20 Desain Dapur Minimalis Ukuran 2x2, Simple tapi Berkelas

Kini ukuran rumah semakin kecil karena terbatasnya lahan dan mahalnya harga tanah. Hal inilah yang membuat munculnya hunian-hunian bergaya minimalis yang berdampak pada ukuran ruang dalam rumah, termasuk dapur. Dalam hal ini, tentu pemilik rumah harus bisa membuat konsep yang baik agar interior tetap cantik dan nyaman. 

Desain dapur minimalis adalah gaya interior yang sering digunakan banyak orang karena dapat menimbulkan kesan yang lebih luas dari aslinya. Tidak ada standar ukuran dapur minimalis. Berapapun ukurannya, anda tetap bisa membuat konsep minimalis, meski pada ruang kecil berukuran 2x2 meter persegi. 

Mungkin tidak mudah untuk mendesain dapur kecil ukuran 2x2, karena perlu banyak mempertimbangkan beberapa hal, seperti penataan furniture, model furniture, penataan cahaya, tingkat lembaban dan lain sebagainya. 

Inspirasi Dapur Kecil Ukuran 2x2

Nah, bagi anda yang memiliki ruang kecil untuk dapur, ada beberapa contoh gambar dapur mungil yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Desain dapur minimalis nuansa putih

dapur cantik dan unik
Warna putih membuat dapur tersebut tampak lebih luas dan bersih. Keset panjang dengan corak warna coklat serasi dengan frame lemari kayu agar dapur tampak lebih hangat dan tidak monoton. Backsplash ubin warna putih menambah kesan sederhana pada dapur mungil ini. 

2. Dapur cantik modern dengan elemen kayu

desain dapur sederhana

Kombinasi warna putih dan elemen kayu membuat dapur ini tampak hangat dan welcoming. Tanaman hias untuk dapur digantung di dekat jendela untuk memecah nuansa hangat menjadi lebih sejuk dan segar. Baca : 46 Desain Interior Dapur Kayu Modern dan Elegan

3. Dapur sederhana dengan coffee table

desain interior dapur dan ruang makan

Meski sempit, dapur berbentuk L ini memanfaatkan ruangan yang tinggi untuk tempat penyimpanan. Furniture tetap pada warna aslinya dan backsplash ubin berukuran kecil menonjolkan kesan sederhana. Meski begitu, tetap nyaman untuk meletakkan meja sarapan di dekat jendela lebar lho!. Baca : 40 Dekorasi Dapur Minimalis dengan Backsplash Cantik

4. Dapur kecil berbentuk U

dapur cantik dan unik

Dapur bentuk L bukan untuk dapur kecil saja, karena dapur U juga masih bisa cocok di ruang berukuran 2x2 meter persegi. Meski mungil, dapur ini tampak fungsional. Jendela yang berada di tengah ruangan, jelas berfungsi sebagai ventilasi, sekaligus agar tidak bosan ketika memasak di tempat sempit. 

5. Dapur cantik modern bentuk L

dapur model cafe

Dapur bentuk L dengan nuansa putih ini tidak terlihat sempit karena pemilihan warna yang tepat dengan furniture minimalis. Kitchen set yang ramping, coffee table dan kursi minimalis membuat dapur ini tampak sempurna, apalagi adanya jendela lebar yang menyinari tanaman hias setiap hari akan selalu mencerahkan mood anda. 

6. Dapur model cafe nuansa abu-abu

dapur cantik modern

Warna abu-abu adalah pilihan warna netral terbaik yang cocok dipadukan dengan warna apapun. Meja dapur juga dimanfaatkan untuk meja makan untuk menghemat space dengan kursi menyala warna orange agar ruangan lebih hidup dan tidak monoton. 

7. Desain dapur terbuka sederhana

desain dapur terbuka sederhana

Dapur kecil di atas sangat menarik dengan segala konsep minimalisnya. Bentuk U yang sederhana tidak akan membuat anda kemana-mana ketika memasak. Bahkan, batas dapur dibuat rendah untuk membuka ruang agar tidak tampak sempit dengan desain yang dipaksakan. 

8. Dapur klasik bernuansa hangat

dapur cantik dan unik

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuay gaya klasik pada dapur sempit, salah satunya dengan furniture klasik. Alih-alih menggunakan meja lipat, dapur ini tetap pada desain apa adanya dan memanfaatkan space seadanya, seperti rak penyimpanan di sudut. Meski begitu, tetap cantik dan hangat bukan?!.

9. Dapur modern nuansa putih

dapur cantik modern

Model dapur ini banyak diaplikasikan pada hunian modern dan apartemen. Bentuk U yang minimalis dengan perlengkapan modern serta lantai kayu membuatnya tampak simple dan rapi. Tanaman hias pada jendela tentu akan menyegarkan suasana dapur. 

10. Dapur modern nuansa putih abu-abu

desain dapur modern

Paduan warna putih dan abu-abu menjadi pilihan yang tepat untuk desain dapur minimalis. Meski sudah dilengkapi dengan lemari, tidak ada salahnya membuat tempat penyimpanan kecil di space lainnya, asalkan tidak membuat ruangan menjadi berantakan, seperti rak kayu kecil di dekat jendela. 

