10 Model Tangga Besi Minimalis untuk Interior Rumah Modern

Tangga besi minimalis merupakan elemen penting dalam desain interior modern yang mengkombinasikan keindahan estetika dan fungsionalitas. Desain tangga yang bersih dengan garis sederhana, modelnya mampu menciptakan ruang terbuka dan memberikan sentuhan elegan. Keunggulan materila besi juga menjadikan struktur yang kokoh dan aman digunakan sehari-hari.

Tak hanya interior, tangga besi juga banyak digunakan dalam desain eksterior karena kekuatan dan daya tahan yang dimilikinya. Besi memberikan struktur yang kokoh dan stabil, sehingga sering digunakan untuk rumah tinggal hingga bangunan komersial. Desainnya pun bervariasi mulai yang sederhana hingga kompleks, tergantung selera dan gaya hunian.

Konsep Desain


Tangga Besi Minimalis

Tren Terbaru


Tren terbaru dalam desain tangga besi minimalis adalah integrasi elemen-elemen transparan, seperti kaca atau akrilik, untuk memberikan kesan ringan dan elegan. Gabungan dengan material kayu kerap digunakan untuk hunian moder masa kini untuk menciptakan kehangatan. Desain yang clean dan sederhana juga menjadi favorit, dengan fokus pada garis-garis minimalis tapi tetap kuat dan stabil.

Penggunaan teknologi terkini dalam produksi tangga, seperti pemotongan laser dan pengelasan presisi, memungkinkan pembuatan tangga dengan detail-detail halus yang istimewa. Tangga dengan detail yang estetik biasanya dijumpai pada hunian klasik dan rumah mewah, menjadikannya pilihan yang sempurna.

Warna & Model


Warna tangga besi minimalis didominasi warna hitam, sedangkan warna lain bisa mengikuti pelengkapnya seperti cokelat kayu. Warnanya memberikan tampilan elegan dan mudah dipadukan dengan berbagai kondisi ruangan. Tren kekinian ada yang menggunakan warna pop seperti biru navy, hijau zamrud, hingga warna metalik untuk menambah sentuhan modern dan berani.

Salah satu model yang populer adalah tangga lurus dan tangga putar yang cocok untuk ruang terbatas. Selain itu ada model tangga bentuk L atau U yang menawarkan lebih banyak fleksibilitas. Dengan beragamnya model, Anda bisa memiliki banyak pilihan sesuai gaya rumah dan kebutuhan ruang.

Berapa Biaya Membuat Tangga Besi Minimalis?


Biaya pembuatan tangga besi di Indonesia bervariasi tergantung ukuran tangga, desain, material, lokasi dan biaya tenaga kerja. Umumnya, rentang harga untuk pembuatan tangga besi bisa mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung kompleksitas dan spesifikasi proyek.

Biaya tersebut mencakup biaya material, tenaga kerja, serta biaya tambahan seperti instalasi dan finishing. Untuk lebih jelasnya, penting untuk berkonsultasi dengan kontraktor berpengalaman untuk mendapat perkiraan biaya yang lebih akurat sesuai budget dan selera.

Tangga Besi Minimalis


1. Tangga Besi Rumah Modern


tangga rumah

Untuk interior modern, pilihan tangga dengan rangka besi hitam dan papan kayu bisa jadi pilihan menarik. Desain bentuk L yang ditempatkan strategis memanfaatkan ruang dengan efisien dan model rampingnya tidak membuat ruang terasa penuh. Kombinasi kekuatan dan kehangatan alami dapat menambahkan sentuhan estetika sempurna dalam interior rumah modern.


2. Model Tangga Rumah Mewah


model tangga

Tangga besi dengan detail cantik pada anak tangga menghadirkan sentuhan estetika yang unik. Detail klasiknya memberikan nuansa artistik menciptakan kesan elegan dan mewah. Sehingga tak hanya menjadi alat untuk naik-turun saja, tetapi juga menjadi titik fokus yang mempercantik ruangan.
 

3. Tangga Besi Minimalis Sederhana


tangga besi minimalis

Berbeda dari sebelumnya, anak tangga gambar diatas rata dan tertutup, sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna. Detail yang berada di sisi anak tangga memberikan sentuhan estetika sederhana tanpa mengganggu kenyamanan. Desain ini cocok bagi Anda yang ingin tangga menarik tapi tetap praktis dan nyaman dgunakan.
 

4. Tangga Rumah Model Lurus


railing tangga

Tangga besi model lurus menampilkan desain sederhaa dan fungsional yang cocok untuk ruang terbatas. Dengan garis lurus yang bersih tanpa banyak detail, tangga ini memberikan kesan minimalis yang elegan. Tidak hanya memberikan akses yang mudah, tetapi juga sentuhan modern yang tidak berlebihan yang cocok untuk rumah minimalis.

