30 Kreasi Pagar Bambu Unik untuk Nuansa Asri dan Privat

Pagar bambu dulunya menjadi material yang cukup penting dalam desain dan dekorasi rumah. Bambu bagus digunakan sebagai pagar rumah, sekaligus layar privasi di taman. Bambu bisa juga digunakan sebagai penutup langit-langit rumah atau dinding.

Layar bambu dapat mengubah taman, teras atau balkon minimalis anda menjadi tempat yang nyaman dan eksotis. Umumnya, pagar bambu tersedia dalam gulungan atau panel. Gulungan tersebut paling cocok untuk menutupi dinding, pagar kayu atau panel mesh yang ada.

Layar bambu paling baik digunakan sebagai partisi untuk menciptakan lebih banyak privasi di antara dua taman. Ada banyak kreasi bambu yang bisa diaplikasikan di halaman anda, sebagai pembatas rumah, taman maupun tempat privasi di area rumah anda.
 

Pagar Bambu Unik


pagar bambu
Taman ini menggunakan gulungan bambu hitam, Pagar sedikit tembus pandang dan bisa ditempatkan di setiap sudut taman yang anda inginkan. Menambahkan tanaman di depannya membuat suasana semakin asri dan menyejukkan untuk dipandang.

pagar bambu

Kreasi pagar bambu unik ini terlihat cukup rumit, karena mengkombinasikan beberapa jenis bambu dan masih harus disusun lebih beragam. Tak hanya itu, ukuran bambu juga bisa didesain berbeda untuk menambah kesan unik. Tetap mempertahankan warna alami, membuat tampilan tampak sederhana, natural, unik dan elegan. Baca : 40 Ide Desain Pagar Bambu Unik Sederhana


pagar bambu

Bambu yang bersentuhan dengan tanah akan cepat membusuk dengan cepat. Sehingga, menambahkan bingkai kayu adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan daya tahan bambu. Gambar diatas adalah contoh pagar berbingkai oranye yang disesuaikan dengan warna alami.

pagar bambu

Layar bambu hitam yang tidak dicat membuat warna alaminya beragam. Ada yang lebih terang dan ada yang lebih gelap. Ini memberikan nuansa natural di taman, teras maupun balkon. Jangan lupa hindari bagian bawah bambu kontak langsung dengan tanah, karena bambu akan menyerap kelembaban dan mudah busuk.
 
pagar dari bambu

Model pagar bambu tidak selalu berbentuk panel atau gulungan tetap. Dengan batang bambu individu, anda dapat membuat partisi. Namun, lapisi dengan cat aspal jika berencana menyusunnya dengan menggali tanah. Selain untuk memperindah taman, desain ini bisa diaplikasikan sebagai sekat untuk membatasi area privat di taman.

pagar dari bambu

Memodifikasi pagar dengan taman vertikal adalah ide menarik selanjutnya. Menjadi pembatas area halaman belakang, pagar yang berfungsi sebagai tanaman hias akan membuat nuansa lebih asri. Apalagi, ada kolam renang yang siap menyegarkan suasana.

pagar dari bambu

Jika tembok kurang tinggi dan anda butuh ruang privat, gunakan bambu untuk menambah sisanya. Hunian akan menjadi rumah tropis yang nyaman untuk anda dan keluarga. Desain semi modern ini bahkan tidak tampak biasa tapi justru istimewa.

pagar dari bambu

Panel pagar bambu hitam di Indonesia ini sangat bagus untuk membuat layar privasi yang kuat dan mengesankan di taman. Warna coklat gelap yang alami akan menciptakan kesan elegan. Bahkan anda bisa mengaplikasikan bambu ini pada hunian tradisional maupun modern.

pagar dari bambu

Tak hanya sebagai pagar, anda bisa membuat pintu taman berbahan bambu. Bambu memang multifungsi dan anda bisa menggabungkan semuanya. Pagar yang sederhana diselingi taman vertikal, serta pintu masuk taman yang sederhana, justru membuat desain taman semakin sempurna.

pagar dari bambu

Mengaplikasikan bambu hitam dengan ukuran yang cukup besar tidak akan menghilangkan kesan elegan pada rumah anda. Hal itu bisa terjadi asalkan anda bisa menyesuaikan ukuran bambu dan desain taman. Untuk taman lapang, anda bisa gunakan bambu berukuran besar agar taman tampak penuh, begitupun sebaliknya.

pagar dari bambu

Desain pagar bambu simple ini terlihat tradisional, karena umumnya diaplikasikan dengan fungsi untuk menghalau binatang yang mungkin melintas. Meski begitu, bentuknya didesain estetik karena dapat mempercantik taman. Bambu ini cukup kuat, tetapi untuk desain eksterior, anda bisa menggunakannya untuk menambah estetika rumah.

pagar dari bambu

Jika biasanya pagar dari bambu cenderung vertikal, menerapkannya dalam posisi horizontal juga tidak kalah indah. Justru akan lebih mempermudah pandangan anda karena letaknya mendatar. Anda juga akan semakin mudah menaruh tanaman gantung untuk hiasan.

pagar dari bambu

Mengaplikasikan pagar bambu yang diatur agak longgar menambah kesan alami dengan desain yang sedikit terbuka. Pagar ini tidak hanya memiliki fungsi utama sebagai pelindung, tetapi sebagai penghias taman dan bisa juga digunakan sebagai sekat.

pagar bambu unik

Bambu hitam yang dibiarkan dengan warna natural, ditambah bingkai berwarna hitam akan membuat hunian tampak modern dan elegan.
 
pagar bambu unik

Desain pagar bambu unik dapat dimodifikasi dengan dinding tembok agar lebih mewah. Hal ini tentunya harus direncanakan di awal ketika pembuatan. Bambu juga dapat diaplikasikan dengan material lain untuk ciri khas hunian modern masa kini.

