10+ Cara Membasmi Rayap yang Ampuh Serta Pencegahannya

Cara membasmi rayap bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang membasmi dengan melakukan pencegahan terlebih dahulu, ada yang langsung menggunakan obat pembasmi rayap dan ada pula yang menggunakan cara-cara tradisional.

Seperti yang kita ketahui, begitu rayap menyerang rumah dan mulai memakan perabot kayu, akan sangat sulit untuk membasminya. Selain ukuran yang sangat kecil, rayap mudah berkembang biak di tempat yang tidak terduga. Kadang anda bisa tiba-tiba menemukan serbuk kayu dan lubang kecil, tetapi entah dibagian mana rayap bersembunyi.

cara membasmi rayap kayu 
Cepat atau lambat, rayap akan merusak furniture kayu di rumah. Jika tidak dibasmi, rayap dapat berkembang biak dan merusak perabot kayu yang lain. Nah, ada beberapa cara membasmi rayap yang bisa anda lakukan disamping pencegahannya.

Cara Membasmi Rayap

1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah cara alami yang bisa dilakukan untuk melindungi furniture rumah anda. Campurkan gel lidah buaya dan air dengan perbandingan 5 : 1, kemudian semprotkan pada furniture. Ulangi perawatan tersebut selama beberapa hari agar campuran meresap dalam pori-pori kayu.

Pdaa lidah buaya terkandung aloin, senyawa kimia pahit yang akan mencegah rayap mengunyah kayu furniture rumah. Meski tidak membunuh, cara membasmi rayap ini cukup efektif untuk pencegahan awal. Namun, hindari penggunaan lidah buaya yang dicampur dengan wewangian atau bahan lain yang bisa menarik rayap.
 

2. Gunakan minyak jeruk dan minyak nimba

obat pembasmi rayap

Kedua minyak ini dapat menghambat rayap berganti kulit dan bertelur. Campuran minyak ini akan membunuh rayap dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengusir rayap, campurkan setengah liter air dengan beberapa tetes sabun cuci, kemudian tambahkan sekitar 10 tetes minyak jeruk atau nimba,

Semprotkan campuran tersebut ke furniture yang rawan rayap kayu. Metode ini efektif untuk rayap kayu kering daripada rayap tanah dan bisa menjadi cara membasmi rayap yang mudah dilakukan.

3. Menggunakan obat pembasmi rayap

Cara membasmi rayap yang paling mudah anda lakukan adalah membeli pembasmi rayap yang banyak dijual di pasaran. Ini adalah cara membasmi rayap kayu yang mudah dan efektif karena dapat menghapus seluruh koloni. Anda hanya perlu menyemprotkan insektisida langsung ke lekukan dan lubang yang anda temukan.

Berikut beberapa obat pembasmi rayap yang bisa digunakan :

Untuk mencegah rayap menyerang, sebaiknya anda menggunakan semprotan anti rayap terlebih dahulu pada kayu yang akan dicat. Kemudian, tunggu hingga kering dan lanjutkan dengan cat.

4. Taburkan asam borat

Asam borat mungkin kurang beracun bagi rayap. Namun, asam ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan rayap, membuatnya dehidrasi dan mati dalam beberapa hari. Anda hanya perlu menaburkannya di sekitar furniture atau lubang rayap.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai campuran air untuk disemprotkan ke area. Namun, perlu hati-hati karena dapat membahayakan anak-anak dan hewan jika tertelan. Pencegahan lanjutan dapat anda lakukan dengan mengecat furniture setelah cairan borat kering.

5. Menyuntikkan cacing parasit

cara membasmi rayap kayu

Cara membasmi rayap ini mungkin masih jarang dilakukan. Nematoda adalah parasit mikroskopis yang dapat menggali ke dalam untuk membunuh rayap. Anda bisa mendapatkan cacing ini di toko obat hama. Metode ini efektif untuk rayap tanah daripada rayap kayu kering.

Anda hanya perlu mencampurkan nematoda dengan air dan semprotkan pada furniture sehari sekali sampai masalah rayap hilang. Nematoda tidak merusak kayu dan tidak berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Bahkan, nematoda akan mati secara alami dengan sendirinya.

6. Gunakan cat enamel epoksi untuk penghalang

Cara membasmi rayap ini cukup mudah dan efektif untuk mencegah rayap memakan furniture anda. Jika ada retakan, tutup semuanya dengan dempul kayu, kemudian oles dua lapis cat untuk perlindungan lebih menyeluruh.

Anda juga bisa memberikan perlindungan dengan menggunakan cat anti rayap seperti Startrex Anti Rayap & Pengawet Kayu Tahan Api. Selain melindungi kayu dari serangga, juga melindungi kayu anda dari jamur dan pembusukan. 

7. Gunakan garam dan cabai

obat pembasmi rayap

Membasmi rayap dengan garam banyak dilakukan karena bahannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air hangat garam, kemudian semprotkan atau suntik ke titik masuk rayap. Air garam dapat membuat rayap dehidrasi dan akhirnya mati.

Sedangkan cabai dikenal sebagai bahan organik pengendali hama. Anda hanya perlu menaburkan bubuk cabai merah di sarang rayap untuk mengusir maupun membunuhnya secara bertahap.

8. Membuang barang-barang bekas

Agar rayap tak semakin merajalela, membuang barang yang sudah terserang atau barang bekas lain cukup efektif. Kayu bakar, kayu kardus dan koran bekas menyediakan lingkungan yang baik bagi hama seperti rayap untuk berkembang biak.

Sehingga anda bisa membuang barang-barang tidak terpakai tersebut beserta puing-puingnya. Jika kamar anda diserang rayap, pas tidak tidak membawa barang-barang seperti furniture ke dalam kamar. Pastikan anda sudah membasmi rayap terlebih dahulu.

9. Perbaiki kebocoran & pembusukan

cara membasmi rayap kayu

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah tindakan pencegahan. Perhatikan kebocoran atau pembusukan di rumah anda. Atap rusak dan dinding lembab sangat sempurna untuk tempat tinggal koloni rayap. Perbaiki kebocoran dan lakukan inspeksi khususnya di sudut rumah maupun tempat lembab.
 

10. Menjemur furniture

Ini adalah cara membasmi rayap yang paling mudah dilakukan karena hanya memerlukan sinar matahari. Jika memungkinkan, bawalah perabot yang terserang rayap di bawah sinar matahari. Jemurlah disana setidaknya tiga hari berturut-turut.

Rayap tidak tahan panas dan tidak tahan dingin. Dengan menjemur furniture, panas akan membunuh rayap dan menghilangkan kelembaban dari furniture, sehingga mencegah rayap kembali. Sebelum membawa kembali ke rumah, gunakan semprotan rayap terlebih dahulu untuk pencegahan.

11. Singkirkan kelembaban

cara membasmi rayap kayu

Kelembaban adalah salah satu alasan utama yang menarik semua hama ke rumah anda, termasuk rayap. Jika tinggal di lingkungan lembab, anda bisa menggunakan dehumidifier untuk mengatur kelembaban. Saat cuaca panas, nyalakan AC di siang hari untuk mempertahankan suhu dingin di rumah.

12. Beri jarak antara tanah dan kayu

Rayap tak hanya menyerang furniture di dalam rumah saja. Jika anda memiliki taman, pastikan ada jarak antara tanah dan furniture kayu. Jarak akan membantu mencegah serangan rayap pada pondasi rumah dan perabotan.

Cara membasmi rayap dengan pencegahannya, anda bisa menggunakan batu atau semen untuk memisahkan area tanah dari area kayu. Ini bisa dilakukan terutama di teras, taman dan sebagainya, untuk membuat penghalang fisik bagi rayap.

13. Memanggil jasa basmi rayap

Jika rayap sudah membuat frustasi, anda bisa memanggil profesional untuk melakukannya. Perawatan dari profesional bisa membuat rumah anda bertahan hingga lima tahun tanpa gangguan rayap. Cara membasmi rayap yang efektif dan efisien akan dilakukan sekaligus dengan perlindungan kedepannya.

Biasanya harga jasa basmi rayap dihitung berdasarkan total luas bangunan dengan estimasi harga per m2. Untuk hal ini, anda bisa langsung negosiasi dengan jasa profesional terkait.

Itu adalah beberapa cara membasmi rayap beserta pencegahannya yang bisa anda lakukan. Anda bisa menggunakan cara alami yang mudah dan ekonomis, maupun menggunakan bahan kimia untuk hasil lebih cepat. Yang pasti, selalu perhatikan keamanan sebelum menggunakannya!. Semoga artikel Cara Membasmi Rayap bermanfaat!

Related Posts