10 Merk Cat Tembok yang Bagus, Awet & Berkualitas

Memilih cat tembok yang bagus untuk rumah sangat penting agar mendapat hasil maksimal dan memuaskan. Tidak hanya memberikan perlindungan pada permukaan tembok, cat yang baik juga dapat meningkatkan estetika eksterior maupun interior hunian anda. Banyaknya pilihan merk cat tembok yang ada di pasaran, tentu sulit menentukan maka yang terbaik untuk anda.

Dalam memilih cat rumah minimalis, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti kualitas, warna, daya tahan, kemampuan menutupi noda dan harga. Setiap merk cat tembok memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sehingga sangat penting untuk mempertimbangkannya sebelum memilih dan membeli merk cat yang tepat untuk digunakan.

Merk Cat Tembok

Berikut beberapa pilihan merk cat tembok yang populer beserta kelebihan dan kekurangannya untuk membantu anda memilih mana yang sesuai.
 

1. Dulux (Catylac)


cat rumah minimalis

Merk cat tembok satu ini sangat terkenal dan populer di dunia, termasuk Indonesia. Ada berbagai jenis cat dengan aneka warna dan formula yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dulux memiliki beberapa jenis cat tembok seperti :

  • Dulux weathershield : cat tembok untuk memperindah dan melindungi bangunan dari kerusakan akibat cuaca
  • Dulux Pentalite : cat rumah yang cocok digunakan pada tembok dan plafon dalam ruangan
  • Dulux avanza : cat tembok dengan teknologi inovatif yang lebih tahan lama, tahan gores dan mudah dibersihkan.

Kelebihan merk cat tembok Dulux adalah kualitasnya yang baik meliputi tahan lama, mudah diaplikasikan, mempu menahan luntur dan memudarkan warna. Beberapa jenisnya ada yang membutuhkan banyak lapisan untuk hasil yang sempurna dan itu membuat pengecatan membutuhkan lebih banyak waktu.

Harga cat Dulux bervariasi tergantung jenis dan warna yang dipilih. Secara umum harganya di Indonesia sekitar Rp. 150.000 - Rp. 1.500.000 per galon tergantung kualitas.

2. Nippon Paint


harga cat nippon paint

Nippon Paint merupakan salah satu merk cat tembok yang terkenal dan digunakan banyak orang, karena dikenal dapat memberikan perlindungan terhadap cuaca ekstrim. Merk cat ini menawarkan kualitas dan pilihan warna menarik.

Kelebihan cat Nippon Paint adalah tahan lama, daya tutup baik, mudah diaplikasikan dan memiliki banyak pilihan warna. Selain itu ada beberapa jenis yang dilengkapi teknologi khusus seperti Nippon Paint Aqua Bodelac 2 dengan teknologi air-based dan ramah lingkungan, Nippon Paint Weatherbond Solareflect, yang dapat mengurangi panas pada dinding dan atap bangunan dan beberapa jenis lainnya.

Harga cat Nippon Paint bervariasi tergantung jenis, seri dan warna, beberapa diantaranya yaitu :
  • Nippon Paint Vinilex 5000: mulai dari Rp. 120.000 - Rp. 550.000 per galon
  • Nippon Paint Weatherbond: mulai dari Rp. 150.000 - Rp. 1.500.000 per galon
  • Nippon Paint Aqua Bodelac 2: mulai dari Rp. 190.000 - Rp. 500.000 per galon
  • Nippon Paint Pylox Spray Paint: mulai dari Rp. 30.000 - Rp. 120.000 per kaleng

3. Jotun


cat tembok yang bagus

Jotun adalah merk cat tembok populer yang dikenal karena kualitas catnya yang sangat baik dan menawarkan berbagai jenis cat seperti cat tembok, cat besi, cat kayu, cat anti karat, cat lantai, cat tekstur dan cat pelapis. Kelebihan cat Jotun ini selain tahan lama juga tahan cuaca, tidak mudah pudar, tidak mudah kusam, daya tutup baik, mudah diaplikasikan dan banyak pilihan warna dan finishing.

Cat tembok ini ramah lingkungan, sehingga tidak memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Harga cat tembok Jotun juga bervariasi tergantung jenisnya. Untuk cat tembok mulai dari Rp. 450.000 - Rp. 700.000 / 5 kg.
 

4. Avian Avitex


cat rumah yang bagus

Avitex merupakan merk cat tembok yang bagus dan terkenal di pasaran. Cat ini menawarkan kualitas yang sangat baik dengan hasil akhir yang tahan lama. Cat tembok ini juga memiliki beberapa varian seperti cat besi, cat kayu, cat paving dan sebagainya.

Avitex memberikan hasil yang halus dan tahan lama. Selain cepat kering, catnya tahan terhadap cuaca dan sinar UV, sehingga tidak mudah pudar atau mengelupas. Selain itu memberi hasil cat yang doff maupun semi doff yang cocok digunakan untuk interior maupun eksterior.  

Harga Cat tembok Avitex sekitar Rp. 125.000 - Rp. 280.000 / 5 kg.


5. Puffin Paint


cat rumah minimalis

Merk cat tembok ini bisa jadi pilihan dengan harga terjangkau. Selain untuk tembok ada berbagai jenis cat untuk lantai, atap, besi, kayu, waterproof, marka jalan, industrial, otomotif dan sebagainya.

Uniknya, ini adalah cat pertama di Indonesia yang memiliki varian cat anti serangga!. Bagi anda yang ingin ruangan tampil beda, bisa juga menggunakan jenis cat glow in the dark. Anek varian yang lengkap dapat membuat hunian semakin unik dan cantik. 

Rp. 118.000 - Rp. 300.000 / 5 kg.

