10 Tips Memilih Kitchen Set untuk Tampilan Nyaman & Serbaguna

Tips memilih kitchen set bisa anda jadikan patokan untuk memiliki furniture yang tepat. Sebagai elemen dekoratif utama pada dapur, kitchen set harus memenuhi beberapa kualifikasi fungsional. Kitchen set yang baik tidak hanya harus besar dan mewah, tetapi juga harus menjadi elemen dekoratif yang bagus diterapkan pada dapur minimalis anda.

Kitchen set adalah perabot dapur yang terdiri dari kabinet, countertops, backsplash kitchen set, cooker hood dan rak dinding terbuka. Desain dan model perabotan harus disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari yang dilakukan di dapur, tempat dimana kitchen set diletakkan. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Tips Memilih Kitchen Set

1. Fungsional

dapur minimalis
Dulunya dapur berfungsi untuk menyiapkan makanan. Namun, konsep modern mengimplementasikan beberapa fungsi lainnya, seperti tempat untuk berkumpul untuk teman dan keluarga, serta bisa menjadi tempat untuk mengerjakan hal lain selain memasak.

Sebelum memilih kitchen set, luangkan waktu untuk memikirkan distribusi ideal dapur anda. Hal ini agar anda dapat menyesuaikan furniture dapur dengan kebutuhan dan ruangan. Sesuaikan dapur dengan kebutuhan, bukan sebaliknya.

2. Praktis

kitchen set minimalis

Jika memilki dapur minimalis, tips memilih kitchen set ini wajib anda lakukan. Bukaan furniture adalah salah satu elemen penting yang harus diperhatikan apabila anda memiliki dapur kecil. Furniture - dalam m hal ini kitchen set, harus memiliki bukaan praktis yang tidak menghalangi banyak ruang.

Opsi terbaik adalah menggunakan pintu geser atau laci tanpa pintu (seperti rak-rak'an). Jika anda memilih furniture dengan pintu yang terbuka keluar, tempatkan di tempat yang tidak menghalangi ruang. Dengan begitu, dapur minimalis anda tidak akan penuh sesak.

3. Material yang Tepat

Biasanya, material kitchen set tidak terlalu menarik pada pandangan pertama. Namun, jika ada banyak pilihan material, anda pasti bingung mana yang baik untuk dapur anda. Bukan dari segi ketahanan dan kekuatan saja tapi dari tema rumah anda.

Furniture dan peralatan stainless steel ideal untuk dapur modern. Sedangkan lapisan kayu dan tembaga pilihan yang baik untuk gaya tradisional atau pedesaan. Untuk gaya lain, mungkin minimalis, anda bisa menggunakan kombinasi material lain yang cocok sesuai gaya.

4. Stylish Sesuai Gaya

dapur cantik

Tips memilih kitchen set selanjutnya adalah menyesuaikan furniture dengan gaya dapur anda. Dari berbagai gaya dapur minimalis, yang paling menonjol adalah tema modern, klasik dan pedesaan. Jika anda memiliki dapur semi terbuka, maka anda juga harus mempertimbangkan gaya ruang lain di sebelahnya.

Sebelum menentukan pilihan kitchen set, pertimbangkan estetika keseluruhan dapur, bahkan seluruh rumah anda. Jika ingin sesuai yang unik dan orisinal, gaya ruang dapur dan kitchen set harus serasi.

5. Skema Warna yang Serasi

desain dapur minimalis

Pemilihan warna adalah salah satu tips memilih kitchen set paling utama yang biasanya dipertimbangkan lebih dulu. Memilih skema warna untuk dapur sangat penting. Anda harus memastikan bahwa warna kitchen set cocok dengan cat dinding ruang dapur.

Warna putih tak selalu cocok dengan skema warna apapun, karena ada berbagai variasi cat warna putih. Misalnya, warna putih salju memiliki rona biru, sedangkan putih hangat memiliki rona kuning dan memadukannya akan tampak kontras.

Jadi pastikan bagaimana warna ruangan anda sebelum memilih kitchen set. Hal ini penting juga untuk memilih backsplash dan countertops.

6. Ukuran Kitchen Set Ergonomis

ukuran kitchen set

Tips memilih kitchen set yang harus anda perhatikan adalah ukuran tingginya. Furniture yang ada di dapur seperti kitchen dan countertops harus ada pada ketinggian ergonomis yang memungkinkan anda berdiri dengan posisi yang benar dan nyaman saat beraktivitas.

Jika perhitungan terlalu rendah, anda cenderung akan membentuk dan akan mempengaruhi kondisi punggung anda. Ini juga berlaku untuk ukuran yang terlalu tinggi. Jadi, pastikan anda menempatkan pada ketinggian dimana anda mudah menjangkaunya.

7. Pertimbangkan Ukuran & Tata Letak

tata letak kitchen set

Sebelum membeli kitchen set atau perabot dapur lainnya, anda harus mempertimbangkan ukuran ruangan, karena mengatur tata letak dapur tidak mudah. Hal ini bisa jadi prioritas karena nantinya berguna dalam hal fungsionalitas. Anda perlu ukuran yang tepat agar perabotan dapur pas.

Desain dapur minimalis bentuk L ideal untuk ruang kecil, karena sesuai dengan desain sempit dan panjang. Pastikan untuk memakai konsep segitiga dapur (storage-wash-cook) agar nyaman saat beraktivitas. Pekerjaan dapur biasanya terpusat pada konsep segitiga tersebut, sehingga peletakannya tidak boleh jauh atau bertolak belakang agar tidak menyusahkan.

8. Ada Rak Khusus untuk Celah

rak dapur minimalis

Biasanya ketika merakit atau masang furniture di dapur, anda menemukan ada space atau celah yang mungkin tidak berguna. Nah, anda bisa mengatasinya dengan memasang satu rak dapur atau lebih pada ruang kosong tersebut untuk tempat penyimpanan bahan atau alat memasak.

Dengan memanfaatkan celah, dapur akan memiliki lebih banyak ruang yang berguna. Hal ini sangat berguna untuk dapur minimalis, dimana setiap celah harus dimaksimalkan.

9. Ketahanan Countertops Baik

countertops kitchen set

Countertops adalah perabot utama di dapur. Jadi anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Dua karakteristik utama yang harus dimiliki countertops adalah ketahanan dan daya tahan. Semua itu tergantung kebutuhan anda.

Anda haru mempertimbangkan bahan yang digunakan untuk membuat countertops. Contoh materialnya seperti kayu, granit atau marmer. Untuk memilihkan, tetap sesuaikan dengan gaya atau tema dapur dan rumah anda.

10. Siapkan Anggaran

Tips memilih kitchen set terakhir adalah siapkan budget yang cukup, karena dapur adalah bagian rumah yang paling mahal. Bukan tanpa alasan, dapur sering mengalami keausan dan anda membutuhkan furniture berkualitas untuk bertahan bertahun-tahun.

Selain itu, perabot dapur harus tahan panas dan noda karena melibatkan suhu panas dan bahan-bahan makanan. Oleh sebab itu, anda harus menyiapkan anggaran untuk menemukan harga terbaik. Tidak perlu terlalu royal dengan peralatan canggih, tetapi pastikan memilih yang berkualitas untuk menghindari kerusakan dalam waktu dekat.

Itu adalah 10 tips memilih kitchen set atau perabot dapur. Dapur yang tertata rapi dan indah akan membuat ruangan tampak lebih menarik, nyaman dan efektif. Semoga bermanfaat!

Ref : decortips ; futuristarchitecture

Related Posts