15 Jenis Keladi Hias, Pilihan Tanaman Indoor yang Mudah Dirawat

Keladi hias merupakan tanaman tropis yang populer akhir-akhir ini sebagai tanaman hias indoor. Tak hanya memiliki daun yang indah dan berwarna warni, tanaman keladi dapat tumbuh subuh menghiasi ruangan tanpa perawatan yang sulit. Selain itu, tanaman hias ini juga tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan, termasuk cahaya yang minim.

Hal ini membuat keladi menjadi pilihan yang tepat bagi pemula yang ingin mempercantik ruangan dengan tanaman indoor yang mudah dirawat. Menariknya, keladi bisa tumbuh di pot besar maupun pot kecil, sehingga cocok untuk ditempatkan di berbagai sudut ruangan, baik di atas meja atau di sudut ruangan.

Jenis Keladi Hias


Tanaman Keladi memiliki banyak variasi jenis dan spesies. Terdapat ratusan jenis keladi yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa jenis keladi populer yang umum ditemukan di pasaran antara lain :
 

1. Keladi Hias (Caladium)


tanaman keladi

Tanaman hias indoor ini dikenal karena daunnya yang indah dengan berbagai macam warna dan pola menarik, mulai dari putih, hijau, merah, pink, hingga ungu dengan bercak-bercak atau garis-garis yang kontras. Bentuk daunnya juga bervariasi seperti jantung, segitiga, lonjong, atau bundar, Daun tanaman keladi hias ini tumbuh dari tangkai panjang yang juga bervariasi panjangnya tergantung pada jenisnya.
 

2. Keladi Mawar (Anthurium)


keladi merah

Anthurium dikenal karena bunga yang indah serta daun yang mengkilap. Bunga keladi jenis ini biasanya berbentuk seperti hati dengan daun kelopak berwarna merah, pink, putih, atau hijau tergantung pada jenisnya. Bunga keladi merah dan berbagai macam warna lainnya bisa kamu pilih sesuai gaya dan tema ruang.
 

3. Keladi Hitam (Colocasia)


keladi hitam

Keladi hias ini dikenal karena umbinya yang besar dan daunnya yang hitam gelap dan lebar. Tanaman ini berasal dari daerah tropis Asia dan Afrika, dan dapat tumbuh dengan baik di tempat yang lembap. Tanaman keladi hitam sering digunakan sebagai bahan makanan dan bahan obat tradisional.

4. Keladi Mini (Spathiphyllum)


bunga keladi

Tanaman keladi mini sering dijadikan sebagai tanaman indoor karena mudah dirawat dan cocok ditempatkan di lingkungan yang teduh atau tidak terlalu terang. Keladi hias ini dapat tumbuh dalam pot atau di kebun sebagai tanaman outdoor.
 

5. Keladi Gajah (Alocasia)


keladi tengkorak

Keladi gajah sering dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki daya tarik yang tinggi. Daunnya memiliki bentuk yang bervariasi, seperti hati, belah ketupat, hingga panah. Ukuran daun juga bervariasi, ada yang kecil hingga yang besar dan lebar. Warna daunnya bisa hijau tua, hijau muda, hingga berwarna perak atau keunguan.

Varian jenis alocasia yang populer adalah keladi tengkorak (Alocasia Cuprea) yang memiliki tekstur berkerut dan berlapis-lapis semburat warna silver. Semburatnya akan semakin indah saat terkena sinar matahari.

6. Keladi Jantung (Philodendron)


daun keladi

Daun tanaman keladi hias ini besar dan berbentuk hati atau jantung dengan ukuran yang besar dan tebal, serta mudah dirawat dan cocok sebagai tanaman indoor. Warna daun biasanya hijau tua, tetapi ada jenis yang berwarna keunguan atau kuning. Daunnya memiliki tulang daun yang mencolok dan membuatnya terlihat cantik.
 

7. Keladi Skirt (Syngonium)


daun keladi

Daun keladi hias ini yang berbentuk panah dengan ujung runcing dan berwarna-warni. Warna daunnya bervariasi dari hijau tua, hijau muda, hingga warna-warni seperti putih, merah muda, dan perak. Daunnya terlihat bersinar dan memberikan efek elegan pada tanaman.
 

8. Keladi Monstera (Monstera deliciosa)


tanaman keladi

Keladi Monstera adalah salah satu jenis keladi hias yang populer untuk dekorasi rumah. Tanaman ini memberikan tampilan hijau yang segar dan eksotis, serta sangat cocok untuk diletakkan di sudut-sudut ruangan yang kosong atau di atas meja dan rak.

Tanaman keladi hias ini dikenal dengan daunnya yang berukuran besar dengan pola lubang-lubang yang membuatnya terlihat unik dan menarik. Warna daunnya hijau tua, namun terdapat variasi dengan warna daun yang lebih terang seperti hijau muda.

