30 Kreasi Pagar Bambu untuk Ciptakan Nuansa Asri dan Privat

Model pagar bambu. Pagar bambu dulunya menjadi material yang cukup penting dalam desain dan dekorasi rumah. Bambu bagus digunakan sebagai pagar rumah, sekaligus layar privasi di taman. 

Bambu bisa juga digunakan sebagai penutup langit-langit rumah atau dinding. Layar bambu dapat mengubah taman, teras atau balkon anda menjadi tempat yang nyaman dan eksotis. 

Umumnya, pagar bambu tersedia dalam gulungan atau panel. Gulungan pagar bambu paling cocok untuk menutupi dinding, pagar kayu atau panel mesh yang ada. Layar bambu paling baik digunakan sebagai partisi pagar untuk menciptakan lebih banyak privasi di antara dua  taman. 

Ada banyak model pagar bambu dengan berbagai kreasi yang bisa diaplikasikan di halaman anda, sebagai pembatas rumah, pembatas taman maupun tempat privasi di area rumah anda.

desain pagar bambu

Taman ini menggunakan gulungan pagar bambu hitam, yang dulunya merupakan pagar rantai biasa. Pagar bambu ini sedikit tembus pandang dan bisa ditempatkan di setiap sudut taman yang anda inginkan. 

desain pagar bambu

Kreasi pagar bambu ini terlihat cukup rumit, karena mengkombinasikan beberapa jenis bambu dan masih harus disusun lebih beragam lagi. Tak hanya itu, ukuran bambu juga bisa didesain berbeda untuk menambah kesan unik. 

Baca : 40 Ide Desain Pagar Bambu Unik Sederhana

Tetap mempertahankan warna alami bambu, membuat tampilan hunian tampak sederhana, natural, unik dan modern.  

desian pagar bambu

Bambu yang bersentuhan dengan tanah akan cepat membusuk dengan cepat. Sehingga, menambahkan bingkai kayu adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan daya tahan bambu. Gambar diatas adalah contoh model pagar bambu dengan bingkai orange untuk menyesuaikan dengan warna alami. 


desain pagar bambu

Layar bambu hitam yang tidak dicat membuat warna alaminya beragam, ada yang lebih terang maupun yang lebih gelap. Ini memberikan nuansa natural di taman, teras maupun balkon. 

Jangan lupa untuk menghindari bagian bawah bambu kontak langsung dengan tanah, karena bambu akan menyerap kelembaban dan mudah busuk. 


desain pagar bambu

Desain pagar bambu tidak selalu berbentuk panel atau gulungan tetap. Dengan batang bambu individu, anda dapat membuat partisi, tetapi lapisi dengan cat aspal jika berencana menyusunnya dengan menggali tanah. 



Selain untuk taman, model pagar bambu juga bisa diaplikasikan sebagai sekat untuk membatasi area privat di taman. 


desain pagar bambu

Cantik sebagai pagar, pagar bambu juga bisa dimodifikasi dengan taman vertikal, biasanya adalah Tanaman Hias rambat. Jika diaplikasikan di taman belakang, bisa menjadi pagar bambu pembatas sekaligus menciptakan suasana yang lebih asri. 


desain pagar bambu

Pagar bambu bisa menjadi penyempurna pagar belakang rumah anda untuk suasana yang lebih privat. Pagar bambu bisa diaplikasikan sebagai penambah pagar tembok yang sudah ada, atau yang menurut anda masih kurang tinggi. 


desain pagar bambu

Panel pagar bambu hitam di Indonesia ini sangat bagus untuk membuat layar privasi yang kuat dan mengesankan di taman. Warna alami nya juga akan menciptakan kesan elegan. 

desain pagar bambu

Tak hanya sebagai pagar rumah, bambu juga menjadi model pagar yang cantik untuk Desain Pintu Taman. Pagar bambu yang dimodifikasi dalam pintu taman ini juga cukup kuat dan natural. 


