20 Desain Cafe Kekinian, Mungil & Bikin Betah

Hampir semua orang, khususnya remaja yang membutuhkan tempat nongkrong untuk berkumpul bersama kerabat. Bahkan, orang-orang pergi ke cafe favorit setiap kali bosan berada di rumah, dan sebagian besar merencanakan dengan keluarga, pasangan atau sahabat.

Bisnis cafe'pun mulai banyak ditemui di sepanjang hingga sudut kota, yang salah satunya pasti menjadi favorit bagi beberapa orang. Dekorasi cafe yang tertata sederhana dengan suasana yang nyaman, pasti memberikan banyak keuntungan bagi pemilik sekaligus customer yang datang dan mereka akan kembali datang di hari-hari selanjutnya. 

Kebanyakan dari remaja yang suka nongkrong, biasanya mereka hanya mengutamakan suasana dan harga yang ekonomis. Namun, kini dengan adanya social media, banyak orang yang mencari cafe yang tidak hanya sederhana dan ekonomis, tetapi juga bisa menjadi latar cantik untuk kamera. Maka jangan heran ada banyak cafe sederhana dengan desain unik, atau mungkin dengan tema-tema tertentu untuk menarik pengunjung. 

Tidak perlu ruangan yang besar untuk mendapatkan cafe yang disukai banyak orang. Kadang, cafe kecil cenderung memiliki suasana yang lebih bersahabat, nyaman dan hal itu juga bagus untuk mendukung bisnis kecil. Berikut beberapa inspirasi desain cafe kecil dengan sentuhan modern untuk anda :

1. Cafe minimalis, terang dan lapang. 

desain cafe minimalis

Desain cafe minimalis diatas sudah cukup bagus jika anda ingin menunjukkan desain yang sederhana tetapi tidak mengurangi nilai estetika. Didominasi kayu, interior cafe ini bahkan tidak terlihat murahan atau ketinggalan jaman. 

Adanya lampu gantung unik dan beberapa hiasan di jendela membuatnya tampak bersahabat. Apalagi dinding kaca besar pasti membuat pengunjung betah menikmati waktu santai di dalam. 

2. Desain cafe sederhana, apa adanya.

desain cafe sederhana

Desain cafe mini diatas cukup simple tanpa mengubah warna kayu dan menggunakan lampu pijar biasa, menciptakan kesan sederhana. Ubin putih pada bar dengan lampu gantung di atasnya juga terkesan klasik. 
Bantalan sofa ditambahkan untuk kesan modern tanpa mengurangi gaya klasik yang menonjol. 

Alih-alih memasang hiasan dinding, lukisan pada dinding dapat menambah keunikan interior di dalamnya. Warna kayu yang hangat, lampu pijar, warna dinding abu-abu netral, membuat suasana nyaman di dalam.

3. Cafe kekinian idaman penuh warna.

desain cafe kekinian

Meski kecil, desain cafe kekinian diatas sangat menarik banyak pasang mata. perabot minimalis dengan ubin yang dibedakan sesuai area, membuat interior semakin menarik. Siapapun yang masuk, pasti sudah tahu bahwa didalam tersedia roti dengan adanya poster lukis di dinding. 

Jika anda ingin membuat cafe dengan menu khusus, anda bisa memasang poster di dinding. Dengan begitu, orang akan datang sesuai keinginan mereka, entah itu cafe khusus roti atau cemilan lainnya. Cafe memang dibuat untuk bersantai dengan makanan ringan, bukan!.

4. Desain cafe modern tema natural.

desain cafe modern

Siapa yang tidak ingin masuk ke cafe dengan kesejukan di dalamnya?. Desain cafe minimalis diatas bisa menjadi inspirasi jika anda ingin menciptakan cafe yang sejuk dan sedikit natural. Tentu desain menarik seperti itu bisa meningkatkan harga jual juga. 

Cafe cerah dengan jendela lebar, dinding batu alam, furniture kayu dan berbagai tanaman indoor sangat cocok untuk daerah perkotaan yang cenderung panas. Sebagian besar interiornya sudah membawa konsep minimalis. Ubin bar klasik menambah keramaian desain tersebut, membuatnya tampil elegan. 

5. Desain cafe kekinian 

desain cafe minimalis

Desain cafe minimalis di atas bermain dengan geometri untuk desain yang modern dan elegan. Mulai dari dinding, lampu, kursi bar dan tempat penyimpanan di atas didesain dengan sempurna. Area yang luas dan terbuka memberi kesan santai di dalam. Anda bisa duduk di dekat jendela ataupun di kursi bar untuk berbincang ringan. 

6. Cafe modern untuk suasana formal. 

desain cafe klasik

Tidak banyak yang suka dengan desain cafe minimalis seperti gambar diatas, karena desainnya yang lurus monoton seperti ruang rapat. Namun, jika anda ingin nuansa yang lebih formal, desain diatas juga masih layak. 

