8 Ide Hiasan Jendela, Buat Hunian Unik Super Estetik!

Hiasan jendela bisa mempercantik tampilan interior rumah anda. Meski jarang menjadi perhatian, area jendela yang biasa-biasa saja bisa memberi perubahan yang istimewa di dalam rumah anda. Jika anda ingin mempercantik interior dan bingung apa yang perlu dirubah, mulailah dari jendela.

Seperti yang kita tahu, mendekorasi jendela bukanlah hal yang baru. Hal ini justru banyak dilakukan di sekolah-sekolah sebagai sarana untuk meningkatkan mood atau menghias kelas. Hiasan jendela kelas biasanya terdiri dari aneka kerajinan tangan yang digantung sebagai pengganti tirai. Namun, bukan itu saja yang bisa dilakukan, karena ada banyak ide menarik yang bisa dicoba!.
 

Ide Hiasan Jendela

Berikut beberapa ide dekorasi jendela yang bisa membuat rumah anda menjadi menarik, tampil beda dan tentunya istimewa :

1. Hiasan Jendela Tirai Makrame

hiasan jendela gantung

Tidak semua orang bisa membuat karya seni makrame. Itulah kenapa ini sangat cocok digunakan untuk menghias jendela yang terlihat monoton. Makrame banyak diaplikasikan pada hunian gaya bohemian (boho).

Makrame ini bisa berfungsi sebagai hiasan, bisa juga berfungsi sebagai tirai, tergantung anda memilih modelnya. Anda bisa memilih makrame panjang yang menutupi seluruh jendela atau makrame pendek. Untuk menggunakan makrame, pastikan jendelamu tidak teramat besar ya!.

2. Tanaman Hijau Untuk Kesegaran


Menempatkan pot-pot tanaman hias di bibir jendela dapat membawa kesegaran di dalam rumah anda. Anda bisa menempatkan beberapa pot untuk menghadirkan nuansa bersahaja yang manis dan indah. Tanaman kaktus mini, sukulen dan germanium membuat taman di ambang jendela yang sempurna dan mudah dirawat.

Anda juga bisa membuat hiasan jendela gantung berupa pot tanaman-tanaman kecil unik dari benda-benda bekas, seperti dop lampu, botol, dan sebagainya. Agar lebih menonjol, letakkan pot dan vas warna-warni yang semarak, tetapi jangan sampai tampak norak.
 

3. Layar Jendela Renda

hiasan kaca jendela

Biasanya, layar jendela renda diaplikasikan untuk mengurangi atau menghindari sinar matahari berlebihan yang masuk lewat jendela. Layar jendela adalah salah satu hiasan jendela yang dapat menambah kepribadian dan pesona ruang tamu anda.

4. Kilau Lampu Meriah

hiasan jendela gantung

Banyak yang bisa menjadi hiasan jendela rumah anda, salah satunya adalah lampu rol. Lampu LED sudah digunakan bertahun-tahun untuk menghias area kamar tidur dalam berbagai cara. Menambahkannya ke bingkai jendela akan menambah daya tarik serta menciptakan kesan ceria pada rumah anda.

5. Film Dekoratif

hiasan kaca jendela

Jika anda mencari opsi hiasan kaca jendela yang unik, gunakan film dekoratif. Ada banyak pilihan desain yang berbeda mulai tampilan kaca patri klasik, film buram, film berwarna dan sebagainya.

Hal itu akan menambah karakter ke dalam rumah anda serta membantu menghalangi sinar UV yang tidak diinginkan. Jika anda ingin yang permanen, anda bisa memasang kaca dekoratif, bukan hanya film.
 

6. Tirai Untuk Tampil Eksklusif

tirai jendela

Tirai dapat membuat jendela besar tampak lebih dramatis!. Ini adalah tambahan dekorasi jendela dan bisanya berupa kain tipis untuk estetika daripada privasi. Anda bisa memilih gaya tirai yang otomatis maupun manual.

Ada banyak jenis bahan tirai yang bisa dipilih untuk hiasan jendela, seperti tirai beludru. Tirai beludru warna emas merah, ungu atau cokelat karat dapat memberikan sentuhan akhir yang berkelas pada jendela kaca anda.

7. Hiasan Jendela Kreatif

hiasan jendela kelas

Hal-hal yang kreatif biasanya banyak diaplikasikan di sekolah-sekolah. Hiasan jendela kelas yang seringkali menggantung di jendela terbuat dari bahan sederhana seperti kertas lipat, tisu, pita, monte dan sebagainya. Untuk hal ini, anda harus kreatif membuat kerajinan tangan untuk menghias rumah anda.

Hiasan jendela dari kerajinan tangan bisa dibuat tergantung gaya rumah, entah itu sederhana, modern ataupun merah. Menariknya, anda bisa membuat hiasan gantung sesuai momen. Contohnya hiasan gantung bentuk bintang saat hari natal, bentuk bulan sabit saat bulan ramadhan maupun beragam bentuk lainnya.

8. Lukisan Kaca yang Natural

cara membuat hiasan jendela


Jika anda pelukis, gunakan itu untuk hiasan jendela kaca yang monoton. Kaca jendela yang bersih dan monoton pastinya akan membuat anda bosan. Nah, anda bisa melukis apapun yang sesuai dengan momen atau musim tertentu.

Misalnya anda melukis tupai dan pohon pada musim semi, melukis kereta sinterklas pada akhir tahun dan sebagainya. Jadi, pastikan cat yang telah diaplikasikan bisa dihapus dengan mudah tanpa merusak kaca jendela anda.

Itu adalah beberapa ide hiasan jendela yang bisa anda coba. Banyak ide dekorasi keren untuk jendela anda sesuai tema maupun musim yang berbeda. Namun, jangan lupa untuk membersihkan area jendela agar tampilannya lebih sempurna. Semoga bermanfaat!

Related Posts