Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

Top 5 Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Ampuh & Cepat!

Banyak lalat di rumah?. Tentunya hal itu sangat mengganggu aktivitas sekeligus kenyamanan di rumah anda. Apalagi, serangga ini juga dapat menyebabkan resiko kesehatan karena membawa kuman dan bakteri dari tempat-tempat kotor. Oleh sebab itulah, anda perlu mengetahui cara mengusir lalat di rumah yang tepat dan cepat.

Ada berbagai metode cara menghilangkan lalat di rumah yang dapat diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah sekaligus mengurangi populasi lalat. Salah satu metode paling umum dan mudah adalah menjaga kebersihan secara menyeluruh, khusunya pada sampah yang tidak tertutup rapat. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa digunakan seperti penggunaan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah lalat di rumah.

Cara Mengusir Lalat di Rumah

 

1. Menanam tanaman herbal


Cara mengusir lalat di rumah

Tanaman herbal dan bunga tertentu dapat membantu mengusir lalat dan menjauhkannya dari rumah anda. Tanaman ini bisa ditanaman di area dapur, teras, maupun kebun yang biasanya kerap didatangi lalat. Berikut beberapa tanaman herbal dan bunga yang direkomendasikan :
  • Lavender : Selain mengusir nyamuk, tanaman bunga ini juga bisa dijadikan cara mengusir lalat di rumah. Anda bisa menanamnya di kebun atau menaruhnya dalam pot di area yang sering didatangi lalat.
  • Daun salam : Tak hanya untuk memasak, aroma khas daun salah ternyata tidak disukai lalat lho!. Anda dapat menaruh beberapa daun salam di dalam rumah khususnya di area dapur, pintu masuk atau jendela.
  • Basil : Daun ini mirip kemangi dengan aroma khas yang nyaris sama, tetapi daun basil lebih tebal. Aromanya yang kuat tidak disukai lalat dan anda bisa menanamnya di kebun atau dalam pot di arae dapur.
  • Bunga gemitir : Tak hanya indah dan lucu, aroma khas bunga ini ternyata tidak disukai lalat. Anda bisa menanamnya di taman depan rumah, di dekat pintu masuk atau di area teras rumah.
  • Serai : Salah satu bahan makanan ini memiliki aroma kuat yang tidak disukai lalat. Anda bisa menanamnya di sekitar rumah atau dalam pot di area dapur.
  • Catnip : Tanaman sejenis mint ini memiliki aroma mint dan lemon yang sangat disukai kucing dan tidak disukai lalat. Anda bisa menanamnya di kebun atau menggunakan minyak catnip sebagai cara mengusir lalat secara alami.

2. Pertahankan kebersihan rumah


cara ampuh mengusir lalat

Ini adalah sala satu cara mengusir lalat di rumah sederhana yang mudah dilakukan. Lalat tertarik pada sumber makanan dan tempat bertelur yang kotor, terlebih berbau menyengat. Menjaga kebersihan rumah bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana, yaitu :
  • Membersihkan sisa makanan dan jangan membiarkanya terlalu lama.
  • Menyimpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat
  • Membuang sampah dengan benar.
  • Memberihkan dapur, toilet dan area rumah secara teratur untuk menghilangkan bau menyengat.
  • Membersihkan lemari penyimpanan makanan secara berkala untuk memastikan tidak ada makanan yang basi.
 

3. Menggunakan bahan alami pengusir lalat


cara menghilangkan lalat di rumah

Ini adalah salah satu cara mengusir lalat dari rumah yang ampuh, efektif dan ramah lingkungan, Berikut beberapa contoh bahan alami yang bisa digunakan :
  • Minyak essensial : Anda bisa menggunakan minyak yang tidak disukai lalat seperti minyak essensial daun mint, kayu putih, jeruk, eucalyptus dan lavender. Campurkan beberapa tetes minyak dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan di area yang sering didatangi lalat.
  • Cengkeh : Tempatkan beberapa cengkeh dalam kantong kain dan letakkan di tempat yang sering didatangi lalat.
  • Lemon atau jeruk : Iris lemon atau jeruk nipis dalam beberapa potong dan letakkan di atas meja makan atau jendela . Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk atua lemon yang sudah diperas dan letakkan di tempat yang sering didatangi lalat.
  • Bawang putih : Tempatkan beberapa siung bawang putih atau daun bawang di area dapur maupun rumah. Anda juga bisa mencampurkan bawang putih dengan minyak essensial dan air kemudian menyemprotkannya untuk mengusir lalat.
  • Daun sereh : Aroma sitronela dalam daun sereh cukup efentif mengusir lalat. Hancurkan daun sereh dan letakkan pada tempat yang sering didatangi lalat.

