10 Cara Jitu Mendesain Taman Mungil Super Ekonomis

Banyak orang yang mendambakan taman cantik pada huniannya, entah taman di halaman, taman indoor maupun taman belakang. Selain bermanfaat untuk menyegarkan hunian, adanya taman akan membuat tampilah rumah semakin asri dan cantik dipandang.

Mendesain taman minimalis pada hunian tentu tidak mudah, juga tidak murah. Desain taman tidak sesimple yang dibayangkan. Anda harus memilirkan bagaimana tata letaknya, material apa saja yang dibutuhkan, tanaman hias apa yang akan ditanam, aksesoris apa yang ingin ditambahkan, dan sebagainya. Jika anda memiliki taman minimalis, mungkin tidak terlalu repot memikirkan banyak hal. 

Namun, jika memiliki area taman cukup luas, jangan sia-siakan kesempatan mendapatkan desain taman cantik tanpa keluar budget banyak. Ada banyak cara  desain taman yang cantik dan efisien Satu yang pasti, anda memang harus menggunakan material yang tergolong ekonomis. 

Tips Desain Taman yang Ekonomis :

1. Gunakan bambu untuk membuatnya natural

desain taman minimalis
Bambu merupakan salah satu tanaman yang cukup bermanfaat untuk desain taman. Selain sebagai tanaman hias, bambu juga bisa dimanfaatkan untuk pagar hidup. Alih-alih ingin pagar besi tempa dengan model beragam, anda bisa memanfaatkan tanaman bambu hias. Atau anda bisa menggunakan bambu muda untuk menutup bagian pagar yang sudah jelek dan tak enak dipandang.

Anda bisa memilih desain pagar bambu pada dinding, atau menanamnya sebagai pagar hidup taman. Bambu yang berdiri sendiri merupakan pilihan terjangkau untuk membuat taman anda tetap asri, sejuk dan ekonomis. Selain mengunakan pagar bambu terbuka, anda juga bisa menggunakan bambu anyam.  Baca : 30 Kreasi Pagar Bambu untuk Ciptakan Nuansa Asri dan Privat

Pagar bambu anyam banyak digunakan pada cuaca tropis untuk batas halaman belakang. Saat dibawah sinar matahari dan hujan, kayunya akan mengembang dan menyusut, yang akan menyebabkan sebagian besar pagar terbelah dalam jangka panjang. Namun, karena panel yang lebih tipis dan sudah dianyam seperti keranjang, pagar ini masih akan bertahan. 

2. Permak pagar kayu yang sudah usang

desain taman minimalis
Jika sudah menggunakan pagar kayu tetapi sudah usang, tidak perlu menggantinya dengan pagar kayu yang baru. Yang anda butuhkan hanyalah lapiran pernis untuk membuatnya tampak baru. Apalagi, anda bisa mengkombinasikan dengan tanaman bambu untuk dekorasi yang lebih natural. 

3. Manfaatkan barang-barang bekas

desain taman minimalis
Tidak perlu membeli ornamen untuk menghias taman minimalis anda. Anda bisa menggunakan barang bekas untuk berkreasi, seperti ban bekas, ember, sepatu bekas dan sebagainya untuk menjadi ornamen unik di taman. Barang bekas tersebut bisa dimanfaatkan untuk pot tanaman unik, kolam buatan, dan sebagainya. 

Jika anda menginginkan tempat duduk untuk menikmati taman, anda bisa membuatnya sendrri dari barang bekas daripada membeli furniture baru. Manfaatkan kayu palet untuk dudukan, atau mengubah tunggul pohon menjadi tempat nongkrong yang sempurna dengan memasang bantalan di atasnya. Jangan lupa selalu membuat dudukan untuk menikmati taman sesekali. 

4. Buat vertical garden 

desain taman minimalis
Jika anda suka berkebun dan tidak memiliki banyak ruang, buatlah taman vertikal. Taman vertikal merupakan teknik menanam dengan menggunakan ruang vertikal. Taman vertikal banyak diaplikasikan pada desain taman kecil dan anggaran terbatas. Baca : 50 Kreasi Unik Pot Tanaman Hias di Taman.

Taman vertikal akan semakin murah jika anda menggunakan barang bekas sebagai medianya, seperti botol plastik bekas atau kaleng bekas yang sudah umum digunakan. Anda bisa membuat taman vertikal dengan pot gantung menempel pada dinding atau menggantungnya pada pagar. 

