20 Ide Kolam Renang Minimalis, Penuh Gaya di Lahan Sempit

Memiliki lahan yang kecil, tidak banyak orang berfikir tentang kolam renang. Tetapi jika anda memiliki halaman belakang, anda memiliki dua pilihan, yaitu membuat landscape taman yang indah atau membuat kolam renang untuk mendinginkan diri.

Jika suka berenang, anda mungkin ingin memiliki sebuah kolam renang, tetapi hunian tanpa taman juga bagaikan sayur tanpa garam. Anda bisa memiliki keduanya jika mengubahnya menjadi kolam kecil. 

Kolam renang kecil adalah ide bagus jika anda memiliki ruang terbatas, tetapi ingin memiliki eksterior yang indah. Lagipula ada banyak ide kolam renang minimalis yang bisa membantu anda menghemat tempat. Keuntungan memiliki kolam renang kecil adalah ekonomis untuk dioperasikan, dapat dipanaskan lebih efektif dan lebih mudah dibersihkan. 

Membuat kolam renang minimalis di lahan kecil dan terbatas tergantung pada bentuk halaman anda. Biasanya, beberapa kolam renang berada di halaman depan tertutup, samping rumah maupun di dalam rumah. Anda bisa mempercantik kolam kecil di halaman belakang dengan menambahkan elemen lain seperti teras, dek, dapur semi terbuka yang menjadi bagian dari landscape. 

Kolam kecil untuk relaksasi seringkali disebut plunge pools. Namun kali ini bukan plunge pools yang akan dibahas, tetapi tenang kolam renang minimalis, dimana anda bisa melakukan olahraga dan relaksasi. Berikut beberapa ide desain kolam renang minimalis dengan berbagai ukuran dan gaya :

desain kolam renang minimalis
Kolam renang minimalis dengan balkon beton ini adalah gaya abad pertengahan. Halaman rumah ini terletak di antara dua ruang lain dan berupa kolam renang kecil yang menyegarkan untuk dipandang.

desain kolam renang minimalis

Memiliki halaman belakang yang hijau dengan kolam renang minimalis dapat menjadikan hari-hari di rumah lebih nyaman. Desain jalan setapak batu dibuat agar terkesan welcoming

desain kolam renang minimalis

Kolam renang outdoor berukuran kecil tampak lebih sempurna dengan menghadirkan fitur lampu area kolam. Desain yang minimalis dan simple tetap dapat membuat anda bersantai kapanpun yang anda mau. 

desain kolam renang minimalis

Kolam refleksi ini dirancang memanjang dengan keliling marmer. Taman Zen bergaya Jepang memungkinkan cahaya alami masuk ke area halaman. Desain ini membuat tampilan rumah anda lebih unik, modern dan tetap asri. 

desain kolam renang minimalis

Kolam renang minimalis berbahan gunite (mortar atau beton agregat kecil yang diaplikasikan dengan menggunakan proses basah atau kering) ini dilengkapi tangga yang bisa digunakan sebagai bangku dalam air. Fitur ini memudahkan anak-anak hingga orang dewasa untuk relaksasi. 

desain kolam renang minimalis

Hunian modern ini memilih pagar kayu untuk dinding belakang kolam renang. Area halaman tidak hanya digunakan untuk kolam, tetapi juga kursi berjemur dan area bersantai lengkap dengan meja kursi. Ruangan ini bisa digunakan untuk tempat makan yang lebih privat.

desain kolam renang minimalis

Desain kolam renang minimalis ini banyak diaplikasikan pada vila dan hotel yang mengusung tema alam. Meski berukuran kecil, tetap menawarkan pemandangan yang menakjubkan baik saat berenang ataupun berada di sekitar kolam. Jika anda memiliki hunian di atas bukit, pertimbangkan untuk membuat kolam untuk memaksimalkan kenyamanan rumah anda. 

desain kolam renang minimalis

Kolam renang persegi dengan air mancur kuno, diapit kursi santai yang elegan di kedua sisinya. Desain halaman belakang ini menekankan simetris dan kerapian jika dilihat dari teras atas. Beberapa kursi tamu yang disiapkan dengan tatanan formal, memberi jawaban bahwa anda bisa mengundang tamu untuk makan malam di halaman belakang. 

desain kolam renang minimalis

Kolam renang ini berada di halaman depan untuk menyambut tamu yang datang. Kolam ini diberi aksen batu koral persegi dan dihiasi lampu kolam biru yang dramatis di malam hari. Pemandangan seperti ini pasti akan memikat pemilik rumah maupun tamu saat berkunjung. 

