Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

Top 7 Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun

Tikus kerap menjadi masalah pada hunian. Bukan suara berisik di area plafon, tetapi tikus bisa mencuri makanan, merusak barang dan tentunya menyebarkan penyakit. Hal ini membuat banyak orang mencari cara mengusir tikur di rumah, salah satunya dengan racun tikus.

Tikus suka tempat hangat dan akan menggerogoti apa saja untuk mencapai tempat yang hangat maupun untuk kebutuhan makannya. Racun tikus memang efektif untuk menghilangkan tikus, tetapi apakah itu baik?. Membunuh tikus dengan racun dapat merusak ekosistem secara tidak langsung.

cara membasmi tikus
Tikus juga tidak akan langsung mati dan masih bisa berkeliaran. Bahanya racun tikus kadang bisa berdampak pada binatang lain. Oleh sebab itu, anda bisa menggunakan beberapa cara mengusir tikus di rumah secara alami agar tikus pergi mencari habitat baru.

Cara Mengusir Tikus di Rumah

1. Menggunakan bahan alami

Tikus peka terhadap bau dan anda bisa menggunakan bahan-bahan dapur seperti bawang, cabe rawit, kopi dan sebagainya. Selain untuk masak, manfaatkan bawang untuk mengusir tikus. Ini adalah cara mengusir tikus yang merajalela di rumah yang paling mudah.

Tikus tidak menyukai bau menyengat seperti bawang. Anda hanya perlu memotongnya yang meletakkan ditempat dimana tikus tinggal atau area-area yang anda yakini sering dilalui tikus. Untuk bahan yang lain bisa dicampur air dan semprotkan pada area-area tempat melintas tikus.

2. Menggunakan minyak atsiri

Dari berbagai jenis minyak atsiri, ada beberapa yang bisa anda gunakan sebagai pengusir tikus yang paling aman dan alami yaitu minyak serai, minyak peppermint dan minyak kayu putih. Aroma yang kuat tidak disukai tikus dan otomatis akan membuatnya menghindar.

Cara mengusir tikus ini akan efektif jika konsentrasi minyak 5-10%. Namun, jika punya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, maka waspadalah karena beberapa dari minyak atsiri justru bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan anda di rumah.

3. Pasang jebakan tikus

cara membasmi tikus

Menjebak adalah cara mengusir tikus tradisional yang bisa anda gunakan untuk membasmi tikus. Ini adalah metode bebas racun untuk mengurangi populasi tikus atau memindah ke habitatnya. Anda hanya perlu memasang umpan seperti makanan dan tempatkan di area yang sering dilalui tikus.

Perangkap ini macamnya banyak. Ada yang berupa kandang besi hingga jebakan yang membuat tikus langsung mati. Agar aman, gunakan jebakan kandang agar anda bisa membuang tikus di habitatnya, alih-alih membunuhnya.

4. Menutup celah

Tikus tidak membutuhkan lubang besar untuk masuk ke dalam rumah. Sehingga, anda perlu menutup semua celah pada area dinding, tembok, maupun atap rumah. Anda bisa menutup lubang dengan plat, wok kawat, semen maupun dempul.

Untuk hal ini, anda perlu tahu darimana tikus berasal, kemudian tutup titik masuknya. Ini tidak akan efektif untuk rumah kayu, karena rumah kayu cenderung pada gangguan rayap. Tapi jika anda menutup semua celah, tikus tidak akan terdorong unruk menggerogoti dinding rumah anda.

5. Membersihkan rumah

cara membasmi tikus

Tikus suka tempat berlindung dan bersembunyi, sehingga salah satu cara mengusir tikus di rumah terbaik adalah menghilangkan tempat persembunyiannya. Hal ini bisa anda lakukan dengan membersihkan di dalam dan sekitar rumah anda. Jangan lupa untuk menjauhkan benda-benda dari dinding.

Simpan semua sampah di tempat tertutup, bersihkan tumpahan makanan atau minuman dengan cepat, jaga kebersihan pipa dan saliran pembuangan. Rumah yang bersih dan minim aroma makanan akan membuat tikus enggan datang dan akan pergi mencari sarang lain.
 

6. Buat rumah tidak menarik

Maksudnya bukan menjadikan rumah minimalis anda jadi kumuh atau jelek, tetapi adalah tidak menarik bagi tikus. Tikus juga datang untuk makan, sehingga buatlah area makanan di rumah anda tidak bisa diakses oleh tikus.

Ingatlah kalau tikus mampu mengunyah wadah plastik tipis dengan mudah. Jadi anda bisa mengganti wadah di dapur yang berbahan logam, atau menyimpan makanan di tempat aman tak terjangkau tikus seperti kulkas.

7. Memelihara kucing

Ini adalah cara mengusir tikus paling menyenangkan. Disisi lain sebagai binatang peliharaan yang lucu, kucing bisa menjadi ancaman untuk tikus. Bahkan, tikus tidak akan berani mendekat di tempat dimana dia mencium aroma kotoran kucing.

FAQs

Kenapa bisa ada tikus di rumah?
Tikus ada di rumah anda karena ada yang menarik perhatiannya, yaitu makanan dan tempat berlindung. Jika anda tidak merapikan rumah ada dan ada sisa makanan dimana-mana, maka tikus akan menyukainya.

Tikus paling takut sama bau apa?
Tikus takut dengan bau menyengat seperti cuka, serai, amonia, larutan pemutih, kapur barus, bedak bayi dan bahan alami berbau menyengat. Cara mengusir tikus dengan bahan alami adalah menggunakan bawang, lada hitam, minyak astiri, larutan cabai, kulit durian, ampas teh, kopi, kayu manis dan bahan berbau menyengat lainnya.

Benda apa yang ditakuti tikus?
Tikus tidak takut pada benda, tetapi takut dengan aktivitas manusia karena lebih besar dari mereka. TIkus juga takut pada predator seperti elang, ular, kucing dan hewan lain yang memburu hewan pengerat.

Apa kelemahan tikus?
Tikus tidak suka dingin dan aroma menyengat.

Tikus rumah apakah berbahaya?
Meski biasanya tidak berbahaya, tikus rumah bisa merusak peralatan furniture hingga menggerogoti kabel. Disaping itu, pada umumnya tikus bisa jadi berbahaya karena dapat menularkan penyakit ke manusia, diantaranya pes dan pneumonia, tifus murine, salmonella, leptospirosis, hantavirus dan tularemia.

Itu adalah beberapa cara mengusir tikus di rumah yang bisa anda lakukan. Sebelum itu, anda juga harus mencari alasan kenapa ada tikus bersarang di rumah. Rumah yang bersih, rapi dan terjaga kelembabannya tentu tidak akan nyaman untuk tikus. Jadi, rutinlah membersihkan rumah anda setiap waktu!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel