40 Dekorasi Dapur Minimalis dengan Backsplash Cantik

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam mendesain, dekorasi maupun merapikan dapur. Mulai dari tata letak, peralatan, furniture, skema warna dan masih banyak lagi. Kali ini, akan dibahas bagian dapur yang cukup menarik, yaitu backsplash.

Backsplash bagian vertikal dari dapur, yaitu area antara kabinet bawah dan kabinet atas. Fungsinya adalah untuk melindungi dinding dapur dari air, minyak dan kotoran lain. Nah, biasanya backsplash ini dibuat seadanya, karena tidak terlalu prioritas. Namun jika ingin dapur cantik anda semakin mempesona, jangan lupakan backsplash yang akan mengubah tampilan dapur menjadi elegan.

Pada dasarnya backsplash hanya mengacu pada bahan dinding dapur. Backsplash dapat menjangkau seluruh dinding atau hanya menutupi area antara countertops dan lemari. Tidak masalah apakah dapur cantik anda bergaya klasik, atau modern, anda tetap bisa menciptakan backsplash yang menakjubkan.

Berikut beberapa ide backsplash dapur yang bisa menjadi inspirasi :

Ubin berwarna teal berpadu mulus dengan kitchen set serta peralatan dapur lainnya. Agar tidak terkesan monoton, ditambahkan sedikit warna mencolot untuk menyegarkan suasana. 

Backsplash Dapur

Pola ubin pada gambar diatas sedikit berubah saat merayap melintasi dinding. Ini membuat tampilan dapur minimalis anda semakin unik dan cantik.

Backsplash Dapur

Desain diatas menggunakan backsplash dapur dengan ubin motif cevron ramping berwarna abu-abu. Warna netral tersebut bisa disandingkan dengan warna lain seperti putih, coklat, warna gelap dan sebagainya, tergantung tema apa yang ingin anda gunakan. 

Backsplash Dapur

Biarkan bacsplashmengatur warna palet untuk dapur cantik anda. Ubin backsplash berwarna biru, hijau dan cokelat antik adalah sumber skema warna untuk dapur sederhana ini. Lemari berwarna krem membingkai desain vintage, memungkinkan backsplash dapur tampak menonjol dan cantik dilihat. 

Backsplash Dapur

Ide backsplash diatas sangat cocok jika anda menyukai tampilan energik dari pola cevron atau herringbone. Gabungkan motif tersebut kedalam dapur cantik anda. Ubin cevron memudahkan pembuatan desain ikonik, tetap dengan zig-zag dalam warna serupa. Garis marmer putih dan abu-abu membuat desain backsplash dapur cuku terlihat tanpa mendominasi skema warna dapur yang netral. 

Backsplash Dapur

Meski ubin bermotif lingkaran putih, anda bisa mengaplikasikan dengan bentuk lain seperti gambar diatas. Ubin ini diatur dengan seperempat lingkaran dan ditempatkan secara acak ke dinding, membuatnya tampak unik, berseni tinggi dan anti mainstream

Backsplash Dapur

Ubin bermotif bulat menciptakan tampilan vintage saat dipasang sebagai backsplash dapur. Anda bisa memasang ubin dengan warna nat yang kontras untuk membuat backsplash tampak menonjol. 

Backsplash Dapur

Satukan elemen gaya beragam di dapur dengan backsplash yang kreatif. Dapur modern ini memberikan sentuhan baru pada backsplash dengan menggabungkan deretan ubin dalam tiga ketebalan. Hal ini akan meningkatkan tampilan, serta dimensi pada ruang. 

Backsplash Dapur

Jika anda menyukai tampilan marmer atau batu alam lainnya pada interior, tetapi tetap hemat budget, maka gunakan marmer untuk backsplash dapur. Hal itu akan menciptakan tampilan yang sama. 

Backsplash Dapur

Ide ubin backsplash dapat memperkenalkan dimensi desain lain ke dapur cantik anda. Ubin kaca ramping berwarna krem dan ubin batu dalam nuansa tembaga membuat dapur ini berkilau dengan keindahan tembus pandangnya. Palet warna netral ini dapat menghangatkan ruang komtemporer yang sempit. Ubin backsplash mozaik kecil ini tetap dapat mempertahankan suasana modern.  

Backsplash Dapur

Anda bisa memilih motif ubin yang terinspirasi laut. Backsplash biru-hijau ini dapat menciptakan lingkungan yang menenangkan dan motif kerang menambahkan kecantikan dalam dapur anda. 

Backsplash Dapur

Hitam, biru muda dan putih adalah perpaduan sempurna untuk dapur minimalis. Backsplash dapur cantik berupa keramik putih tampak mengkilap membuat desain semakin elegan, apalagi ditambah lantai marmer bergaris dan perlengkapan berwarna emas membuat interior diatas begitu menyenangkan. 