5. Tanam tanaman yang berguna

desain taman minimalis
Pangkas biaya belanjaan anda dengan menanam sayuan dan rempah di rumah. Anda akan memiliki persediaan sayuran sendiri yang akan menghemat uang dalam jangka panjang juga. Tanaman herbal dapat mengusir serangga dan jangan lupa untuk menanamnya di taman belakang. 

Membuat taman yang ekonomis berarti menghindari tanaman hias bernilai mahal, bukan?. Anda dapat dengan mudah mengubah halaman belakang menjadi ruang yang indah dan fungsional dengan penempatan yang tepat. Tanaman cabai menjadi pilihan nomer satu, karena kemudahan tumbuh, warna dan varietasnya. 

6. Tanam pohon

desain taman minimalis
Menanam pohon adalah satu cara paling mudah dan murah untuk landscape taman, apalagi pohon yang  terencana dengan baik di halaman dapat menghemat uang dalam jangka panjang. Menanam pohon dapat membuat anda lebih nyaman di masa depan, sekaligus menghemat energi. Kelak, anda hanya perlu menambahkan beberapa dudukan di bawah pohon untuk menikmati hari-hari senggang. 

7. Gunakan pencahayaan yang terjangkau

desain taman minimalis
Ingin suasana romantis yang ekonomis?, gunakan lampu LED tali kelap kelip. Memang banyak model lampu taman cantik yang akan meningkatkan desain taman modern anda, tetapi itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, apalagi anda pasti tidak hanya membutuhkan satu lampu taman modern. Jadi kenapa tidak menggunakan lampu tali LED saja?.

Cahaya lampu tali LED yang lembut dapat mengubah taman atau teras manapun menjadi tempat nongkrong yang nyaman dan menyenangkan. Hal itu nantinya juga akan bermanfaat untuk hari-hari perayaan yang ada di rumah anda. Untuk tampilan lebih modern, anda juga bisa menggunakan untaian lampu globe bening. Meski sedikit lebih mahal, lampu globe biasanya lebih tahan lama dan bohlamnya mudah diganti. 

8. Tambahkan beberapa warna

desain taman minimalis
Warna akan membuat taman atau halaman belakang lebih menonjol. Anda bisa menciptakan tampilan yang lebih kontemporer. Untuk menghemat lebih banyak lagi, gunakan kembali sisa cat yang masih ada daripada membeli cat baru. Jangan lupa mengecat kembali pagar yang sudah tua dan berikan latar belakang  yang mencolok untuk tanaman hijau dan tanaman berwarna. 

Anda bisa menggunakan latar belakang warna hitam. Kedalaman warna ini memberi keajaiban pada desain taman anda, karena warna hitam dapat membuat pemandangan taman menjadi titik fokus yang cantik. Tambahkan pula beberapa warna dalam bentuk bunga atau daun pada dek, patio, pintu masuk, rak atau pot tanaman. 

9. Buat jalan setapak

desain taman minimalis
Banyak material jalan setapak yang bisa dipilih, tetapi kerikil adalah material paling terjangkau daripada paving yang bisa anda gunakan. Untuk taman minimalis, jalan setapak mungkin hanya sebagai formalitas atau desain mini dari taman yang sesungguhnya. Asalkan taman anda tampak cantik dan sempurna, kenapa tidak?. Baca : 7 Pilihan Material Jalan Setapak untuk Percantik Taman. 

Anda dapat memikih kerikil warna pucat agar kontras dengan rumput dan tanaman. Buat jalan setapak sesuai ukuran taman dan bentuk sesuai selera - lurus atau berkelok. Sebelum memberi kerikil, kikis tanah atau rumput sekitar 2,5 cm, kemudian sebar kerikil di atasnya. 

10. Pertahankan tampilan sederhana

desain taman minimalis
Taman impian tidak harus mahal. Tidak perlu menambahkan barang - barang mahal ke dalam desain taman yang akan membuatnya tidak sepadan. Berkreasilah dengan hal yang sederhana dari barang daur ulang, karena hal itu akan membuat taman anda natural, unik dan menyenangkan. 

Pamerkan taman sempurna anda dengan pagar kayu sederhana layaknya di pedesaan, dengan sentuhan warna warni yang cantik. Jangan lupa untuk selalu merawat tanaman anda agar tetap subur dan rapi. 

Mendesain taman ekonomis terbaik adalah dengan menggunakan kembali atau mendaur ulang barang bila memungkinkan. Jika ingin membeli, belilah barang bekas yang masih baik untuk digunakan. Anda dapat menghemat banyak uang untuk menciptakan taman yang cantik dan berkesan. Yang anda butuhkan hanyalan waktu dan kreatifitas saja. Semoga artikel Tips Mendesain Taman yang Ekonomis bermanfaat!.