Kursi sofa yang besar memperkuat kesan bahwa cafe ini didesain untuk tamu satu-dua orang saja, bukan rombongan. Warna interior coklat gelap dan krem, menandakan bahwa cafe ini sangat berkelas. Kenapa tidak dicoba?

7. Cafe sederhana bagaikan di rumah. 

desain cafe mini

Cafe sederhana dengan desain klasik kadang menjadi tujuan banyak orang, karena kemungkinan harga ekonomis lebih besar. Meski kecil dan kalem, desain cafe tersebut sangat menyenangkan untuk dilihat, bukan!.

8. Desain cafe minimalis nuansa hangat.

desain cafe minimalis

Desain cafe kekinian dengan meja kursi vertikal tidak terlalu membosankan. Meski didominasi warna coklat dari furniture dan lampu pijar, tanaman-tanaman hijau justru dapat menyeimbangkan suasana dan memberi warna lain. Langit-langit kayu dengan aksen pipa besar di kanan kirinya membuat tampilan cafe ini sangat cantik, tampil beda dan elegan. 

9. Cafe minimalis gaya industrial.

desain cafe murah

Jangan menyepelekan kayu palet karena bisa digunakan untuk furniture cafe yang unik, seperti gambar di atas. Cafe sederhana ini memiliki titik fokus pada satu dinding utamanya yang membuat interior menjadi lebih unik dan terkesan bersahabat. 

Tembok tanpa aci yang dicat abu-abu dengan aksen pipa di atasnya membuat tampilan gaya industrial ini begitu sempurna, ditambah lampu gantung dengan aksen serupa. Meski tidak memiliki jendela kaca, desain cafe mini ini jelas akan membuat siapapun betah ada di dalam. 

10. Cafe kecil, namun sangat berkelas.

desain cafe kecil

Seperti dua gambar desain cafe minimalis sebelumnya, desain cafe yang lurus monoton tidak sepenuhnya membosankan dan mengurangi ruang privasi. Pada gambar diatas, beberapa meja dan kursi diberi pembatas yang dihiasi tanaman untuk membuat pengunjung lebih nyaman. 

Meski kecil, desain cafe diatas sangat elegan dengan membawa konsep modern ke dalamnya. Hiasan pada dinding batu alam yang terdapat tanaman didalamnya tentu dapat menyegarkan suasana. Desain atap modern yang dilengkapi lampu juga membuat suasana cafe semakin elegan dan berkelas. 

11. Cafe sederhana untuk nongkrong ringan.

desain cafe murah

Anda bisa menyenangkan pengunjung dengan membuat dua area yang bisa mereka pilih, yaitu di dalam atau di luar. Anda tidak perlu berfikir banyak hal untuk cafe kecil. Anda hanya perlu menyediakan beberapa meja dan kursi di luar ruangan. Kadang beberapa pengunjung memang menyukai udara luar untuk menikmati secangkir kopi hangat. 

12. Desain cafe outdoor untuk suasana lebih bebas. 

desain cafe outdoor

Dari pada di dalam ruangan, banyak orang menyukai desain cafe outdoor. Hal itu akan memberi mereka rasa bebas dan santai yang berakhir dengan rasa nyaman. Anda bisa membuat cafe semi outdoor yang menawarkan tempat nongkrong pilihan untuk remaja jaman now. Kadang keterbukaan akan membuat mereka membawa banyak orang yang pasti menguntungkan anda. 

13. Desain cafe klasik bagi yang ingin romantis. 

desain cafe klasik

Desain cafe klasik memang tidak sebeken desain kekinian, tetapi hal itu cukup romantis bagi sebagian orang. Dibanding cafe kekinian, desain klasik ini jarang ada, karena membuat interior gaya klasik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Namun, meski kecil, tidak ada salahnya jika anda ingin desain cafe klasik. Hal itu bisa menjadi nilai jual, sekaligus mengundang banyak kalangan untuk datang, mulai dari remaja, dewasa hingga orang tua yang menyukai nuansa jadul di masa modern ini.  

14. Cafe outdoor, pilihan untuk menikmati malam. 

desain cafe outdoor

Desain cafe outdoor seperti gambar diatas biasanya banyak ditemukan di sepanjang jalan yang ramai, seperti tempat wisata, taman kota dan sebagainya. Itupun sebenarnya bukan seperti cafe pada umumnya, tetapi karena dilengkapi dengan beberapa meja kursi di area terbuka, maka jadilah cafe outdoor sederhana. 

Pada beberapa tempat, cafe kontainer seperti diatas biasanya dilengkapi dengan beberapa perabot yang disesuaikan dengan lokasi. Meja kursi pada gambar diatas bisa saja berbeda dengan meja kursi yang mereka sediakan untuk wisata pantai. 

15. Cafe sederhana budget ekonomis. 

desain cafe outdoor

Jika anda tidak memiliki bangunan besar, tetapi memiliki teras yang luas, pertimbangkan untuk membuat desain cafe outdoor untuk menghemat biaya pembangunan. Cafe outdoor ini sangat simple, karena anda bebas memilih apapun temanya, tidak perlu terlalu fokus pada bangunan utama. Kadang, cafe outdoor kerap dipilih untuk memulai bisnis cafe baru dengan biaya ekonomis.  