11. Desain dapur sederhana di desa

desain dapur sederhana di desa

Siapa bilang dapur kayu itu tidak bisa tampak elegan?. Kayu yang dibiarkan alami dengan rak dinding sederhana membuat dapur ini sangat sederhana. Perpauan dengan warna abu-abu pada lantai dan atap menambah kesan modern di dalamnya. Namun, jangan lupa selalu menyertakan tanaman hias agar dapur lebih hidup dan indah.

12. Dapur minimalis berpadu dengan desain kekinian

desain dapur modern

Ini adalah kombinasi desain kontemporer yang tercipta dari sejumlah fitur dan peralatan masak berwarna hitam, seperti corong lampu, kursi makan, kran air, pemanggang roti, panci dan pot tanaman. Elemen unik pada desain ini adalah papan hitam yang bisa dijadikan media menggambar bagi anak-anak. Seru bukan?!

13. Dapur kecil dengan warna ceria

desain dapur kecil

Bosan dengan warna natural agar ruangan lapang?, anda bisa membuat warna-warni pada dapur anda, tetapi jangan terlalu berlebihan. Anda bisa menambahkan aksen warna-warni pada beberapa bagian saja, seperti backsplash, lantai, maupun satu bagian dinding saja. Manfaatkan setiap ruang yang ada untuk tempat penyimpanan. 

14. Dapur mewah nuansa klasik

dapur mewah

Klasik tapi mewah, itulah gambaran dapur diatas. Menggunakan bahan sederhana untuk aksen dekorasi dan membiarkan rak penyimpanan atas terbuka, menunjukkan kesan mewah. Backsplash ubin sederhana dan kitchen set warna pucat membuat dapur ini layaknya dapur klasik milik bangsawan. Baca : 40 Dekorasi Dapur Minimalis dengan Backsplash Cantik

15. Penataan sempurna dapur kecil bentuk L

dapur cantik modern

Meski kecil, dapur ini tidak bosan dipandang. Warna putih dan aksen hitam membuatnya sangat elegan. Lampu gantung yang besar untuk meja kecil dan jendela lebar sebagai cahaya alami cukup menggambarkan kesan modern di dalamnya. Tanaman herbal cocok ditaruh jendela untuk beberapa manfaat yang bisa anda gunakan. 

16. Dapur kecil desain terbuka

desain dapur terbuka sederhana

Desain dapur ukuran 2x2 diatas mirip dengan desain pada nomor 7. Bedanya, jika sebelumnya dibatasi dinding rendah, maka kali ini dapur memang terbuka agar tampak luas. Tidak ada coffee table yang menghalangi area, adanya lampu gantung unik, dinding abu-abu dengan rak sederhana dan hiasan dinding, dapur ini benar-benar ingin menunjukkan siapa dirinya!.

17. Dapur minimalis dengan penerangan minim

dapur modern

Anda tetap bisa menciptakan dapur kecil dimanapun, termasuk dengan atap miring sekalipun.Jendela di dinding dan di atap membuatnya bisa menghemat penggunaan lampu di siang hari. Dapur dengan sentuhan abu-abu ini terang di siang hari berkat jendela dan skylight

Agar tidak monoton ada banyak cara untuk membuatnya lebih mencolok, yaitu aksen warna berani seperti warna merah pada beberapa perabot, hiasan, maupun lemari es berukuran besar. Namun, jangan gunakan warna mencolok terlalu banyak ya!


18. Hangat dan nyaman dengan elemen kayu

dapur mewah

Jika sebelumnya elemen kayu dibiarkan apa adanya, kali ini kayu warna putih gading dipadukan dengan nuansa kayu lain (lantai) untuk menciptakan kesan hangat di dapur. agar tidak monoton, warna berani dihadirkan pada kursi bar dan karpet dapur. 

19. Nuansa putih yang dingin dan elegan

desain dapur modern

Banyak orang menghindari warna serba putih untuk area dapur yang serba kotor. Namun, jika anda tidak takut kotor, tidak ada salahnya menerapkan desain dapur minimalis serba putih ini, mulai warna dinding, furniture dan peralatan masak. Pastikan memilih furniture dari bahan yang licin agar mudah dibersihkan. 

20. Sederhana, dapur populer masa kini 

desain interior dapur dan ruang makan

Meja bar dapur sangat populer pada hunian masa kini. Tidak hanya multifungsi, desain ini juga menghemat ruang, khususnya pada keluarga baru. Anda bisa menambahkan sendiri papan meja pada dapur bentuk L untuk membuat meja bar sederhana. Hal ini akan membuat dapur sempit tetap terasa lapang meski ada meja bar. 

Tips Menata Ruang Dapur Kecil :

  1. Sebaiknya tidak menggunakan pintu. Dapur kecil pada rumah minimalis cocok dibiarkan terbuka. 
  2. Maksimalkan setiap space yang ada, tidak hanya untuk lemari penyimpanan saja tetapi juga rak untuk menggantung beberapa peralatan lain. 
  3. Menggunakan garis pada dapur kecil sangat penting. Hal ini bisa dilakukan dengan memasang wallpaper garis, tirai vertikal dan sebagainya. 
  4. Lantai (ubin, parket, laminasi) yang diletakkan secara diagonal akan memperluas ruangan secara virtual. 
  5. Gunakan elemen kaca untuk membangkitkan perasaan ringan dan lapang pada ruangan.