35 Desain Railing Tangga, Inspirasi Cantik Rumah Idaman

Pernahkah anda bingung mencari ide untuk desain pagar tangga interior rumah?. Desain pagar atau railing tangga memang jarang menjadi prioritas, tetapi jika anda memasukkan railing tangga di dalam desain interior, pasti tidak akan memberi hasil sia-sia untuk tampilan hunian yang lebih cantik dan modern. 

Railing tangga adalah fitur keselamatan yang dirancang untuk membuat anda tetap aman saat menavigasi seluruh lantai di rumah. Kini railing tangga bukan hanya fitur keamanan saja, tetapi juga dapat menghadirkan kesan gaya pada suatu ruang. Apapun dekorasi anda, entah itu kontemporer, tradisional atau modern, pasti ada kombinasi railing tangga yang cocok untuk setiap gaya hunian anda. 

Desain Railing Tangga Minimalis

Memilih railing tangga yang tepat untuk ruangan adalah keputusan utama yang nantinya dapat mempengaruhi nuansa rumah anda. Ada banyak meterial pilihan railing tangga yang bisa anda pilih untuk dipertimbangkan. Berikut contoh desain railing tangga minimalis yang bisa menjadi inspirasi :

railing tangga minimalis
Tangga apung cottage putih modern dengan railing tangga modern tampak sederhana dan minimalis dipadukan dengan dinding putih dan ubin yang memiliki warna selaras. Dengan kursi modern dan lukisan dinding, membuat tampilan area ini tidak monoton. 

railing tangga minimalis

Di ruang tamu atau ruang keluarga yang lapang, pagar linier putih melapisi tangga sekaligus sebagai pembatas antar tingkat. Railing tangga minimalis sangat tipis dan hampir menyatu dengan warna cerah pada ruangan, sehingga perabotan dan dekorasi interior tampak lebih jelas, membuat konsep minimalis yang cantik. 

railing tangga minimalis

Jika suka dengan dekorasi pantai, railing tangga di atas sangat tepat untuk anda. Dengan tali, tampilan tangga dapat diubah menjadi lebih modern dan enak dipandang. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari gaya ini gabungkan elemen tali dengan nada warna segar dan cerah seperti biru laut atau putih. 

railing tangga minimalis

Railing tangga minimalis pada desain diatas seperti batu bata yang terbuat dari kerajinan kayu, membuat ruangan kontemporer menjadi lebih unik dan mewah. Railing bisa dicat dengan warna yang diinginkan atau membiarkannya berwarna natural. 

railing tangga minimalis

Kombinasi logam dan kaca bisa menjadi pilihan menarik. Logam memberi tempat yang tegas, sedangkan kaca membuatnya terlihat transparan, bersih dan cantik untuk interior rumah minimalis yang sempurna.   

railing tangga minimalis

Pola geometris pada ide railing tangga minimalis dapat menciptakan harmoni dan keseimbangan. Agar tidak monoton, ditambahkan beberapa tanaman atau beberapa bingkai foto geometris di dinding. Ini membuat kesan visual luar biasa yang pasti disukai banyak orang. 

railing tangga minimalis

Meski tampak seperti tidak ada railing, sebenarnya ada kaca yang menjadi railing tangga yang membuat area terlihat fantastis dan ekstra elegan. Untuk menghindari kecelakaan, pinggiran kaca dibuat menjadi bulat dan hal itu wajib dilakukan. 

railing tangga minimalis

Dalam desain interior kontemporer ini, tangga putih pahatan menambah kontur mewah dan nuansa organik ke ruangan berwarna netral. Struktur tangga yang tertutup warna putih berkilau dengan pagar hitam minimalis yang mengikuti lekuk tangga dari lantai ke lantai dan lantai kayu natural menjadikan desain interior tampak sederhana tetapi elegan. 