16. Cafe kecil, favorit penyuka kesederhanaan. 

desain cafe murah

Sederhana. Satu kata yang tepat untuk desain cafe minimalis di atas. Desain furniture dan akses yang sederhana membuatnya cocok untuk menjaring pengunjung remaja.

17. Cafe ala minimarket, kenapa tidak?

desain cafe minimalis

Kebebasan pengunjung tidak hanya bisa didapatkan di cafe outdoor. Cafe yang menyajikan cemilan yang bisa diambil sendiri oleh pengunjung dapat  meringankan pekerjaan anda. Biasanya pengunjung tidak suka menunggu pesanan dalam waktu lama dan jika mereka dapat mengambilnya sendiri, mereka akan merasa seperti berada di rumah, santai dan nyaman. 

18. Desain cafe sederhana dengan area lapang. 

desain cafe minimalis

Desain cafe mini di atas memadukan gaya modern dan aksen tradisional. Furniture yang modern, dan aksen anyaman bambu pada kanopi bar, menciptakan desain yang unik. Meski bisa menambah beberapa meja kursi lagi, cafe tersebut memilih memberi space untuk kenyamanan pengunjung. Cafe dengan meja yang nyaris tanpa jarak, pasti tidak nyaman untuk sebagian besar orang. 

19. Cafe kekinian dengan desain unik. 

desain cafe minimalis

Desain cafe sederhana ini memainkan geometri untuk interiornya dengan garis-garis indah di atap dan di meja bar. Meski dari kayu yang terkesan sederhana, model dan dekorasi yang ditampilkan justru luar biasa. adanya dinding kaca besar akan membuat ruangan cerah, bersih dan tampak elegan. 

20. Desain cafe minimalis dua lantai. 

desain cafe kekinian

Jika memiliki lahan kecil, anda bisa membuat desain cafe minimalis dua lantai. Meski hanya sebagian area kecil saja yang ada di lantai atas. Meski begitu, jangan lupakan desain pada lantai atas, karena membuat nyaman di bawah plafon itu tidak mudah, apalagi saat siang. 

Pastikan untuk melengkapi area lantai dua dengan pendingin ruangan (kipas, AC), kecuali lantai dua ada di roof top. Menambahkan tanaman hias juga tidak ada salahnya untuk menyegarkan suasana di lantai satu maupun lantai dua. 

Tips Desain Cafe Minimalis :

  1. Minimalkan semua aspek : Cafe minimalis, interiornya juga harus minimalis. Jadi jangan masukkan banyak barang seolah anda mendesain cafe besar. Gunakan perabot minimalis dan manfaatkan ruang sebaik-baiknya. 
  2. Gunakan papan nama : Meski kecil, anda tetap harus memasang papan nama untuk cafe anda, asalkan anda tetap menggunakan papan nama minimalis juga. Tidak perlu papan yang besar, pikirkan saja seolah - olah anda membuat miniatur cafe. Sangat unik, mungil dan mengesankan. 
  3. Daftar menu minimalis : Dari pada menyerahkan lembaran menu ke para pengunjung yang banyak, sebaiknya anda pasang daftar menu pada dinding kosong. Selain sebagai hiasan, hal itu sangat berguna. Gunakan papan menu minimalis, dengan format sederhana. Anda bisa menulisnya di papan tulis atau menggunakan stiker dasar. 
  4. Jendela multifungsi : Jika ingin membuat desain cafe outdoor atau semi outdoor, pikirkan untuk memposisikan barista atau kasir di samping jendela untuk memudahkan pelanggan memesan dari luar. Dengan begitu, anda dan pelanggan tidak akan repot - repot keluar masuk dan nantinya bisa mengganggu aktivitas atau pengunjung lain. 
  5. Interior yang cerah : Mengaplikasikan warna cerah pada interior adalah cara umum yang dilakukan untuk membuat desain cafe kecil terasa lebih besar. Jika tidak ingin tema putih, setidaknya sediakan beberapa area putih. 
  6. Manfaatkan kaca : Hal ini juga banyak digunakan agar ruangan kecil tampak lebih luas, terlebih jika cafe anda tidak memiliki jendela lebar. Anda bisa memasang cermin pada dinding yang memberi perasaan melihat keluar jendela. 
  7. Fokus pada detail : Fokuslah dengan apa yang cafe kecil anda sediakan untuk memberi kesan pada pelanggan. Contohnya jika anda menjual kopi, maka tonjolkan menu kopi tersebut dengan kopi-kopi nusantara misalnya. Jika teh, tonjolkan menu teh tersebut. Anda harus membuat cafe anda menonjol sebelum melangkah lebih dalam. 

Masih banyak desain cafe kekinian yang bisa menjadi inspirasi anda. Desain diatas hanyalah beberapa contoh secara umum dari banyaknya desain cafe yang ada, dimana rata-rata mengambil konsep yang tidak jauh beda. Semoga artikel desain cafe mungil bermanfaat!.