9. Keladi Silver Queen (Aglaonema commutatum)


tanaman keladi

Keladi hias ini berwarna hijau tua dengan bercak-bercak putih atau silver yang tersebar secara acak membuatnya terlihat cantik dan menarik. Daun keladi silver queen berbentuk bulat atau oval dengan ujung runcing dan panjang. Daun yang terlihat bersinar dan memberikan efek elegan pada tanaman.

10. Keladi Kuning (Caladium bicolor)


tanaman keladi

Daunnya berwarna cerah dan kontras dengan kombinasi warna kuning, hijau dan merah yang terlihat seperti coretan atau bercak-bercak. Daun tanaman keladi kuning berbentuk hati atau segitiga dengan tepi yang meruncing, panjangnya mencapai 15-40 cm dan lebar 10-25 cm.
 

11. Keladi Hikaru (Alocasia sanderiana)


keladi tengkorak

Keladi Hikaru adalah jenis keladi hias dari Filipina yang kini populer sebagai tanaman indoor. Tanaman ini adalah varian dari jenis alocasia (kuping gajah) yang memiliki daun berbentuk hati dengan tepi bergerigi, berwarna hijau tua mengkilap dengan pola putih pada bagian tengah daun.

12. Keladi Abu-abu (Xanthosoma sagittifolium)


daun keladi

Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, keladi abu-abu memiliki daun hijau tua atau abu-abu, dengan bentuk daun yang menjari atau menyerupai anak panah. Namun, semua bagian tanaman keladi abu-abu mengandung senyawa kristalin yang beracun, sehingga jauhkan dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.
 

13. Keladi Marmor (Epipremnum aureum 'Marble Queen')


Keladi Marmor

Keladi hias ini cukup unik karena memiliki daun berwarna hijau dengan pola putih keabuan seperti marmer, sehingga dinamakan Keladi Marmor atau Ratu Marmer. Tak hanya sebagai tanaman hias, keladi Marmor juga dikenal sebagai yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan dari polutan dan racun.

14. Keladi Hijau (Philodendron bipinnatifidum)


keladi hijau

Tanaman keladi hias ini memiliki daun hijau besar dan menjari. Keladi Hijau termasuk dalam keluarga Araceae, dan memiliki kemampuan untuk menyerap polutan di udara seperti formaldehida dan benzene. Daunnya yang besar dan lebar dapat memberikan tampilan segar dan alami pada ruangan.

Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dekat jendela atau sebagai tanaman penghias ruang tamu. Anda dapat mengkombinasikannya dengan tanaman hias lain untuk menciptakan tampilan yang lebih indah.

15. Keladi Spiderwort (Tradescantia spp.)


tanaman keladi

Keladi hias ini memiliki bunga yang cantik dan daun berwarna cerah. Tanaman hias ini dapat ditanam dalam pot atau di kebun sebagai tanaman hias atau pembatas area. Beberapa jenisnya yang populer antara lain Tradescantia zebrina, Tradescantia pallida, dan Tradescantia fluminensis.

Masuk dalam keluarga commelinaceae ada beberapa ciri khas yang terdapat pada tanaman ini, yaitu :
Daun berbentuk pita dengan warna bervariasi, mulai hijau, ungu, biru, hingga merah muda, dan seringkali memiliki garis atau bintik-bintik berbeda warna di atasnya. Bunganya muncul di ujung batang dan umumnya berwarna biru, ungu, atau merah muda.

Itu beberapa jenis keladi yang populer digunakan untuk tanaman hias. Setiap jenis keladi hias memiliki ciri khas yang dapat menambah keindahan pada taman atau ruangan. Namun, sebaiknya perhatikan juga kondisi lingkungan dan kebutuhan tanaman agar tumbuh dengan baik.

FAQ

Keladi cocok di tempat apa?

Keladi cocok ditempatkan di tempat yang memiliki cahaya sedang hingga cerah. Namun, sebaiknya ditempatkan di tempat dengan perlindungan dari sinar matahari langsung. Jenis keladi Caladium dan keladi Elephant Ear lebih menyukai tempat yang agak teduh atau terlindung dari sinar matahari langsung.

Bagaimana cara merawat tanaman keladi hias?

Merawat keladi bisa dilakukan dengan melakukan penyiraman yang cukup , pemupukan teratur serta penempatan tanaman yang cocok dengan cahaya sedang atau rendah, tidak terkena matahari langsung, ditanam pada tanah yang lembab dan drainase yang baik.

Apakah bunga keladi boleh di dalam rumah?

Bunga keladi hias dapat ditempatkan di dalam rumah, asalka ditempatkan di area yang terkena cahaya cukup dan tidak terkena matahari langsung.

Kenapa tanaman keladi hias jadi mati?

Tanaman keladi bisa mati karena beberapa faktor seperti kekurangan atau kelebihan air, kekurangan cahaya, serangan hama & penyakit, kualita tanah yang tidak subur dan terlalu padat serta kesalahan perawatan.

Related Posts