5. Tangga Rumah Minimalis Bentuk Y


tangga rumah mewah

Tangga rumah bentuk Y kebanyakan dibuat dari beton dan digunakan untuk ruangan luas, khususnya pada rumah mewah. Tampilan yang menonjol dengan pegangan warna keemasan memberikan sentuhan mewah dan eksklusif yang kontras dengan kesederhanaan tangga tersebut. Dalam membuat pencabangannya, struktur tangga harus kuat, sehingga perlu dipertimbangkan matang-matang dengan tukang profesional.
 

6. Tangga Besi Unik dan Modern


ukuran tangga rumah

Desain tangga besi minimalis ini tampak unik dan modern karena besi penopang ada di sisi anak tangga, tidak menopang bagian bawah seperti gambar pertama (point 1). Railing tangga kaca membuat tampilannya semakin mewah dan aman, tanpa membuat ruang terasa penuh. Dengan konfigurasi ini, tangga memberikan kesan terbuka dan ringan sambil tetap mempertahankan kekuatan dan kestabilan yang diperlukan.
 

7. Model Tangga Putar Minimalis


ruang keluarga

Tangga putar sangat populer digunakan untuk ruang atau area kecil. Tampilan minimalis dan modern dengan model putarnya menambah sentuhan dinamis yang menarik dalam interior. Modelnya juga cocok untuk berbagai gaya desain rumah, mulai industrial hingga modern.
 

8. Model Railing Tangga Estetik


motif railing tangga

Model railing tangga besi hollow ini sangat unik, memberikan kesempurnaan dalam kesederhanaan. Dengan struktur sederhana, railingnya justruk memberikan sentuhan artistik yang memperkaya estetika ruangan. Railing tangga tidak hanya memberikan fungsi perlindungan, tetapi juga menjadi eeman dekoratif yang mencolok dengan gaya berani dan kontemporer.
 

9. Model Tangga Bolak Balik yang Praktis


tangga minimalis

Tangga sederhana dengan desain yang bolak-balik menampilkan gaya minimalis elegan dan fungsional. Struktur tangga ini lurus nampu efisien dengan pegangan besi yang memberi kestabilan dan keamanan saat digunakan. Desain tangga ini cocok untuk berbagai ruang eksterior dari yang klasik hingga modern, memberi sentuhan stylish dan praktis.
 

10. Model Railing Tangga Besi Hollow


railing besi hollow

Tangga lurus dengan railing besi hollow menampilkan pendekatan sederhana tapi efektif dalam desain interior. Railing besi memberikan struktur kokoh dan ringan, serta memberikan sentuhan modern menarik. Kombinasinya menciptakan tangga yang kuat dan aman, sambil tetap memberikan tampilan menawan.

Do & Dont


Do :

 
  1. Pastikan tangga memiliki pegangan yang kokoh dan stabil.
  2. Gunakan material berkualitas tinggi dan ketebalan memadai untuk tangga besi minimalis agar tetap kuat dan tahan lama.
  3. Hindari penambahan dekorasi yang berlebihan yang dapat mengganggu tampilan minimalis yang diinginkan.
  4. Pastikan tangga memiliki finishing yang tahan lama dan mudah dibersihkan.
  5. Sesuaikan desain tangga dengan gaya dan tema desain interior ruangan. Pilih warna dan bentuk yang sesuai dengan estetika keseluruhan ruang.

Don't :

 
  1. Jangan abaikan peraturan dan standar keselamatan dalam pembuatan tangga.
  2. Hindari penggunaan material tangga yang kurang berkualitas atau ketebalannya tidak memadai.
  3. Jangan gunakan desain tangga rumah yang terlalu rumit atau berlebihan.
  4. Hindari desain tangga yang bertentangan dengan estetika keseluruhan ruang agar tercipta kesan yang harmonis dan seimbang.

FAQ


Apa saja model atau bentuk tangga?
Model tangga bisa beragam, termasuk tangga lurus, tangga spiral, atau tangga L.

Apakah tangga besi mudah dirawat?
Sangat mudah dirawat. Cukup bersihkan secara teratur dengan kain lembab dan hindari paparan air berlebihan.

Apakah material minimalis cocok untuk ruangan outdoor?
Ya, material besi seperti tangga juga cocok untuk ruangan outdoor, tapi pastikan lapisan finishingnya tahan terhadap cuaca dan korosi.

Apakah tangga besi minimalis dapat menahan beban berat?
Tangga dapat dirancang untuk menahan beban menggunakan material dan struktur yang sesuai kebutuhan. Pastikan mempertimbangkan bobot dan penggunaan tangga saat merancangnya.

Berapa tinggi railing tangga?
Tinggi railing tangga biasanya berkisar antara 90 - 110 cm sesuai dengan standar keselamatan.


Related Posts