10 Tips Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik Dicoba

Dekorasi ruang tamu penting dilakukan karena ruang depan ini adalah tempat berinteraksi antara pemilik rumah dengan orang lain. Sehingga dalam hal dekorasi, ruang tamu adalah ruang paling penting di rumah karena merupakan ruang pertama yang akan dilihat siapapun yang datang. Jadi, mendekorasinya mungkin bisa menjadi lebih rumit.

Ada beberapa dasar yang cukup jelas dalam hal dekorasi ruang tamu minimalis, yaitu harus memiliki meja, kursi sekaligus kenyamanan untuk menjamu tamu. Ada berbagai hal yang bisa anda lakukan untuk menjadikan ruang tamu indah dan nyaman. Nah, beberapa tips ini bisa membantu anda menciptakan ruang tamu yang cantik dan fungsional untuk rumah minimalis modern.

Dekorasi Ruang Tamu

1. Segarkan dengan warna tema

ruang tamu minimalis
 
Warna yang dipilih untuk ruangan sangat mempengaruhi mood tamu yang datang. Secara tidak langsung, warna dapat memberi energi dan menenangkan. Sehingga anda harus menentukan suasana apa yang ingin anda tunjukkan, entah itu santai, hangat atau malah serius.

Dekorasi ruang tamu yang serba putih dan cerah bisa terasa terlalu 'bersih' dan terkesan sulit didekati. Jika ruangan cenderung menggunakan warna cat dinding gelap, justru seperti gua. Sehingga, memadukan warna gelap dan terang akan menciptakan tampilan dinamis yang seimbang.

Jika ingin menyejukkan suasana, anda bisa menggunakan warna putih, biru lembut dan warna netral lainnya. Untuk furniture bisa menggunakan warna yang lebih tua. Yang pasti, anda harus mengkombinasikan warna cerah dan gelap agar terkesan ramah dan tetap seimbang.

2. Tentukan gaya dinding dan plafon

ruang tamu minimalis
 
Bisa dibilang ruang tamu adalah tempat penyambutan atau ruang publik di rumah anda. Untuk mengekspresikan kepribadian anda, anda bisa memberikan pelapis dinding atau wallpaper dan model plafon untuk dekorasi ruang tamu minimalis sesuai gaya anda.

Jika suka tema tradisional, anda bisa membuat model plafon kayu atau menambahkan aksesoris trim antara plafon dan dinding. Trim ini dapat menutupi area dimana lantai dan dinding maupun dinding dan plafon bertemu, sehingga dapat menambah estetika interior.

Pilih juga wallpaper ruang tamu dengan tekstur kuno agar serasi. Hal ini berlaku untuk gaya rumah minimalis modern hingga rumah mewah.

3. Tentukan titik fokus

ruang tamu minimalis
 
Titik fokus adalah area dimana mata orang akan tertuju kesana saat pertama kali masuk. Biasanya titik fokus dapat berupa TV, perapian dan sebagainya. Namun, jika tidak memiliki titik fokus alami, anda bisa menggunakan ornamen dekorasi.

Anda bisa coba dekorasi ruang tamu dengan menaruh cermin besar di dinding sebagai titik fokus, piano, atau karya seni lainnya. Kemudian, hias area disekitarnya yang dapat mengubah penampilannya menjadi menonjol dan segar dipandang.

4. Pilih karpet lantai yang stylish dan nyaman

ruang tamu minimalis
 
Dekorasi ruang tamu yang cukup simple adalah memasang karpet. Pilihlah karpet atau penutup lantai yang memberikan kenyamanan pada kaki serta bekerja dalam desain. Karpet adalah salah satu pilihan paling populer untuk lantai ruang tamu berbahan kayu, meski bisa digunakan juga pada ubin keramik dan batu.

Karpet bermotif dapat memberi kesan hidup pada ruangan serta dapat meminimalkan munculnya noda atau aus. Jika anda suka lantai yang tidak terlalu tebal, pilih karpet netral solid agar perhatian terfokus pada furniture atau hiasan ruangan.

