10 Tips Desain Cafe Kecil, Simple & Diminati Pengunjung

Beberapa tahun terakhir ini, semakin banyak cafe-cafe yang bersebaran dimana-mana. Entah itu di kota besar, maupun kota kecil, cafe pasti ada untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang sarat akan nongkrong ataupun berbincang santai dengan kerabat.

Tren cafe mulai digandrungi banyak orang dan menjadi bisnis yang cukup populer. Apalagi, tidak semua anak muda jaman sekarang akan datang menyasar cafe-cafe besar yang mewah. Hal ini tentu membuka peluang baru bagi bisnis cafe kecil-kecilan yang cenderung memiliki nuansa yang lebih santai dan bersahabat. 

Jika anda ingin memulai bisnis cafe minimalis yang bisa mengundang banyak orang terutama menyasar kaum milenial, ada beberapa hal yang banyak digunakan di interior cafe kecil, yang bakal memicu minat pengunjung untuk datang ke cafe. 

Berikut beberapa tips desain interior cafe minimalis untuk membuatnya lebih sempurna :

1. Pilih konsep desain yang menarik.

desain cafe minimalis

Langkah pertama untuk mendesain cafe kecil adalah memilih estetika yang akan menarik bagi pelanggan yang anda targetkan. Anda ingin tampilan cafe kuno?, modern?, retro?, fancy?, ramah anak?, atau yang lain?. Konsep desain cafe anda akan sangat bergantung pada target anda. 

Sekelompok muda mudi tentu akan memiliki selera dan harapan yang berbeda dengan kelompok ibu-ibu, bapak-bapak maupun pensiunan. Jika targetnya anak muda, anda bisa membuat cafe tema industrial, retro atau modern. Contohnya, jika mengambil konsep modern, maka daun jendela bukan pilihan terbaik, anda harus mengganti model jendela yang modern juga. 

Setelah menentukan target, anda bisa mengonsep desain cafe hingga nama cafe tersebut. Seperti apa model cafe yang anda inginkan, apakah anda memiliki tempat duduk di luar atau hanya didalam?. Pastikan konsistensi di seluruh aspek penting bisnis anda tersebut. 

Jangan lupa bahwa jaman sekarang sarat akan media sosial. Setiap sudut dan apapun yang ada di cafe anda bisa menjadi sarana promosi. Jadi dekorasilah cafe seunik dan semenarik mungkin, dimana orang-orang akan terkesan. Sekali mereka berfoto, mungkin cafe anda mendapatkan satu promosi gratis.

2. Gunakan papan nama yang menarik perhatian. 

desain cafe kecil

Menarik pelanggan cukup sulit untuk cafe baru. Memilih nama, desain eksterior dan papan nama yang mencerminkan produk dan staff, bisa menjadi tugas yang berat, tetapi itu kunci untuk membangun identitas merk yang kuat.

Banyak cafe yang cenderung memasang papan nama besar di atas teras bangunan atau di tepi jalan untuk membuatnya mencolok dan mudah dilihat orang. Namun, tidak semua orang akan langsung tertarik dengan papan nama yang besar. Orang-orang biasanya melihat bagaimana menariknya desain cafe tersebut.

Jika baru merilis cafe kecil baru, memang tidak mudah mendapatkan popularitas secepat kilat, dimana orang akan datang dan kembali. Untuk itu anda harus membuat kesan unik dari cafe kecil tersebut. Gunakan papan nama cafe minimalis, dengan tulisan kecil berbingkai besar. Hal itu membuat eksterior cafe anda terlihat elegan, tak terlalu berlebihan.

3. Jangan masukkan banyak barang. 

desain cafe sederhana

Memiliki area cafe kecil, anda harus menerapkan konsep minimalis dan itu adalah konsep umum yang harus diterapkan dalam segala aspek desain. Interior cafe kecil pastinya juga kecil. Jadi anda tidak bisa memasukkan banyak barang seolah-olah ingin mendesain cafe besar. Anda harus bisa memanfaatkan ruang sebaik-baiknya.

Jika ingin memajang hiasan atau dekorasi, pilih yang berukuran kecil dan tempatkan pada area-area kosong, agar tidak mengurangi area customer. Anda bisa memajang hiasan pada area dinding. Namun pastikan juga hiasan yang digunakan juga tidak besar. Pajanglah lukisan dan pernak - pernik lain yang tidak memakan banyak tempat. 

4. Terapkan konsep minimalis pada interior.

desain cafe kekinian

Barang - barang berukuran besar dan mahal tidak selalu membuat cafe kecil anda tampak mewah. Anda bisa menerapkan konsep minimalis pada semua interior. Mulai furniture minimalis, meliputi meja, kursi, meja bar, rak dinding dan sebagainya. Pastikan anda menggunakan meja kursi yang nyaman untuk pelanggan. Jangan lupa juga untuk dekorasi lain yang ada di dalam, seperti lampu gantung dan perangkat lainnya.

Anda bisa memasang papan menu minimalis di dinding. Buat papan menu dengan desain unik dalam format sederhana. Anda bisa membuatnya dari papan tulis atau stiker. Pastikan huruf rapi, bersih dan terbaca dengan baik. 

Untuk menghindari lonjakan pengunjung, yang mungkin ingin nongkrong atau sebagian ingin memesan saja, anda bisa mengakalinya dengan menempatkan area kasir di dekat jendela yang terhubung dengan jalan keluar. Dengan kata lain, anda juga menyediakan sistem drive thru. Dengan begitu anda dapat melayani pembeli dengan mudah, begitu juga sebaliknya. 

