Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

10 Desain Ruang Tamu Minimalis 3x3, Simple & Stylish

Ruang tamu minimalis merupakan konsep hunian idaman masa kini, khususnya bagi yang menghuni rumah mungil. Ruang yang tidak terlalu luas, memaksa siapapun harus mendesain area ruang tamu sebaik mungkin. Tidak hanya untuk penghuni saja, tetapi juga bagi tamu yang datang.

Sebuah rumah akan terlihat ramah jika memiliki ruang dimana anda harus berkumpul dengan keluarga maupun kerabat. Dalam hal rumah minimalis, biasanya ruang tamu dan ruang keluarga menyatu untuk memaksimalkan fungsi ruang. Untuk itulah dalam mendesain ruang tamu minimalis, anda harus menonjolkan kenyamanan.

Salah satu faktor kenyamanan ruang tamu bisa tampak dari desain dan dekorasinya. Desain ruang tamu kecil bisa tampak menyenangkan jika anda bisa memanfaatkan setiap space yang ada untuk menciptakan keindahan di dalamnya.

Ruang Tamu Minimalis

1. Desain Ruang Tamu 3x3 Pintu Tengah

ruang tamu minimalis 3x3 pintu tengah
Ruang tamu minimalis pada gambar diatas menjadi area penyambutan yang elegan. Didominasi warna yang terang, ruang tamu ini menunjukkan pernak pernik tidak hanya lewat hiasan hinding tetapi juga melalui warna-warna pada karpet, sofa hingga pot tanaman hias. Warna yang selaras, kalem, ditambah hijaunya tanaman hias akan membuat ruang tamu minimalis terasa segar.

2. Desain Ruang Tamu Kecil

desain ruang tamu kecil

Ruang tamu minimalis biasanya identik dengan furniture minimalis. Namun, sofa besar pada sudut ruangan yang tidak menghalangi aktivitas juga bisa menjadi ide yang bagus. Alih-alih memasang banyak hiasan dinding, anda bisa memasang wallpaper dinding ruang tamu yang dapat mengubah suasana dalam ruang sempit.


3. Desain Ruang Tamu Sederhana

desain ruang tamu sederhana

Tidak harus menggunakan sofa satu set untuk menyempurnakan ruang tamu minimalis anda. Anda bisa menggunakan sofa dan kursi kayu sederhana sebagai pendampingnya, asalkan anda sedikit memolesnya agar tampil beda. Menggunakan kayu dan bambu untuk ruang tamu mewah tidak akan membuat rumah anda tampak kuno. Hal itu justru membuat kesan santai ala desain bohemian.
 

4. Ruang Tamu Modern Masa Kini

ruang tamu modern

Desain gambar diatas banyak ditemui pada hunian masa kini. Area kursi di samping memberikan akses mudah untuk keluar-masuk, sekaligus memberi space kosong untuk ruang tamu minimalis. Tentunya hal itu akan membuat ruangan sempit tampak longgar dan menyenangkan. Menambahkan tempat duduk tambahan akan menjadikan ruang tamu lebih sempurna.
 

5. Desain Interior Ruang Tamu Semi Klasik  

desain ruang tamu sederhana

Menunjukkan nuansa klasik tidak selalu dengan area yang luas seperti hunian tradisional. Menciptakan nuansa kuno bisa dilakukan di dalam ruang tamu minimalis dengan menggunakan semua atribut yang sesuai, khususnya material kayu.

Jendela yang lebar, kursi sofa sederhana, plafon kayu dan lantai motif kayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Menambahkan pernak pernik modern dengan karpet, lampu gantung dan pianio klasik menjadikan ruang tamu tampak sempurna.

6. Ruang Tamu Minimalis Nuansa Putih

Ruang tamu mewah

Warna putih banyak dipilih pada ruang sempit karena bisa menciptakan kesan luas. Selain itu, warna putih dapat dikombinasikan dengan semua warna yang membuat anda lebih mudah mendekorasi ruang. Mengkombinasikan warna putih dengan warna terang lain sangat bagus untuk ruang tamu yang minim cahaya, tetapi jangan lupa menambahkan pemanis seperti warna hijau dari tanaman hias.
 

7. Desain Ruang Tamu Simple dan Stylish 

sofa ruang tamu

Membuat area ruang tamu tidak harus di dalam rumah. Banyak hunian masa kini yang memanfaatkan teras sebagai ruang tamu. Ruang tamu minimalis di atas mungkin terlihat sederhana, tetapi sangat bagus dilihat. Perabotan minimalis dengan perpaduan warna yang tidak mencolok membuatnya adem dan nyaman meski tidak mewah.
 

8. Ruang Tamu Minimalis Masa Kini 

ruang tamu modern

Desain ini mirip dengan desain pada poin 4, tetapi terdapat bangku untuk menambah kapastias ruang tamu. Jika anda ingin mengisi kursi tambahan, tidak perlu seragam dengan sofa yang hanya akan memenuhi ruangan. Tambahkan bangku kecil dengan polesan modern seperti memberi bantal atau alas untuk menyatukannya ke dalam tema ruangan.
 

9. Ruang Tamu Multifungsi 

desain ruang tamu kecil

Meski kecil, anda tetap bisa mendesian ruang tamu secantik mungkin. Selain mengaplikasikan warna putih pada dinding, memasang karpet dan cermin dapat membuat efek visual agar ruangan tampak luas. Anda dapat memasang meja kecil, sofa dengan warna selaras dan cermin sebagai dekorasi. Sehingga, anda bisa memanfaatkan area tersebut untuk kegiatan lain seperti belajar, berias dan sebagainya.
 

10. Ruang Tamu Sederhana Menyatu dengan Dapur 

ruang tamu sederhana

Menyatukan ruangan adalah hal lumrah pada rumah minimalis. Ruang tamu bisa menjadi ruang keluarga yang dapat disatukan dengan dapur, agar tempat berkumpul fokus dalam satu ruang. Untuk hal tersebut, desainlah ruang tamu sesantai mungkin. Anda bisa membatasi ruang dengan area lantai yang berbeda atau memasang sekat ruang tamu.

Tips :

  1. Jika ingin ruang tampak luas, gunakan warna-warna terang yang dominan dalam dekorasi dinding. Tidak harus monokrom putih, tetapi bisa warna-warna lembut (muda). Jika ingin memasang wallpaper, pilih motif cetakan kecil yang tidak terlalu cerah.
  2. Lantai ruang tamu tidak boleh terlalu gelap. Tambahkan karpet, kayu parket atau laminasi untuk membuat warna lain pada lantai yang serasi dengan interior ruang tamu.
  3. Plafon ruang tamu harus ringan dan terang.
  4. Sofa kecil adalah ukuran yang tepat untuk ruang tamu kecil.
  5. Tempatkan meja kecil dan beberapa kursi tambahan dengan ukuran serupa.
  6. Jika ingin meletakkan TV di ruang tamu, sebaiknya digantung di dinding. Jika anda ingin memasang rak untuk ruang kecil, pertimbangkan memilih tipe built-in.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel