12 Pilihan Model Pintu Minimalis Dalam Berbagai Gaya

Banyak model pintu minimalis yang bisa dipilih untuk menjadi penyempurna di rumah idaman anda. Selain tampilan, berbagai model pintu tersebut juga harus disesuaikan dengan luas ruangan, arah bukaan dan sebagainya. Sistem kerja pintu juga memberi pengaruh yang besar untuk desain interior maupun aktivitas di rumah anda.

Contohnya, jika tinggal di rumah minimalis, memilih pintu putar pastinya akan memakan banyak ruang dan membuat hunian semakin sempit meskipun terkesan modern. Jadi, penyesuaian antara model pintu, desain rumah, luas ruangan dan arah pintu memang harus dipertimbangkan.

Jika selama ini anda hanya mengenal pintu ayun yang sebagian besar digunakan dalam desain rumah, ada beberapa model pintu lain yang bisa menjadi pilihan anda. Tidak hanya mengedepankan model pintu dengan desain cantik saja, tapi beberapa diantaranya bisa bermanfaat untuk hunian sempit.

Model Pintu Minimalis

 

1. Pintu Ayun (Swing Door)

 
gambar pintu rumah depan terbaru

Model pintu ayun memang sudah tidak asing lagi di dunia properti, karena model pintu minimalis ini paling banyak digunakan di Indonesia. Pintu ayun bekerja dengan sistem berayun searah pada salah satu sisinya dengan poros bukaan pada sisi daun pintu lainnya dan memiliki dua hingga tiga engsel untuk menopangnya. 

Tidak hanya berayun searah, ada juga pintu ayun dua arah - pintu engsel, yang berfungsi sebagai pembatas ruangan, tetapi hanya berupa daun pintu, tanpa handle. Pintu ayun disebut juga sebagai pintu kupu-kupu dan bisa dibuka - tutup dengan cara didorong - tarik. Biasanya, pintu utama rumah menggunakan model pintu ini. Untuk menunjukkan kesan elegan, model pintu ayun didesain dengan ukuran yang cukup lebar.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Ayun :

  • Perawatan cukup mudah
  • Dapat menciptakan kesan elegan dengan ukuran yang besar.
  • Membutuhkan ruang cukup luas sebagai tempat mengayun pintu.
  • Terlalu makan tempat saat pintu terbuka.

2. Pintu Geser (Sliding Door)

 
pintu geser minimalis

Model pintu minimalis yang sering dikombinasikan dengan sensor otomatis pada mall dan hotel ini sangat identik dengan rumah adat Jepang. Cara membuka tutup pintu geser ini dengan menggeser salah satu daun pintu ke kiri atau ke kanan. Untuk pergerakannya dipasang roda dan rel di atas atau di bawah daun pintu.

Biasanya pintu geser diterapkan untuk furniture seperti lemari, atau pintu menuju halaman belakang. Pintu sliding menjadi pilihan favorit karena desainnya yang praktis dan mudah digunakan. Selain itu, pintu minimalis ini juga hemat tempat dan cocok diaplikasikan untuk hunian sempit.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Geser :
  • Hemat tempat, karena saat dibuka dan ditutup tidak mengurangi luas ruangan.
  • Mampu mengubah ruangan sempit menjadi terbuka luas.
  • Bisa diterapkan juga sebagai Sekat Ruang.
  • Pemasangannya butuh banyak peralatan.
  • Memberi celah udara untuk masuk ke dalam ruangan.
  • Seringkali macet saat digeser karena kotoran (debu) yang mengganjal di rel pintu.

3. Pintu Lipat (Folded Door)

 
model pintu rumah

Model pintu minimalis ini memiliki sistem penggabungan dari beberapa daun pintu, dimana satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan engsel. Sehingga saat dibuka akan membentuk lipatan. Biasanya, pintu lipat diaplikasikan pada ruangan lebar seperti garasi maupun toko.

Jenis pintu lipat juga cocok dijadikan sebagai sekat ruangan. Jenis pintu rumah cantik ini berguna dalam ruangan kecil karena tidak terlalu makan banyak ruang. Ketika ingin ruangan tampak luas, anda bisa membukanya lebar-lebar.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Lipat :

  • Bisa menjadi semacam partisi saat ditutup.
  • Bisa dibuka penuh pada sebuah ruangan.
  • Membutuhkan ruang untuk lipatannya.

4. Pintu Rel (Rail Door)

 
model pintu rumah minimalis dari kayu

Model pintu minimalis ini mirip dengan gabungan pintu geser dan pintu lipat, tetapi tidak bisa dilipat. Sesuai namanya, pintu lipat ini hanya akan digeser mengikuti jalur rel dan memungkinkan untuk bukaan yang berbelok mengikuti rel. Pintu rel ini sangat cocok dipasang untuk garasi mobil.
 

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Lipat :

  • Bisa dibuka penuh dengan mudah.
  • Hemat tempat seperti pintu geser.
  • Seringkali macet saat digeser karena kotoran (debu) yang mengganjal di rel pintu.

