Mengenal Gaya Bohemian, Desain Etnik untuk Penyuka Kebebasan

Mendengar kata Bohemian, banyak orang yang tertuju pada film layar lebar di tahun 2018 tentang bank rock Inggris. Kali ini bukan membahas tentang film, tetapi tentang desain interior gaya Bohemian yang sekarang sedang menjadi tren.

Gaya Bohemian eksis dimanapun dia berada, mulai dari desain interior hingga fashion. Gaya desain Bohemian pada interior ini bekerja dengan melepaskan warna, tekstur dan pola dengan menawarkan estetika yang santai dan unik. Gaya ini cocok bagi siapapun yang ingin memberikan sentuhan pribadi pada rumah mereka. 

Desain interior bergaya Bohemian dimulai pada abad ke-19 di Paris yang terinspirasi oleh seniman, penulis, aktor dan traveler yang percaya bahwa kreativitas lebih berharga daripada uang. Nama bohemian dimaksudkan untuk menjungkirbalikkan standar keindahan dengan membuang aturan dan merangkul yang tidak konvensional. 

Desain Interior Bohemian

gaya bohemian
Hal yang menjadi ciri khas tentang desain Bohemian adalah gayanya yang sulit diatur. Gaya bohemian atau dekorasi boho adalah dekorasi untuk mereka yang ingin interior rumahnya lebih hidup, penuh dengan budaya dan barang-barang yang menarik perhatian banyak orang. 

Estetika desain Bohemian bertentangan dengan desain modern yang mencangkup desain kreatif, minimalis, ceria dan tidak konvensional. Gaya bohemian memilih lapisan pola, tekstur dan warna yang bebas. 

Tidak ada pengaturan umum tentang tampilan bohemian seperti yang ada pada desain minimalis atau modern. Inti dari estetika Bohemian adalah pribadi dan santai. Gaya ini tidak ditata untuk kesenangan orang lain, tetapi untuk diri sendiri. 


Karakteristik Gaya Bohemian

Meski tidak ada aturan khusus untuk gaya ini, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipraktekkan untuk menginspirasi gaya boho, seperti melapisi dengan pola eklektik, berbagai pencahayaah dan warna jenuh (warna di bagian luar roda warna).

Berikut beberapa karakteristik desain interior gaya Bohemian 

1. Warna

gaya bohemian

Tidak ada skema warna standar Bohemian. Anda bisa memakai warna netral seperti putih dan cokelat hingga campuran nada yang semarak. Contohnya warna cokelat tua, hijau dan abu-abu sebagai warna dasar, lalu menambahkan aksesoris warna ungu, oranye terang dan biru elektrik. Menggabungkan berbagai warna membuat gaya bohemian terlihat unik. 

Jika ingin tetap terlihat lebih bersih, pilih alas yang lebih netral seperti putih atau cokelat. Jika ingin terlihat lebih berani, pilih warna mencolok seperti pink cerah, ungu amethyst, oranye, hijau atau biru untuk dinding, kemudian tambahkan banyak warna melalui pilihan dekorasi anda.

2. Pola Tidak Serasi

gaya bohemian


Gaya bohemian memungkinkan perpaduan pola yang dianggap tidak serasi menurut gaya desain interior lainnya. Jangan ragu untuk mencampur pola dan tekstur untuk memberi kesan yang menyenangkan dan eksotis. Anda bisa menggabungkan kain goni, sutra, sisal atau beludru dalam ruang yang sama.

3. Furniture Santai

desain bohemian

Furniture bohemian biasanya rendah ke tanah, terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu dan ditutupi dengan bantal dan selimut. Kayu menghadirkan kehangatan dan kenyamanan yang penting dalam ruang gaya boho. 

Beberapa furniture dengan ketinggian dan warna berbeda dapat membuat ruang terasa santai dan menarik. Kursi malas, kursi rotan, end table klasik dan pouf (sofa) adalah beberapa tren desain bohemian yang populer menjadi pengisi ruang tamu. 

Dipandang sebagai gaya yang santai, furniture ramping dengan sandaran lurus tidak akan cocok dalam gaya ini. Pilih kursi yang nyaman dan santai seperti kursi malas atau kursi kupu. Mungkin anda juga tertarik meletakkan permadani dengan bantal sofa untuk suasana lebih ramah?.

Desain gaya Bohemian bukan membuat bagaimana orang lain terkesan, tetapi bagaimana menciptakan suasana yang anda nikmati.  Furniture yang ada dipilih untuk kenyamanan sesuai minat.

4. Dekorasi dan Aksesoris

desain bohemian

Karena gaya ini terinspirasi oleh seniman, desain bohemian menonjolkan item buatan tangan dan kreasi unik yang berbicara tentang individualitas. Hal ini bisa ditemukan pada barang seperti lukisan, patung dan hiasan dinding.

Gunakan karya-karya seperti lukisan, selimut, makrame, patung atau tembikar. Jadikan barang antik tersebut sebagai titik fokus. Anda bisa melengkapi ruangan dengan barang buatan tangan atau cinderamata yang anda sukai. 

Anda bisa menambahkan permadani, memajang botol bekas, peta atau porselen. Meski cenderung eklektik, gaya ini tetap bisa chic dan glamor. Beberapa barang dapat digunakan untuk membantu menceritakan kisah yang unik di ruangan anda. 

5. Pencahayaan

gaya bohemian

Jenis pencahayaan ambient yang hangat sangat cocok untuk gaya Bohemian. Daripada menggunakan perlengkapan overhead, hiasi dengan beberapa lentera, lilin maupun lampu lantai untuk tampilan sempurna. 

Anda juga bisa mengaplikasikan lampu gantung yang mencolok atau lampu gantung modern jika diimbangi dengan dekorasi ruangan yang hangat dan alami. 

6. Tanaman Hias

gaya bohemian

Menambahkan nuansa alami adalah inti dari gaya bohemian. Jadi, hidupkan ruangan dengan tanaman hias seperti pakis, sukulen, philodendron, peace lily atau tanaman gantung untuk warna yang menyegarkan. 

Tanaman tidak hanya memberi semangat pada ruang tetapi juga meningkatkan kualitas udara. Pilih tanaman hias yang tahan terhadap berbagai tingkat cahaya dan suhu seperti philodendron dan peace lily atau variasi sukulen yang membutuhkan sedikit cahaya dan air. 

Mencerminkan Gaya Hidup Nomaden

Desain Bohemian seperti sebuah desain yang menceritakan sebuah kisah. Desain ini menampilkan banyak koleksi pernak pernik dari berbagai tempat, sehingga membuat pemiliknya terkesan memiliki gaya hidup nomaden (pengembara).

Mulai barang seni, buku, patung, bantal, lampu dan semua benda yang ada memiliki fungsi untuk membuat ruang bergaya boho memiliki daya tarik, nyaman dan welcoming

gaya bohemian

Bagaimana memulai desain Bohemian?

  • Pilih objek yang bervariasi dalam warna dan bentuk. 
  • Bawa beberapa barang pribadi seperti kerajinan tangan atau memori dari perjalanan anda dan isi setiap ruang pada interior.
  • Munculkan gambar manik-manik, jumbai, kain berpayet, kanopi dengan warna mencolok.
  • Unsur metalic seperti emas, perak, kuningan dan krom populer untuk desain bohemian. 
  • Tidak perlu kuatir untuk menggabungkan aksesoris yang terlihat tidak cocok. Justru hal tersebut dapat menghadirkan unsur humor. 
  • Bermainlah dengan penempatan dan pengelompokan barang-barang tersebut. Hal ini bisa menjadi memori bisu dalam interior anda. 
  • Kontraskan antara klasik dan modern. Beberapa barang antik atau barang bekas menawarkan elemen penuh perasaan. Menempatkannya pada sesuatu yang modern membuat setiap item yang muncul lebih menarik. Intinya adalah tidak perlu ada kecocokan. 
  • Bawa unsur-unsur alam khususnya kayu yang bisa ditempatkan pada furniture atau aksen. 
  • Tambahkan tanaman agar desain bohemian tidak monoton. 

Desain interior Bohemian adalah gaya yang tepat bagi anda yang tidak suka aturan dan berjiwa bebas. Desain penuh warna warni dan aneka motif ini masih populer di kalangan seniman. Gaya ini paling ekspresif diantara gaya desain lainnya. Secara tidak langsung, gaya boho dapat menunjukkan diri anda dari sisi lain. Tertarik mencoba?.

Related Posts