Rumah Kontainer, Solusi Hunian Mungil Impian Banyak Orang

Lahan yang semakin sempit membuat banyak orang menyiasati hunian dengan gaya minimalis. Namun, ternyata ada yang lebih unik lagi untuk membuat rumah mungil yang tak kalah cantik, yaitu rumah kontainer (shipping container). Waow, apakah kontainer benar-benar bisa menjadi sebuah rumah?.

Kontainer banyak dijumpai di pelabuhan dan digunakan untuk mengirim barang dari tempat satu ke tempat lainnya. Kini, kontainer tidak hanya sebagai pengiriman, tetapi juga dimanfaatkan sebagai bagian dari arsitektur di berbagai belahan dunia. Kualitas yang baik membuat kontainer pengiriman menjadi bahan bangunan yang ideal. Bahkan, tidak sedikit yang telah menggunakan kontainer sebagai hunian modern.

desain rumah kontainer
Bagaimana asal usul populernya rumah kontainer ini sebenarnya sudah ada sejak era 1950-an. Pada tahun 1950, Malcolm McLean mengembangkan kontainer pengiriman dan merevolusi industri transportasi. Selama perang Vietnam, kontainer ini digunakan untuk mengirim pasukan. Dari hal ini, kontainer kemudian sering digunakan sebagai tempat penampungan darurat karena dapat mudah dan cepat dalam penggunaannya untuk perlindungan dan keamanan. 

Kontainer pengiriman telah diintegrasikan dalam konstruksi bangunan komersial dan perumahan di Eropa dan Asia selama bertahun-tahun. Dari tempat penampungan darurat untuk tentara hingga perumahan untuk kota-kota padat penduduk, kontainer telah membantu memenuhi kebutuhan mendesak akan bangunan yang terjangkau dan berkelanjutan. Hm....menarik bukan?.

Arsitektur Kontainer

desain rumah kontainer
Mungkin terbayang kalau rumah kontainer adalah sebuah kontainer kotak yang diisi dengan furniture rumahan pada umumnya. Memang tidak salah, tetapi untuk masa modern sekarang ini, arsitektur kontainer adalah gaya arsitektur yang memanfaatkan kontainer untuk komponen struktural untuk membangun struktur modular yang berkelanjutan untuk bangunan komersial dan perumahan. 

Penggunaan kontainer sebagai material utama bangunan sudah sering digunakan dan diaplikasikan sebagai tempat tinggal, galeri, sekolah, hingga musium. Hal ini menunjukkan bahwa material kontainer dapat digunakan ulang sebagai bahan utama bangunan, sehingga dapat menekan biaya pembangunan. 

Mengubah kotak baja menjadi bangunan kekinian, membutuhkan lebih sedikit  waktu dan tenaga pekerja dibandingkan bangunan lainnya. Apalagi, meningkatnya keunggulan arsitektur kontainer dapat dikaitkan dengan semakin populernya estetika industri dalam arsitektur dan desain. Contohnya, ruang kantor yang dibuat daru bekas pabrik tua dapat memperoleh harga sewa lebih tinggi karena adanya balok kayu tua dan batu bata ekspos. 

Untuk kebutuhan arsitektur bangunan, kontainer tidak hanya terdiri dari satu ukuran saja. Kini sudah banyak pabrik yang menjual kontainer untuk kebutuhan desain. Ada kontainer dengan unik lebih kecil untuk cafe, kontainer lipat untuk pameran, dan beberapa model ukuran kontainer lain untuk kantor sementara, restoran, toko dan lain sebagainya. 

Rumah Kontainer

Rumah kontainer kini memang menjadi icon hunian modern yang unik, tampil beda dan tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Berikut beberapa contoh rumah kontainer yang bisa menjadi inspirasi anda. 

1. Rumah Kontainer Sederhana

Kontainer bisa dimodifikasi menjadi hunian dengan menambahkan beberapa fasilitas di dalamnya, seperti furniture, pintu, jendela, toilet dan sebagainya. Selain itu, bagian eksterior juga dapat dimodifikasi seperti rumah pada umumnya, seperti menambahkan teras, kanopi dan taman depan. Rumah kontainer sederhana ini cocok bagi anda yang menginginkan rumah minimalis yang simple untuk dua orang saja.

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

2. Rumah Kontainer Modern

Rumah kontainer kekinian ini dapat digabungkan dengan berbagai fungsi dalam bentuk yang berbeda. Rumah kontainer ini tentunya menggunakan konsep desain modern dan proses manufaktur modular yang sedang populer di dunia saat ini. Kontainer - kontainer tersebut dapat dimodifikasi menjadi rumah modern yang unik, keren dan high class.

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

3. Kontainer untuk Desain Halaman

Tidak hanya hunian utama, anda bisa memanfaatkan kontainer untuk melengkapi desain halaman belakang. Anda bisa memanfaatkan kontainer untuk tempat bersantai, gazebo, green house, tempat khusus dan lain sebagainya. 

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

4. Cafe Kontainer

Membuat area cafe yang unik dan menarik perhatian, bisa juga dengan memanfaatkan kontainer. Anda bisa memodifikasi kontainer menjadi cafe kekinian yang menarik untuk anak muda zaman nowDisamping untuk bisnis, anda bisa juga membuat cafe mini untuk pelengkap halaman belakang, alias dapur outdoor

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

5. Rumah Kontainer Komersial

Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, kontainer menjadi solusi di berbagai negara untuk mengatasi kepadatan kota. Di Amsterdam, perumahan kontainer dibangun untuk tempat tinggal siswa sekolah yang tidak mampu. Bahkan, meski masih jarang, kini sudah ada berbagai tempat sewa dan jual rumah kontainer di Indonesia yang bisa dipilih. 

Perumahan kontainer biasanya dirancang khusus dengan kontainer flatpack yang terdiri dari rangka baja dengan sistem panel dinding ringan, agar mudah diangkut dan dipindahkan. Bahan ini dapat bertahan selama bertahun-tahun, tahan angin dan air. Jika anda ingin memiliki bisnis kost, asrama dan sejenisnya, mungkin rumah kontainer bisa jadi pertimbangan. 

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

desain rumah kontainer

Kontainer Modular

Kontainer modular bisa menjadi solusi tepat jika anda ingin mencari cara mudah untuk membangun rumah. Apa itu rumah modular?. Rumah Modular adalah rumah yang dibangun di dalam ruangan dengan proses pembangunan yang tidak membutuhkan waktu lama, karena sudah ada modul dari pabrik. PEmbangunannya yang cepat didukung oleh teknologi pre-fabrikasi (prefab). Rancangan yang sudah jadi, kemudian diantarkan ke lokasi.

Unit modular ini tidak hanya dapat digunakan untuk tempat tinggal saja, tetapi juga kantor, asrama, toilet, dan segala jenis bangunan yang diperlukan di tempat konstruksi. 

Rumah kontainer memang masih jarang ditemui di Indonesia. Di Jakarta, tren kontainer sudah banyak ditemui dengan hadirnya beberapa restoran dengan konsep kontainer bekas. Tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan jika anda ingin memiliki rumah kontainer yang akan menjadi pusat perhatian nantinya. Semoga artikel Rumah Kontainer bermanfaat!.