Backsplash Dapur

Detail yang tidak berlebihan membuat dapur terasa tenang dan tidak berantakan, tetapi tampilan modern tidak harus dingin. Dapur ini menggabungkan granit abu-abu, backsplash kaca dan perangkat minimalis, sehingga nyaris tidak terlihat. Padukan ide backsplash modern ini dengan kemari kayu untuk suasana hangat. 

Backsplash Dapur

Dinding batu bata ini banyak digunakan dalam hunian gaya industrial. Jika anda tinggal di ruangan dengan bata ekspos, anda bisa mendapat inspirasi untuk backsplash dapur. Cerahkan ruangan dengan lemari putih, tirai dan handuk cerah. Tambahkan hiasan dinding bata agar semakin cantik dilihat. 

Backsplash Dapur

Berikan gaya dapur kecil yang megah dengan memperluas backsplash dari meja ke langit-langit. Ubin mozaik kaca ini senada dengan lemari, lantai kayu dan meja granit.

Backsplash Dapur

Backsplash mozaik glossy bermotif anggur akan memberikan warna baru pada dapur cantik anda. Motif dan kilaunya akan membuat dapur anda tampak mewah dan elegan. 

Backsplash Dapur

Motif herringbone sangat populer untuk desain interior karena dapat menambah tekstur pada suatu ruangan. Anda bisa menambahkan pola ini untuk ubin backsplash dapur agar tampilannya tidak menjenuhkan.

Backsplash Dapur

Ubin mozaik kaca hitam dan abu-abu tipis membentang horisontal di sepanjang dinding belakang, membuat dapur terasa energik dan segar. Lemari depan yang datar memberikan sentuhan modern di seluruh dapur. 

Backsplash Dapur

Gunakan ide backsplash dapur minimalis untuk menciptakan titik yang mencolok. Ubin diatas menambahkan nuansa kontemporer ke dapur kecil yang dilengkapi lemari kayu warna putih. Warna ubin yang menyegarkan dan berkilau tersebut sangat baik diaplikasikan di samping lemari atau meja berwarna netral. 

Backsplash Dapur

Untuk mengatasi minyak yang tak bisa dihindari, pilih backsplash stainless steel seperti yang digunakan di dapur restoran. Hal ini bukan berarti anda tidak bisa tampil stylish. Anda bisa menggunakan meja kayu hangat dengan warna mencolok dengan perlengkapan kuningan untuk membuatnya tampil edgy

Backsplash Dapur

Backsplash dapur dapat diaplikasikan pada dapur kecil. Berikan warna yang berani dan mencolok untuk backsplash agar menjadi titik fokus dapur. Meski kecil, hal itu akan membuat dapur anda terasa mewah. 

Backsplash Dapur

Area kompor pada gambar di atas menawarkan ubin backsplash dapur travertine berlapis putih yang menjadikan ruangan menjadi hangat. Jika ubin tidak sesuai dengan budget, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai aksen. Sisipan detail menampakkan percikan visual ke backsplash dapur sederhana yang ekonomis. 

Backsplash Dapur

Kotak ubin hitam putih kecil membuat grafis pada dapur retro. Detail tersembunyi yang dimanfaatkan untuk rak baik digunakan untuk menaruh bumbu masak. 

Backsplash Dapur

Cobalah motif ubin yang berani untuk menjembatani transisi antara warna yang lebih gelap dan lebih terang, seperti gambar diatas. Desain interior tersebut dihangatkan oleh lemari kayu dan sedikit tanaman hias.

Backsplash Dapur

Perpaduan logam, kayu, lemari dan meja putih memberikan nuansa menyegarkan di dapur minimalis ini. Pada backsplash, mozaik kaca kecil dalam pola herringbone menggunakan warna biru dan abu-abu yang lembut, mengingatkan pada marmer. 

Backsplash Dapur

Anda bisa menghadirkan suasana pedesaan dengan backsplash dapur kayu reklamasi. Kayu reklamasi adalah potongan kayu yang diambil dari perabot atau benda lain. Hal ini akan membuat dapur minimalis anda bernuansa tradisional. 

Backsplash Dapur

Ubin hitam mengkilap membuat grafis backsplash. Semakin banyak nat putih yang anda tampilkan, semakin membentuk geometri yang estetik. Jika anda takut warna gelap merusak desain interior dapur cantik anda, maka jaga agar dinding dapur tetap putih.

Backsplash Dapur

Ubin porselen berwarna cokelat ini membalut ruangan dari meja hingga langit-langit. Backsplash dapur ini selaras dengan lemari berwarna krem. Untuk memberikan tampilan batu alam, backsplash diberi tepian dengan nat abu-abu gelap. 

Backsplash Dapur

Ubin backsplash dapur mewah berwarna netral adalah sisi yang menarik. Cenderung gelap di area lantai dan semakin cerah di langit-langit membuat gradasi warna yang elegan. 

Backsplash Dapur

Pola geometris mendominasi desain dapur diatas, dari lantai kotak-kotak besar hingga backsplash dan ubin dinding. Area warna-warni ini tampak menyenangkan dan menarik untuk gaya dapur klasik. 