5. Warna interior cerah.

desain cafe murah

Desain cafe minimalis cenderung berwarna cerah agar terlihat lapang. Hal ini tetap tergantung apa tema cafe kecil anda. Namun, dalam desain cafe kecil manapun, satu hal yang dilakukan adalah bagaimana membuatnya terasa lebih besar dari sebenarnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan warna-warna putih.

Jika putih bukan tema cafe anda, setidaknya buat beberapa area berwarna putih, karena warna hitam atau gelap akan membuat interior tampak kecil. Jaga beberapa ruang putih untuk cafe minimalis anda, meski itu hanya ada pada salah satu dinding saja. 

6. Dekorasi dengan elemen yang tepat.

desain cafe kekinian

Selain furniture minimalis, jangan lupa juga menggunakan elemen yang tepat dalam pencahayaan dan desain lantai interior. Mungkin agak sulit menemukan desain yang tepat. Anda bisa mendekorasi interior dengan campuran gaya abad pertengahan dan modern. 

Desain cafe minimalis bisa tampil mewah meski tampilannya sederhana. Pada siang hari, cahaya sejuk adalah pilihan yang tepat. Gunakan beberapa pengaturan cahaya alami untuk membuat tempat itu nyaman, seperti menggunakan jendela lebar dan furniture berwarna terang. Jangan lupa menambahkan tanaman hias agar ruangan terasa segar. 

7. Gunakan kaca. 

desain cafe kopi sederhana

Selain putih, kaca adalah aksesoris yang bisa membuat ruang sempit tampak lapang. Trik ini banyak digunakan di banyak interior cafe kecil pada umumnya. Anda bisa menempatkan satu cermin besar di salah satu dinding yang memberi perasaaan memandang keluar jendela karena pantulannya.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan kaca untuk dinding cafe minimalis anda. Anda bisa memasang dinding kaca seluruhnya atau hanya sebagian, yang penting ada dinding kaca lebar disana. Hal ini terbukti sangat menarik pengunjung, apalagi jika desain interior cafe anda sangat unik dan terkesan nyaman. Siapapun yang melihatnya dari luar pasti akan berminat masuk. 

Dinding kaca juga akan membuat interior cafe terasa luas, dan menarik perhatian dari luar. Setelah itu, anda bisa menambahkan beberapa meja dan kursi di luar untuk menambah suasana kekinian yang nyaman dengan cafe outdoor.

8.  Tonjolkan menu tertentu. 

cafe kecil

Cafe kecil anda harus memiliki ciri khas. Untuk memulai bisnis dengan cafe kecil, salah satu cara membuatnya dikenal orang adalah menu khas untuk memberi kesan pada pelanggan anda. Misalnya anda ingin membuat cafe es krim, cafe kopi, kue, atau cafe makanan ringan tertentu dengan varian rasa, dan sebagainya. Hal ini juga harus diperhitungkan. 

Buat bagaimana orang akan menjatuhkan pilihan ke cafe anda. Jika anda sudah memutuskan fokus menu cafe anda, maka tonjolkan menu tersebut. Contohnya jika anda membuat cafe kopi, anda bisa menyajikan berbagai kopi nusantara dari sabang hingga merauke. Gunakan hanya satu pintu masuk saja, dan nanti perlahan, anda bisa menambahkan menu lain sebagai variasi.

Untuk menu tambahan ini nantinya, pastikan jangan menyimpang jauh dari konsep cafe anda. Jika anda membuat cafe dengan sasaran nongkrong anak muda, menu selain kopi adalah makanan ringan, bukannya makanan berat yang bakal mengenyangkan perut. Yang paling penting, buat menu utama anda menonjol lebih dulu agar dikenal orang. 

9. Sediakan fasilitas internet. 

cafe minimalis

Siapa yang tidak butuh internet di jaman sekarang?. Internet inilah yang akan mengundang pelanggan ke cafe anda, yaitu dengan menyediakan fasilitas wifi gratis. Adanya internet akan menarik target baru, yaitu orang-orang yang sekedar singgah untuk mengejar jam kerja sambil ngopi, apalagi jaman sekarang banyak masyarakat yang bekerja secara online. 

Selain tempat untuk modem dan router, anda juga perlu memiliki banyak stop kontak. Semakin lama baterai pelanggan bertahan, semakin lama pula mereka akan ada di cafe anda dan kenyamanan yang ada disana akan membuatnya kembali di hari-hari mendatang. 

10. Pelayanan yang ramah dan berkualitas.  

desain cafe minimalis

Orang-orang akan betah bersama orang yang ramah dan kualitas menu yang disajikan. Itu adalah faktor kunci dari cafe kecil dan cafe-cafe lain. Tidak peduli seberapa bagus interior cafe minimalis, jika orang-orangnya tidak baik dan menunya tidak enak, maka pengunjung tidak akan kembali ke sana. 

Di kota-kota besar, banyak juga anak muda yang suka pergi ke cafe kecil yang biasa-biasa saja, tetapi menunya enak dan orang-orangnya sangat bersahabat, daripada sebaliknya. Jadi, jangan hanya mengandalkan desain saja, utamakan juga pelayanan dan menu dengan kualitas terbaik. 

Itu adalah beberapa tips desain cafe minimalis yang bisa dijadikan acuan untuk membangun bisnis cafe pertama anda. Bisnis cafe memang menjadi salah satu bisnis yang paling dicari, sehingga membuka cafe berpotensi menjadi usaha yang sangat baik. Membuka cafe di kota kecil, ataupun membuka cafe kecil merupakan tantangan tersendiri, tetapi banyak juga kesamaannya. 

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk berani bersaing dengan cafe-cafe modern yang besar, tetapi dimana cafe itu membuat pengunjung nyaman dan betah, anda tentu harus melakukan yang terbaik, dimana sudah dituliskan diatas. Semoga artikel tips desain cafe minimalis bermanfaat!.