railing tangga minimalis

Pegangan tangan sederhana dan dinding bilah kayu dari lantai ke langit-langit memungkinkan udara dan cahaya melewatinya. Kesan hangat pada kayu dipadukan dengan sofa orange atau palet hitam dan putih krem yang menempatkan fokus pada furniture pahatan dengan kurva yang kontras dengan garis linier tangga. 

railing tangga minimalis

Lantai atas menciptakan ruang keluarga dengan lampu langit-langit. Dinding dan tangga baja melengkung bertema maritim diamankan dengan jaring sebagai railing tangga agar berkesan terbuka. Untuk desain ini, pastikan berhati-hati dan sebaiknya konsultasi dengan ahli bangunan profesional sebelum menggunakan bahan non-konvensional untuk membuat railing tangga.

railing tangga minimalis

Mural (cara melukis pada media dinding) modern hitam dan pitih modern kontras dengan tangga dan pagar kayu alami dengan garis-garis berukir layaknya rumah era 1890'an.

railing tangga minimalis

Tangga dibungkus dengan kayu walnut yang digunakan juga pada fitur dinding. Tiang tembaga dari lantai ke langit-langit digunakan sebagai pegangan yang tidak terduga.

railing tangga minimalis

Desain tangga baja ini menciptakan daya tarik visual dan lekukan yang indah. Railing tangga yang kokoh dan aman ini cocok untuk rumah gaya industri.

railing tangga minimalis

Dinding putih bersih mengimbangi lantai kayu gelap dan rel tangga. Cermin emas dan beberapa bunga segar diaplikasikan untuk menyambut siapapun yang melewati area tangga. 

railing tangga minimalis

Rumah ini memiliki serambi dua lantai megah yang menawarkan lantai kayu hitam di dinding warna netral untuk membuatnya dramatis. Pagar besi tempa berornamen ini cocok dengan gaya rumah Italia. 

railing tangga minimalis

Lantai marmer dan tangga melengkung yang elegan membuat kesan pertama yang luar biasa di foyer rumah dua lantai. Railing tangga yang sangat detail dipasangkan dengan lampu gantung berornamen seperti gaya Italia di akhir abad 14. 

railing tangga minimalis

Railing tangga baja dan kayu ini cocok untuk hunian bertema industrial. Di sebelah kanan terdapat area untuk menghubungkan inti rumah ke serambi depan. Area ini bisa dimanfaatkan sebagai area santai. 

railing tangga minimalis

Foto berbingkai hitam dan putih menghiasi dinding tangga kontemporer ini. Kayu dan logam dipadukan untuk menciptakan tampilan industri yang ramping di ruang cerah berwarna netral ini. 

railing tangga minimalis

Railing tangga yang tebal, hitam dan putih adalah titik fokus yang menakjubkan di serambil elektik ini. Blok warna yang berani, dari pintu biru hingga permadani merah ceri, muncul pada ruangan dengan nada netral. 

railing tangga minimalis

Tangga stylish dengan railing baja putih bisa menjadi pilihan tepat untuk desain railing tangga minimalis. Terbuat dari baja yang dilas dan dilapisi dengan warna sama dengan yang digunakan untuk trim di seluruh rumah, railing tangga geometris adalah salah satu detail arsitektur paling mencolok di rumah. 

railing tangga minimalis

Foyer minimalis yang bersih, cerah dan minimalis menjadi ciri khas rumah kontemporer ini. Railing tangga logam membantu ruangan tetap terasa terbuka. 

railing tangga minimalis

Rel dan tapak tangga kayu dipasang dengan riser baja tahan karat menciptakan tangga yang bersih, modern dan menarik. Ini bisa diaplikasikan pada hunian tradisional maupun rumah minimalis. 

railing tangga minimalis

Area tersebut memberikan nada sambutan yang dramatis untuk seluruh rumah,  dengan railing tangga besi yang dirancang khusus, dihiasi lampu menawan dan sofa bermotif garis. 

railing tangga minimalis

Tangga kayu terbuka dipasang di atas dasaran hitam menciptakan tampilan tangga yang sederhana dan ramping. Langkan hitam menghubungkan pagar kawat tebal untuk mengamankan ruang sekaligus menjaga dengan nuansa desain modern yang terbuka. Desain railing tangga minimalis tersebut cocok untuk hunian gaya kontemporer dengan sentuhan industri.