desain kolam renang minimalis

Tertutup aman dengan pembatas kaca di halaman belakang, kolam renang ini menawarkan spa dan fitur air yang istimewa. Anda bisa olahraga atau sekedar relaksasi. Kolam minimalis ramah anak ini sangat cocok untuk hunian dengan halaman kecil.

desain kolam renang minimalis

Rumah ini lebih kepada memanfaatkan ruang yang ada untuk merenovasinya menjadi kolam renang mungil yang dilengkapi dinding air terjun. Dinding pembatas luar berupa taman sebagai pagar untuk menekankan alam terbuka. Dinding kaca paga ruang rengah memungkinkan siapapun dapat menikmati halaman belakang yang asri dari dalam. 

desain kolam renang minimalis

Desain unik seperti potongan puzzle ini dapat membuat hunian anda tampil beda dan penuh gaya. Meski bentuk kolam tidak beraturan di lahan sempit, tetapi masih berhasil menyisakan ruang untuk bersantai dengan lantai kayu sebagai pembatas. 

desain kolam renang minimalis

Kolam renang minimalis bentuk L ini tampak modern dengan tiga bagian. Satu bagian untuk relaksasi di bawah pancuran, satu bagian untuk olah raga dan satu bagian lagi untuk duduk-duduk berendam. Area berlantai kayu dengan fitur lampu dan hiasan guci, serta dinding kayu dan tempat bilas yang cantik, membuat tampilan kolam semakin privat dan elegan.

desain kolam renang minimalis

Area terbuka yang hangat dengan teras dan dek kayu, dikelilingi pagar hijau yang tidak terlalu tinggi akan membuat hunian terasa nyaman di tengah perkotaan. Area bersantai yang lengkap dengan meja dan kursi memungkinkan untuk sebuah dapur semi terbuka di halaman belakang. 

desain kolam renang minimalis

Kolam renang minimalis yang aman dari jangkauan anak-anak dengan dinding kaca, tetap akan menciptakan kesan luas di halaman yang sempit. Kolam renang juga terdapat dua area untuk relaksasi dan olahraga. Dinding pembatas bermotif agar tidak tampak monoton meski letaknya di sudut halaman. 

desain kolam renang minimalis

Bagi anda yang hobi berenang, kolam renang minimalis diatas sangat cocok untuk rumah anda. Tidak lebar, tetapi panjang, membuat anda bisa olahraga dengan leluasa. Meski sempit, masih ada area teras dan struktur taman di halaman belakang yang membuatnya sederhana dan sempurna. 

desain kolam renang minimalis

Tanpa batu koral, kolam renang kecil ini terkesan asri dengan struktur batu alam pada dinding kolam yang dihiasi pancuran. Dilengkapi tempat duduk santai modern, menjadikan halaman belakang anda tempat yang cocok untuk olahraga dan bersantai. 

desain kolam renang minimalis

Desain kolam renang ramping bentuk L ini bisa dibuat di halaman belakang maupun di samping rumah. Bentuk yang memanjang di sisi rumah bisa menjadi nilai plus jika menggunakan dinding kaca pada salah satu bangunan sekitarnya agar yang di dalam bisa menikmati eksterior rumah.

desain kolam renang minimalis

Kolam mungil dengan fitur air mancur, dek kayu dan dinding batu alam membuat kolam renang ini terasa alami. Dinding pembatas putih yang seirama dengan warna dinding rumah membuatnya tampak sederhana dalam gaya modern. Alih-alih tempat berjemur, desain diatas memilih gasebo kotak dengan tirai untuk tempat bercengkerama yang lebih privat bernuansa alam. 

desain kolam renang minimalis

Kolam renang kecil ramah anda dengan pembatas kaca ini memiliki dua area yang terpisah sesuai fungsinya. Adanya dua area kolam dan taman, anda bisa memilih kegiatan yang anda ingin lakukan, seperti olahraga, bersantai, atau berendam.

Meskipun akan membutuhkan bahan dan waktu lebih sedikit, anda juga harus memikirkan fitur lain untuk membuat kolam renang minimalis anda lebih cantik dan penuh gaya. Banyak kolam kecil memiliki fitur air yang membutuhkan material lain seperti batu dan ubin, atau anda juga ingin menambahkan lampu?. 

Jangan lupa untuk mengemas lebih banyak ruang hidup di area kolam renang anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan manfaat kolam renang sebagai tempat olahraga, penyegaran, relaksasi dengan fitur menarik di lahan sempit. Untuk itulah sebaiknya anda mempertimbangkan hal tersebut lebih dulu dengan ahlinya. Semoga artikel Kolam Renang Minimalis bermanfaat!