pagar bambu unik

Tatanan horizontal sederhana bisa menjadi pagar rumah yang tetap cantik meski diaplikasikan pada area sempit. Masuknya cahaya pada celah dapat menutup kesan sempit pada hunian.
 
pagar bambu unik

Hunian tidak rata?, pagar bambu juga bisa tampil cantik disusun bertingkat mengikuti posisi rumah. Disusun di atas pondasi beton, dapat melindungi bambu dari aliran air hujan, sehingga membuatnya lebih awet.

pagar bambu unik

Menyusun bambu setengah tinggi di taman belakang memberikan kesan yang privat untuk taman anda. Apalagi jika tanaman hias di taman lebih tinggi, pasti menawarkan keterbukaan untuk menarik tamu yang datang. Taman seperti gambar diatas biasanya banyak ditemui di Jepang. Jika ingin mengaplikasikan di rumah, pastikan tidak menanam tanaman pohon yang bakal tumbuh tinggi di dekat pagar.
pagar bambu unik

Tampilan pagar bambu simple ini sesuai untuk rumah sederhana. Tanpa bingkai. dengan warna natural dan hanya saling dikaitkan dengan kawat tipis, membuat hunian tetap sederhana. Namun, pastikan untuk memotong rapi pada bagian atas.

pagar bambu unik

Jika sebelumnya selalu dibiarkan dengan warna natural, pagar bambu minimalis ini tampil dengan naturalisasi keadaan sekelilingnya yang hijau. Warna hijau mungkin masih selaras jika diaplikasikan di taman belakang, sebagai penambah kesan natural.

pagar bambu unik

Model pagar bambu hitam ini disusun dengan rapi tanpa bingkai - bingkai kayu seperti model di awal. Hanya di bingkai pada bagian atas dan bawah, membuat tampilan taman anda terlihat lapang.

pagar bambu unik

Meski tampak privat dengan jajaran bambu yang rekat, pagar ini masih terbuka di bagian bawah untuk ventilasi yang lebih luas. Pada beberapa bagiannya diberi engsel agar bisa dibuka dan ditutup sebagai pintu.
pagar bambu unik

Bambu kecil disusun berderet dan diperkuat dengan bambu melintang memberikan tampilan yang baik untuk halaman belakang yang luas. Membuat bentangan pagar bambu yang panjang sebaiknya menggunakan bambu-bambu berukuran kecil seperti diatas. Selanjutnya gunakan ukuran yang lebih besar untuk bagian melintang.

pagar bambu simple

Susunan bambu tampak berantakan, menyerupai rumpun bambu hidup. Agar lebih alami bambu ini diaplikasikan langsung ke tanah dan diberi pengait kawat agar kokoh. Namun, pagar bambu yang langsung diaplikasikan ke tanah tidak akan bertahan lama. Anda bisa membungkusnya dengan plastik sebelum ditanam ke tanah sebagai perlindungan sementara.

pagar bambu simple

Bambu anyam banyak digunakan pada rumah tradisional. Pagar ini bisa dibentuk dari anyaman potongan bambu atau bambu utuh berukuran kecil. Anda bisa memilih desain anyaman sesuai selera. Baca : 45 Desain Rumah Bambu Sederhana Semi Modern.

pagar bambu simple

Bambu-bambu kecil ini ditata sedemikian rapi memanjang dan dikuatkan dengan kayu horizontal, cocok untuk halaman luas sebagai pembatas. Bedanya, pada bagian atas tidak ditutup bingkai tetapi dibiarkan tampak seperti serabut dan dipotong rapi untuk mempertahankan keasliannya.

pagar bambu simple

Desain ini sangat tradisional, menggunakan bambu hitam kecil. Pagar dikuatkan di bagian atas dan bawah, tetapi bagian atasnya dibiarkan memanjang tidak rapi. Semua tergantung selera anda, mau dirapikan atau dibiarkan natural.

pagar bambu simple

Ini adalah model pagar sederhana yang cocok untuk rumah tropis. Mempertahankan warna bambu, tanpa bingkai, tidak terlalu tinggi dan menyusunnya sesuai bentuk lahan, membuat hunian anda tampak asri dan modern.

pagar bambu simple

Diletakkan di bagian depan rumah, desain pagar bambu ini tidak dibuat tinggi untuk tetap menunjukkan kesan welcoming. Warnanya sengaja disesuaikan dengan warna cat rumah, dan sebagian dicat hijau acak untuk menyesuaikan dengan nuansa hijau di sekitarnya. Pada bagian pucuk, pondasi bambu dibiarkan memanjang, bisa dimanfaatkan untuk menggantung Tanaman Hias atau bingkai pagar.

pagar bambu simple

Pagar ini terdiri dari gulungan pagar dengan tiang yang dibuat selaras dengan warna. Layar bambu hitam ini dimanfaatkan sebagai sekat sebagian sisi taman agar lebih bervariasi. Sedangkan sisi yang lain, bisa menggunakan pagar kayu dengan model sesuai selera.

Itu ada beberapa model pagar bambu minimalis yang bisa menjadi pilihan anda dalam memilih desain pagar. Sebelum memilih model dan jenis pagar, sesuaikan dengan gaya hunian anda, entah itu hunian tradisional, modern atau mewah. Beberapa model pagar bambu diatas ada beberapa yang memang cocok untuk rumah tradisional, begitu juga sebaliknya dengan rumah modern.

Anda juga harus memilih pagar sesuai fungsi, ingin digunakan sebagai pagar atau sekat. Dari situ anda bisa menentukan ingin menggunakan gulungan bambu atau menyusunnya sendiri satu persatu. Semoga artikel Model Pagar Bambu bermanfaat!

Related Posts