desain  pagar bambu

Jika sebelumnya ukuran bambu untuk pagar menggunakan bambu kecil, maka mengaplikasikan bambu hitam dengan ukuran yang cukup besar juga tidak akan menghilangkan kesan natural dan elegan pada rumah anda. Anda bias mengaturnya sesuai bentuk taman anda. 


desain pagar bambu

Desain pagar bambu ini terlihat tradisional, karena umumnya diaplikasikan dengan fungsi untuk menghalau binatang yang mungkin akan melintas. Pagar ini cocok diaplikasikan pada hunian yang memiliki pekarangan luas dan di daerah pedesaan. 


desain pagar bambu

Jika biasanya desain pagar bambu cenderung vertikal, menerapkannya dalam posisi horizontal juga tak kalah indah. Dengan desain horizontal, semakin mudah menaruh Tanaman Gantung untuk hiasan. Dibalut desain bingkai yang lebih menarik, akan membuat halaman semakin cantik. 


desain pagar bambu

Mengaplikasikan model pagar bambu yang diatur agak longgar menambah kesan alami dengan desain yang sedikit terbuka. Pagar bambu ini tidak hanya memiliki fungsi utama sebagai pelindung, tetapi sebagai penghias taman dan bisa juga digunakan sebagai sekat. 


desain pagar bambu

Model pagar bambu hitam yang dibiarkan dengan warna natural, ditambah bingkai berwarna hitam akan membuat hunian tampak modern dan elegan. 


desain pagar bambu

Pada hunian modern ini, desain pagar bambu dapat dimodifikasi dengan dinding tembok, dan tentunya harus direncanakan di awal ketika pembuatan. Pagar bambu yang diaplikasikan dengan material lain adalah ciri khas hunian modern masa kini. 


desain pagar bambu

Model pagar bambu horizontal bisa juga menjadi pagar rumah yang tetap cantik meski diaplikasikan pada area yang sempit. Lubang diantara pagar bambu justru tidak akan memberikan kesan sempit. 

desain pagar bambu

Hunian tidak rata?, pagar bambu juga bisa tampil cantik disusun bertingkat mengikuti posisi rumah. Disusun di atas pondasi beton, dapat melindungi bambu dari aliran air hujan, sehingga membuatnya lebih awet. 


desain pagar bambu

Menyusun bambu setengah tinggi di taman belakang memberikan kesan yang privat untuk taman anda, apalagi jika Tanaman Hias di taman lebih tinggi dari pagar, masih menawarkan keterbukaan untuk menarik tamu yang datang. 

Baca : Daftar Tanaman Hias Pilihan untuk Taman Depan Rumah

Taman dengan model pagar bambu horizontal berkolom biasanya banyak ditemui di Jepang. Jika ingin mengaplikasikan di rumah, pastikan tidak menanam tanaman pohon yang bakal tumbuh tinggi di dekat pagar. 

desain pagar bambu

Tampilan sederhana pagar bambu ini sesuai untuk rumah sederhana juga. Tanpa bingkai. dengan warna natural dan hanya saling dikaitkan dengan kawat tipis, membuat hunian tetap sederhana. Namun, pastikan untuk memotong rapi bagian atas pagar. 

desain pagar bambu

Jika sebelumnya selalu dibiarkan dengan warna natural, model pagar bambu ini tampil dengan naturalisasi keadaan sekelilingnya yang hijau. Warna hijau mungkin masih selaras jika diaplikasikan di Taman Belakang, sebagai penambah kesan natural. 


desain pagar bambu

Model pagar bambu hitam ini disusun dengan rapi tanpa bingkai - bingkai kayu seperti model di awal. Hanya di bingkai pada bagian atas dan bawah, membuat tampilan taman anda terlihat lapang. 


desain pagar bambu

Meski tampak privat dengan jajaran bambu yang rekat, model pagar bambu ini masih terbuka di bagian bawah untuk ventilasi yang lebih luas. Desain pagar bambu seperti ini bisa juga digunakan sebagai sekat di taman untuk area yang lebih privat.


desain pagar bambu

Bambu kecil dan disusun berderet dan diperkuat dengan bambu melintang memberikan tampilan yang baik untuk Halaman Belakang anda yang luas. 