Backsplash Dapur

Dapur cantik ini bukan lagi menggunakan kotak ubin, tetapi wallpaper batu alam bertumpuk yang eye-catching, cocok untuk anda yang ingin nuansa natural. Ubin itu sekaligus melindungi dinding dari tumpahan atau percikan air, minyak atau apapun yang dihasilkan dari dapur. Tentu saja batu alam tidak benar-benar digunakan karena mungkin backsplash batu alam yang sesungguhnya sangat sulit dibersihkan. 

Backsplash Dapur

Ubin kaca membuat ide backsplash dapur yang cantik dan praktis. Lemari yang elegan dan minimalis memberikan tampilan kontemporer penuh gaya. Backsplash dari ubin kaca hingga langit-langit melengkapi desain jendela, memberikan tampilan yang menyenangkan. Ubin dapur reflektif ini dapat berubah warna sepanjang hari, memberikan dimensi lebih jauh pada ruangan. 

Backsplash Dapur

Alih-alih hanya melakukan backsplash, aplikasikan ubin hingga langit-langit untuk membuat hasil dramatis. Ubin klasik ini melengkapi elemen di dalam, membuatnya lebih kasual dan modis. 

Backsplash Dapur

Ubin motif biru yang berani sangat kontras dengan lemari putih kuningan. Ini akan menyempurnakan tampilan klasik dapur anda. 

Backsplash Dapur

Di ruang kontemporer ini, ubin kaca ditumpuk dalam kolom lurus, bukan dalam pola ikatan yang banyak diaplikasikan untuk gaya klasik. Backsplash dapur putih ini disesuaikan dengan tudung atasnya yang berupa garis horisontal, dan mungkin ini juga digunakan pada area lain. 

Backsplash Dapur

Berbeda dengan kebanyakan desain interior dapur tema putih, backsplash area dapur justru menggunakan nat gelap yang diatur dalam pola ikatan geometris untuk menciptakan grafis yang dramatis. Pertimbangkan hal ini untuk desain dapur klasik yang edgy

Backsplash Dapur

Disamping ubin bentuk segi empat untuk backsplash dapur, ubin di atas menggunakan ubin batu dekoratif bentuk bintang, menjadikannya mencolok untuk sebuah dapur klasik. Warna abu-abu putih nan lembut serasi dengan warna lemari di atas dan di bawah. 

Backsplash Dapur

Backsplash ubin bermotif mozaik memberikan dasar netral untuk semburan warna kuning di seluruh ruangan. Tidak monoton dengan warna ceria akan membuat anda nyaman melakukan aktivitas disana. 

Backsplash Dapur

Jika anda ingin menggunakan warna berani (gelap) untuk dinding dapur, anda harus memikirkan tekstur ubinnya. Ubin backsplash diatas mendominasi area dibanding cat putih pada dinding. Tekstur keramik yang berkilau memberikan dimensi yang jauh lebih banyak, membuat dapur tampak modern dan elegan. 

Backsplash Dapur

Backsplash kaca dapur mewah ini yang dicat biru - abu di bagian belakangnya menciptakan ilusi seolah-olah lemari diatasnya melayang dengan tampilan yang lebih ringan. Permukaan backsplash yang reflektif bertindak seperti cermin untuk membuat dapur tampak lebih besar. Meja granit hitam dirancang untuk bertansisi dengan mulus ke backsplash dapur. 

Tips Desain Backsplash Dapur Minimalis :

  1. Sesuaikan motif, ukuran dan material ubin dengan gaya ruangan.
  2. Selalu buat titik fokus di area mamasak. Jika ingin membeli ubin mahal, gunakna hanya di atas kompor, dan gunakan ubin ekonomis lainnya di bagian lain.
  3. Jika menggunakan ubin yang sama di seluruh ruangan, cobalah warna atau pola yang berbeda di sekitar area memasak. 
  4. Perpaduan warna - warni ubin kaca dan logam pasti akan menarik perhatian di ruangan.
  5. Anda bisa membuat desain yang berbeda untuk backsplash, Contohnya, ubin vertikal untuk tampilan modern atau letakkan secara diagonal di tempat yang anda inginkan sebagai titik fokus, seperti area memasak. 
  6. Sebelum memasang backsplash, cobalah memasang pada bagian atas dinding untuk memastikan anda tidak menyisakan sedikit celah nantinya. Jika ukuran ubin tidak pas atua kelebihan untuk memenuhi area backsplash, maka anda harus punya rencana lain. 

Itu adalah beberapa contoh ide backsplash dapur yang bisa dijadikan inspirasi. Memasang backsplash dapur memang tidak mudah, meski anda menggunakan wallpaper, porselen atau bahan lainnya. Jika anda memang kesulitan, anda bisa menggunakan jasa profesional untuk hasil terbaik. Semoga artikel Ide Backsplash Dapur bermanfaat!

Ref : housebeautiful, elledecor, bhg, veranda, thisoldhouse.