 

6. Decolith


cat tembok

Decolith merupakan salah satu merk cat tembok yang cukup populer di Indonesia. Ada berbagai jenis cat seperti cat tembok interior & eksterior, cat tembok anti jamur dan cat tembok tahan air. Setiap jenisnya memiliki kegunaan dan karakteristik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

Merk cat ini mudah diaplikasikan dan mampu menutupi permukaan tembok yang tidak rata, cepat kering, tahan lama dan mampu menahan cuaca ekstrim. Harga car Decolith bervariasi tergantung jenisnya yaitu sekitar antara Rp. 50.000 - Rp. 200.000 per liternya. 

7. Propan


merk cat tembok

Merk cat tembok ini menawarkan berbagai jenis cat sesuai kebutuhan seperti cat tembok, cat kayu, cat besi, cat beton dan cat genteng. Sudah lama propan dikenal tahan lama karena menggunakan pigmen berkualitas tinggi dan cepat kering. Selain itu, cat Propan memiliki daya rekat baik pada permukaan.

Berikut beberapa harga cat propan yang umum digunakan :
  • Propan Aqua Satin: Rp. 60.000 - Rp. 200.000 / liter
  • Propan Aqua Gloss: Rp. 60.000 - Rp. 200.000 / liter
  • Propan P1000 Wall Sealer: Rp. 60.000 - Rp. 200.000 / liter
  • Propan Wood Stain: Rp. 70.000 - Rp. 250.000 / liter

8. Mowilex


merk cat tembok

Merk cat tembok asli Indonesia ini terkenal dengan produk-produk berkualitas tinggi dan berbagai warna. Mowilex menawarkan cat tembok interior dan cat tembok eksterior dengan kualitas yang sesuai kebutuhan. Bahkan, Mowilex juga mengambangkan inovasi baru untuk membuat produk tahan air, tahan luntur, tahan sinar UV dan tahan cuaca.

Kelebihan cat ini adalah berkualitas dan ramah lingkungan karena bebas bahan kimia berbahaya seperti VOC. Selain itu mudah diaplikasikan dan harganya terjangkau. Harga cat mowilex bervariasi tergantung jenis dan kualitas produk.

Berikut beberapa kisaran harga cat Mowilex :
  • Mowilex Interior Emulsion 5 kg : Rp. 100.000 - Rp. 140.000
  • Mowilex Weatherbond 5 kg : Rp. 150.000 - Rp. 190.000
  • Mowilex Exterior Wall Sealer 5 kg : Rp. 120.000 - Rp. 170.000
  • Mowilex Catylac 2.5 Liter : Rp. 120.000 - Rp. 170.000
  • Mowilex Weathercoat 20 kg : Rp. 500.000 - Rp. 700.000

9. Spectrum


merk cat tembok

Ini adalah salah satu merk cat tembok yang cukup terkenal di Indonesia yang menawarkan beberapa jenis cat tembok seperti cat tembok matte, cat tembok semi-gloss, dan cat tembok elastomeric. Cat tembok spectra memiliki beberapa keunggulan yaitu daya sebar yang baik, anti jamur, anti bocor dan tahan lama, sehingga tidak sering mengecat ulang.

Untuk harganya bervariasi tergantung jenis dan ukuran kemasan. Cat Spectrum ukuran 1 liter sekitar Rp. 45.000 - Rp. 70.000 dan ukuran 5 liter sekitar Rp. 210.000 - Rp. 300.000

10. Pacific Paint (Metrolite)


merk cat tembok

Pacific Paint merupakan salah satu merk cat tembok terbaik di Indonesia yang diformulasikan dari bahan berkualias tinggi untuk menutupi segala jenis permukaan dengan sempurna. Tersedia berbagai jenis cat mulai interior, eksterior dan beragam jenis lainnya untuk permukaan khusus.

Pengaplikasian cat ini sangat mudah dan bisa kering dalam waktu 2 jam saja. Meski begitu, anda tidak akan dibuat pusing karena bau menyengatnya karena komposisi cat satu ini memberikan aroma harum yang segar. Anda bisa memilih aneka jenis cat yang sesuai dengan kebutuhan rumah anda.

Harga cat Metrolite bervariasi tergantung jenis dan ukurannya. Untuk 1 kg dibanderol sekitar Rp. 45.000 - Rp 60.000. Sedangkan untuk 5 kg dibanderol sekitar Rp. 150.000 - Rp. 275.000.

Itu adalah beberapa pilihan merk cat tembok yang bagus untuk rumah anda. Perlu diingat, selain menentukan warna cat rumah, juga penting memiih merk cat rumah yang bagus untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa mempertimbangkan kualitas, daya tutup, daya tahan dan harga sebelum membeli ya!. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

FAQ

Cat apa yang tahan air?

Beberapa jenis cat yang umum digunakan untuk melapisi permukaan luar rumah dan tahan air antara lain cat akrilik, cat epoksi, cat karet, polyurethane.

Cat tembok yang mengkilap merk apa?

Beberapa merek cat tembok yang dikenal menghasilkan cat tembok dengan tingkat kilap yang tinggi antara lain dulux, nippon paint, jotun dan avian. Tingkat kilap cat tembok biasanya dinyatakan dalam persentase.

Apa saja jenis cat tembok?

Beberapa jenis cat tembok yang umum digunakan adalah cat air, cat emulsi (berbasis air tapi lebih tahan lama), cat minyak (digunakan untuk melapisi dinding eksterior), cat semprot (sering digunakan untuk melapisi permukaan yang sulit dijangkau), cat anti jamur (dapat mencegah pertumbuhan jamur atau lumut pada dinding) dan cat epoxy (digunakan untuk melapisi permukaan seperti beton, logam dan ubin). 

Related Posts