5. Pintu Putar

 
pintu rumah minimalis

Tidak banyak hunian yang menggunakan model pintu putar. Model pintu rumah minimalis ini biasanya diaplikasikan pada mall, gedung perkantoran, hotel dan sebagainya. Pintu putar ini akan berputar secara otomatis saat ada orang yang memasuki ruangan tersebut.

Biasana pintu putar memiliki tiga hingga empat daun pintu yang dipasang pada satu poros. Untuk masuk, anda hanya perlu mendorong salah satu daun pintunya. Tentu saja model pintu rumah ini akan membutuhkan banyak ruang jika anda ingin mengaplikasikan di dalam hunian.

Namun pintu putar tak harus berukuran besar seperti pada bangunan komersial. Anda yang ingin menciptakan ruang rahasia seperti di film, tak ada salahnya mengaplikasikan model pintu minimalis ini dengan ukuran yang lebih minimalis, terdiri hanya dua daun pintu yang akan bertindak juga sebagai dinding. Nah, anda bisa membolak baliknya sebagai pintu ke ruangan lain.
 

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Putar :

  • Tetap bisa menjaga suhu di luar dan dalam ruangan tak bercampur.
  • Bisa menyebabkan antrian saat ramai orang ingin keluar masuk bangunan.

6. Pintu Perancis

 
model pintu minimalis terbaru

Jika ingin nuansa alami pada rumah anda, mengaplikasikan model pintu perancis bisa menjadi pilihan yang tepat, karena tujuan utamanya adalah untuk dekorasi. Model pintu minimalis ini memiliki banyak panel kaca kecil di daun pintu dan biasanya tampil dengan pintu ganda.

Pintu perancis banyak diminati karena bisa menjadi salah satu cara agar cahaya alami lebih banyak masuk ke dalam rumah. Jika digunakan sebagai pintu utama, pintu rumah ini akan membantu menarik perhatian ke taman depan. Jika digunakan di dalam, akan menciptakan nuansa ruangan yang ceria, pemandangan yang luas serta bisa berfungsi sebagai partisi ruang.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Perancis :

  • Memberikan pemandangan yang indah dan modern untuk rumah.
  • Penampilan berkelas dan stylish.
  • Banyak menangkap cahaya alami sinar matahari.
  • Bisa berubah fungsi sebagai pengganti dinding interior.
  • Cukup berbahaya di daerah-daerah rawan badai.
  • Memiliki sifat untuk memanaskan ruangan secara berlebihan terlebih saat musim panas, sehingga memerlukan instalasi ventilasi tambahan.

7. Pintu Louvre


model pintu rumah

Model pintu minimalis ini banyak ditemui pada desain rumah klasik. Pintu ini mempunyai irisan-irisan horisontal yang bisa dibuka untuk ventilasi udara. Ada juga model permanen menggunakan bilah kayu miring pada panel pintu. Biasanya model pintu ini digunakan pada pintu lemari, kamar mandi dan pada pintu bangunan klasik.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Louvre :

  • Tetap ada aliran udara meski pintu tertutup.
  • Sulit dibersihkan.

8. Pintu Ganda

 
model pintu rumah minimalis 2 pintu terbaru

Berikan rasa elegan ke ruangan anda dengan pintu ganda. Model pintu minimalis ini bisa didesain berpanel, rata, louvered atau gaya perancis sesuai selera anda. Pintu ganda merupakan pilihan yang tepat untuk diaplikasikan kedalam ruang makan, perpustakaan minimalis, kamar utama dan ruang lainnya.

Seperti namanya, model pintu rumah minimalis 2 pintu terdiri dari dua daun pintu yang bertemu di tengah saat ditutup dan menggunakan konsep yang sama dengan pintu engsel atau pintu ayun. Pintu ini sering digunakan untuk hunian berukuran besar dengan gaya mewah.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Ganda :

  • Style lebih dominan, anggun dan cantik.
  • Berkesan dramatis nan elegan.
  • Cocok untuk hunian besar bergaya mewah.

9. Pintu Pivot


gambar pintu minimalis

Jika anda menginginkan jenis pintu interior yang unik dan hemat ruang, pintu pivot adalah pilihan yang bagus. Model pintu minimalis ini masih tergolong baru dan belum populer di Indonesia, sehingga jarang ditemui pada hunian pada umumnya. Berbeda dengan pintu engsel yang ditahan di samping, pintu pivot terbuka pada engsel yang ditahan di bagian tengah.

Pintu pivot diaplikasikan tanpa kusen, memberikan desain yang lebih elegan dan modern. Pintu ini cocok bagi anda yang menginginkan pintu rumah berukuran besar dan anti mainstream. Selain sebagai sarana keluar masuk, pintu pivot bisa juga dijadikan focal point di rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Pivot :

  • Memiliki gaya khas yang elegan dan unik.
  • Cocok dipakai pada bukaan dengan akses lalu lintas tinggi.
  • Secara visual mampu membantu memperluas ruang dan area lantai ruang dalam.
  • Mampu menciptakan koneksi yang ramah antara ruang.
  • Membutuhkan ruang gerak maksimal.

