang seimbang, ditambah ventilasi yang cukup, akan memberikan penerangan maksimal ke dalam ruang dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, ruang terbuka bisa didesain sebagai Taman Mungil pada interior maupun eksterior rumah. 

Gaya Rumah Mungil

Ada beberapa gaya rumah mungil yang bisa dijadikan inspirasi untuk membantu anda menentukan tipe yang sesuai dengan keinginan. 

1. Gaya Klasik

Mungkin gaya klasik adalah gaya rumah minimalis yang paling tua, karena sudah ada sejak zaman dahulu dan hingga sekarang masih banyak digandrungi. 

Gaya klasik Eropa dan gaya klasik Indonesia memiliki karakter bangunan yang hampir sama. Gaya klasik Eropa bercitra mewah, elegan dan anggun. Sedangkan gaya tradisional Indonesia bercitra kebangsawanan, wibawa dan berpengaruh. 

Baca : 30+ Desain Rumah Klasik Sederhana, Adem Dipandang

Rumah dengan sentuhan klasik memiliki nilai filosofi, sekaligus terkesan mewah untuk sekarang ini, karena materialnya tentu berkualitas di kelasnya. Rumah klasik, meski sekilas sederhana, tetapi memiliki nilai prestise tinggi dan berkelas.

Contoh desain rumah mungil gaya klasik :

desain rumah klasik

desain rumah klasik

desain rumah klasik

desain rumah klasik

desain rumah klasik

Kelebihan rumah gaya klasik :
  • Desainnya cocok diaplikasikan sepanjang zaman. 
  • Menciptakan desain rumah yang penuh kemewahan. 
  • Dibangun dengan nilai seni tinggi. 
  • Kombinasi warna klasik, furniture dan ornamen dekorasi mampu menciptakan suasana hangat. 
  • Tidak memiliki konsep aturan pakem dalam desainnya. 

2. Gaya Naturalis / Tropis

Biasanya rumah gaya naturalis banyak diminati bagi penghuni rumah yang menyukai suasana asri. Tidak hanya desain eksterior dan interior yang penuh aksen-aksen hijau, bagunan rumah juga didominasi bahan alami, seperti material kayu dan batu alam. 

Penampilan material alami ini diekspos untuk memasukkan unsur alam ke dalam dan sekitar rumah. Untuk lebih mempertajam kesan alami, warna yang dipilih untuk desain rumah gaya naturalis ini selaras dengan alam, seperti warna coklat, hijau daun dan merah bata. 

Baca : 55 Desain Dinding Batu Alam Untuk Hunian Modern dan Elegan

Desain rumah gaya naturalis biasanya memiliki komposisi taman dan ruang terbuka relatif besar, ditambah kolam yang mengandung unsur kesegaran. Perbandingan idealnya adalah 50% untuk bangunan dan 50% untuk area terbuka. Hal ini dilakukan agar seluruh karakter rumah selaras dengan alam. 

Contoh desain rumah mungil gaya naturalis :

desain rumah tropis

desain rumah tropis

desain rumah tropis

desain rumah tropis

desain rumah tropis


Kelebihan rumah gaya naturalis :
  • Minim penggunaan listrik karena pengkondisian udara menggunakan ventilasi dan pencahayaan alami secara maksimal. 
  • Dapat mengurangi banjir karena lapangnya area halaman sebagai penyerap air.
  • Area terbuka yang luas bisa menjadi tempat mendinginkan udara panas, sehingga temperatur ruangan lebih rendah. 

3. Gaya Modern / Minimalis

Rumah gaya modern atau Desain Rumah Minimalis tidak hanya ada di kota-kota besar, tetapi juga mulai masuk ke kota-kota kecil yang mulai berkembang. 

Bangunan minimalis yang sangat diminati sekarang ini memiliki ciri penggunaan garis - garis vertikal sederhana, variasi kotak dan penataan ruang yang praktis dan lapang. 

Baca : 60 Desain Idaman Rumah Modern Masa Kini

Untuk itulah Rumah Modern sangat disukai bagi pasangan baru ataupun eksekutif muda. Kini model rumah modern dan rumah minimalis bisa dibilang banyak hadir dimana-mana untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang jumlahnya semakin meningkat. 


Contoh desain rumah mungil gaya modern :

desain rumah modern

desain rumah modern

desain rumah modern

desain rumah modern

desain rumah modern

Kelebihan rumah gaya modern :
  • Menghemat lahan.
  • Desain interior sangat simple dengan kesan modern dan elegan. 
  • Rumah dibangun sesuai kebutuhan, sehingga sangat efisien dalam hal pembiayaan. 
  • Biasanya perabotan yang digunakan adalah perabotan modern yang canggih dan praktis. 
  • Tampilah modern dan mewah untuk ukuran rumah mungil. 

4. Gaya Kontemporer

Rumah gaya kontemporer cocok bagi anda yang suka dengan eksperimen dan hal-hal baru, karena penampilan desain rumah ini berbeda dengan bangunan lainnya.

Berbeda dengan gaya modern, kontemporer adalah gaya desain yang desain diproduksi masa sekarang (up to date). Kontemporer lebih dinamis, tidak terikat oleh suatu era. 

Baca : 95 Desain Ruang Makan Bertema Vintage Kontemporer

Rumah gaya kontemporer selalu terlihat lebih menonjol di lokasi atau dimanapun lingkungan rumah itu berada. Interior rumah kontemporer inipun biasanya ditata dengan penataan yang artistik. 

Contoh desain rumah mungil gaya kontemporer :

desain rumah kontemporer

desain rumah kontemporer

desain rumah kontemporer

desain rumah kontemporer

desain rumah kontemporer


Kelebihan rumah gaya kontemporer :
  • Sangat mudah dicampurkan dengan gaya yang lain, seperti modern kontemporer, klasik kontemporer, rustic kontemporer dan sebagainya. 
  • Bersifat dinamis dan secara konstan akan selalu berubah.
  • Menciptakan keselarasan antara bangunan dan lingkungan sekitar. 
  • Bangunan bergaya kontemporer mampu beradaptasi dalam lingkungan, bahkan keadaan lingkungan yang ekstrim. 

Gaya arsitektur rumah mungil sebaiknya ditentukan sendiri sesuai selera, karena berhubungan dengan citra dan kesesuaian anda dalam beraktivitas dan memanfaatkan setiap ruang di rumah mungil anda. 

Semoga artikel Dekorasi Natal Unik bermanfaat. Jika anda kesulitan untuk merancang desain, anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi mencari desain yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !