Intip 7 Variasi Cat Warna Putih dan Tips Memilihnya untuk Interior

Memilih warna pada hunian tidak selalu mudah. Tidak sedikit yang justru membuat hunian terlihat dingin, bahkan norak karena pemilihan warna yang tidak serasi. Putih adalah warna cat dinding sederhana dan paling populer untuk rumah modern masa kini. Warna cat putih memiliki banyak nuansa dan nada yang berbeda. Putih tidak hanya putih, tetapi ada putih murni, putih gading, putih susu dan sebagainya.

Jika anda memilih cat dinding warna putih, harus dipertimbangkan juga putih seperti apa yang tepat untuk rumah anda. Variasi cat tembok warna putih yang satu dan yang lain memang sulit untuk dibedakan. Ada berbagai variasi warna putih, bahkan pada merk produk yang berbeda, akan berbeda jumlah varian warna putih antara yang satu dengan yang lain.

Ada ratusan varian cat warna putih yang tersedia dan semuanya dianggap putih. Bisa dibilang, mencari warna putih yang diinginkan memang gampang-gampang susah. Mungkin anda tidak dapat mencari salah satu diantara warna putih yang anda inginkan, tetapi anda dapat mengubah cara anda mencari cat tembok yang sempurna. 

Cat Rumah Minimalis Warna Putih

Berikut variasi cat warna putih paling populer dan banyak diaplikasikan pada hunian :

1. Putih Krem (Creamy White)

warna rumah minimalis
Ruang tamu bercat putih bisa menjadi tempat yang santai, apalagi jika diaplikasikan pada rumah minimalis, bisa menjadikannya tampak luas. Putih krem memiliki warna yang lembut dan cukup hangat, sehingga sangat cocok diplikasikan pada ruang tamu. 

Kombinasikan warna putih krem dengan warna berani yang cenderung gelap, maupun warna netral atau cerah. Anda bisa menambahkan warna lain pada furniture, hiasan dinding, pigora, karpet, lantai, lampu dan sebagainya. 

2. Putih Salju (Snow White)

desain rumah minimalis

Warna cat dinding putih salju adalah perpaduan yang sempurna antara terang dan gelap. Warna ini tidak mencolok, tetapi warna putih yang dalam. Warna ini bisa dikombinasikan dengan warna apapun dan bisa diaplikasikan sebagai warna trim, dinding atau kabinet. Pola putih salju pada furniture atau kusen yang menekankan ruang dapat menciptakan tampilan harmonis.

3. Putih Antik (Antique White)

cat rumah minimalis

Jika ingin ruangan yang lebih tradisional, warna ini sangat cocok. Hampir sama dengan variasi pada nomor 1, warna cat putih antik ini adalah warna cat krem hangat yang sebenarnya adalah warna kuning dengan dasar netral yang ditambahkan. Warna ini tidak hanya mengambil nada kuning, tetapi juga bisa mengambil nada oranye, merah, biru, hijau, abu-abu dan sebagainya. 

Warna putih antik ini bisa menjadi cara yang sempurna untuk menyeimbangkan cahaya alami. Sehingga bagi anda yang memiliki kamar atau ruangan yang menghadap ke barat atau timur, cat ini sangat cocok digunakan. Warna cat putih antik ini jika mendapat sinar matahari sore, akan lebih terasa kehangatannya. 

4. Putih Dingin (Cool White)

cat rumah minimalis

Dinding putih dingin cocok untuk pengaturan furniture dan jendela warna putih. Warna ini menciptakan ruang yang tenang dengan sedikit kontras. Warna putih polos yang sejuk ini sangat cocok untuk ruang kontemporer karena memberikan kesan modern. 

Ruang kecil pada desain rumah minimalis akan terlihat lebih terang dan lebih lapang dengan cat putih dingin ditambah jendela lebar. Baca : 54 Desain Ruang Tamu Nuansa Putih, Elegan dalam Kesederhanaan.

5. Putih Gading (Ivory White)

cat rumah minimalis

Putih gading adalah warna putih yang memiliki corak unik. Putih gading memberikan kedalaman warna pada ruangan dan rumah, tanpa membuatnya menjadi kuning atau krem. Ini juga cara yang bagus untuk memberikan kesan "tua" pada ruangan serba putih. Jika tidak ingin ruangan terasa dingin, gunakan warna putih gading. Untuk menambahkan kehangatan, gunakan lantai kayu dan efek lampu halogen yang terang. 

6. Putih Hangat (Warm White)

cat rumah minimalis

Penggunaan warna cat dinding putih hangat memberikan kesan bersahabat. Warna ini meniru cahaya matahari dengan nada merah dan kuning, sehingga sangat ideal untuk ruangan yang kekurangan cahaya alami. Meski cat mungkin tidak tampak berwarna, tetapi dapat membawa kehangatan pada ruangan anda. 

7. Putih Cemerlang (Briliant White)

cat rumah minimalis

Warna putih cerah (putih murni) dapat memantulkan kembali hampir semua cahaya yang mengenainya ke sekitar ruangan untuk mencerahkan sudut-sudut gelap. Warna ini pilihan baik untuk ruangan kecil dengan cahaya alami yang cukup. Warna ini juga cocok dikombinasikan dengan warna putih salju atau putih gading saat digunakan pada kayu dan langit-langit untuk menciptakan tampilan yang segar dan menenangkan.

Bagaimana Memilih Warna Terbaik ?

Putih selalu menjadi pilihan warna cat dinding rumah minimalis. Warna netral serbaguna ini adalah salat satu warna paling populer untuk interior, menawarkan kanvas kosong yang mencerahkan ruang gelap dan membuat ruangan kecil terasa lapang dan luas. Ketika anda mencari cat warna putih, pasti ada banyak pilihan yang pasti membuat anda kembali memutar otak. 

Lalu bagaimana mendapatkan warna putih yang tepat untuk rumah?.

cat rumah minimalis

Warna putih dapat bervariasi dan enam variasi populer diantaranya sudah dibahas di atas. Selain itu masih ada ratusan variasi warna putih mulai putih kehijauan, putih biru es dan sebagainya. Hal paling mudah untuk menentukan warna putih terbaik adalah dengan menemukan nada yang paling sesuai dengan gaya rumah dan aspek cahaya pada ruangan. 

Berikut tips warna putih untuk ruang :
  • Putih Cemerlang (Briliant White) : Cocok untuk ruang kecil yang dipenuhi cahaya. 
  • Putih Hangat (Warm White) : Cocok untuk ruangan yang mendapat sedikit sinar matahari. 
  • Putih Dingin (Cool White) : Cocok untuk ruangan yang mendapat banyak sinar matahari. 
Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan banyak pemilik rumah adalah memilih warna cat yang indah, kemudian menerapkan langsung ke dalam rumah. Untuk itulah anda perlu menguji pilihan cat sebelum melakukan dekorasi menyeluruh pada ruangan. 

Warna putih adalah warna abadi. Anda bisa mengaplikasikannya pada hunian klasik atau kontemporer. Warna putih dapat terlihat hangat maupun dingin, tergantung nadanya. Hal ini yang membuat dinding warna putih tampak sempurna di hampir semua ruangan. 

Cat dinding warna putih dapat mengubah rona secara dramatis dari ruangan satu ke ruangan yang lain. Jadi sebaiknya selalu uji warna untuk memeriksa nada warna yang tepat dan sesuai. Anda bisa mengujinya pada siang dan malam hari untuk melihat bagaimana cat terlihat dalam cahaya alami maupun buatan. Semoga artikel Variasi Cat Putih bermanfaat!