4. Membuat perangkap lalat


Cara mengusir lalat dengan cepat

Cara mengusir lalat dengan cepat adalah menggunakan perangkat lalat yang bisa dibeli di pasaran atau membuatnya sendiri. Cara membuatnya sendiri adalah dengan memasukkan campuran cuka apel dan sabun cuci piring kedalam gelas tinggi. Tutup gelas dengan plastik wrap, rekatkan dengan karet gelang dan buat lubang di bagian atas.

Lalat akan tertarik pada cuka dan masuk melalui lubang, tetapi sabun akan membuatnya tenggelam. Selain itu, anda bisa menggunakan umpan yang menarik lalat seperti gula atau madu, anggur, buah-buahan dan daging. Umpan tersebut bisa digunakan untuk memancing rayap masuk dalam perangkap yang anda gunakan.

5. Memasang kawat kasa atau Tirai


Cara mengusir lalat di siang hari

Meski lebih ke fungsi untuk mengusir nyamuk, ini juga cara mengusir lalat di siang hari yang cukup efektif lho!. Lalat tidak akan dapat masuk melalui celah jendela karena anda sudah menutupnya dengan kawat. Namun, pastikan kawat terpasang dengan rapi dan kencang tanpa celah ya!.

Hal ini dapat mencegah masuknya serangga-serangga lain, dengan tetap mempertahankan sirkulasi udara yang baik. Anda juga bisa memasang pintu tambahan yaitu pintu kawat kasa yang dipasang di pintu utama.

Jenis pintu ini biasanya dibuat dari rangka logam dan dilapisi kawat kasa. Sehingga, saat pintu utama dibuka, pintu kawat kasa akan tetap tertutup. Untuk melihat beberapa model pintu rumah, anda bisa membaca artikel berikut : 12 Pilihan Model Pintu Rumah Minimalis Dalam Berbagai Gaya.

Selain kawat kasa, anda bisa menggunakan kain kasa untuk tambahan di depan pintu atau jendela. Kain kasa ini biasanya berfungsi sebagai tirai tertutup untuk mencegah serangga masuk ke dalam ruangan.

Itu adalah beberapa cara mengusir lalat dengar cepat yang bisa dicoba di rumah. Mengusir serangga, khususnya lalat memang menjadi tugas penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan dalam rumah anda. Jadi selalu jaga kebersihan rumah ya!.
 

Tips :

  1. Gunakan ventilasi yang baik karena lalat cenderung menghindari tempat yang berudara segar.
  2. Atur pencahayaan dengan baik agar tidak ada area lembab atau gelap yang disukai lalat untuk berkembang biak.
  3. Perbaiki segala kerusakan pada bangunan yang dapat memungkinkan lalat masuk ke dalam rumah.
  4. Gunakan wadah tertutup rapat untuk sampah dan kosongkan tempat sampah secara teratur.

FAQ


Bagaimana cara mengusir lalat di siang hari?
Cara mengusir lalat di siang hari bisa menggunakan kain kasa atau kawat kasa untuk mencegah lalat masuk saat pintu dan jendela dibuka. Selain itu bisa menyemprotkan pengusir alami seperti minyak essensial yang telat disebutkan diatas.

Kenapa rumah banyak lalat padahal rumah bersih?
Lalat tertarik pada bau makanan dan sumber daya organik lainnya. Jadi, meski rumah bersih, jika ada sisa makanan terbuka atau sampah organik yang tidak dibuang dengan benar, lalat bisa tertarik. Selain itu, lingkungan sekitar rumah yang memiliki populasi lalat yang tinggi juga bisa menjadi penyebabnya.

Lalat paling takut sama apa?
Lalat paling takut dengan gerakan tiba-tiba, pengusir suara, bau yang tidak disukai dan perangkap atau lem perekat yang menghalangi pergerakan mereka.

Apakah air garam bisa mengusir lalat?
Bisa, karena lalat cenderung tidak suka rasa garam yang kuat. Anda bisa mencampur garam dengan air dan menyemprotkan larutan tersebut di area yang sering didatangi lalat. Namun, mungkin penggunaannya tidak begitu efektif jika ada sumber makanan yang lebih menarik bagi lalat.

Daun apa yang bisa mengusir lalat?
Beberapa daun yang bisa mengusir lalat yaitu daun mint, basil, lavender, daun bay, daun lemon, daun jeruk, daun serai, daun cengkeh dan eukaliptus. Meski tidak seefektif seperti penggunaan bahan kimia, bahan alami ini bisa menjadi cara mengusir lalat yang aman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel