Mengintip Desain Interior dan Arsitektur Rumah Klasik Modern

Dari banyaknya gaya yang dikenal oleh masyarakat, rumah mewah dengan konsep klasik modern masih menjadi salah satu primadona di Indonesia. Ketertarikan masyarakat akan gaya ini terjadi bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan rumah klasik modern memiliki tampilan yang tak lekang dimakan oleh waktu.
Sejatinya, klasik modern merupakan perpaduan dari dua gaya, yakni 'klasik' yang mewah, megah, dan elegan serta 'modern' yang lebih mengikuti perkembangan zaman. Adanya sentuhan modern pada gaya klasik membuatnya tampilannya lebih ringan namun tetap menunjukkan sisi berkelasnya. Jadi, tidak heran rasanya jika perpaduan gaya tersebut dapat merebut hati banyak masyarakat.

Desain Arsitektur Rumah Klasik

Arsitektur rumah klasik modern sangat lekat hubungannya dengan penggunaan pilar-pilar besar dengan ukiran rumit, bentuk lengkung di atas pintu, hingga atap berbentuk kubah yang memperlihatkan kemegahannya. Namun pada gaya klasik modern, beberapa elemen tersebut dibuat lebih modern dengan permainan garis-garis tegas dan menawan.

Penasaran dengan tampilan arsitektur rumah klasik modern?. Simak beberapa inspirasinya berikut ini!

rumah klasik modern


rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

Desain Interior

Berbeda dari desain klasik yang dipenuhi ukiran-ukiran detail pada setiap sudut interiornya, gaya modern klasik lebih membuatnya sederhana. Tidak hanya itu, penggunaan furniture dan dekorasi yang digunakan pun bisa lebih sederhana dengan tetap menunjukkan unsur mewah di dalamnya.

Misalnya di area ruang tamu, anda bisa menggunakan sofa yang tidak terlalu besar dengan dekorasi chandelier, lukisan, dan ornamen penghias lainnya.

Sebenarnya untuk menghadirkan rumah klasik modern yang mewah penuh gaya, anda bisa menggunakan penyedia jasa desain interior rumah mewah. Namun, pastikan bahwa mereka spesialis dalam gaya tersebut. Berikut beberapa desain yang bisa jadi inspirasi!

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

rumah klasik modern

Ciri Khas Rumah Klasik Modern

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, klasik modern merupakan bentuk pembaharuan gaya klasik agar tampilannya tidak terlalu berat dan dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.

Baik dari sisi desain interior ataupun arsitektur, ada beberapa ciri khas atau karakteristik dari klasik modern yang membedakan dengan gaya pendahulunya. Apa saja, ya?
 

1. Menggunakan Warna yang Cenderung Netral

Warna netral sering diasosiasikan sebagai 'warna aman' untuk rumah Anda. Anggapan tersebut tidaklah salah. Namun pada kenyataannya, warna netral dapat memberikan tampilan rumah yang tidak lekang dimakan oleh waktu.

Pada rumah klasik modern, anda dapat memilih tren warna cat rumah seperti putih, beige, dan coklat muda sebagai dominasi utama. Namun, untuk aksen di beberapa bagian, anda bisa menggunakan sentuhan emas atau hitam untuk mempertegas dan menghadirkan kontras pada keseluruhan tampilannya.
 

2. Menghadirkan Sentuhan Alam

Tahukah anda jika penggunaan material-material seperti kayu dan batuan alam dapat menjadi jembatan untuk menghubungkan gaya klasik dan modern?.

Banyak orang beranggapan kalau penggunaan material-material dari alam akan membuat tampilan interior dan arsitektur rumah anda tampak berat. Padahal, mengaplikasikan material tersebut dapat memberikan kesan mewah dan modern hingga akhirnya kedua gaya pun menjadi lebih selaras.

Tidak hanya itu saja, kehadiran material-material ini juga dapat membuat suasana rumah klasik modern lebih nyaman untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.
 

3. Detail Ornamen yang Lebih Sederhana

Pada desain klasik, anda dapat dengan mudah menemukan ornamen-ornamen yang cukup detail, baik pada interior ataupun arsitektur rumah. Contohnya saja pada pilarnya. Pada bagian atas dan bawah pilar lazim ditemukan ukiran-ukiran rumit untuk menggambarkan kemewahan dan memaksimalkan kesan klasik dari rumah itu sendiri.

Namun pada rumah klasik modern, ornamennya dibuat lebih sederhana agar tampilannya tidak terlalu berat. Kembali kami contohkan pada elemen pilar. Desain pilar klasik modern biasanya tetap besar dan tinggi, namun lebih menonjolkan garis-garis tegas sehingga tampilannya cukup modern.
 

4. Ukuran Furniture yang Tidak Terlalu Besar

Jika furniture pada rumah klasik lebih terkesan grande, lain halnya dengan klasik modern. Untuk memaksimalkan gaya ini, ada baiknya anda menggunakan furniture yang tidak terlalu besar, cukup sesuaikan ukurannya dengan ruangan di rumah. Untuk desain furniture nya, anda tetap dapat memilih yang memiliki sentuhan elegan dan mewah agar kesan klasiknya semakin terasa.

Sentuhan klasik tersebut juga dapat didukung dengan adanya beberapa dekorasi yang cantik. Misalnya, chandelier kristal, lukisan dengan frame kayu, hingga beberapa dekorasi kecil untuk ditaruh pada kabinet display.

Klasik modern menjadi salah satu gaya rumah mewah yang tidak pernah kehilangan peminatnya. Bagaimana tidak, dengan mengaplikasikan gaya ini anda bisa mendapatkan tampilan rumah yang mewah, elegan, megah, namun tetap kekinian. Jadi, apakah anda tertarik untuk memiliki rumah klasik modern?

Jika jawabannya adalah iya, kamu bisa langsung saja konsultasikan beragam kebutuhan desain interior, arsitektur, renovasi, dan pembangunan dari nol Anda bersama penyedia jasa desain interior, salah satunya adalah Lifetime DesignLifetime Design adalah studio interior yang memiliki spesialis dengan gaya klasik. Dengan berbekal pengalaman lebih dari 14 tahun, mereka hadir sebagai solusi jasa desain interior rumah, jasa arsitek, dan furniture terbaik untuk mewujudkan rumah mewah impian anda.

Related Posts