10 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Atraktif

Desain Kamar Tidur Anak. Memiliki buah hati adalah dambaan bagi setiap keluarga dan untuk menyenangkan sang buah hati, salah satunya bisa dimulai dari dekorasi kamar tidurnya. Desain kamar tidur anak dan orang dewasa tentu berbeda, karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan dan selalu membutuhkan hal-hal yang membuatnya senang sepanjang hari, disamping duduk setengah hari di bangku sekolah.

Desain Kamar TIdur Anak
Ada beberapa keluarga yang sudah menyiapkan Kamar Bayi setelah masa kelahiran. Ada pula yang menyiapkan kamar saat anak sudah seumur jagung ataupun sudah siap untuk tidur sendiri di dalam kamar pribadinya. 

Bagi anak-anak, tidur sendiri di kamar bisa jadi momok yang menakutkan, tetapi hal tersebut bisa anda siasati dengan desain kamar tidur anak yang menyenangkan dan nyaman. Sehingga anak bisa bermain, belajar dan istirahat di dalam kamarnya sendiri tanpa rasa takut.

Namun tentu saja dalam mendesain kamar tidur anak tidak boleh sembarangan seperti mendesain kamar tidur pada umumnya. Kamar tidur anak selalu memiliki ciri khas tersendiri yang sudah didekorasi sedemikian rupa agar si anak merasa nyaman, meliputi tema, warna dan pernak pernik lainnya. Cukup ribet bukan?

Anda bisa memanfaatkan kualitas pada anak-anak dalam mendekorasi kamar, seperti imajinasi, kreativitas dan ekspresi. Kesenangan anak-anak bisa saja berubah. Mereka bisa saja menyukai kamar tidur tema Minions, tetapi hal itu tidak akan sama 2 tahun kemudian. 

Kamar tidur anak perlu melayani berbagai keperluan, seperti ruang bermain, belajar dan ruang perlindungan. Namun, yang paling penting - berapapun usianya, adalah memberikan tempat yang nyaman dan aman untuk meletakkan kepala mereka yang lelah di akhir hari yang sibuk.

Berikut beberapa inspirasi desain kamar tidur anak dan tips mendekorasinya :

1. Dinding sebagai kanvas kosong

Desain Kamar TIdur Anak

Anak-anak suka berimajinasi, itulah kenapa anda harus memasang beberapa pajangan dinding yang bisa meningkatkan pola pikir dan imajinasi mereka. Namun ingat, batasi hanya pada satu dinding atau langit-langit. Jika ingin memasang wallpaper pastikan motifnya cukup lembut agar tidak mendominasi seluruh ruang.

Tips : Pilih warna netral untuk dinding yang akan berfungsi sebagai kanvas kosong untuk tempat benda-benda dekoratif, dan selera yang cepat berubah dari si penghuni kamar.

2. Tempat penyimpanan yang baik

Desain Kamar TIdur Anak

Kunci untuk setiap kamar tidur yang tertata baik adalah penyimpanan yang baik juga, tetapi hal ini sangat penting dalam konteks kamar tidur anak. Anak - anak pasti memiliki banyak mainan yang selalu berceceran di mana-mana, dan mereka cenderung malas merapikannya karena memang tidak tertarik.

Anda bisa mengubah tempat penyimpanan kreatif yang membuat anak senang. Lupakan wadah penyimpanan mainstream yang bisa dibeli di toko kebutuhan rumah tangga dan mulailah berkreasi.

Tips : Anda bisa menggunakan tempat penyimpanan seperti karung, wadah ala kotak harta karun maupun lemari yang didekorasi sesuai tema tertentu yang sesuai dengan mainan anak-anak anda. Sesuaikan dengan kesukaan anak-anak anda.

Selain itu rak-rak bergambar dan rak dinding sangat baik diaplikasikan di kamar yang kecil. Selain tidak memakan ruang, tetapi bisa menampilkan berbagai aksesoris dekoratis yang sangat penting di kamar anak. Gunakan untuk menampilkan buku favorit, mainan dan pernak pernik mereka. 

Jangan menempatkan benda yang berat pada ketinggian dimana anak bisa menjangkaunya dan menariknya ke bawah. 

3. Desain furniture yang menyenangkan.

Desain Kamar TIdur Anak

Furniture pasti menjadi hal yang sangat penting di dalam desain kamar tidur anak. Anda harus mengaplikasikan furniture yang sempurna, entah itu lemari pakaian, lemari penyimpanan maupun ranjang. Hal ini tentunya membutuhkan banyak waktu. Jika tak ada waktu, anda bisa mengecat furniture yang sudah ada dengan warna - warna ceria dan menarik.

Tips : Anda bisa mendesain ranjang dengan berbagai dekorasi unik dan menarik, sesuai dengan kesukaan anak anda, seperti ranjang model mobil, perahu, kapal terbang, puri dan sebagainya.

Baca : 40 Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Unik dan Lucu

Jika kamar tidur anak dihuni lebih dari satu anak, anda bisa mendesain Kamar Tidur Tingkat untuk menghemat ruang, khususnya jika anda menghuni Rumah Minimalis

Aplikasikan juga meja dan kursi sebagai Tempat Belajar Anak. Tetapi jangan menghilangkan area bermain di dalam kamar. Pastikan warna furniture adalah warna cerah maupun colorfull agar menciptakan kesan ceria.

4. Gunakan ranjang multifungsi

Desain Kamar TIdur Anak

Selain furniture yang tampil menyenangkan, jangan lupakan untuk menata kamar tidur anak dengan ranjang yang multifungsi. Kamar anak-anak cenderung berantakan karena banyaknya barang dan mainan. Apalagi jika kamar tidur berukuran kecil, pasti anda membutuhkan ruang penyimpanan tambahan agar tidak berserakan di taman. 

Baca : Desain Kamar Tidur Multifungsi Hemat Ruang

Tips : Gunakan bunk bed berlaci untuk penyimpanan yang aman. Dengan laci yang terdapat di area kamar tidur, anak anda bisa dengan mudah menjangkau laci untuk mengambil perlengkapannya sendiri, dibanding model lemari pada umumnya. Tentunya hal ini bisa membuat anak belajar mandiri. 

5. Pilih kombinasi warna yang berani

Desain Kamar TIdur Anak

Warna netral dan terang adalah aturan umum bagi anda yang memiliki ruang sempit. Namun, anda bisa membuat pengecualian di dalam desain kamar tidur anak. Anda bisa mengkombinasikan warna-warna yang lebih berani untuk menciptakan kesan ceria.

Baca : 50 Desain Ruangan Colorfull Paling Nyentrik

Tips : Pilih kombinasi warna untuk berbagai furniture maupun dinding di kamar anak. Jangan ragu untuk menyangdingkan warna - warna tajam seperti orange, biru, kuning dan merah. Colorfull akan membangkitkan semangat pada anak anda. 

6. Aplikasikan seni

Desain Kamar TIdur Anak

Seni adalah cara yang bagus untuk membawa ketertarikan visual ke dalam kamar tidur anak dan bisa menjadi alat yang berguna ketika mendikte skema warna. Jika anda membuat dinding kamar tidur anak terlalu sederhana dan polos, maka minat anak anda tidak akan berkembang.

Baca : Dekorasi Dinding Agar Interior Rumah Lebih Kece

Tips : Aplikasikan berbagai warna di rangka tempat tidur maupun perabotan lain seperti rangka pigora, meja, kursi dan sebagainya. Anda bisa memasang papan tulis agar anak bisa berkreasi. Selain itu anda bisa juga menggantung beberapa hiasan atau kerajinan tangan di langit-langit yang kosong.

Menggunakan stiker dinding juga tidak ada salahnya. Mudah dipasang, murah dan mudah dilepas, menjadikannya akternatif yang baik untuk wallpaper di kamar tidur anak. Obsesi yang terus berubah akan membuat anak mengganti wallpaper itu saat tumbuh dewasa. 

7. Sediakan ruang untuk bermain

Desain Kamar TIdur Anak

Meski ada banyak furniture di dalam kamar, jangan lupakan area bermain untuk anak anda. Bagi anak-anak, bermain sambil belajar adalah hal yang menyenangkan karena bisa mengasah kecerdasan anak. Selain itu, berbagi kamar tidur juga mengajarkan untuk berbagi dan melekatkan hubungan saudara. 

Baca : 45 Desain Kreatif Tempat Bermain Anak di Rumah

Tips : Buat area bermain di sudut ruangan atau di tengah ruangan. Buat yang nyaman, bisa dengan karpet atau bed chair. Lengkapi dengan beberapa furniture seperti meja kursi agar bisa digunakan bermain sambil belajar oleh anak anda maupun bersama teman-temannya.

8. Sediakan ruang personal

Desain Kamar TIdur Anak

Kamar tidur anak-anak tidak hanya untuk tidur tetapi juga sebagai ruang untuk merenung, belajar dan bermain. Ciptakan area bermain sekaligus tempat beristirahat atau sarang yang menyenangkan, untuk menciptakan ruang kecilnya sendiri.

Karpet, gorden, bantal dan linen memberikan pola, warna dan tekstur ke dalam kamar tidur anak dengan cara yang relatif murah. Sebuah kanopi kecil tang menutupi kepala tempat tidur memberikan kenyamanan yang melimpah.

Tips : Anda bisa membuat kursi gantung, tenda sebagai tempat istirahat maupun bermain. Selain itu mengaplikasikan sprei dengan warna yang kontras menunjukkan unsur kesenangan. Karpet yang lembut memberikan kehangatan bagi tekstur kaki yang kecil.

9. Pilih jendela yang praktis

Desain Kamar TIdur Anak

Tirai memang selalu indah di kamar tidur anak-anak karena kain yang lembut akan menciptakan kesan nyaman. Jika menghuni Rumah Minimalis dengan area terbatas, jendela lebar dan tirai bisa menjadi pilihan. Namun, jendela  padat juga ideal untuk menghalangi cahaya yang masuk jika anak susah tidur.

Baca : 50 Desain Jendela Rumah Minimalis Paling Keren

Tips : Jika mengaplikasikan jendela padat, jangan lupa untuk tetap menyatukan tema dan dekorasi di dalamnya. Pilih warna yang cerah untuk jendela. Anda bisa memasang teralsi untuk pengaman. 

10. Pencahayaan yang Cukup

Desain Kamar TIdur Anak

Pentingnya pencahayaan tidak boleh diremehkan ketika mendekorasi kamar anak-anak. Cahaya yang terang menciptakan suasana nyaman dan kehangatan. Pencahayaan di samping tempat tidur juga mendorong niat baca anak. 

Jika kamar anak memiliki meja atau Ruang Belajar, pastikan ada beberapa lampu yang terfokus di dekat meja. Gabungkan beberapa lampu di sekitar ruangan untuk kegiatan santai anak anda di kamar. 

Baca : Desain Keren Lampu Dinding Model Ayun

Tips : Anda bisa mengaplikasikan lampu peri ataupun lampu bintang yang ramah untuk menciptakan kenyamanan bagi anak yang masih takut pada gelap. Selalu miliki lampu di samping tempat tidur anak agar bisa mematikan lampu sendiri menjelang tidur dan segera menyalakannya sewaktu-waktu.

Itu adalah tips desain kamar tidur anak yang bisa anda aplikasikan di rumah. Beberapa inspirasi desain tersebut terbilang atraktif dan ceria, cocok untuk beristirahat, belajar maupun bermain bagi anak-anak anda. Selain tips tersebut, anda juga bisa menggunakan cara desain lain yang mungkin belum disebutkan. Semoga artikel Tips Desain Kamar Tidur Anak bermanfaat!

Artikel Terkait