10. Pintu Belanda (Dutch Door)


model pintu minimalis elegan

Model dutch door sangat sederhana, penuh gaya dan dikenal dengan fungsinya yang bisa menjadi jendela, karena pintu ini memungkinkan pintu bagian atas dan bawah terbuka secara terpisah. Model pintu minimalis ini sangat baik untuk area dapur dan ruang makan.

Menggunakan engsel samping, ukuran pintu ini tidak harus sama. Anda bisa menyesuaikan sesuai selera, baik kecil di bawah atau sebaliknya. Seperti model Louvre, model pintu belanda (dutch), memang sudah kuno. Tapi bagi anda yang ingin model pintu rumah cantik yang bisa juga jadi jendela, maka pintu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Kelebihan dan Kekurangan Dutch Door :

  • Bisa berfungsi sebagai jendela dengan membuka salah satu daun pintu.
  • Cocok untuk gaya interior tradisional.
  • Model sudah agak kuno.

11. Pintu Saku (Pocket Door)

 
model pintu rumah cantik

Model pintu saku adalah tipe lain dari pintu geser. Bedanya, pintu saku menyediakan lubang atau saku dalam dinding sebagai tempat menyimpan pintu geser, membuatnya tampak manis dan anggun, sehingga cocok sekali untuk hunian sempit.

Model pintu minimalis yang bisa bersembunyi pada dinding ini masih belum terlalu populer. Desainnya bisa dibuat secara tunggal maupun rangkap, bisa digunakan pada desain rumah minimalis maupun kamar mandi.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pintu Saku :

  • Praktis dan tidak makan tempat.
  • Bisa didesain tunggal maupun rangkap.
  • Desainnya yang bisa menghilang di dinding dapat mengurangi kemungkinan terjepit.
  • Pemasangannya butuh banyak peralatan.
  • Seringkali macet saat digeser karena kotoran (debu) yang mengganjal di rel pintu.

12. Pintu Gulung (Rolling Door)


pintu garasi

Jenis pintu ini sering ditemui pada pintu garasi maupun ruko yang cara membukanya dengan cara didorong ke atas. Saat didorong ke atas, pintu akan otomatis menggulung di bagian atas pintu. Model pintu ini memiliki kualitas yang lebih kuat dibandingkan dengan model pintu lipat.

Rolling door biasanya terdiri dari satu lembar bahan yang terbuat dari baja atau besi yang didesain agar bisa digulung. Bagian utamanya disebut tirai yang terdiri dari potongan - potongan logam agar bisa meluncur dengan lancar. Model pintu minimalis ini menggunakan sistem buka tutup secara manual maupun otomatis.

Kelebihan dan Kekurangan Rolling Door :

  • Lebih kuat, kokoh dan tahan lama dibanding pintu lipat.
  • Bagian atas dan bawah dilengkapi bar logam untuk menahan angin kencang.
  • Memiliki standar keamanan yang bagus karena terbuat dari baja kuat.
  • Rolling door baja atau aluminium mudah perawatannya karena dilapisi dengan finishing anti karat.
  • Mudah dalam membuka dan menutup untuk yang model otomatis.
  • Harga rolling door otomatis lebih mahal dari manual karena ada tambahan motor listrik.
  • Rolling door manual membutuhkan tenaga lebih untuk membuka maupun menutupnya.

Itu adalah 12 model pintu minimalis dalam berbagai gaya yang bisa menjadi pilihan untuk menyempurnakan desain rumah idaman anda. Untuk memilih model pintu, sebaiknya pertimbangkan gaya rumah, luas hunian dan kegunaan.

FAQ

Pintu minimalis ukuran berapa?
Secara umum, tinggi pintu minimalis biasanya antara 200-210 cm, lebar antara 60-100 cm dan ketebalan antara 3-4 cm. Ukuran pintu minimalis bervariasi tergantung pada desain dan kebutuhan.

Berapa ukuran normal pintu rumah?
Ukuran normal pintu rumah biasanya memiliki ukuran yang standar, yaitu tinggi sekitar 200-210 cm dan lebar sekitar 80-90 cm. Ketebalan pintu rumah standar berkisar antara 3-4 cm.

Berapa ukuran pintu kamar tidur?
Ukuran pintu kamar tidur biasanya sama dengan ukuran pintu rumah pada umumnya, yaitu tinggi 200-210 cm dan lebar 80-90 cm. Terkadang ada juga pintu kamar tidur yang ukurannya lebih kecil atau lebih besar tergantung desain dan kebutuhan.

Berapa lebar pintu dapur?
Lebar pintu dapur standar antara 70-90 cm. Ukuran ini memungkinkan mobilitas pengguna dan memudahkan akses keluar - masuk, Jika dapur membutuhkan aksesibilitas yang lebih besar atau lebih kecil, atau ada perlengkapan yang memerlukan lebar pintu yang lebih besar, maka lebar pintu dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Berapa tinggi kusen pintu utama?
Tinggi kusen pintu utama biasanya sama dengan tinggi standar pintu utama yaitu 200-210 cm. Namun, tinggi kusen pintu utama juga dapat disesuaikan dengan model pintu minimalis yang dipasang dan kebutuhan konstruksi bangunan.

Related Posts