Sebaiknya membuat bentangan pagar bambu yang panjang memang menggunakan bambu-bambu berukuran kecil seperti diatas. Jika menggunakan bambu besar, taman akan terlihat sempit. 


desain pagar bambu

Desain unik dari pagar  bambu diatas memang kreatif, yaitu membiarkan susunan bambu tampak berantakan, menyerupai rumpun bambu hidup. Untuk lebih alami bambu ini diaplikasikan langsung ke tanah dan diberi pengait kawat agar kokoh. 

Namun, pagar bambu yang langsung diaplikasikan ke tanah tidak akan bertahan lama. Anda bisa membungkusnya dengan plastik sebelum ditanam ke tanah sebagai perlindungan sementara. 


desain pagar bambu

Pagar bambu anyam banyak digunakan pada Rumah Tradisional. Pagar ini bisa dibentuk dari anyaman potongan bambu atau bambu utuh berukuran kecil yang dianyam. Anda bisa memilih desain anyaman sesuai selera. 


desain pagar bambu

Seperti model pagar bambu yang sudah ada di atas, bambu-bambu kecil ini ditata sedemikian rapi memanjang dan dikuatkan dengan kayu horizontal, cocok untuk halaman yang luas. 

Bedanya, pada bagian atas tidak ditutup oleh bingkai tetapi dibiarkan tampak seperti serabut dan dipotong rata dan rapi untuk mempertahankan keasliannya. 


desain pagar bambu

Desain pagar bambu satu ini sangat tradisional, menggunakan bambu hitam kecil. Pagar bambu ini dikuatkan di bagian atas dan bawah, tetapi bagian atasnya dibiarkan memanjang tidak rapi. Sebagian menganggapnya sebagai sepi, tetapi tergantung selera anda, mau dirapikan atau dibiarkan natural. 


desain pagar bambu

Model pagar bambu hitam satu ini tampak sangat modern. Mempertahankan warna bambu, tanpa bingkai, tidak terlalu tinggi dan menyusunnya sesuai bentuk lahan, membuat hunian anda tampak asri dan modern. 


desain pagar bambu

Diletakkan di bagian depan rumah, desain pagar bambu ini tidak dibuat tinggi untuk tetap menunjukkan kesan welcoming. Warnanya sengaja disesuaikan dengan warna cat rumah, dan sebagian dicat hijau acak untuk menyesuaikan dengan nuansa hijau di sekitarnya. 

Pada bagian pucuk, pondasi bambu dibiarkan memanjang, bisa dimanfaatkan untuk menggantung Tanaman Hias atau bingkai pagar. 


desain pagar bambu

Pagar ini terdiri dari gulungan pagar dengan tiang yang dibuat selaras dengan warna. Layar bambu hitam ini dimanfaatkan sebagai sekat sebagian sisi taman agar lebih bervariasi. Sedangkan sisi yang lain, bisa menggunakan pagar kayu dengan model sesuai selera. 

Itu ada beberapa model pagar bambu kekinian yang bisa menjadi pilihan anda dalam memilih desain pagar. Sebelum memilih model pagar, sesuaikan dengan gaya hunian anda, entah itu hunian tradisional, modern atau mewah. 

Beberapa model pagar bambu diatas ada beberapa yang memang cocok untuk rumah tradisional, begitu juga sebaliknya dengan rumah modern. Anda juga harus memilih pagar bambu sesuai fungsi, ingin digunakan sebagai pagar atau sekat. 

Dari situ anda bisa menentukan ingin menggunakan gulungan bambu atau menyusunnya sendiri satu persatu. Semoga artikel Model Pagar Bambu bermanfaat!