Simple & Penuh Gaya, Ini 20 Desain Kamar Tidur 2 Ranjang

Kamar tidur tambahan menjadi kebutuhan saat anda memiliki buah hati. Bagi anda yang menghuni rumah minimalis, tentu telah mempertimbangkan banyak hal untuk hal itu nantinya, seperti menambah kamar, mengosongkan ruang lain untuk kamar, membuat kamar tambahan di lantai dua atau mendesain kamar bersama.

Anda yang memiliki anak kembar, atau anak yang lebih dari satu, pasti bingung untuk penataan ruang saat anak mulai tumbuh. Menghuni rumah minimalis dengan ruang terbatas, hal yang paling mudah untuk dilakukan sementara waktu adalah mendesain kamar tidur bersama (shared room) untuk anak-anak anda. Untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, kamar bersama mungkin menjadi kebutuhan untuk mempererat ikatan keluarga. 

Tidak mudah mendesain kamar tidur bersama, karena anda harus menciptakan desain yang sama-sama mencerminkan dua kepribadian muda. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai warna, gaya, tata letak, desain dan sebagainya. Ada banyak cara keren untuk menghias kamar sederhana untuk anak-anak. 

Berikut beberapa inspirasi desain kamar bersama yang bisa dicoba :

1. Kamar sederhana penuh gaya

Sekilas kamar ini tampak sederhana, tetapi sentuhan dekorasi yang menawan membuatnya tampak stylish. Perabot kayu ringan dengan warna cat kamar tidur putih hangat menciptakan kesan welcoming. Dekorasi sederhana berupa tongkat, tanaman hias, dan hiasan dinding membuatnya tampil unik dan menyenangkan. 

2. Tempat tidur minimalis yang mudah dipindah


Dengan ruang kamar yang luas, ada banyak ide desain yang bisa dilakukan. Dalam gambar tersebut, ranjang dimodifikasi dengan roda pada kaki-kakinya agar mudah dipindahkan dengan tata letak berbeda. Di ruangan juga ada area belajar, bermain dan beberapa tempat penyimpanan untuk memaksimalkan fungsi ruang.

3. Sekat yang tidak terpisah


Meski kamar bersama, kamar tersebut terkesan memiliki privasi sendiri. Namun, head board rendah sebagai pemisah menampakkan ikatan dalam satu ruang. Anak-anak tidak akan merasa terganggu, tetapi mereka bisa bersama. Ini desain yang cukup bagus untuk mengajarkan sedikit keberanian dalam hal 'tidur sendiri' pada anak. 

4. Kamar modern bertema 


Tidak sedikit anak yang memiliki kesenangan yang sama. Anda bisa mendesain kamar mereka sesuai dengan selera mereka. Ada banyak tema dan warna yang bisa anda gunakan. Satu tema dalam satu ruang akan membuat kamar minimalis anak jadi cantik dan serasi. 

5. Ranjang multifungsi yang bisa ditarik


Jika bingung menempatkan ranjang pada kamar sempit, anda bisa mengaplikasikan ranjang tidur dobel. Ranjang bagian bawahnya bisa ditarik ke dalam, sehingga ketika tidak digunakan, ruangan akan terasa lapang dan bisa dimanfaatkan untuk area bermain. Ketika malam, anda hanya perlu menariknya untuk istirahat anak anda. Kamar ini aman dan ide bagus untuk anak - anak yang masih takut ketinggian. 

6. Kamar tidur anak bertingkat 


Jika sebelumnya model ranjang tarik, anda bisa membuat kamar tidur tingkat untuk anak-anak, asalkan dengan ketinggian rendah. Agar anak tidak malas dan bosan, sertakan desain yang menyenangkan seperti luncuran dan tangga pada dua sisi yang bersatu dengan area bermain di bawahnya. Baca : 46 Desain Kamar Tidur Tingkat, Minimalis & Hemat Tempat.

7. Dua tema dalam satu ruang 


Bosan dengan kamar bersama dengan ranjang sejajar?. Anda bisa mengubah tata letak ranjang dengan arah berbeda untuk sedikit privasi. Masing-masing area tersebut dapat didesain sesuai selera, mulai dekorasi dinding, keset, warna sprei, bantal dan sebagainya. Satu kursi baca ada di pojok ruang untuk menyatukan sekat privasi keduanya. 

8. Kamar tidur minimalis untuk laki & perempuan


Tidak terlalu sulit untuk mendesain dua ranjang dengan tema berbeda. Anda bisa memisahkan kedua tema tersebut dengan sentuhan modern. Meski tidak ada sekat, dua area kamar dipisahkan oleh tema gelap dan terang. Kedua area tersebut disatukan oleh dekorasi dinding berupa hiasan awan-awan yang indah. Kamar mewah yang simple dan unik ini tampak modern pada ruang sempit.

9. Ranjang siku dengan space lebar


Ada banyak tata letak yang bisa anda pilih untuk mendesain dua ranjang, salah satunya adalah ranjang yang ditata siku-siku. Space di antara dia ranjang ini bisa dimaksimalkan dengan menaruh meja bersama di sudut dan area bermain pada bagian luarnya. Dua ranjang dengan letak mengikuti bentuk dinding ini dapat membuat ruang lebih luas secara visual. 