5. Pilih furniture yang tepat

ruang tamu minimalis

Memiliki furniture minimalis meruapakan salah satu cara dekorasi ruang tamu kecil yang mudah. Anda bisa memiliki kursi, sofa hingga kursi samping yang mudah dipindah untuk membuat banyak pilihan di ruang tamu. Furniture ramping akan membuat ruangan tampak lebih luas, nyaman dan santai.

Menggunakan kursi yang udah dipindah akan memudahkan anda jika ada tambahan tamu. Anda bisa menggunakan beberapa bangku kecil agar jarak perpindahannya lebih dekat. Dengan kata lain, anda memberi pilihan untuk duduk lebih dekat atau lebih jauh dari kursi utama.

6. Atur tata letak furniture untuk interaksi

ruang tamu minimalis
 
Ruang tamu adalah ruang berkumpul, jadi gunakan penataan furniture untuk mendorong percakapan dan interaksi. Aturlah tempat duduk saling berhadapan jika anda menghuni rumah minimalis.

Untuk ruang yang besar, dekorasi ruang tamu yang bisa dilakukan adalah membagi menjadi dua kelompok percakapan agar lebih nyaman dan akrab. Anda bisa menggunakan kursi minimalis yang mudah dipindah untuk memungkinkan anda memperluas lingkaran percakapan dan tetap menjaga keakraban.

7. Atur pencahayaan yang baik

ruang tamu minimalis
 
Dekorasi ruang tamu yang harus diperhatikan selanjutnya adalah pencahayaan. Pencahayaan di ruang tamu harus diarahkan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan santai. Mendapat pencahayaan yang tepat dapat menyatukan keseluruhan tampilan.

Ruang tamu yang cerah dapat membuat tamu nyaman dan lebih santai. Lampu meja yang memfokuskan cahaya ke bawah akan mendorong orang untuk duduk santai. Anda bisa menggunakan lampu sebagai pencahayaan sekaligus dekorasi interior.

8. Dekorasi area jendela

ruang tamu minimalis
 
Tidak hanya bermanfaat sebagai ventilasi dan cahaya alami, area jendela juga bisa merubah tampilan ruang tamu. Dekorasi ruang tamu anda bisa menjadi elegan dan mewah ketika anda memasang korden dari lantai ke langit-langit.

Untuk nuansa santai dan minimalis, anda bisa menggunakan korden tipis. Pasang dekat lantai hingga dekat langit-langit untuk memberi tampilan visual ruang yang lebih luas. Selain itu, anda bisa memasang beberapa tanaman tahan panas dalam pot di pinggir jendela untuk tampilan unik dan santai.

9. Segarkan dengan tanaman hias

ruang tamu minimalis
 
Tanaman indoor menjadi dekorasi ruang tamu yang layak dipertimbangkan. Tanaman hias akan menjadi sentuhan sempurna di setiap ruang. Hal ini akan menambah kesegaran di ruang manapun dan tentunya dapat memperbaiki mood.

10. Jangan lupakan seni

ruang tamu minimalis
 
Dinding ruang tamu akan menjadi lebih hidup saat anda memajang hiasan atau karya seni. Anda bisa menggantung beberapa hiasan di dinding. Atur ketinggiannya agar sesuai dengan perabot atau dekorasi lainnya, tetapi jangan terlalu tinggi ya!.

Bahkan, anda juga bisa membuat hiasan atau ornamen sebagai titik fokus, Anda bisa memajang lukisan, foto, cermin besar atau karya seni lainnya di dinding belakang sofa. Kemudian menaruh beberapa bantal motif di sofa.

Itu adalah beberapa dekorasi ruang tamu minimalis yang bisa jadi pertimbangan. Yang pasti, jika ingin menciptakan nuansa hangat dan welcoming, jangan terlalu serius dan memakai tema dingin ke dalam ruang tamu. Desainlah ruang yang hangat, nyaman, terasa luas dan ramah. Semoga bermanfaat!

Related Posts