railing tangga minimalis

Railing tangga hitam pada dinding putih menjadi bagian dari dekorasi rumah dengan sudut dan garis yang bersih, simple, dan minimalis. 

railing tangga minimalis

Fitur mewah dengan railing tangga yang rumit. Sudut yang nyaman dimanfaatkan untuk meletakkan sofa mewah, meja samping geometris kecil dan permadani putih solid. Warna yang digunakan tegas tetapi tidak mencolok, tampak elegan.

railing tangga minimalis

Tangga foyer kontemporer dengan pagar kawat ini menawarkan dinding berwarna krem yang dipadukan dengan dinding aksen hijau mint dan lantai kayu keras berwarna merah kecoklatan. Railing tangga minimalis dibuat dengan tiang logam, kabel kawat dan kayu. Area bangku di dekat pintu menawarkan tempat untuk melepas alas kaki dengan mudah.

railing tangga minimalis

Railing adalah struktur yang bagus dipasang di sepanjang tangga, geladak dan tempat lain untuk menopang saat turun dan naik dengan aman. Meski dirancang untuk keamanan, railing sekarang beragam mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Gambar diatas cocok untuk hunian tema industrial dengan railing metal dan tangga kayu agak gelap.

railing tangga minimalis

Tangga hitam grafis menambahkan sentuhan industri yang terang dan lapang pada area yang cerah. 

railing tangga minimalis

Desain geometris menggabungkan serangkaian kotak yang membuat railing tangga tidak konvensional dengan penyimpanan buku built-in

railing tangga minimalis

Tangga modern ini menggabungkan tangga kayu apung yang ditambatkan oleh struktur tangga logam yang ramping dengan railing tangga kawat, memungkinkan tangga untuk mempertahankan profil yang ringan dan lapang. 

railing tangga minimalis

Ide railing tangga minimalis ruangan ini terinspirasi dari railing kapal. Langkan baja melengkung bersama tangga yang dipasang menambah dimensi halus yang selaras dengan bentuk ramping tangga. Anak tangga kaca memungkinkan cahaya memantul dari tangga bertingkat.

railing tangga minimalis

Rumah kontemporer mandapat manfaat dari tangga dan railing tangga yang menampilkan garis-garis tajam dan bersih. Desain pagar tangga ramping ini dibuat dari kayu yang dicat abu-abu tua. Panjang pagar yang pendek hanya membutuhkan dua tiang untuk menopang bentangnya dari tangga awal hingga dinding atas. Kaca plexiglass yang dipasang antara railing dan tangga memastikan keamanan tanpa mengurangi tampilan minimalis.

railing tangga minimalis

Rumah ini menampilan railing custom pada tangga dan lantai atas. Terbuat dari penyangga baja bercat hitam yang ditempatkan secara acak. 

railing tangga minimalis

Desain railing tangga kayu menambahkan sentuhan akhir yang megah pada tangga formal. Dinding panel tangga yang menjulang tinggi ini menginspirasi bentuk substansial pagar tangga dan hasil akhir yang netral. Tiang tangga dengan detail ukiran menyeimbangkan langkan berukir yang besar dengan pegangan tangan yang lebar. 

Anda mungkin bisa memilih material railing tangga seperti kayu, kaca atau logam yang dibuat khusus. Apapun materialnya, anda dapat menemukan gaya railing tangga yang akan mengangkat elemen arsitektur dari sesuatu yang praktis menjadi sebuah karya seni. 

Jadi jangan hanya fokus pada satu bahan saja. Menggabungkan beberapa bahan seperti kaca dan kayu atau kayu dan logam dapat menambah kedalaman dan tekstur pada skema desain interior. Semoga artikel Inspirasi Railing Tangga bermanfaat!.

Ref : thepruce, hgtv, bhg

Related Posts