10. Desain kamar tidur remaja kekinian


Desain kamar tidur minimalis di atas banyak diaplikasikan pada masa kini. Tampilan yang simple, stylish dan cenderung dingin ini banyak ditemukan pada twin room hotel, kos-kos'an hingga hunian modern. Kamar ini bisa didekorasi sesuai perkembangan anak. Anda bisa menempatkan area bermain di tengah ranjang, kemudian kelak menggantinya dengan karpet saat anak tumbuh remaja. 

11. Tempat tidur tingkat untuk remaja


Kamar tidur tingkat tidak harus searah, karena anda bisa memilih bentuk L untuk tampilan tampil beda, salah satunya adalah susunan vertikal dan horisontal pada arah ranjang di atas. Hal ini dapat menghemat banyak ruang untuk penyimpanan. 

12. Desain dua tema untuk laki & perempuan


Desain kamar dibatasi tema sesuai kesukaan masing-masing, tetapi disatukan oleh area bermain bersama di tengah. Keterbukaan pada ukuran kamar tidur yang kecil ini akan membuat kamar tidur terlihat lapang dan tidak membosankan. 

13. Dekorasi kamar sempurna untuk anak kembar


Kebanyakan anak kembar memiliki segala sesuatu yang kembar pula, begitu juga dengan desain interior kamar tidur. Desain yang sama tidak akan membuat anak kembar anda iri, kemudian tinggal menambahkan pernak pernik di kamar sesuai hobinya masing-masing.

14. Sekamar beda hobi?, kenapa tidak?


Desainlah kamar anak-anak yang atraktif sesuai kesukaan mereka. Menggantung kanopi di salah satu atau kedua tempat tidur menciptakan ilusi ruang terpisan dan memberikan perasaan privasi tambahan.  Baca : 10 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Atraktif.

15. Serasi tak selalu sejajar


Tata letak kamar siku-siku ini dapat menciptakan space yang cukup luas. Jika sebelumnya meja ditempatkan di sudut untuk meja bersama, maka tata letak kamar siku diatas memungkinkan anda memiliki dua meja yang sejajar dengan ranjang agar mudah dijangkau. 

16. Kamar tidur unik ranjang tiga


Kamar tidur lesehan ini sangat unik. Dengan dua kamar tidur utama, masih ada satu ranjang tambahan di atas. Ranjang diatas dapat dimanfaatkan sebagai tempat privasi anak, atau kamar tambahan jika anda memiliki buah hati lagi. Desain tersebut hampir tidak membuang space, dan mungkin bagian yang lain bisa untuk ranjang ke-4 juga. 

17. Dua ruang dalam satu kamar


Ranjang menghadap satu sama lain ini menunjukkan bahwa sekat diantaranya tidak permanen. Sekat tirai ini bisa dibuka dan ditutup sesuai keinginan penggunanya. Meja belajar yang ada juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat berbincang, bermain maupun hal lain yang dapat meningkatkan ikatan persaudaraan. 

18. Anti mainstream dengan tata letak berbeda


Desain kamar kontemporer ini memiliki furniture kayu dan tema terang yang hangat. Kamar ini dipertegas dengan warna hijau gelap pada salah satu sisi agar ruangan tidak terlalu pucat. Menambahkan kesejukan dengan tanaman hijau, hiasan dinding dan pernak-pernik lain berwarna cerah menciptakan ruangan colorfull yang tidak berlebihan. 

19. Gaya minimalis pada ruang sempit


Kamar minimalis ini banyak menggunakan warna putih agar ruangan terlihat luas. Ada cermin besar juga berkontribusi untuk hal itu secara visual, karena dapat memantulkan cahaya alami dari jendela. Karpet bergaris akan membuat lantai ruangan tidak terlalu monoton. 

20. Desain kamar tidur dengan sekat rak


Tidak hanya sekedar dibatasi, sekat pada kamar tidur bersama ini dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan untuk setiap area. Fasilitas ini akan membuat ruang privasi menjadi lebih nyaman. Cahaya alami dari jendela yang cukup dan warna putih membuatnya tampak luas secara visual dan tentu akan membuat anak anda betah di dalamnya. 

Tips Desain Kamar Tidur Bersama :

  1. Kamar tidur dengan ruang penyimpanan adalah pilihan yang tepat untuk menghemat ruang, apalagi jika menggunakan desain tempat tidur tingkat. Hal ini akan menyisakan banyak ruang untuk tempat bermain. 
  2. Sisakan banyak ruang untuk area bermain. 
  3. Beri anak-anak sedikit privasi sambil menambahkan ruang penyimpanan seperti rak buku di tengah kamar seperti poin 20. Anda juga bisa menempatkan ruang penyimpanan pada headboards. 
  4. Jika anak kembar, berbagi kamar tidur tidak terlalu sulit. Namun bagi anak beda usia, selera dan kebutuhannya berbeda dan anda harus dapat menyesuaikan keduanya. 
  5. Anda bisa menambahkan tirai untuk tempat tidur tingkat. Ini sempurna untuk membangun benteng, menambah ruang privasi jika salah satu ingin tidur lebih dulu. 
  6. Biarkan anak memilih warna yang mereka suka untuk selimut, sprei atau aksesn cat di sisi ruangan mereka. 
  7. Anda bisa menambahkan nama anak-anak pada dinding agar terlihat lucu dan unik. 
  8. Hemat ruang dengan membuat kamar tidur yang berfungsi ganda sebagai ruang bermain. Bagian atas kamar tidur tingkat dapat berfungsi sebagai playhouse dalam ruangan.